Pendaftaran Peserta Pendidikan Calon Pendidik Akademi Komunitas

LowonganKerjaID

New member
Pendaftaran Peserta Pendidikan Calon Pendidik Akademi Komunitas

Informasi Prosedur Registrasi Calon Pendidik Akademi Komunitas - Pemerintah terus berupaya untuk mengembangkan suatu bentuk Pendidikan Tinggi yang diharapkan dapat mewujudkan ketersediaan SDM berpengetahuan serta keterampilan relevan selaras dengan pembangunan nasional & daerah serta untuk meningkatkan daya saing bangsa yang disebut Akademi Komunitas (Community College).

Apa itu Akademi Komunitas ?

Pendidikan Akademi Komunitas (AK) merupakan pendidikan tinggi atau pendidikan pasca pendidikan menengah (SMA/ SMK/ MA) pada bidang tertentu berdasarkan pendidikan vokasi yang berlangsung selama satu atau dua tahun bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan untuk penuh waktu dengan menggunakan konsep modul, maupun mengacu pada pencapaian setiap modul dengan jumlah modul tertentu secara minimal bagi setiap tahun ajaran.

Program Akademi Komunitas yang didesain untuk memberikan support bagi masyarakat ataupun peserta didik yang kurang berkompetensi dalam hal keterampilan yang dibutuhkan saat ini, sehingga memiliki pengetahuan serta keterampilan yang relevan dan mampu bekerja pada suatu komunitas maupun daerah yang membutuhkannya. Alhasil, program ini akan menghasilkan lulusan Diploma I (D1) untuk masa pendidikan satu tahun serta Diploma II (D2) untuk masa pendidikan dua tahun.

Guna melakukan persiapan pengembangan serta pendirian Akademi Komunitas, diperlukan pengembangan Program Rintisan Pendidikan Calon Pendidik AK. Tujuan daripada program ini adalah untuk menghasilkan model pendidikan Calon Pendidik AK sebagai program rintisan yang dapat melahirkan calon pendidik yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai pendidik profesional di bidang vokasi/ kejuruan.

Untuk dapat melakukan registrasi, calon peserta Program Rintisan Pendidikan Calon Pendidik AK diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut :
1. Berasal dari prodi yang terakreditasi
2. Memiliki IPK lebih atau setara dengan 2,75
3. Berusia maksimal 26 tahun. Selain itu calon peserta diwajibkan berbadan sehat dan bebas narkotika, psikotropika, dan atau zat aditif lainnya (napza), yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
Proses seleksi calon peserta Program Rintisan Pendidikan Calon Pendidik AK akan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu :
• Seleksi administratif
• Seleksi akademik (tes tertulis secara online)
• Tes wawancara.
Dengan materi tes tertulis sebagai berikut :
Tes Potensi Akademik (TPA) & Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

Dan juga materi tes wawancara sebagai berikut :
• Keilmuan
• Motivasi
• Komitmen
• Fisik
• Mental.
Program studi yang tersedia, antara lain :

Teknik Otomotif, Budidaya Perikanan, Teknik Informatika, Mekatronika, Animasi, Multimedia, Teknologi Informasi, Budidaya Kelapa Sawit, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanina, Industri Pangan, Boga Pengolahan Hasil Pertanian, Pengelohaan Hasil pertanian, Budidaya Perkebunan, Budidaya Perikanan, Manajemen Informatika, Perternakan, Teknik Mesin Industri, Teknik Eketro, Teknik Sipil, Administrasi Perkantoran, Komputer Akuntansi, Teknik Elektronika, Agrowisata, Usaha Jasa Pariwisata, Hotel dan Restoran, dan Akuntansi.

Catatan : Setiap calon peserta diperbolehkan untuk memilih program studi sesuai pada bidang keahlian masing-masing.

Adapun jadwal kegiatan seleksi calon peserta Program Pendidikan Calon Pendidik AK adalah sebagai berikut:
• Sosialisasi : 3 September - 15 September
• Pendaftaran Online : 3 September - 15 September
• Verifikasi data on line : 16 -18 september
• Pengumunan Hasil Seleksi Administrasi : 20 September
• Test secara online : 25 - 26 September
• Pengumuman Hasil test dan Jadwal wawancara : 1 Oktober
• Seleksi Wawancara : 4 - 5 Oktober
• Pengumuman yang diterima : 7 Oktober
• Registrasi : 10 - 13 Oktober
• Perkuliahan : 15 Oktober


Silakan akses informasi pengumuman selengkapnya melalui :
http://www.lokernesiaku.com/2012/09/pendaftaran-peserta-pendidikan-calon.html
 
Back
Top