1. Tentukan Target Market
Target market merupakan aspek penting sebagai pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Target pemasaran tersebut berkaitan dengan siapa saja yang berpotensi membutuhkan produk milik UMKM, berapa rentang umurnya, dan kelas sosial yang ingin dituju. Tiga hal ini menjadi dasar dari penentuan target marketing yang akan dilakukan. Sehingga strategi yang akan dijalankan nantinya akan jauh lebih efektif.
2. Tentukan Konsep Digital
Promo yang ditawarkan oleh setiap pengusaha UMKM haruslah memberikan solusi yang tepat. Konsep ini akan memberikan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan produk serupa dari pengusaha lain. Konsep ini bisa berjalan jika para pengusaha UMKM mau melihat kondisi yang terjadi di masyarakat. Bukan hanya fokus pada kualitas dari produk yang dimiliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun hal itu tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi ketika tidak memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat.
3. Membuat Website Sebagai Media Pengenalan Produk dan Perusahaan
Keunggulan dari mempunyai sebuah website pribadi adalah para pengusaha UMKM akan bebas memberikan kreativitasnya dalam memasarkan produk. Di website pribadi juga Anda tidak perlu khawatir dengan kompetitor. Anda akan bebas menjual produk dan menggunakan berbagai macam strategi terbaik untuk menarik semua konsumen yang tersebar sangat luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.
4. Branding Usaha dengan Aktif di Sosial Media
Sosial media sebagai sebuah media yang digunakan secara personal untuk sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sangat efektif sebagai media branding. Ada banyak sekali platform yang bisa pakai untuk branding tersebut. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut memiliki kekuatannya masing-masing sehingga Anda juga harus menyesuaikan dengan strategi yang Anda pilih.
5. Pahami SEO, SEM, dan Digital Advertising
Tahap terakhir ini Anda harus mengeluarkan modal untuk memaksimalkan semua media digital marketing yang Anda miliki berupa website dan media sosial tadi. SEO (Search Engine Optimization) akan membuat trafik website Anda semakin tinggi. Sedangkan untuk SEM (Search Engine Marketing) bisa Anda temukan di berbagai media sosial yang menyediakan fitur tersebut. Seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.
Target market merupakan aspek penting sebagai pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Target pemasaran tersebut berkaitan dengan siapa saja yang berpotensi membutuhkan produk milik UMKM, berapa rentang umurnya, dan kelas sosial yang ingin dituju. Tiga hal ini menjadi dasar dari penentuan target marketing yang akan dilakukan. Sehingga strategi yang akan dijalankan nantinya akan jauh lebih efektif.
2. Tentukan Konsep Digital
Promo yang ditawarkan oleh setiap pengusaha UMKM haruslah memberikan solusi yang tepat. Konsep ini akan memberikan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan produk serupa dari pengusaha lain. Konsep ini bisa berjalan jika para pengusaha UMKM mau melihat kondisi yang terjadi di masyarakat. Bukan hanya fokus pada kualitas dari produk yang dimiliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun hal itu tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi ketika tidak memberikan solusi yang tepat bagi masyarakat.
3. Membuat Website Sebagai Media Pengenalan Produk dan Perusahaan
Keunggulan dari mempunyai sebuah website pribadi adalah para pengusaha UMKM akan bebas memberikan kreativitasnya dalam memasarkan produk. Di website pribadi juga Anda tidak perlu khawatir dengan kompetitor. Anda akan bebas menjual produk dan menggunakan berbagai macam strategi terbaik untuk menarik semua konsumen yang tersebar sangat luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.
4. Branding Usaha dengan Aktif di Sosial Media
Sosial media sebagai sebuah media yang digunakan secara personal untuk sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sangat efektif sebagai media branding. Ada banyak sekali platform yang bisa pakai untuk branding tersebut. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut memiliki kekuatannya masing-masing sehingga Anda juga harus menyesuaikan dengan strategi yang Anda pilih.
5. Pahami SEO, SEM, dan Digital Advertising
Tahap terakhir ini Anda harus mengeluarkan modal untuk memaksimalkan semua media digital marketing yang Anda miliki berupa website dan media sosial tadi. SEO (Search Engine Optimization) akan membuat trafik website Anda semakin tinggi. Sedangkan untuk SEM (Search Engine Marketing) bisa Anda temukan di berbagai media sosial yang menyediakan fitur tersebut. Seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.