Tips Merawat Oli Pada Mobil Toyota Jenis Matik

Ichijou02

New member
Tips-Merawat-Mobil.jpg

Semua jenis mobil Toyota memang membutuhkan suatu perawatan rutin agar bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini pun berlaku pada mobil jenis bertransmisi otomotis (matik) maupun manual. Hal mendasar yang harus diketahui adalah penggunaan transmisi yang benar. Selain itu, pemilik dan pengendara mobil matik juga perlu melakukan perawatan khusus terhadap oli transmisi. Pada mobil Toyota jenis matik, oli transmisi bertugas untuk melumasi komponen dalam transmisi dan meneruskan gaya gerak dari mesin ke gigi percepatan transmisi. Sedangkan perawatannya ditujukan supaya proses pelumasan dan transfer gaya gerak tetap berjalan dengan baik.

Hal ini dimaksudkan agar peforma dan daya tahan transmisi otomatis tetap terjaga. Pengecekan kuantitas secara berkala sangat penting dilakukan dengan cara menarik tongkat oli transmisi, lalu perhatian dua garis yang berada di ujung tongkat. Dua garis tersebut, menjadi indikator batas bawah dan atas untuk oli transmisi.
Untuk jumlah ideal dari oli transmisi haruslah berada ketinggian garis batas atas.

Bila oli transmisi berada pada ketinggian kurang, atau sama dengan bagian tengah batas atas dan bawah, pertanda harus segera ditambahkan dengan oli yang sesuai spesifikasi, agar tidak mengakibatkan kerusakan pada sistem transmisi. Sangat dianjurkan untuk melakukan pengecekan pada oli transmisi pada pagi hari sebelum mesin dihidupkan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat serta jika pengecekan dilakukan setelah mesin sudah hidup, oli transmisi sudah bersirkulasi dan sehingga hasilnya kurang akurat.

Penambahan oli transmisi ini juga tidak perlu menunggu hika kuantitasnya sudah berkurang, Anda juga perlu mengganti oli secara rutin. Informasi mengenai frekuensi penggantian bisa Anda dapatkan dari buku servis kendaraan yang dimiliki. Namun frekuensi penggantian oli bisa juga dipercepat jika mobil Anda sangat sering dikendarai untuk meliwati jalan-jalan yang macet. Petimbangkanlah jika pada saat melalui jalan yang macet transmisi otomatis tetap bekerja secara terus-menerus, meskipun jarak tempuh kendaraan tidak bertambah.
 
Dari semua aspek yang tertera di kemasan oli, apa saja sih sebenernya yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih oli?
Baik oli motor maupun mobil yah.

Misal: API, semi synthetic, synthetic, etc...

Contoh kasus ekstrem:
Oli A dengan API SL, synthetic
Oli B dengan API SM, semi synthetic

Manakah yang lebih baik dari segi kualitas, performance, etc...
 
Dari semua aspek yang tertera di kemasan oli, apa saja sih sebenernya yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih oli?
Baik oli motor maupun mobil yah.

Misal: API, semi synthetic, synthetic, etc...

Contoh kasus ekstrem:
Oli A dengan API SL, synthetic
Oli B dengan API SM, semi synthetic

Manakah yang lebih baik dari segi kualitas, performance, etc...

kode API (American Petroleum Institute) dengan diikuti oleh kode S huruf S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin.
SL = untuk mesin kendaraan tahun 2004 dan sebelumnya.
SM = dapat dipakai untuk semua mesin mobil berteknologi baru dan sebelumnya(aman untuk semua Mobil).
 
apakah rekomended anjuran seperti itu... servis tiap 10 rb km
mengingat macetnya jakarta.. berhentipun mesin tetap nyala..
dianjurkan sesuai buku servisnya dilakukan servis tiap 10ribu KM
servis 1 pada KM. 1000 = itupun hanya berupa pengecekan saja tanpa ganti oli..
servisi 2 dan selanjutnya tiap 10 ribu KM..
atau harus bagaimana tindakannya .. kan servis rutin di beres pake oli resmi juga GAN
 
Back
Top