lala_lulu
New member
Artis sebenarnya adalah profesi yang tidak berbeda dengan profesi lain. Bedanya artis selalu berhubungan dengan pencitraan dan menjadi idola masyarakat. Risikonya, artis selalu dituntut untuk tampil sempurna. Melakukan sebuah kesalahan bisa berakibat fatal. Kariernya bisa hancur, bahkan menuai beragam hujatan dan hukuman sosial.
Saat ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beredarnya beberapa video porno yang aktornya mirip Nazril Irham atau yang lebih terkenal sebagai Ariel eks vokalis Peterpan, Luna Maya, dan Cut Tary. Video mereka, mulai beredar Kamis (3/6), kini banyak diburu masyarakat. Ketiga artis yang mirip pelaku di dalam video itu pun tiba-tiba menghilang. Ariel, Luna, dan Cut Tari bukan hanya menghindar dari pantauan media, tapi juga dari acara televisi yang biasa mereka perankan.
Luna sejak Selasa (8/6) sudah tidak lagi menjadi pemandu acara musik Dahsyat yang tayang setiap hari di salah satu stasiun televisi swasta. Menurut Produser Dahsyat, Oke Yahya, Luna meminta cuti sampai masalahnya selesai.
“Kami,khususnya Dahsyat, masih menunggu kebenaran video itu. Yang saya tahu dari pakar-pakar memang asli, dalam arti asli direkam melalui ponsel oleh si A dan si B, tetapi kami belum tahu siapa si A dan si B tersebut,” tuturnya.
Menurut Produser Eksekutif Dahsyat, Untung Pranoto, kekasih Ariel tersebut mengajukan cuti dadakan, Senin (7/6). Selama cuti Luna tidak tampil di Dahsyat dan perannya sebagai presenter akan diisi olehsejumlah presenter tamu yang sengaja diundang Dahsyat. Pada hari pertama cuti posisinya diganti artis Astrid Tiar. Menurut Untung, mengganti presenter sudah biasa dilakukan Dahsyat jika presenter utama mengalami halangan seperti sakit dan lainnya.
Selain menjadi salah satu ikon acara Dahsyat, Luna menjadi andalan sejumlah produk yang turut dibintanginya. Luna menjadi ikon sejumlah produk kecantikan, salah satunya adalah Makarizo Indonesia. Sejak April lalu Luna didaulat menjadi brand ambassador bagi Makarizo Indonesia. Paras Luna yang cantik, banyak bakat, punya karakter dan kepribadian adalah kelebihan-kelebihan yang membuatnya terpilih menjadi ikon Makarizo.
“Luna juga tipe pekerja keras untuk mewujudkan impiannya. Selain itu Luna sangat praktis dalam merawat kecantikan dan kesehatan,” itu kata yang disampaikan Marketing Manager Professional Division PT Makarizo Indonesia Fani Kunarita pada saat konferensi pers “Hair Trend 2010 Intersection of Time Makarizo Indonesia” pertengahan April lalu.
Luna bersama Ariel juga menjadi bintang iklan sabun mandi Lux yang menjadi salah satu andalan PT Unilever. Posisi Ariel dan Luna dalam iklan ini pun sedang menuai pertanyaan. Peran mesra mereka dalam iklan Lux yang mereka dibintangi sejak beberapa hari lalu sudah tidak tampak menghiasi jeda iklan di televisi. Bukan hanya hilang dari layar televisi, billboard yang memajang mereka pun dicopot. Unilever membantah penarikan iklan ini dikaitkan dengan beredarnya video mirip kedua bintang iklannya tersebut. Alasan penarikan itu karena waktu tayang sudah berakhir.
Saat ini Luna juga masih menjadi duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menangani masalah pangan di Indonesia. Pihak WFP, yang meAuzijuk Luna jadi dnta PBB, mengisyaratkan akan mempertimbangkan kembali untuk menggunakan jasa wanita kelahiran Bali mi. Public Information Officer WFP Mitra Salima Suryono menjelaskan, WFP tidak mau terlibat masalah pribadi. Namun, untuk menjadi duta PBB ini karakter orang yang dipilih itu harus orang yang memiliki citra baik. “Orang yang bisa menyuarakan masalah kelaparan dan kekurangan gizi dan Luna sudah banyak membantu kami sejak 2006,” ungkap Mitra. Demikian pula dengan pihak Trans TV yang memutus hubungan sementara waktu dengan Luna di program acara “The Promotor”.
Ariel, setelah video itu beredar, hanya tampak satu kali pentas diatas panggung yaitu pada konser siaran langsung MTV Exit di Lapangan D Senayan (6/6). Karier Ariel sebagai musisi papan atas pun berada di ujung tanduk. Video yang beredar menjadi pertaruhan Ariel guna meneruskan ketenaran pada masa mendatang. Akibat video ini, Musica Studio akan menjadwal ulang untuk merilis album terbaru grup band dengan vokalis Ariel yang seharusnya akan dikeluarkan bulan Juli mendatang.
“Kami akan menjadwal ulang rilis album sampai waktu kondusif, tapi Ariel dkk masih akan tetap di tempat kami dan akan ada peluncuran album Ariel dkk,” ungkap pimpinan Musica Studio,Indrawati Widjaja.
Bagaimana dengan Cut Tary? Dia menyangkal video yang beredar salah satunya diperankan olehnya. “Tidak mungkin kalau saya tidak kenal dia (Ariel). Saya selalu berkecimpung di dunia entertainment, saya sudah lama dan tidak mungkin saya tidak kenal. Saya juga kenal dengan Adjie Massaid, saya juga kenal dengan Adjie Pangestu, Uki, Reza, Lukman, semuanya saya kenal,” tutur Cut Tary yang sengaja menggelar jumpa pers.
Menurut sosiolog dan Universitas Indonesia, Ida Roweida, wajar jika sejumlah perusahaan membatalkan kontrak kerja dengan para artis yang terkait masalah video porno mirip Ariel, Luna, dan Cut Tary. Para artis diposisikan sebagai komoditas. Kepopuleran mereka bisa mendongkrak, namun jika artis terkena efek buruk, maka perusahaan akan mengganti dengan artis lain.
“Ini pasar, bagi mereka, yang menjadi ikon produk tertentu akan dicopot ketika citranya negatif. Perusahaan akan berpikir pada produknya yang akan berpengaruh di pasar. Sementara bagi artis, ini yang disebut ‘kejamnya’ industri,” sebut Ida.
Selebritas yang pernah merasakan pahitnya skandal yang berimbas pada pemasukan kantongnya adalah pegolf internasional Tiger Woods. Sebelum skandal yang melibatkan sejumlah perempuan dengan sejumlah profesi itu Tiger mempunyai reputasi bagus. Sejumlah produk memakai popularitas Tiger sebagai ajang promosi. Namun ketika skandal itu terkuak, mereka mengalami kerugian. Akibat skandalnya sendiri Tiger kehilangan kontrak sponsor dengan perusahaan raksasa bidang telekomunikasi, AT&T pada 31 Desember 2009. Kemudian juga kehilangan kontak iklan minuman berenergi Gatorade.
“Kita tidak lagi memakai peran Tiger dalam promosi produk kami dan hubungan kerja sama kami telah berakhir, Kami menginginkan hal terbaik bagi Tiger di masa depan,” ungkap juru bicara resmi Gatorade, seperti yang dikutip oleh msnbcmsn, Sabtu (27/2).
Bukan hanya itu, perselingkuhan Tiger Woods bisa merugikan pemilik saham perusahaan yang disponsori Tiger Woods. Sebuah riset yang dipublikasikan sebuah jurnal mengungkapkan, diperkirakan kerugian akibat skandal Tiger Woods telah mencapai USD 12 miliar Kerugian itu di luar ongkos yang harus ditanggung Tiger Woods akibat kesalahannya. Pegolf ini diperkirakan menghasilkan USD 100 juta per tahun dari iklan-iklan yang dibintanginya.
Penelitian ini dilakukan pada akhir 2009 atas sembilan sponsor, yaitu Accenture, American Express, AT&T, TigerWoods PGA Tour Golf (Electronic Arts), Gillette (Proctor and Gamble), Nike, Gatorade (Pepsi Co), TLC Laser Eye Centers, dan Golf Digest (News Cow). Penelitian mencapai kesimpulan bahwa skandal tersebut mengurangi nilai saham perusahaan-perusahaan itu sebesar 2,3 %.
Sejumlah skandal yang terungkap beserta akibat yang ditimbulkannya merupakan peringatan bagi para selebritas untuk lebih hati-hati. Jika tidak, bukan hanya kehormatan mereka yang akan terinjak, namun juga pundi-pundi kekayaan pun akan tergerus.
Sumber : Sindo
Saat ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beredarnya beberapa video porno yang aktornya mirip Nazril Irham atau yang lebih terkenal sebagai Ariel eks vokalis Peterpan, Luna Maya, dan Cut Tary. Video mereka, mulai beredar Kamis (3/6), kini banyak diburu masyarakat. Ketiga artis yang mirip pelaku di dalam video itu pun tiba-tiba menghilang. Ariel, Luna, dan Cut Tari bukan hanya menghindar dari pantauan media, tapi juga dari acara televisi yang biasa mereka perankan.
Luna sejak Selasa (8/6) sudah tidak lagi menjadi pemandu acara musik Dahsyat yang tayang setiap hari di salah satu stasiun televisi swasta. Menurut Produser Dahsyat, Oke Yahya, Luna meminta cuti sampai masalahnya selesai.
“Kami,khususnya Dahsyat, masih menunggu kebenaran video itu. Yang saya tahu dari pakar-pakar memang asli, dalam arti asli direkam melalui ponsel oleh si A dan si B, tetapi kami belum tahu siapa si A dan si B tersebut,” tuturnya.
Menurut Produser Eksekutif Dahsyat, Untung Pranoto, kekasih Ariel tersebut mengajukan cuti dadakan, Senin (7/6). Selama cuti Luna tidak tampil di Dahsyat dan perannya sebagai presenter akan diisi olehsejumlah presenter tamu yang sengaja diundang Dahsyat. Pada hari pertama cuti posisinya diganti artis Astrid Tiar. Menurut Untung, mengganti presenter sudah biasa dilakukan Dahsyat jika presenter utama mengalami halangan seperti sakit dan lainnya.
Selain menjadi salah satu ikon acara Dahsyat, Luna menjadi andalan sejumlah produk yang turut dibintanginya. Luna menjadi ikon sejumlah produk kecantikan, salah satunya adalah Makarizo Indonesia. Sejak April lalu Luna didaulat menjadi brand ambassador bagi Makarizo Indonesia. Paras Luna yang cantik, banyak bakat, punya karakter dan kepribadian adalah kelebihan-kelebihan yang membuatnya terpilih menjadi ikon Makarizo.
“Luna juga tipe pekerja keras untuk mewujudkan impiannya. Selain itu Luna sangat praktis dalam merawat kecantikan dan kesehatan,” itu kata yang disampaikan Marketing Manager Professional Division PT Makarizo Indonesia Fani Kunarita pada saat konferensi pers “Hair Trend 2010 Intersection of Time Makarizo Indonesia” pertengahan April lalu.
Luna bersama Ariel juga menjadi bintang iklan sabun mandi Lux yang menjadi salah satu andalan PT Unilever. Posisi Ariel dan Luna dalam iklan ini pun sedang menuai pertanyaan. Peran mesra mereka dalam iklan Lux yang mereka dibintangi sejak beberapa hari lalu sudah tidak tampak menghiasi jeda iklan di televisi. Bukan hanya hilang dari layar televisi, billboard yang memajang mereka pun dicopot. Unilever membantah penarikan iklan ini dikaitkan dengan beredarnya video mirip kedua bintang iklannya tersebut. Alasan penarikan itu karena waktu tayang sudah berakhir.
Saat ini Luna juga masih menjadi duta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menangani masalah pangan di Indonesia. Pihak WFP, yang meAuzijuk Luna jadi dnta PBB, mengisyaratkan akan mempertimbangkan kembali untuk menggunakan jasa wanita kelahiran Bali mi. Public Information Officer WFP Mitra Salima Suryono menjelaskan, WFP tidak mau terlibat masalah pribadi. Namun, untuk menjadi duta PBB ini karakter orang yang dipilih itu harus orang yang memiliki citra baik. “Orang yang bisa menyuarakan masalah kelaparan dan kekurangan gizi dan Luna sudah banyak membantu kami sejak 2006,” ungkap Mitra. Demikian pula dengan pihak Trans TV yang memutus hubungan sementara waktu dengan Luna di program acara “The Promotor”.
Ariel, setelah video itu beredar, hanya tampak satu kali pentas diatas panggung yaitu pada konser siaran langsung MTV Exit di Lapangan D Senayan (6/6). Karier Ariel sebagai musisi papan atas pun berada di ujung tanduk. Video yang beredar menjadi pertaruhan Ariel guna meneruskan ketenaran pada masa mendatang. Akibat video ini, Musica Studio akan menjadwal ulang untuk merilis album terbaru grup band dengan vokalis Ariel yang seharusnya akan dikeluarkan bulan Juli mendatang.
“Kami akan menjadwal ulang rilis album sampai waktu kondusif, tapi Ariel dkk masih akan tetap di tempat kami dan akan ada peluncuran album Ariel dkk,” ungkap pimpinan Musica Studio,Indrawati Widjaja.
Bagaimana dengan Cut Tary? Dia menyangkal video yang beredar salah satunya diperankan olehnya. “Tidak mungkin kalau saya tidak kenal dia (Ariel). Saya selalu berkecimpung di dunia entertainment, saya sudah lama dan tidak mungkin saya tidak kenal. Saya juga kenal dengan Adjie Massaid, saya juga kenal dengan Adjie Pangestu, Uki, Reza, Lukman, semuanya saya kenal,” tutur Cut Tary yang sengaja menggelar jumpa pers.
Menurut sosiolog dan Universitas Indonesia, Ida Roweida, wajar jika sejumlah perusahaan membatalkan kontrak kerja dengan para artis yang terkait masalah video porno mirip Ariel, Luna, dan Cut Tary. Para artis diposisikan sebagai komoditas. Kepopuleran mereka bisa mendongkrak, namun jika artis terkena efek buruk, maka perusahaan akan mengganti dengan artis lain.
“Ini pasar, bagi mereka, yang menjadi ikon produk tertentu akan dicopot ketika citranya negatif. Perusahaan akan berpikir pada produknya yang akan berpengaruh di pasar. Sementara bagi artis, ini yang disebut ‘kejamnya’ industri,” sebut Ida.
Selebritas yang pernah merasakan pahitnya skandal yang berimbas pada pemasukan kantongnya adalah pegolf internasional Tiger Woods. Sebelum skandal yang melibatkan sejumlah perempuan dengan sejumlah profesi itu Tiger mempunyai reputasi bagus. Sejumlah produk memakai popularitas Tiger sebagai ajang promosi. Namun ketika skandal itu terkuak, mereka mengalami kerugian. Akibat skandalnya sendiri Tiger kehilangan kontrak sponsor dengan perusahaan raksasa bidang telekomunikasi, AT&T pada 31 Desember 2009. Kemudian juga kehilangan kontak iklan minuman berenergi Gatorade.
“Kita tidak lagi memakai peran Tiger dalam promosi produk kami dan hubungan kerja sama kami telah berakhir, Kami menginginkan hal terbaik bagi Tiger di masa depan,” ungkap juru bicara resmi Gatorade, seperti yang dikutip oleh msnbcmsn, Sabtu (27/2).
Bukan hanya itu, perselingkuhan Tiger Woods bisa merugikan pemilik saham perusahaan yang disponsori Tiger Woods. Sebuah riset yang dipublikasikan sebuah jurnal mengungkapkan, diperkirakan kerugian akibat skandal Tiger Woods telah mencapai USD 12 miliar Kerugian itu di luar ongkos yang harus ditanggung Tiger Woods akibat kesalahannya. Pegolf ini diperkirakan menghasilkan USD 100 juta per tahun dari iklan-iklan yang dibintanginya.
Penelitian ini dilakukan pada akhir 2009 atas sembilan sponsor, yaitu Accenture, American Express, AT&T, TigerWoods PGA Tour Golf (Electronic Arts), Gillette (Proctor and Gamble), Nike, Gatorade (Pepsi Co), TLC Laser Eye Centers, dan Golf Digest (News Cow). Penelitian mencapai kesimpulan bahwa skandal tersebut mengurangi nilai saham perusahaan-perusahaan itu sebesar 2,3 %.
Sejumlah skandal yang terungkap beserta akibat yang ditimbulkannya merupakan peringatan bagi para selebritas untuk lebih hati-hati. Jika tidak, bukan hanya kehormatan mereka yang akan terinjak, namun juga pundi-pundi kekayaan pun akan tergerus.
Sumber : Sindo