Su-27 Pesawat Yang Menjaga Indonesia

anak_dumai

New member
sukhoi su-27 (kode nato: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh uni soviet, dan dirancang oleh biro desain sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur amerika serikat (yaitu f-14 tomcat, f-15 eagle, f-16 fighting falcon, dan f/a-18 hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara sukhoi dengan mikoyan-gurevich, karena su-27 dan mig-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan mig-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat

tipe = pesawat tempur superioritas udara (su-27 flanker-b)
produsen = sukhoi
terbang perdana = 20 mei 1977
diperkenalkan =desember 1984
status = aktif

tahun produksi =1984 - kini
jumlah produksi = 680
harga satuan = us$35 juta

MAKS-2007-Su-27.jpg

desain pesawat

desain aerodinamisasi dasar dari su-27 mirip dengan mig-29 hanya lebih besar. Pesawat ini sangat besar sehingga untuk meringankan beratnya material titanium banyak digunakan (sekitar 30%). Tidak ada material komposit yang digunakan. Sayap yang sayung kebelakang menyatu dengan badan pesawat pada perpanjangan leading edge dan pada dasarnya sayap berbentuk delta, hanya bagian ujung luar saja yang dipotong untuk tempat rel rudal diujung sayap. Su-27 bukanlah sebuah pesawat delta murni karena masih mempertahankan bentuk ekor konvensional, dengan menggunakan 2 sirip ekor vertikal di sisi luar kedua mesinnya, dan dibantu dengan 2 ekor tengah melipat kebawah untuk membantu stabilitas lateral.

Mesin turbofan lyulka al-31f disediakan tempat yang sangat lebar, tempat yang lebar ini disediakan untuk alasan keamanan dan untuk menjamin aliran udara yang tidak terputus pada bukaan udara masuk. Ruangan yang tercipta diantara dua buah mesin juga menyediakan daya angkat tambahan sehingga mengurangi beban sayap. Saluran penuntun yang bisa digerakan pada bukaan udara masuk memungkinkan pesawat mencapai kecepatan mach 2+ , dan membantu menjaga aliran udara mesin pada saat sudut alpha tinggi.sebuah layar penyaring ditempatkan pada bukaan udara masuk untuk melindungi mesin dari kotoran saat lepas landas.

Su-27 adalah pesawat operasional pertama uni soviet yang menggunakan sistem kontrol penerbangan fly by wire , dikembangkan berdasarkan pengalaman sukhoi okb pada proyek pengebom sukhoi t-4. Sistem ini dikombinasi dengan beban saya yang relatif rendah dan kontrol penerbangan dasar yang kuat , maka menghasilkan pesawat yang luar biasa lincah, tetap mudah dikontrol walaupun pada kecepatan sanagat rendah dan susut serang tinggi. Pada pameran dirgantara , pesawat ini mampu mendemonstrasikan kemampuan manuvernya dengan aksi "patukan kobra" (kobra pugachev) atau pengereman dinamis - mempertahankan level penerbangan pada sudut serang 120°. Pengarah semburan jet juga sudah di uji coba dan sudah diterapkan pada model-model akhir yaitu su-30mki dan su-37, memungkinkan pesawat untuk berbalik tajam dengan radius putar hampir nol, menggunakan teknik somersault vertikal ke gerakan pelurusan kembali dan mengambang terbatas dengan hidung pesawat menghadap keatas.

800px-su-27_left_side_scheme_-_last_series.svg.png


sebagai tambahan pada kelincahannya , su-27 menggunakan volume internalnya yang besar untuk menyimpan bahan bakar dalam jumlah besar pula. Pada konfigurasi berlebih untuk jarak tempuh maksimum, pesawat ini mampu membawa 9.400 kg bahan bakar internal, bagaimanapun juga dengan beban seperti itu kemampuan manuvernya menjadi terbatas, dan beban normal adalah 5.270 kg.

220px-su27_kabina.jpg


su-27 dipersenjatai dengan sebuah kanon gryazev-shipunov gsh-30-1 kaliber 30 mm di pangkal sayapnya, dan mempunyai 10 cantelan senjata untuk tempat rudal dan senjata lainya. Standar persenjataan rudal untuk pertempuran udara ke udara adalah campuran dari rudal vympel r-73 (aa-11 archer) dan rudal vympel r-27 (aa-10 'alamo') , senjata terakhir mempunyai versi jarak tempuh yang diperjauh dan model kendali infra merah. Varian flanker yang lebih canggih seperti su-30, su-35, dan su-37 juga bisa membawa rudal vympel r-77 (aa-12 adder).

Su-27 mempunyai sebuah display kepala tegak berkontras tinggi yang bisa disetel dan incaran yang dipasang di helm , dimana , bila dipasangkan dengan rudal r-73 dan kelincahan pesawat yang sangat tinggi membuat pesawat ini menjadi salah satu pesawat terbaik untuk pertempuran udara jarak dekat.

Radar su-27 terbukti menjadi masalah besar dalam pengembangan su-27. Permintaan awal dari uni soviet adalah sangat ambisius , mengharapkan kemapuan untuk menyergap multi target dan jarak pantau 200km terhadap pesawat seukuran pengebom (rcs 16 meter persegi untuk sebuah tu-16). Hal ini akan melampaui kemampuan deteksi radar apg-63 dari f-15 (sekitar 180km untuk target ber-rcs 100 meter persegi) dan kemampuan radar su-27 ini kira-kira setara dengan zaslon phased array radar seberat 1 ton yang digunakan di pesawat mig-31.

800px-Su-27UB_cockpit.jpg


450px-Sukhoi_Su-27_2008_G2.jpg

karakteristik umum

* kru: Satu
* panjang: 21,9 m
* lebar sayap: 14,7 m
* tinggi: 5,93 m
* luas sayap: 62 m²
* bobot kosong: 16.380 kg
* bobot terisi: 23.000 kg
* bobot maksimum lepas landas: 33.000 kg
* mesin: 2× lyulka al-31f turbofan, 122,8 kn masing-masing

kinerja

* laju maksimum: 2.500 km/jam (1.550 mph mach 2.35)
* jarak jangkau: 1.340 km pada ketinggian air laut, 3.530 km pada ketinggian tinggi
* batas tertinggi servis: 18.500 m
* laju panjat: 325 m/s
* beban sayap: 371 kg/m²
* dorongan/berat: 1,085


persenjataan:

* 1 x meriam gsh-30-1 30 mm, 150 butir peluru
* 8.000 kg (17.600 lb) pada 10 titik eksternal
o 6 r-27, 4 r-73
+ su-27sm dapat menggunakan r-77 menggantikan r-27
o su-27ib dapat menggunakan peluru kendali anti-radiasi x-31, peluru kendali udara ke darat x-29l/t, serta bom kab-150 dan uab-500
* aa-11 archer / r-73
* aa-10a/b/c/d/e alamo-a/b/c/d/e / r-27r/t/re/te/ae
* as-16 kickback sram/ kh-15/c
* air bombs

*
o kab-500kr
o kab-1500kr
o kab-1500l / 1500f / 1500l-pr
o kab-500r
o kab-500kru
o odab-500

* oeps-27 optronic sighting system for su-27sk
* as-11 kilter / kh-58e
* zhuk family airborne radars

GSh-301_cropped.jpg


R-73E_R-27R1_R-27T1_R-59ME.jpg


su-27skm_sheme_b_eng.gif

sekitar 680 su-27 diproduksi oleh uni soviet, dan 400 dipakai oleh rusia. Negara mantan soviet yang memiliki pesawat ini adalah ukraina dengan 60 pesawat, belarusia dengan sekitar 25 pesawat, kazakstan dengan sekitar 30 dan sudah memesan 12 pesawat lagi, dan uzbekistan dengan 25 buah.

Tiongkok menerima 26 pesawat pada tahun 1991, dan 22 lagi pada 1995. Kemudian pada tahun 1998 mereka menandatangani kontrak untuk lisensi produksi 200 pesawat ini dengan nama shenyang j-11. Vietnam memiliki 12 su-27sk dan telah memesan 24 lagi. Ethiopia memiliki 8 su-27a dan 2 su-27u. Indonesia mempunyai 2 su-27sk and 2 su-30mk serta telah memesan 3 su-27skm dan 3 su-30mk2. Dan angola telah menerima sekitar 8 su-27/27ub. Meksiko berencana untuk membeli 8 su-27s dan 2 pesawat latihan su-27ub.[1]

amerika serikat juga disinyalir memiliki satu su-27 flanker b dan satu su-27 ub. Tiga pesawat ini masuk sebagai registrasi sipil, dan salah satunya tiba di amerika serikat menggunakan pesawat antonov-62.

Indonesia (tni-au) mulai menggunakan keluarga sukhoi-27 pada tahun 2003 setelah batalnya kontrak pembelian 12 unit su-30ki pada 1996. Kontrak tahun 2003 mencakup pembelian 2 unit sukhoi-27sk dan 2 unit sukhoi-30mk senilai 192 juta dolar as tanpa paket senjata. Empat tahun kemudian pada acara maks 2007 di moskow departemen pertahanan mengumumkan kontrak unruk pembelian 3 unit sukhoi-27skm dan 3 unit sukhoi-30mk2 senilai 350 juta dolar as.[2]

* amerika serikat
* angola
* belarus
* eritrea
* ethiopia
* indonesia
* kazakhstan
* republik rakyat cina
* rusia
* ukraina
* uzbekistan
* vietnam


SUMBER
 
Last edited:
Back
Top