Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

sakradeva

New member
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah DKI Jakarta membatasi akses sepeda motor di ruas jalan-jalan tertentu dinilai sebagai aksi pencarian kambing hitam. Sepeda motor dianggap sebagai produk yang paling bersalah dalam menyebabkan kemacetan lalu lintas di ibu kota.

Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) bidang Promosi Bambang Asmarabudi mengatakan, pemaksaan kehendak tanpa memberikan sebuah alternatif merupakan tindakan tak adil. Pasalnya, ketersediaan sarana transportasi yang tak memadai membuat masyarakat mencari solusi sendiri.

"Jumlah armada transportasi dan konsumen yang ada tak sebanding. Kalau mau dibatasi harus diimbangi dengan fasilitas. Tanpa diimbangi itu sama saja memasung hak individu," ujar Bambang kepada Kompas.com, hari ini.

Dengan melarang atau membatasi sepeda motor untuk melintas di jalan-jalan tertentu pada jam sibuk, lanjut Bambang, hanya akan menciptakan kemacetan di daerah lain. Sementara, sepeda motor bukan satu-satunya alasan peyebab kemacetan. Faktor penegakkan hukum di jalan, mobil, kendaraan umum, sampai pedagang yang ada di pinggir jalan juga bisa jadi penyebab.

"Sebenarnya kalau kita di kasih sarana transportasi yang nyaman dan ringan dari segi ongkos, tak akan menggunakan kendaraan pribadi. Peralihan akan tercipta dengan sendirinya," jelas Bambang yang juga General Manager Marketing dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia.

sumber


ada yang mau sate gule "sepeda motor" :D
 
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

Aduh Ampun, Pengendara Motor Gak Tertib

JAKARTA, KOMPAS.com — Cara berkendara yang tak beraturan dan semena-mena dari para pengendara motor menjadi keluhan para pengendara mobil. Mereka ingin agar para pengendara kendaraan roda dua tersebut lebih tertib dalam berkendara.
"Pengendara motor ampunnya! Gak tertib, kiri-kanan-kiri-kanan jalan. Sama sekali gak teratur," ucap Jacob, pengendara mobil yang diwawancara Kompas.com, Selasa (27/7/2010).
Menurutnya, sikap pengendara motor yang tanpa aturan menyalib di kiri kanan jalan untuk menembus kemacetan jalan raya sangat tidak tertib. Para pengendara motor tidak mematuhi aturan lalu lintas yang baik dan benar. Bahkan, ada dari mereka yang naik ke trotoar untuk menyalib kendaraan lainnya.
Hal tersebut dibenarkan oleh Ignatius. Ignatius adalah pengendara mobil yang mengendarai mobilnya dari daerah Condet menuju Palmerah, kantornya.
Dikatakannya, pengendara motor tidak mengerti etika, aturan lalu lintas yang baik. Mereka bisa seenaknya berkendara di kiri dan kanan jalan tanpa tahu aturan.
"Saya itu berpacu dengan motor setiap harinya, yang tidak mematuhi aturan lalu lintas," lanjutnya menegaskan.
Selain Jacob dan Ignatius, banyak para pengendara mobil yang juga mengalami hal serupa. Sheridan, misalnya. Perempuan ini mengaku jengkel dengan tingkah laku para pesepeda motor yang tidak mematuhi aturan.
"Seharusnya, kan, mereka di sebelah kiri. Namun, mereka nyelip sana, nyelip sini. Dan, kalau nabrak, kami yang salah," ungkapnya.


sumber
 
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

Blok M-Kota, Uji Coba Pembatasan Motor


JAKARTA, KOMPAS.com — Berbagai program dan terobosan terus dijalankan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan lalu lintas di ibu kota. Salah satunya dengan membatasi keberadaan sepeda motor pada ruas jalan tertentu di Ibu Kota. Rencananya, uji coba pembatasan penggunaan sepeda motor pada jam-jam sibuk yang akan dilakukan di sepanjang Koridor I transjakarta dengan rute Blok M-Kota.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengungkapkan, ruas jalan sepanjang Blok M-Kota dipilih sebagai uji coba pertama pembatasan sepeda motor karena sarana transportasi publik di kawasan tersebut dinilai relatif bagus. Selanjutnya, uji coba juga akan dilakukan pada jalur lain yang dilalui transjakarta.

“Penerapan pembatasan sepeda motor di jam-jam sibuk akan diutamakan di jalur atau jalan yang dilalui bus transjakarta. Untuk pertama kali, kami akan lakukan di koridor I Blok M-Kota,” ujar Udar Pristono, Selasa (27/7/2010).

Dengan penerapan sistem itu, Udar menjelaskan, nantinya minimal para pengguna sepeda motor dapat terlayani atau beralih menggunakan layanan transjakarta. Cara itu tetap dapat menunjang efektivitas pelaksanaan sistem itu yang dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Selain dapat mengurai kemacetan, pembatasan sepeda motor di ruas jalan tertentu diharapkan dapat mengurangi volume sepeda motor yang pertumbuhannya semakin pesat dibandingkan jenis kendaraan lainnya dan mampu mengurangi tingkat kecelakaan yang disebabkan pengguna sepeda motor.

Namun, Udar belum mau mengungkapkan kapan sistem pembatasan sepeda motor pada jam-jam sibuk mulai diterapkan. Pasalnya, hingga saat ini, kata Udar, Dishub tengah melakukan kajian secara mendalam bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengenai rencana tersebut.

Sebelum penerapan sistem itu, kata Udar, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan pembenahan operasional bus transjakarta. Di antaranya dengan melakukan sterilisasi jalur (busway) di empat koridor, yakni Koridor I, IV, V, dan VI. Dengan begitu diharapkan headway atau jarak waktu antarbus transjakarta lebih terjamin. Sterilisasi mulai efektif pada 2 Agustus mendatang. “Dengan headway yang tepat waktu, pengguna sepeda motor pun bisa beralih ke bus transjakarta karena alasan mereka memakai sepeda motor, selain cepat sampai tujuan, juga tepat waktu,” tandasnya.

Selain itu, penyediaan tempat penitipan motor (park and ride) pada setiap titik halte sentral bus transjakarta segera disiapkan. Nantinya, pengendara sepeda motor dapat memarkir kendaraannya dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus transjakarta. Hingga saat ini, park and ride baru terdapat di sejumlah lokasi, yakni di Ragunan (Jakarta Selatan), Kalideres (Jakarta Barat), dan Kampung Rambutan (Jakarta Timur).

sumber
 
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

ada baik nya motor di batasi saja

dark_angel_mv_f4.jpg


betul Den
apalagi pengendara nya seperti ini
asli bikin macet :))

foto-unik-kambing-naik-moto.jpg


lagipula yang naik sepeda motor bukan "kambing Hitam"
tapi kambing Putih >8o
 
Last edited:
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

bagi para pengendara motor,hormati para pejalan kaki eperti saya ini
 
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

barusan baca d detik news
Jakarta terdapat sepeda motor sejumlah 8.000.000 unit sedangkan penduduk jakarta itu sendiri hanya berjumlah 8.500.000


Fantastis
 
Bls: Sepeda Motor Dijadikan "Kambing Hitam"

ya yg ada KTP 8.500.000
kl d hitung dgn warga urban sekitar 15 juta jiwa
 
Back
Top