Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah

zoeratmand

New member
Sejarah manusia adalah campuran unik dari keberhasilan dan kegagalan, kemenangan dan kekalahan, cinta dan perang.

Pembantaian adalah salah satu peristiwa yang telah menyebabkan kematian banyak orang tak berdosa dan orang-orang yang memulai pembantaian dalam rangka untuk memuaskan kehausan mereka untuk membalas dendam dan untuk ego manusia.

Sepanjang sejarah Anda akan menemukan berbagai peristiwa pembantaian besar dan kecil yang telah mengubah dunia, dan berikut ini adalah 10 peristiwa pembantaian terbesar dalam sejarah umat manusia.

1. Pembantaian Nankin

nankin-300x251.jpg

Pembantaian Nanking juga dikenal sebagai Rape of Nanking di mana ratusan ribu warga sipil dibunuh dan diperkosa secara brutal di kota Nanking yang merupakan mantan ibukota Republik Cina.

Pembantaian itu berlangsung selama enam minggu di mana para prajurit Angkatan Darat Kekaisaran Jepang memasuki kota Nanking dan mulai membunuh orang-orang Cina.

Pembantaian Nanking adalah dianggap sebagai pembantaian terburuk dalam sejarah manusia karena lebih dari 80 ribu orang dan perempuan dibunuh, disiksa dan diperkosa dalam periode enam minggu.

2. Babi Yar Massacre

Babi-yar-300x220.jpg

Pembantaian Babi Yar terjadi pada tahun 1941 ketika lebih dari 33 ribu orang Yahudi tewas dalam sebuah operasi tunggal yang dipimpin oleh gubernur militer, Mayor Jenderal Friedrich Eberhardt, Panglima Angkatan Darat Kepolisian Grup Friedrich Selatan Jeckeln dan C Komandan Otto Rasch.

Operasi itu dilakukan oleh pasukan gabungan seperti SS, SD dan SiPo. Babi Yar adalah sebuah jurang di luar Kiev yang adalah ibu kota Ukraina.

3. Hari Pembantaian St. Bartholomew

St.-Bartholemew-300x240.jpg

Juga populer dikenal sebagai Massacre de la Saint-Barthelemy, peristiwa ini terjadi pada 1572 di Paris. Pembantaian itu dimulai dua hari setelah percobaan pembunuhan Laksamana Gaspard de Coligny, yang merupakan pemimpin militer dan politik Huguenot.

Segera setelah itu sekelompok pembunuh bersama dengan massa Katolik Roma mulai membunuh orang di seluruh Paris dan pembantaian menyebar ke daerah perkotaan dan pedesaan lainnya juga. Diperkirakan bahwa sekitar 30 ribu orang tewas dalam pembantaian ini.

4. Pembantaian Tawanan NKVD

nkvd-300x216.jpg


Pembantaian Tawanan NKVD juga dikenal sebagai pembantaian Narapidana di mana serangkaian eksekusi massal dilakukan terhadap para tahanan NKVD di Polandia dan negara-negara Baltik lainnya seperti Rumania dan Ukraina.

Jumlah korban tewas diperkirakan dari pembantaian ini adalah sekitar 22.000 tahanan tewas dalam serangkaian pembunuhan yang terjadi di tempat yang berbeda.

Namun, tidak semua tahanan NKVD tewas dan dieksekusi karena beberapa dari mereka berhasil melarikan diri dari penjara.


5. Pembantaian Katyn

katyn-300x207.jpg

Pembantaian Katyn juga dikenal sebagai Katyn Forest Massacre adalah suatu peristiwa di mana ribuan tawanan perang Polandia, perwira militer, intelektual, dan polisi dibantai oleh NKVD Soviet.

Para korban dibawa ke Hutan Katyn di Rusia di mana Stalin memerintahkan pasukannya untuk mengeksekusi semua tahanan perang secara langsung. Jumlah korban tewas dari Pembantaian Katyn juga mencapai sekitar 21 ribu.

6. Pembantaian Tesalonika[/B}

thessalonica-225x300.jpg

Pembantaian di Tesalonika terjadi dalam sebuah tindakan balasan oleh Kaisar Romawi Theodosius pada tahun 390.

Menurut sumber, pada bulan April 390, kusir yang ditangkap oleh komandan militer Romawi tetapi kemudian ia menjadi korban pemberontakan yang marah terhadap Kaisar Romawi dan dia memutuskan untuk membunuh semua orang-orang yang memberontak terhadap perintah. Dan lebih dari 7000 orang telah dibantai.


7. Pembantaian Tentara Elphinstone

elphinstone-288x300.jpg

Korban Pembantaian dari Tentara Elphinstone sangat banyak seperti perang dimana pasukan Afghanistan mengambil alih pasukan gabungan Inggris dan India dipimpin oleh Mayor Jendral William Elphinstone pada tahun 1842.

Tiga tahun sebelum peristiwa ini, pasukan Inggris di Kabul ditangkap karena dendam pada pasukan Afghanistan.

Namun, saat Inggris meninggalkan Kabul, pasukan Afghanistan yang dipimpin oleh Akbar Khan, putra Dost Muhammad Khan menyerang tentara Inggris. Akibatnya 4500 tentara Afghanistan tewas dan dibunuh oleh tentara Inggris dan India.

8. Pembantaian Sabra and Shatila


sabra-300x288.jpg

Pada tahun 1982, Partai Kataeb yang dipimpin oleh Pasukan Kristen Libanon melakukan pembantaian dimana mereka membunuh dan membantai warga sipil Palestina dan Muslim Lebanon.

Peristiwa pembantaian dipicu segera setelah pembunuhan terhadap pemimpin Falangis dan Presiden Bachir Gemayel. Lebih dari 3.500 orang tewas dalam pembantaian ini.

Padahal, semua itu masih dalam perdebatan karena Angkatan Pertahanan Israel membantu kekuatan ini memasuki kamp Sabra dan Shatila.

Peritiwa ini masuk ke sangat banyak berita dan menarik reaksi internasional yang lebih lanjut menyebabkan banyak kontroversi dan perdebatan.

9. Pembantaian Batak

batak-300x211.jpg


Pembantaian Batak adalah tentang pembantaian Bulgaria di Batak oleh pasukan Ottoman pada tahun 1876. Sesuai dengan sumber dan referensi ada lebih dari 3000 orang tewas dalam pembantaian ini.

10. Pembantaian Granada

granada.jpg

Pembantaian Granada adalah suatu peristiwa di mana segerombolan orang Muslim menyerbu ke Istana Kerajaan Granada dan membunuh penguasa Yahudi, Yusuf Ibn Naghrela yang adalah seorang wazir Raja Barber dari Granada.

Massa menyerbu ke dalam istana dan menyalibkan dia dan membunuh sekitar 1500 keluarga Yahudi yang tinggal di Granada.
 
Last edited by a moderator:
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

Pembantaian terbesar itu maksudnya gimana ya?
Terbesar dalam sisi jumlah korban atau skala geografisnya? Lalu gimana soal holocaust ataupun genocida, apakah hal2 yang terjadi di situ nggak termasuk ke dalam definisi 'pembantaian'?



-dipi-
 
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

Mungkin dalam segi korban mba dipi...

holocaust ataupun genocida itu apa mba?
 
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

Lho aku pikir den Zoe yang menyusun sendiri artikelnya, makanya aku tanya dasar penyusunannya sehingga bisa dikatakan sebagai pembantaian terbesar sepanjang sejarah... :D

Genocida itu sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan bangsa tersebut. Pengadilan HAM internasional punya definisi yang sudah ditetapkan dalam sebuah statuta, lupa nomer berapa, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara membunuh anggota kelompok; mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota kelompok; menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang menciptakan kemusnahan secara fisik sebagian atau seluruhnya; melakukan tindakan mencegah kelahiran dalam kelompok; memindahkan secara paksa anak-anak dalam kelompok ke kelompok lain....

Contoh dari genocida diantaranya:
  • Pembantaian Bangsa Armenia oleh beberapa kelompok Turki pada akhir Perang Dunia I.
  • Pembantaian Orang Yahudi, orang Gipsi (Sinti dan Roma) dan suku bangsa Slavia oleh kaum Nazi Jerman pada Perang Dunia II.
  • Pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat oleh rezim Khmer Merah pada akhir tahun 1970-an.
  • Pembantaian bangsa-bangsa Indian di benua Amerika oleh para penjajah Eropa semenjak tahun 1492.
  • Pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat oleh rezim Khmer Merah pada akhir tahun 1970-an.
  • Pembantaian Rwanda, pembantaian suku Hutu dan Tutsi di Rwanda pada tahun 1994 oleh terutama kaum Hutu.
Dan lain2 ...

Sedang holocaust itu lebih dikhususkan bagi genocida yang dilakukan oleh Nazi Jerman terhadap berbagai kelompok etnis, keagamaan, bangsa, dan sekuler pada masa Perang Dunia II. Yang dari pembantaian sistematis itu jumlah korbannya diperkirakan 9-11 juta jiwa....

Nah jadi agak rancu bukan soal "pembantaian terbesar sepanjang sejarah"-nya ...



-dipi-
 
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

oo begitu, wah jadi salah ya thread ini...

maaf ya mba, aku copas dari sini

kalau salah mohon dihapus ae dech, takutnya ntar banyak yang tahunya hanya ini (seperti saya :D )
 
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

Nggak perlu dihapus...bahkan kalo perlu ditambahkan materinya...karena pembahasan soal sejarah pembantaian umat manusia itu banyak sekali, baik yang sudah diakui ataupun yang disangkal habis2an....

So, nggak perlu dihapus...
Aku rubah aja judulnya, gimana mas?



-dipi-
 
Re: 10 Pembantaian Manusia Terbesar Sepanjang Sejarah

boleh mba, yang baik aja dech gimana...aku gak tau yang baik itu gimana.. :)

suwun mba...
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Judul thread udah aku ganti...
Mungkin bisa kita bahas lebih dalam 10 pembantaian itu dulu ....



-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Lho Den Zoe kemana nih? ... Tiwas aku tunggu artikel2nya...

Yo wis kita bahas dulu aja yang pertama soal Pembantaian Nanking atau pembantaian Nanjing atau Rape of Nanking ...

Pembantaian Nanking, juga dikenal sebagai Pemerkosaan Nanking, adalah satu peristiwa kejahatan perang berbentuk Genosida yang dilakukan oleh tentara Jepang di Nanjing/Nanking yang ketika itu ibu kota Republik Cina, setelah kekalahan di tangan Tentara Kekaisaran Jepang pada 13 Desember 1937. Durasi pembantaian ini tidak begitu jelas, namun kekerasan senantiasa terjadi selama enam minggu, hingga awal Februari 1938....

Dalam sebuah buku yang menggambarkan bagaimana bentuk pembantaian ini, berjudul Rape of Nanking karangan Iris Chang, Chang membandingkan pendudukan Jepang atas Nanking setara dengan pembantaian orang-orang Yahudi oleh Nazi. Korban di Nanking diperkirakan sebesar 260.000 sampai 350.000. Bagaimana ia bisa membandingkannya dengan 6 juta orang Yahudi yang terbunuh? Ia berani membandingkannya karena menurutnya pembantaian orang Yahudi terjadi dalam jangka waktu 6 tahun sedangkan pembunuhan di Nanking hanya terpusat dalam beberapa minggu saja....dikatakan bahwa yang perlu diperhatikan dari Nanking tidak harus terpusat pada jumlah orang yang terbunuh namun lebih kepada bagaimana mereka dibunuh. Ada yang dijadikan sebagai sasaran untuk latihan bayonet hidup-hidup. Ada juga yang menjadi korban kompetisi pembunuhan orang Cina oleh dua prajurit Jepang yaitu antara Mukai Toshiaki dengan Noda Takeshi...

Digambarkan bagaimana malangnya nasib para wanita Cina yang ada di Nanking pada saat itu. Dari yang masih di bawah umur sampai yang sudah lanjut usia, hampir semua menjadi korban pemerkosaan tentara Jepang. Chang menyebut semua tindakan dan perbuatan tentara Jepang tersebut sebagai tindakan dan perbuatan yang tidak beradab dan sangat kejam. Sampai dituliskan bahwa anggota Nazi yang berada di Nanking pada saat itu memandang tindakan tentara Jepang tersebut sebagai sesuatu yang mengerikan, satu orang bahkan menggunakan istikah “beastial machinery”. Dengan menggunakan perbandingan-perbandingan ini, bisa dikatakan peristiwa ini sebagai holocaust yang terlupakan pada PD II...

Dalam satu sumber lain dikatakan bahwa pembantaian yang dilakukan oleh tentara Jepang ini sudah sangat jauh diluar nalar manusia... Seorang manusia normal dikatakan nggak akan mampu berpikir untuk melakukan cara2 keji dalam peristiwa ini..bagaimana wanita dan pria menjadi korban pemerkosaan tentara Jepang. Permainan-permainan seks mengerikan yang dipaksakan kepada orang-orang Cina saat itu. Ada cerita seorang wanita Cina bernama Li Xouyin yang sedang hamil tujuh bulan saat itu luput dari usaha pemerkosaan tiga tentara Jepang tetapi harus menerima 37 tusukan bayonet. Dia mengalami keguguran kandungan saat di rumah sakit dan baru pulih setelah tujuh bulan. Selain itu juga dituliskan berbagai cara penyiksaan yang diterapkan oleh tentara Jepang seperti penguburan hidup-hidup, penyaliban, dan pembakaran massal. Ada juga tawanan yang diperintahkan untuk telanjang dan menyeburkan diri mereka ke kolam yang membeku hingga mati. Cara lain adalah dengan mengubur badan para korban hingga setengah dan membiarkan anjing-anjing untuk mencabik-cabik tubuh mereka...

Persatuan Liga bangsa-bangsa (sekarang PBB) tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi hal ini, dikarenakan bahwa kawasan Asia adalah kawasan teritorial yang dikuasai oleh jepang pada saat itu, dan jepang pun berani menantang Amerika dengan meledakan sejumlah armada angkatan laut Amerika di Pearl Harbour. Nanjing sangat hancur pada masa itu, pemerintah jepang sempat kebingungan untuk mengatasi jumlah mayat yang ada di kota nanjing, mereka mengumpulkan dan mengubur mayat-mayat dalam satu lobang, kadang dibakar, kadang kepala-kepala mereka di mutilasi untuk dijadikan souvenir dinegara mereka, sungguh biadab apa yang dilakukan mereka. data yang didapati oleh organisasi Internasional pada saat itu menyebutkan bahwa lebih dari 300.000 orang dibunuh secara massal oleh jepang di kota Nanjing China...

Pembantaian mengerikan ini sedikit tertolong dengan adanya orang2 Eropa yang masih berdiam di Nanjing. Mereka ini mendirikan “The Nanking Safety Zone” yang menyelamatkan hampir 300.000 orang Cina ...

Beberapa kesaksian dari para pelaku sejarah di peristiwa ini, seperti...
“kadang-kadang (Orang Jepang) mengerat Payudara sehingga tulang rusuk terlihat jelas, terkadang juga orang jepang menusuk kemaluan mereka dengan Bayonet, dan membiarkan mereka menangis kesakitan , terkadang juga orang jepang menusukan tongkat kayu, buluh pipa, wortel, ranting berduri, kedaerah tubuh bagian bawah mereka, sampai mereka meninggal, dan tentara jepang tersebut tertawa serta bertepuk tangan disamping mereka.” .(Ref. The Record of the Brutal Acts of the Japanese Invaders, Political Department, KMT Military Commission, Published July 1938)
“Pada 16 desember, saya sedang berjalan-jalan disekitar kota Nanjing, asap dan api belum juga padam, disekitar saya liat banyak sekali mayat-mayat wanita yang dikumpulkan menjadi satu dalam tumpukan, diantara mayat tersebut saya melihat ada beberapa mayat yang payudara nya dikerat(dipisahkan) dari tubuhnya, kemaluan mereka di taruh bayonet dan benda2 lainnya, sering sekali saya melihat seorang wanita hamil yang dibelah perutnya kemudian janin nya dikeluarkan dan akhirnya mati bersama janinnya, di satu sisi saya melihat selokan yang dipenuhi dengan bau anyir darah, sungguh memilukan.” (Ref. “Blood debt— Eye witness of the brutal acts of the enemy in the Capital”, DaGong paper, Feb. 7th, 1938 )
“Desa sudah menjadi ladang mayat, dimana-mana tumpukan mayat, mayat bayi berserakan, yang lebih mengerikan saya lihat adalah mayat para wanita, muka mereka lebam, gigi mereka patah, rahang mereka terpisah dari mukanya, bagian alat vital mereka dirusak, perut mereka di bongkar sehingga usus nya terjulur keluar dan ada juga saya lihat isi perut mereka di satukan dengan darah mereka didalam sebuah tungku mangkuk yang biasanya dijadikan untuk memasak.” (Ref. “Photographic history of the atrocities of the Japanese army”, DaHua Publishing House, 1946 edition.)
Seorang warga asing yang dikenal dengan nama "Tian Bollie" menuliskan kesaksiannya...
” Sore hari, 14 desember 1937, tentara mendobrak salah satu rumah di Jalan Jian Yian, mereka menculik empat orang gadis, memperkosanya selama dua jam”.

“Malam hari, 14 desember 1937, tentara kembali mendobrak pintu rumah penduduk china, mempermalukan wanita dan kemudian mengambil mereka ….”

“Malam, 15 desember 1937, sekelompok tentara jepang menghancurkan dan menyisir kampus Jingling Univesity, dan memeperkosa lebih dari 30 orang gadis didalam yang diketahui bersembunyi. Mereka memperkosa gadis-gadis tersebut secara brutal dan bergantian, satu gadis di perkosa lebih dari enam orang tentara jepang “.

“Malam, 15 desember, banyak tentara jepang mendobrak rumah-rumah yang berada dijalan ShanTiao, mereka melakukan penculikan dan kemudian mempermalukan para tawanan wanita.”

“16 desember, tentara jepang menculik 7 tujuh orang gadis dari Infantri Univercity diperkirakan umur mereka diatas 16-21 tahun, 5 diantara mereka nanti dilepaskan, menurut laporan ke -18 mereka diperkosa lebih dari 6 kali sehari.”

“Petang 18 desember, sebanyak 450 orang wanita melarikan diri kekantor kami, meminta perlindungan, banyak diantara mereka yang sudah pernah diperkosa oleh jepang."




-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

2. Babi Yar Massacre

Babi-yar-300x220.jpg

Pembantaian Babi Yar terjadi pada tahun 1941 ketika lebih dari 33 ribu orang Yahudi tewas dalam sebuah operasi tunggal yang dipimpin oleh gubernur militer, Mayor Jenderal Friedrich Eberhardt, Panglima Angkatan Darat Kepolisian Grup Friedrich Selatan Jeckeln dan C Komandan Otto Rasch.

Operasi itu dilakukan oleh pasukan gabungan seperti SS, SD dan SiPo. Babi Yar adalah sebuah jurang di luar Kiev yang adalah ibu kota Ukraina.

meragukannnnnnnnnnnnnn
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Memang setiap klaim apa yang disebut dengan pembantaian selalu ada denial dari pihak yang berlawanan ...
Seperti Rape of Nanking itupun sampai sekarang masih banyak ditolak oleh beberapa pihak di Jepang... Beberapa orang dari LDP, partai paling berkuasa di Jepang, pada tahun 2007 bahkan menyangkal bahwa peristiwa itu bukan merupakan sebuah genosida dan mengatakan bahwa tidak ada bukti pembantaian oleh tentara Jepang, serta menyatakan hal tersebut hanyalah propaganda politik yang dikeluarkan oleh Beijing...
Secara resmi pemerintahan Jepang sebenarnya sudah mengakui dan menyatakan permintaan maaf secara resmi yang disampaikan pada tahun 1995 oleh PM saat itu, Tomiichi Murayama ...
Jauh sebelum itu, Jenderal Matsaui, pemimpin militer saat Jepang menyerbu Nanjing sudah menyatakan bahwa: "My men have done something very wrong and extremely regrettable." ... dan jenderal ini akhirnya mendapatkan hukuman mati dari pengadilan militer dengan tuduhan kejahatan perang...

Lalu soal Babi Yar Massacre, ini malah satu2nya holocaust yang nggak ada denial sama sekali dari pihak manapun, karena bukti berupa dokumentasinya sangat lengkap....

Aku cuplikan dari buku A History of Ukraine ...

Setelah angkatan darat Jerman menginvasi Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1941, maka dimulailah sebuah tahap baru dalam Holocaust. Dengan dalih perang dan keyakinan akan jaya, pihak Jerman beralih dari melakukan emigrasi paksa dan penahanan terhadap orang Yahudi menjadi pembunuhan massal. Regu-regu tindak khusus, atau Einsatzgruppen, yang terdiri dari satuan-satuan Nazi (SS) dan kepolisian, bergerak cepat di belakang angkatan darat Jerman yang terus bergerak maju. Mereka bertugas membunuh setiap orang Yahudi yang mereka temukan di wilayah kependudukan Soviet. Sejumlah warga di daerah-daerah yang diduduki, yang mayoritasnya adalah orang Ukraina, Latvia, dan Lituania, membantu regu-regu pembunuh keliling Jerman tersebut dengan bertugas selaku polisi pembantu...

Satuan-satuan pembunuh keliling bertindak cepat dengan melakukan penyergapan terhadap penduduk Yahudi. Para pembunuh memasuki sebuah kota dan mengumpulkan semua laki-laki, perempuan, dan anak-anak Yahudi. Mereka juga menangkap sejumlah besar pemimpin partai Komunis dan orang Roma (Gipsi). Para korban dipaksa menyerahkan semua barang berharga dan melepaskan pakaian, yang kemudian dikirim untuk digunakan di Jerman atau dibagi-bagikan kepada para kolaborator setempat. Kemudian, para anggota regu pembunuh tersebut menggiring korban ke lapangan terbuka, hutan, dan jurang di pinggir kota yang telah mereka taklukkan. Di sana mereka ditembaki atau dibunuh dengan gas oleh anggota regu pembunuh keliling dan mayatnya dibuang ke dalam kuburan massal...

Pada tanggal 21 September 1941, di malam Tahun Baru Yahudi, satu regu pembunuh keliling memasuki Ejszyszki, sebuah kota kecil di wilayah yang sekarang adalah Lituania. Para anggota regu pembunuh tersebut menggiring 4.000 orang Yahudi dari kota tersebut dan dari daerah sekitarnya ke tiga sinagoge, tempat mereka ditahan selama dua hari tanpa makanan dan minuman. Kemudian, dalam dua hari pembantaian, laki-laki, perempuan, dan anak-anak Yahudi dibawa ke pemakaman-pemakaman, dibariskan di depan lubang-lubang terbuka, dan ditembak mati. Hari ini tak satu pun orang Yahudi di Ejszyszki, salah satu dari ratusan kota dan perkampungan Yahudi (shtetl) di mana masyarakat Yahudi dibunuh selama Holocaust. Budaya yang kaya dari sebagian besar komunitas Yahudi ini telah hilang untuk selamanya...

Regu-regu pembunuh keliling membantai lebih dari satu juta orang Yahudi dan puluhan ribu orang tidak berdosa lainnya. Di Babi Yar, dekat Kiev, sekitar 34.000 orang Yahudi dibantai dalam penembakan selama dua hari. Hanya segelintir orang dari masyarakat umum yang membantu tetangga Yahudi mereka melarikan diri. Kebanyakan orang takut bahwa mereka juga akan dibunuh...

Pembantaian besar-besaran terhadap laki-laki, perempuan, dan anak-anak tidak berdosa di Babi Yar dan kota lainnya bukan tindak kejahatan preman atau orang gila. Para eksekutornya adalah laki-laki "biasa" yang menuruti perintah atasan. Banyak di antara pembunuh tersebut mempunyai anak dan istri di Jerman. Propaganda dan pelatihan telah mengajarkan banyak dari anggota regu pembunuh keliling itu untuk memandang para korbannya sebagai musuh Jerman. Beberapa pembunuh menenggak banyak minuman keras guna memajalkan pikiran dan perasaan mereka. Selain itu, ketika mereka menggambarkan tindakan mereka, mereka memakai kata-kata sandi seperti "perlakuan khusus" atau "tindakan khusus" alih-alih "pembantaian" atau "pembunuhan" guna menjaga jarak dengan tindak kejahatan mengerikan yang mereka lakukan...

Pembantaian 29-30 SEPTEMBER 1941

Jerman memerintahkan warga Yahudi kota Kiev berkumpul di Jalan Melnik untuk dipindahkan keluar kota. Pada kenyataannya, mereka yang melapor digiring sepanjang Jalan Melnik ke tempat pemakaman Yahudi dan sebuah jurang yang disebut Babi Yar. Orang Yahudi dipaksa menyerahkan barang-barang berharga mereka, menanggalkan pakaian, dan bergerak ke dalam jurang dalam kelompok-kelompok kecil. Regu-regu pembunuh Jerman dan satuan-satuan pembantu Ukraina menembaki mereka. Pembantaian besar-besaran tersebut berlangsung selama dua hari. Sekitar 34.000 orang Yahudi--laki-laki, perempuan, dan anak-anak--tewas dibunuh dalam operasi ini. Pada bulan-bulan berikutnya, ribuan orang Yahudi lainnya ditembak mati di Babi Yar. Banyak orang non-Yahudi, termasuk orang Roma (Gipsi) dan tahanan perang Soviet, yang juga tewas dibunuh di dalam jurang tersebut....

Beberapa dokumentasi resmi dari Babi Yar Massacre ...

Babi-Yar%20%20An%20aerial%20photograph%20of%20the%20Babi%20Yar%20ravine%20taken%20by%20the%20German%20air%20force.jpg

Lokasi Babi Yar yang diambil oleh angkatan udara Jerman


Babi-Yar%20%20German%20soldiers%20search%20through%20the%20belongings%20of%20%20murdered%20Jews%20in%20the%20ravine.jpg

Tumpukan korban yang diletakkan di jurang

Dan dibawah beberapa dokumen2 yang berhasil dikumpulkan ...

Babi-Yar%20Another%20view%20of%20murdered%20Jews%20on%20Pobeda%20Ave%20in%20Kiev.jpg


Babi-Yar%20German%20soliders%20go%20through%20the%20belongings%20of%20Jews%20murdered%20in%20the%20ravine.jpg


Babi-Yar%20Corpses%20on%20the%20sidewalk.%20Location%20is%20%20the%20right%20side%20of%20Pobeda%20Avenue.jpg




-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

kemarin lagi keluar "pos" mba, jadi gak bisa nimbrung.

Aku cari artikel2nya kok bahasa inggris ya,,ntar aku suruh ngartiin ama mba dipi, kan aku belum bisa bahasa inggris....

aku nimbrung aja dech... :D
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

aku ada beberapa buku yang membahas soal ini, jadi nanti kalo sempat ya aku posting...:D



-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

wah kalo aku dipenjemin aku mau ketikan dech mba... :)

tapi bahasa indonesia kan? :D
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Bahasa Inggris dan Perancis ...



-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

aku ada beberapa buku yang membahas soal ini, jadi nanti kalo sempat ya aku posting...:D



-dipi-


wah kalo aku dipenjemin aku mau ketikan dech mba... :)

tapi bahasa indonesia kan? :D

Bahasa Inggris dan Perancis ...



-dipi-

daripada itu, den zoeratmand sepertinya lebih prefer ke yang bahasa jawa, ada ga non dipi? :D

he bercanda
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Lalu soal Babi Yar Massacre, ini malah satu2nya holocaust yang nggak ada denial sama sekali dari pihak manapun, karena bukti berupa dokumentasinya sangat lengkap....


-dipi-


ane ragu soal jumlah korbannya non, bukan peristiwanya.
btw kejadian pembantaiannya jadul semua ya, yang era modern gak masuk ya? semisal genocide di Srebenica, pasti mantep tuh klo ada gambarnya.


 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Betul .. betul... Soal angka itu pasti terjadi banyak perdebatan, karena biasanya dalam soal ini banyak klaim yang sepihak...
Bagi pihak 'korban' pasti akan memaksimalkan jumlah, begitu juga sebaliknya dari sisi 'pelaku' ... itu yang sering dijadikan perdebatan ...

Iya .. aku juga heran kenapa cuma ada 10 itu dan itulah kenapa aku tanya kenapa bisa disebut yang terbesar, karena sebenarnya banyak sekali pembantaian2 yang berskala besar yang belum dicantumkan, termasuk yang disebut cak Niz itu ... tapi semoga nanti bisa kita bahas semuanya....




-dipi-
 
Re: Sejarah Pembantaian Umat Manusia Yang Pernah Terjadi

Saint Bartholomew's Day Massacre

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1572, tepatnya pada tanggal 24 Agustus...
Raja Charles IX dari Prancis, di bawah pengaruh ibunya, Catherine de Medici, memerintahkan pembunuhan pemimpin-pemimpin Protestan Huguenot di Paris, berawal dari pembunuhan masal tersebut mengakibatkan pembantaian puluhan ribu kaum Huguenot di seluruh Prancis...

Dua hari sebelumnya, Catherine memerintahkan pembunuhan terhadap Laksamana Gaspard de Coligny, seorang pemimpin kaum Huguenot yang dia anggap menjadi penyebab dan mempengaruhi anaknya untuk menyatakan perang terhadap Spanyol. Namun pembunuhan itu tidak berhasil dan Coligny hanya mengalami luka ringan. Pada saat itu Charles berjanji akan melakukan penyelidikan dengan tujuan untuk meredam kemarahan kaum huguenot. Akan tetapi Catherine meyakinkan Charles bahwa kaum Huguenot sedang bersiap untuk melakukan pemberontakan dan Charles mengijinkan untuk melakukan pembunuhan terhadap kaum Huguenot dengan mengatasnamakan pemimpin Katolik. Sebagian besar Huguenot berada di Paris pada waktu itu, merayakan pernikahan pemimpin mereka, Henry dari Navarre, yang menikahi adik raja, Margaret...

Daftar orang2 yang akan mereka bunuh kemudian disusun, berawal dari Coligny yang akhirnya berhasil dibunuh dengan cara dipukuli secara brutal untuk kemudian dilempar dari jendela kamarnya, itu terjadi pada fajar 24 Agustus. Setelah pembunuhan itu terjadi, orang2 Paris Katolik mulai bertindak brutal dan haus darah dengan membunuhi semua orang dari kaum protestan Huguenot. Charles mengeluarkan perintah kerajaan pada 25 Agustus untuk menghentikan pembunuhan itu, namun permintaannya tidak dihiraukan bahkan pembantaian semakin menyebar ke luar Paris...

Pembantaian terus berlanjut hingga bulan Oktober, dan menyebar ke daerah seperti Rouen, Lyon, Bourges, Bourdeaux, dan Orleans. Diperkirakan 3 ribu kaum protestan terbunuh di Paris, dan lebih dari 70 ribu terbunuh di seluruh Perancis. Kejadian ini menandai kembalinya perang agama antara Katolik dan Protestan di Perancis....




-dipi-
 
Back
Top