novis9
New member
Setiap bisnis yang sukses memulainya dengan sebuah strategi pemasaran yang jitu yang mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya. Saya tidak mengatakan bahwa sebuah bisnis yang sukses harus mempunyai segala sumber daya yang diperlukan untuk memulai dan menerapkan strategi pemasaran yang sukses. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara memaksimalkan apapun sumber daya yang anda punya untuk keuntungan bisnis anda.
Strategi pemasaran adalah tentang menyadari sumber daya yang dimiliki dan mencari cara yang paling tepat untuk memanfaatkan sumber daya tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Bukan tentang seberapa banyak sumber daya yang diperlukan tapi tentang bagaimana cara memanfaatkannya dengan cara yang paling kreatif. Intinya yaitu dengan sumber daya yang minimal diharapkan mencapai hasil yang maksimal.
Ambil contohnya sebuah toko swalayan kecil yang bersaing dengan toko swalayan besar yang memiliki sumber daya lebih banyak. Untuk bisa sukses, tentu saja toko swalayan kecil ini harus mempunyai strategi jitu untuk memaksimalkan sumber daya kecil yang mereka miliki dibandingkan dengan pesaingnya.
Sebagai strategi pemasarannya, toko swalayan kecil ini menawarkan tambahan nilai kepada pelanggannya. Misalnya berupa kupon cuci mobil gratis atau secangkir kopi gratis jika pelanggannya berbelanja dengan jumlah tertentu dan pada waktu tertentu. Atau dengan mendidik para karyawannya untuk lebih bersahabat dan lebih ramah kepada para pelanggannya. Jumlah karyawan yang lebih sedikit jelas lebih memudahkan manajemen dalam melakukan pengawasan jika ada karyawan yang tidak ramah kepada pelanggan, suatu hal yang sulit dilakukan dalam organisasi yang lebih besar. Semua itu adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membuat toko swalayan kecil tersebut lebih kompetitif dan mampu bersaing dengan pesaingnya yang lebih besar.
Suatu strategi pemasaran adalah hasil dari sebuah rencana pemasaran yang memberikan sebuah kerangka kerja yang menjelaskan bagaimana suatu strategi harus dilaksanakan. Dalam kasus diatas, manajemen toko swalayan kecil tersebut harus menentukan suatu rencana pemasaran berikut segala macam detailnya yang menjelaskan cara penerapan strategi yang diharapkan sesuai dengan keinginan pelanggan.
Beberapa bisnis kecil takut untuk bersaing dengan pesaingnya yang lebih besar karena pesaing mereka memiliki modal yang lebih besar. Bagaimanapun, jika suatu bisnis memiliki produk dan jasa atau pelayanan yang bagus dan berkualitas, mereka dapat bersaing dengan siapapun jika semua kelebihan tersebut dimanfaatkan secara optimal dengan suatu strategi pemasaran yang efektif dan tepat guna.
Suatu strategi pemasaran biasanya berdasarkan pada suatu tujuan pemasaran. Strategi tersebut diterapkan berdasarkan target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Setiap perusahaan mempunyai strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan produk dan jasa yang mereka pasarkan.
Beberapa perusahaan yang mempunyai modal yang lebih sedikit dapat mencari dan menemukan sebuah celah pasar yang memiliki keunikan tersendiri dan berkonsentrasi penuh untuk menguasai celah pasar tersebut. Para pesaingnya, sebesar apapun sumber daya yang mereka punya, tidak akan mampu untuk merebut celah pasar tersebut karena suatu pasar yang unik biasanya memiliki loyalitas yang tinggi yang jika telah dipuaskan dan dikuasai, tidak akan mudah direbut dengan modal sebesar apapun. Suatu tingkat kepuasan pelanggan yang tidak tergantikan.
Jadi, strategi pemasaran yang tepat dan efektif akan mempunyai peran yang sangat signifikan terhadap kesuksesan suatu bisnis. Bukan persoalan seberapa besar jumlah dana pemasaran yang anda punya, tapi seberapa efektif anda menggunakannya akan menjadi penentu dari strategi pemasaran anda.
Strategi pemasaran adalah tentang menyadari sumber daya yang dimiliki dan mencari cara yang paling tepat untuk memanfaatkan sumber daya tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Bukan tentang seberapa banyak sumber daya yang diperlukan tapi tentang bagaimana cara memanfaatkannya dengan cara yang paling kreatif. Intinya yaitu dengan sumber daya yang minimal diharapkan mencapai hasil yang maksimal.
Ambil contohnya sebuah toko swalayan kecil yang bersaing dengan toko swalayan besar yang memiliki sumber daya lebih banyak. Untuk bisa sukses, tentu saja toko swalayan kecil ini harus mempunyai strategi jitu untuk memaksimalkan sumber daya kecil yang mereka miliki dibandingkan dengan pesaingnya.
Sebagai strategi pemasarannya, toko swalayan kecil ini menawarkan tambahan nilai kepada pelanggannya. Misalnya berupa kupon cuci mobil gratis atau secangkir kopi gratis jika pelanggannya berbelanja dengan jumlah tertentu dan pada waktu tertentu. Atau dengan mendidik para karyawannya untuk lebih bersahabat dan lebih ramah kepada para pelanggannya. Jumlah karyawan yang lebih sedikit jelas lebih memudahkan manajemen dalam melakukan pengawasan jika ada karyawan yang tidak ramah kepada pelanggan, suatu hal yang sulit dilakukan dalam organisasi yang lebih besar. Semua itu adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membuat toko swalayan kecil tersebut lebih kompetitif dan mampu bersaing dengan pesaingnya yang lebih besar.
Suatu strategi pemasaran adalah hasil dari sebuah rencana pemasaran yang memberikan sebuah kerangka kerja yang menjelaskan bagaimana suatu strategi harus dilaksanakan. Dalam kasus diatas, manajemen toko swalayan kecil tersebut harus menentukan suatu rencana pemasaran berikut segala macam detailnya yang menjelaskan cara penerapan strategi yang diharapkan sesuai dengan keinginan pelanggan.
Beberapa bisnis kecil takut untuk bersaing dengan pesaingnya yang lebih besar karena pesaing mereka memiliki modal yang lebih besar. Bagaimanapun, jika suatu bisnis memiliki produk dan jasa atau pelayanan yang bagus dan berkualitas, mereka dapat bersaing dengan siapapun jika semua kelebihan tersebut dimanfaatkan secara optimal dengan suatu strategi pemasaran yang efektif dan tepat guna.
Suatu strategi pemasaran biasanya berdasarkan pada suatu tujuan pemasaran. Strategi tersebut diterapkan berdasarkan target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Setiap perusahaan mempunyai strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan produk dan jasa yang mereka pasarkan.
Beberapa perusahaan yang mempunyai modal yang lebih sedikit dapat mencari dan menemukan sebuah celah pasar yang memiliki keunikan tersendiri dan berkonsentrasi penuh untuk menguasai celah pasar tersebut. Para pesaingnya, sebesar apapun sumber daya yang mereka punya, tidak akan mampu untuk merebut celah pasar tersebut karena suatu pasar yang unik biasanya memiliki loyalitas yang tinggi yang jika telah dipuaskan dan dikuasai, tidak akan mudah direbut dengan modal sebesar apapun. Suatu tingkat kepuasan pelanggan yang tidak tergantikan.
Jadi, strategi pemasaran yang tepat dan efektif akan mempunyai peran yang sangat signifikan terhadap kesuksesan suatu bisnis. Bukan persoalan seberapa besar jumlah dana pemasaran yang anda punya, tapi seberapa efektif anda menggunakannya akan menjadi penentu dari strategi pemasaran anda.