Who the Heck Joshepine Soegijanty???

Dipi76

New member
Pagi tadi ketika sedang mengobok-obok iTunes, aku tertarik dengan sebuah album yang dari judulnya terlihat catchy, The Iron Maidens World's Only Female Tribute to Iron Maiden. Di situ aku lihat waktu rilisnya tahun 2005, berarti Album lama. Tapi karena aku nggak pernah mendengar atau membaca soal ini, tanpa ragu aku mendownloadnya (so pasti legally). Pertimbanganku saat itu, tentulah sangat menarik mendengar lagu-lagu Iron Maiden dibawakan oleh para wanita...

Theironmaidenscd.jpg

Selesai proses download, tentu langsung didengarkan dong. Ternyata emang keren. Dan karena penasaran, aku langsung googling soal album ini. Aku telusuri satu-satu personel-personelnya yang terdiri dari Linda McDonald (drums), Sara Marsh (guitar), Josephine Draven (guitar), Wanda Ortiz pada bass dan Aja Kim untuk lead vocals.

Ketika sampai pada penelusuran Josephine Draven, sang gitaris, aku cukup kaget karena si mbak ini punya nama asli Joshepine Soegijanty, dan itu jelas nama Jawa...:D

Aku jadi lebih penasaran, dan aku tinggalkan semua penelusuran untuk personel lainnya dengan mengeksplore data-data soal Joshepine. Ternyata memang Joshepine ini orang Indonesia, lahir di Surabaya. Kiprah bermusiknya di Indonesia dikenal lewat grup rock Axe Gank di sekitar tahun 90-an. Kiprahnya di dunia internasional dimulai ketika menimba ilmu di Musicians Institute Hollywood, California, di situ ia menjadi anak didiknya Alex Scolnick (gitaris Testament, Savatage & Trans Siberian Orchestra). Sampai disitu saja udah bikin aku takjub. Jadi muridnya sang legenda Alex Scolnick, bahkan jadi murid favoritnya!!!

Josephine.jpg

Joshepine Soegijanty aka Jojo Draven


Tahun 1996 ia bergabung dengan band Female Heavy Metal Phantom Blue sampai dengan 2001. Buat pencinta heavy metal pasti tau tentang grup ini. Sebuah grup yang bisa dikatakan supergrup untuk band cewek, sejajar dengan nama-nama beken dan legendaris seperti Vixen, Lita Ford dan Chrissy Steele. Dan ternyata Joshepine masuk ke Phantom Blue ini menggantikan almarhumah Michelle Meldrum Norum, istri dari John Norum nya Europe. Dulu aku pernah baca soal berita penggantian personel ini, tapi nggak ngeh kalo Joshepine itu orang Indonesia, karena dia memakai nama Jojo Draven.

Bersama Phantom Blue, Josephine menghasilkan album Live "Caught Live" tahun 1997 dan Full Blown tahun 1998. Pada tahun 2001 ia membentuk band khusus tribute Iron Maiden yang bernama The Iron Maidens dengan nama panggung "Adriene Smith". Kiprahnya di kedua band ini menghasilkan award, Rock City Awards for Best Female Guitarist sebanya 3 kali.

Cukup sampai disitu?? Ternyata tidak. Kiprahnya di band tidak hanya berhenti di situ saja, tahun 2001 ia menyumbangkan permainan gitarnya dalam album tribute to Jason Becker "Warmth in The Wilderness" dalam track Baby's on Fire. Sebagai catatan di album ini juga turut serta nama-nama besar seperti Ron Keel, Anders Johansson, Jeff Pilson, Paul Gilbert, Marty Friedman, Lars Eric Mattsson, Mathias IA Eklundh. Luar biasa, kan? Kehormatan ikut serta dalam album tribute untuk Jason Becker merupakan prestasi yang fenomenal, apalgi ditambah tampil bersama Paul Gilbert (Mr. Big), Marty Friedman (Megadeth & Cocophony) ataupun dewa gitar untuk rock klasik seperti Lars Eric Mattsson, tentu bukan prestasi sembarangan.

Lalu Joshepine lagi-lagi tampil bersama Marty Friedman dalam album Gitar klinik 2. Selain itu juga dia banyak bikin music score untuk beberapa film Hollywood.

Discography
  • Phantom Blue
    1. Caught Live (1997)
    2. Full Blown (1998)
  • The Iron Maidens
    1. World's Only Female Tribute to Iron Maiden (2005/2006)
    2. Girls Got Rhythm! (Compilation) (2006)
      "Run to the Hills"
    3. Route 666 (2007)
      Appears on the live DVD portion.
  • Collaborations
    1. Warmth in The Wilderness (Tribute to Jason Becker)
    2. Gitar Klinik 2 (Various artists)[3]

Filmography
  • Hell Asylum (2001)
  • Cryptz (2002)
  • Darkwalker (2003)
  • Ring of Darkness (2004)
  • Witches of the Caribbean (2005)
  • Ghost Month (2008)


Entah aku yang kuper atau memang media sini nggak pernah menyoroti, sampai-sampai informasi soal ini bisa luput dari pengamatanku...

Kalian ada yang mengenal??



Sumber:
Wikipedia
The Iron Maidens Forum
Metal-forum.Xooit.com
Jojodraven.com
Roadrunnerrecord.com




-dipi-
 
Whatt...??
jdi muridnya Alex scolnick trus gabung di Phantom blue...>8o>8o
hebbaattt... nihh mbak' yg satu ini..=b==b=

aku juga mau jadi muridnya Alex scolnick...|:mad:|:mad:
 
mukanya keliatan jawa banget..keren banget prestasinya =b=


Entah aku yang kuper atau memang media sini nggak pernah menyoroti, sampai-sampai informasi soal ini bisa luput dari pengamatanku...

Kalian Ada yang mengenal??
Gak kenal saia k.
yah, emang media disini kurang menyoroti, ntar pas si mba'e Jojo iki pulang kampung trus sambil konser, baruuu deh tau.
 
Back
Top