Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan atau pelaku bisnis tentu memiliki strategi marketing tersendiri agar dirinya mampu bersaing dan diterima pasar. Banyaknya pesaing di pasaran mengharuskan mereka untuk bereksperimen dan berinovasi agar bisnis mereka tidak hilang ditelan zaman atau kalah saing dengan pebisnis lainnya. Terlebih saat ini ada banyak kompetitor yang bergerak di bidang bisnis yang sama.
Jasa service AC misalnya, di era digital seperti saat ini, akan lebih sulit jika pelayan jasa tersebut melakukan promosi hanya dengan menempel selebaran di pinggir jalan, atau berbisnis dengan cara door-to-door. Untuk itu diperlukan strategi marketing khusus untuk mendongkrak brand pemilik jasa tersebut. Strategi marketing sendiri adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan atau pelaku bisnis untuk mencapai goals yang telah mereka tetapkan. Berikut adalah strategi marketing bagi perusahaan penjual jasa:
Digital Marketing
Hidup di zaman digital, tentu saat ini masyarakat terutama urban people dengan segala kesibukannya membutuhkan sesuatu yang simpel dan praktis. Daripada melakukan marketing dengan cara manual seperti menempel selebaran di jalan-jalan, akan jauh lebih efisien jika pelayan jasa melakukan digital marketing dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini dapat dimulai dengan membuat aplikasi penyedia layanan yang dapat diakses oleh siapa saja. Yang harus dilakukan customer adalah dengan mengunduh dan meng-install aplikasi atau layanan tersebut di smartphone mereka. Hal ini akan lebih memudahkan customer, karena mereka dapat melakukan pemesanan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.
User Experience (UX)
Untuk menjadi pelayan jasa yang profesional dan mengantongi kepuasan dan kepercayaan customer, user experience atau pengalaman customer sangatlah penting karena kepuasan customer adalah hal yang utama dalam berbisnis. Pengalaman customer memiliki efek yang besar dalam sebuah bisnis. Untuk itu penting bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan UX design dalam produk atau layanan jasa mereka.
Customer Service
Selain user experience, customer service atau layanan pelanggan juga menjadi salah satu strategi krusial yang patut dilakukan oleh perusahaan penjual jasa. Menyediakan service atau layanan yang memuaskan wajib hukumnya jika perusahaan tersebut ingin mendapatkan rating atau reputasi yang baik di mata customer. Jika service Anda buruk, maka rating atau reputasi perusahaan Anda otomatis juga akan anjlok. Menyediakan garansi dapat dijadikan salah satu bentuk dari customer service.
High Recruitment
Untuk menawarkan customer service yang memuaskan, tentu dibutuhkan pekerja atau pelayan jasa yang terlatih dan profesional. Demi menjaga kepuasan customer, perusahaan tidak boleh asal dalam melakukan recruitement. Diperlukan seleksi yang ketat dan cocok dengan image dan kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan demi menjaga keprofesionalitasan.
Dengan demikian, dalam menjalankan bisnis pelayanan jasa, Anda dapat memulainya dengan mengubah strategi marketing dari manual marketing menjadi digital marketing, mengutamakan user experience dan customer service, dan recruitement dengan seleksi ketat.
Sumber Referensi:
http://www.halojasa.com
Jasa service AC misalnya, di era digital seperti saat ini, akan lebih sulit jika pelayan jasa tersebut melakukan promosi hanya dengan menempel selebaran di pinggir jalan, atau berbisnis dengan cara door-to-door. Untuk itu diperlukan strategi marketing khusus untuk mendongkrak brand pemilik jasa tersebut. Strategi marketing sendiri adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan atau pelaku bisnis untuk mencapai goals yang telah mereka tetapkan. Berikut adalah strategi marketing bagi perusahaan penjual jasa:
Digital Marketing
Hidup di zaman digital, tentu saat ini masyarakat terutama urban people dengan segala kesibukannya membutuhkan sesuatu yang simpel dan praktis. Daripada melakukan marketing dengan cara manual seperti menempel selebaran di jalan-jalan, akan jauh lebih efisien jika pelayan jasa melakukan digital marketing dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini dapat dimulai dengan membuat aplikasi penyedia layanan yang dapat diakses oleh siapa saja. Yang harus dilakukan customer adalah dengan mengunduh dan meng-install aplikasi atau layanan tersebut di smartphone mereka. Hal ini akan lebih memudahkan customer, karena mereka dapat melakukan pemesanan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.
User Experience (UX)
Untuk menjadi pelayan jasa yang profesional dan mengantongi kepuasan dan kepercayaan customer, user experience atau pengalaman customer sangatlah penting karena kepuasan customer adalah hal yang utama dalam berbisnis. Pengalaman customer memiliki efek yang besar dalam sebuah bisnis. Untuk itu penting bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan UX design dalam produk atau layanan jasa mereka.
Customer Service
Selain user experience, customer service atau layanan pelanggan juga menjadi salah satu strategi krusial yang patut dilakukan oleh perusahaan penjual jasa. Menyediakan service atau layanan yang memuaskan wajib hukumnya jika perusahaan tersebut ingin mendapatkan rating atau reputasi yang baik di mata customer. Jika service Anda buruk, maka rating atau reputasi perusahaan Anda otomatis juga akan anjlok. Menyediakan garansi dapat dijadikan salah satu bentuk dari customer service.
High Recruitment
Untuk menawarkan customer service yang memuaskan, tentu dibutuhkan pekerja atau pelayan jasa yang terlatih dan profesional. Demi menjaga kepuasan customer, perusahaan tidak boleh asal dalam melakukan recruitement. Diperlukan seleksi yang ketat dan cocok dengan image dan kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan demi menjaga keprofesionalitasan.
Dengan demikian, dalam menjalankan bisnis pelayanan jasa, Anda dapat memulainya dengan mengubah strategi marketing dari manual marketing menjadi digital marketing, mengutamakan user experience dan customer service, dan recruitement dengan seleksi ketat.
Sumber Referensi:
http://www.halojasa.com