Persatuan Ummat Islam

nurcahyo

New member
PERSATUAN UMMAT ISLAM


Oleh
Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas




Ahlus Sunnah mengajak kepada persatuan kaum Muslimin dan melarang mereka berpecah belah, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta?ala.

?Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai...? [Ali ?Imran: 103]

Allah Jalla Jalaluhu berfirman.

?Artinya : Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat.? [Ali ?Imran: 105]

?Artinya : Janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutu-kan Allah yaitu orang-orang yang memecah belah agama me-reka dan mereka menjadi beberapa golongan.Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.? [Ar-Ruum: 31-32]

Rasulullah Shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : ?Berjama?ah adalah rahmat sedangkan berpecah-belah adalah adzab.? [1]

Ahlus Sunnah mengajak kepada persatuan yang dilandasi dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih. Bukan persatuan yang semu dan sesat. Ahlus Sunnah tidak menyeru kepada perkara-perkara yang dapat memecah belah persatuan kaum Muslimin. Persatuan yang dikehendaki ialah persatuan menurut pemahaman ulama Salaf dan orang-orang yang mengikuti manhaj (pedoman) mereka. Bukan menurut pemahaman pengikut hawa nafsu dan hizbiyyah.[2]

AHLUS SUNNAH MENGAJAK KAUM MUSIMIN KEPADA PERSATUAN DI ATAS SUNNAH

Jika kaum Muslimin bersatu di atas Sunnah, mereka akan mendapatkan rahmat Allah Azza wa Jalla, kebaikan dan kekuatan. Dan jika mereka berselisih, yang terjadi adalah kelemahan, kekalahan dan kehancuran.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta?ala.

?Artinya : Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatan dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.? [Al-Anfaal: 46]

Namun wajib diketahui bahwa persatuan itu dibangun di atas ittiba? (ketaatan) kepada As-Sunnah bukan di atas bid?ah. Kebanyakan firqah-firqah yang mencela adanya perpecahan dan mengajak kepada persatuan, yang mereka maksud dengan per-pecahan adalah golongan yang menyelesihi mereka meskipun golongan itu berada di atas kebenaran. Sedangkan yang mereka maksud dengan persatuan adalah kembali kepada prinsip dan manhaj mereka. Padahal prinsip dan manhaj mereka telah menyimpang dari jalan ash-Shirath al-Mustaqiim (jalan yang lurus). Oleh karena itu apabila terjadi perselisihan hendaklah dikembali-kan kepada Allah dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan pemahaman Salafush Shalih. [3]

Ahlus Sunnah menyuruh kepada persatuan ummat Islam atas dasar Sunnah dan melarang berpecah-belah serta bergolong-golongan. Ahlus Sunnah juga menyuruh ummat Islam untuk berada dalam satu barisan di atas Sunnah Rasulullah Shallallahu ?alaihi wa sallam dalam menghadapi musuh-musuh mereka. Adapun kelompok-kelompok bawah tanah, jama?ah-jama?ah sempalan dan bai?at-bai?at yang dikenal sebagai bai?at dakwah merupakan penyebab timbulnya perpecahaan dan fitnah (pertikaian). Bai?at hanya boleh diberikan kepada orang yang ditunjuk oleh ahlul halli wal ?aqdi (semacam lembaga yudikatif) atau kepada seorang Muslim yang berkuasa dengan kekuatannya, meskipun ia seorang yang zhalim.

Ahlus Sunnah berpendapat tentang hadits

?...Barangsiapa mati sementara ia belum berbai?at, maka kematiannya terhitung kematian secara Jahiliyyah.? [4]

Sanksi yang tersebut dalam hadits di atas ditujukan kepada orang yang tidak membai?at penguasa yang telah ditunjuk dan disepakati oleh ahlul halli [5]wal ?aqdi.? Sebagaimana yang dikata-kan oleh Imam Ahmad bin Hanbal ketika menjawab pertanyaan Ishaq bin Ibrahim bin Hani tentang hadits di atas. Beliau (Imam Ahmad) menjawab: ?Yang dimaksud dengan Imam adalah yang kaum Muslimin seluruhnya berkumpul untuk membai?atnya, itu adalah Imam dan demikianlah makna hadits ini.? Tidak se-bagaimana yang diklaim oleh setiap jama?ah atau kelompok.[6]

Al-Katsiri dalam kitabnya, Fa-idhul Baari berkata: ?Ketahuilah bahwa hadits tersebut menunjukkan bahwa yang dianggap bai?at yang sah adalah yang dibai?at oleh seluruh kaum Muslimin. Kalau seandainya ada dua orang atau tiga orang yang membai?at, maka hal itu tidak dikatakan Imam sampai dibai?at oleh kaum Muslimin atau ahlul halli wal ?aqdi.? [7] Jadi ancaman tentang orang yang meninggalkan bai?at diancam dengan mati Jahiliyyah itu berlaku bagi orang yang tidak berbai?at kepada Imam yang berkumpul padanya seluruh kaum Muslimin atau yang diwakil-kan oleh ahlul halli wal ?aqdi. Adapun yang dilakukan oleh kelompok-kelompok (jama?ah-jama?ah) adalah bai?at yang bid?ah yang harus ditinggalkan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu ?alaihi wa sallam kepada Hudzaifah Radhiyalahu ?anhu, yaitu ketika tidak adanya jama?ah dan imam, maka ia harus meninggalkan semua jama?ah.

Rasulullah Shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda

?... Hendaklah engkau berpegang teguh (bersatu) kepada jama?ah dan imam kaum Muslimin.? Kemudian Hudzaifah Radhiyallahu ?anhu bertanya: ?Bagaimana kalau mereka sudah tidak mempunyai jama?ah dan imam lagi?? Beliau Shallallahu ?alaihi wa sallam menjawab: ?Jauhilah semua kelompok tersebut, meskipun harus menggigit akar pohon, hingga engkau mati dalam keadaan seperti itu.? [8]

[Disalin dari kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Imam ASy-Safi'i, Cetakan Ketiga. PO Box 7803/JACC 13340
__________
Foote Note
[1]. HR. Ahmad (IV/278) dan Ibnu Abi ?Ashim (no. 93), dari Sahabat an-Nu?man bin Basyir Radhiyallahu 'anu. Lihat Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 667).
[2]. Lafazh hizb ada beberapa makna ditinjau dari aspek bahasa, al-Fairuz Abadi dalam Bashaairu Dzawit Tamyiizi (II/457) mengatakan al-hizb adalah kelom-pok (golongan). Al-Ahzaab adalah kumpulan orang-orang yang bersekutu me-merangi para Nabi. ?Sedangkan dalam al-Qur'an terdapat beberapa sudut pandang:
1. Bermakna beberapa golongan yang berada dalam perbedaan pandangan, syari?at, dan agama. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada mereka. (QS. Ar-Ruum: 32)
2. Bermakna tentara syaithan. (QS. Mujaadilah: 19)
3. Bermakna tentara Allah. (QS. Mujaadilah: 22)
4. Mereka di dunia adalah sebagai pemenang. (QS. Al-Maa-idah: 56)
5. Akibat (balasan) bagi mereka adalah sebagai pemenang yang beruntung.?
Berkata Syaikh Shafiyur Rahman al-Mubarakfury, ?Al-Hizb secara bahasa adalah: ?Golongan/kumpulan dari manusia, berkumpulnya manusia karena adanya sifat yang bersekutu atau kemashlahatan yang menyeluruh. Mereka terikat oleh ikatan aqidah dan iman atau ikatan kekufuran, kefasikan, kemak-siyatan atau terikat karena (adanya perasaan) kebangsaan dan setanah air atau (ikatan) nasab/keturunan, pekerjaan, bahasa, atau apa-apa yang serupa dengan ikatan-ikatan tersebut, kriteria, kemaslahatannya yang secara adat manusia ber-kumpul di atasnya dan bersatu karena sifat-sifat tersebut.?
 
Back
Top