Klinik Umum IIdotCom (kumpulan tanya jawab pasien & dokter)

Re: Klinik Umum IIdotCom

Bagaimana cara mengeluarkan dahak ?

TANYA:
Selamat malam dokter, saya adalah penderita TB. Dalam pemeriksaan dahak pertama, hasilnya adalah BTA +1. Selama tiga bulan ini saya telah minum obat (obat kombinasi) dari Puskesmas. Kata dokter di Puskesmas saya harus melakukan pemeriksaan dahak lagi. Masalahnya saya tidak batuk lagi. Pertanyaan saya, bagaimana cara saya mengeluarkan dahak, sementara saya tidak batuk ?
Terimakasih atas jawabannya.

dari: SESEORANG

JAWAB:

Cukup minum air putih saat anda baru bangun tidur di pagi hari sebanyak 3-4 gelas. Tunggulah 5-10 menit kemudian. Saat itu biasanya anda akan dengan mudah untuk dapat mengeluarkan dahak dari tenggorokan dengan cara seperti mau meludah (spitting).

oleh: dr. Janfrional @ meetdoctor.com
 
Re: Klinik Umum IIdotCom

Mata Rabun yang Tidak segera memakai kacamata

Tanya:

Dokter, saya memiliki gangguan penglihatan, yaitu rabun jauh..
Nah, biasanya kan orang yang memiliki gangguan seperti ini akan segera memeriksakan diri ke Optic. Lalu memakai kaca mata.
Tetapi, saya hanya pernah memeriksakannya dan hasilnya kedua mata saya min 4 semua. Hanya saja saya tidak memakai kacamata.. Karena saya pribadi tidak suka memakai kacamata.

Apakah baik, membiarkan mata rabun ini tidak memakai kacamata? Tetapi saya berusaha menambah asupan vitamin A, melalui buah dan sayuran yang saya konsumsi. Apa bahayanya jika mata ini dibiarkan tidak memakai kacamata?

Jawab:

Dear Nadaegan,
Penanganan rabun jauh dengan minus 4 memang sebaiknya dikoreksi dengan menggunakan kacamata ataupun lensa kontak, karena bila dibiarkan terus menerus akan membuat otot mata melemah dan terjadi gangguan akomodasi mata dan memperparah kondisi mata yang sudah rabun, asupan vitamin A hanya dapat membantu untuk memperlambat laju pertambahan minus saja, akan tetapi untuk menghilangkannya tidak mungkin.

Ada baiknya juga anda memeriksakan diri dengan dokter spesialis mata untuk memastikan kondisi mata anda dan juga mencari solusi yang terbaik sesuai kebutuhan anda.
Untuk tambahan informasi dapat dibaca artikel berikut http://meetdoctor.com/topic/myopia.

oleh: Dr. Margareta Amelia @ meetdoctor
 
Berbahayakah Jika Hidung Sering Tersumbat?

Tanya:
Halo Dokter, saya perempuan usia 19 tahun. Saya sering sekali mengalami masalah hidung tersumbat. Terkadang hidung yang tersumbat hanya sebelah kanan saja, dan kadang yang sebelah kiri saja. Biasanya, saya mengalami hal ini saat saya sedang duduk atau berbaring. Apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan hal ini Dok? Penyakit apa yang saya alami? Atas bantuan Dokter, saya ucapkan terima kasih.


Jawab:

Hidung tersumbat seperti yang Difan alami dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin terjadi, seperti adanya penyakit flu, alergi, atau kondisi infeksi saluran nafas bagian atas.

Kondisi ini termasuk tidak mengkhawatirkan karena dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Saat ini yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut adalah dengan sering menghirup uap air panas untuk mengurangi penyumbatan yang dialami.

Selain dengan memberikan terapi pada diri sendiri dengan uap panas, Difan juga perlu secara teratur mengonsumsi air putih. Air putih yang baik untuk dikonsumsi setiap harinya berjumlah 2 hingga 3 liter.

Untuk posisi berbaring, selalu usahakan untuk berbaring secara telentang dengan mengganjal kepala menggunakan 2 sampai 3 bantal. Difan juga bisa menggunakan jenis olesan bersifat Vapor Inhaler untuk melegakan hidung tersumbat.

Terima kasih.

dr. Janfrional
Praktik di Citralife Chiropractic Clinic Jakarta

MeetDoctor
 
Halo dok sy pria umur 19 tahun keluhan sy sering ngerasa lemas,susah BAB,tersumbat di krongkongan,pengen pingsan,pandangan kabur dan leher terasa berat..
Mohon infonya dok tentang gejalah gejalah itu?
 
Halo dok sy pria umur 19 tahun keluhan sy sering ngerasa lemas,keluar keringat kaki ma tangan,suhu tubuh naik,susah BAB,tersumbat di krongkongan,pengen pingsan,pandangan kabur dan leher terasa berat..
Mohon infonya dok tentang gejalah gejalah itu?
 
Bolehkah Bayi ditaruh di lantai?

Ada tetangga saya yang adat jawanya kental sekali. Dia bilang, bayi yang belum melalui ritual turun tanah, tidak boleh diajak main atau dibaringkan di lantai, meski pun ada alasnya seperti karpet atau tikar. Nah, apakah hal seperti ini ada hubungannya dengan masalah kesehatan bayinya? Boleh tidak, bayi ditidurkan di lantai (tentunya beralaskan karpet/tikar)? Apakah akan mempengaruhi kesehatan bayi tersebut? Terimakasih

Jawab:

Boleh, asalkan ada alas yang sesuai, misalnya matras. Yang disebutkan merupakan mitos saja.


oleh
dr. Alan Goni
80x80-381890_2878843336760_1430330754_3023894_1343838358_n-1.jpg



MeetDoctor
 
Tanya:

Dokter, apa sih yang membuat seseorang menjadi begitu cepat lupa, alias pelupa akut? apakah setiap orang yang mudah lupa itu menjadi gejala terkena alzheimer? apakah alzheimer bisa menyerang orang yang usianya di bawah 30 tahun? terimakasih

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti kekhawatiran anda karena sering lupa. Sering lupa merupakan gejala yang umum, bisa saja keluhan anda tidak memiliki landasan kelainan yang mengkhawatirkan. Namun jika keluhan lupa ini begitu parah, misal sampai anda lupa kejadian yang baru saja anda alami, saya menyarankan anda untuk berkonsultasi langsungd engan ahli saraf atau neurolog. Penyakit lupa memang ada, namanya alzheimer, namun biasanya penyakit ini menyerang orang tua bukan anak muda. Sementara ini, coba latih otak anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan anda dalam jurnal untuk membantu anda dalam mengingat masalah, sehingga anda tidak melupakan hal-hal penting.

Semoga informasi ini membantu. (EA)

Salam

Tim redaksi Klik Dokter


KlikDokter
 
Halo dok sy pria umur 19 tahun keluhan sy sering ngerasa lemas,keluar keringat kaki ma tangan,suhu tubuh naik,susah BAB,tersumbat di krongkongan,pengen pingsan,pandangan kabur dan leher terasa berat..
Mohon infonya dok tentang gejalah gejalah itu?

Ini dia...

Dear,

Gejala tersebut tidak spesifik dan sayangnya kita tidak bisa mendiagnosis suatu penyakit secara pasti bila hanya berdasarkan pada gejala yang anda ceritakan itu saja.

Bila ada kenaikan suhu tubuh (demam), maka dicurigai bahwa yang menyebabkan hal tsb. adalah infeksi. Saya anjurkan bila demamnya sudah berlangsung selama 3 hari, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lab berupa pemeriksaan darah tepi. Dari situ akan dapat diketahui, kira-kira infeksi kuman apa yang menyebabkan hal tsb. dan dapat diketahui pula pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi tsb.

oleh Dr. Janfrional
100x100-foto_profile_3.jpg

yang prakteknya di..

Citralife Chiropractic Clinic
Ruko Inkopal Blok C 58-59
Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading
Jakarta Utara. Indonesia
Phone : +62 21 4585 1150 .
Jakarta
 
Tanya:

awal ramadhan tahun lalu, saya haid. selanjutnya, haid baru keluar pas bulan november akhir. selanjutnya, haid baru keluar pas bulan january dan bulan february. sejak maret hingga kini tidak haid sama sekali.

saya adalah wanita berusia 25 tahun, dengan berat badan 60 kg, tinggi badan 157 cm, dan saya belum menikah dan saya belum pernah melakukan hubungan intim..

kira-kira dengan sirkulasi haid yang tersendat-sendat begini, apakah yang terjadi pada diri saya?


Jawab:

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid semacam itu. Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.

Keterangan lengkap tentang kondisi yang anda alami dapat anda baca di link berikut ini :

http://meetdoctor.com/topic/amenorrhea

Pada kondisi seperti ini biasanya diobati dengan obat-obatan hormonal guna melancarkan siklus haidnya. Idealnya, harus diperiksa terlebih dahulu kadar hormon di laboratorium dan juga sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Untuk itu saya anjurkan agar anda memeriksakan ke dokter kebidanan dan kandungan guna memperoleh pengobatan dan pemeriksaan hormon sebelum diobati, agar pengobatan yang diberikan tepat dan benar.

Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

oleh dr. Janfrional
 
Muncul benjolan kecil di Payudara

Tanya:
Di payudara kiri saya, muncul beberapa benjolan kecil. Saat ini dua benjolan sebesar +/- 2mm, dan yang baru muncul ada dua. di payudara kanan juga ada yang sepertinya baru muncul. Saya sudah pernah menanyakan ini pada dokter. Katanya kelenjar ikan. saya gak ngerti dan penjelasan dokter itu kurang detail. Mohon pencerahan dari dokter di MeetDoctor. Terimakasih

Jawab:
Kemungkinan benjolan tersebut adalah kista jinak/ tumor jinak payudara/FAM. Tetapi untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan langsung.

Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bedah untuk masalah ini.

Terima kasih

oleh: dr. Janfrional
 
Tanya:

Adik saya, usianya 23 tahun. 6 bln terakhir ini siklus menstruasinya tidak teratur. tiga bulan sekali baru mens, dan keluarnya sedikit sekali. Apakah itu wajar, dok?
Dan, waktu dulu, saat masih rutin sebulan sekali, jangka waktu yang biasanya 7 hari, malah makin pendek, dok.. kadang, hanya mens selama 3 hari. Apakah itu wajar?

Jawab:
Dear Nadaegan,
sebaiknya memang anda mengajak adik anda untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebab haid yang tidak teratur, ada kemungkinan karena ketidakseimbangan hormonal ataupun kelainan pada organ reproduksinya..

untuk info lebih lengkap dapat dibaca artikel berikut
Amenorrhea

semoga bermanfaat

oleh: dr. Margareta Amelia

MeetDoctor
 
Muncul benjolan kecil di Payudara

Tanya:
Di payudara kiri saya, muncul beberapa benjolan kecil. Saat ini dua benjolan sebesar +/- 2mm, dan yang baru muncul ada dua. di payudara kanan juga ada yang sepertinya baru muncul. Saya sudah pernah menanyakan ini pada dokter. Katanya kelenjar ikan. saya gak ngerti dan penjelasan dokter itu kurang detail. Mohon pencerahan dari dokter di MeetDoctor. Terimakasih

Jawab:
Kemungkinan benjolan tersebut adalah kista jinak/ tumor jinak payudara/FAM. Tetapi untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan langsung.

Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bedah untuk masalah ini.

Terima kasih

oleh: dr. Janfrional

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang anda rasakan. Benjolan pada payudara bisa berupa pembengkakan semata saja, infeksi atau berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik pembengkakan tersebut, seperti:

Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
Permukaannya: licin atau berbenjol
Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
Bagaimana keadaan kulit di atasnya
Apakah ada nyeri
Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)
Sayang sekali kami tidak mengetahui dengan jelas jenis dan letak benjolan Anda, apakah benjolan tersebut lunak atau keras pada perabaan? Diperlukan pemeriksaan langsung terhadap benjolan tersebut. Sudah berapa lama benjolan ini ada? Apakah semakin membesar?

Saya menyarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah onkologi untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter
 
Apa Saja Bahayanya Pil / Jamu Pelangsing Bagi Kesehatan?

TANYA:

Dok,
Saya memiliki berat badan yang over (60 kg) dan tinggi kurang (157 cm). Orang tua saya, terutama Ibu, sering memaksa saya minum pil / jamu pelangsing. Jelas saya gak mau, karena saya tau sekali, bahwa pil / jamu pelangsing yang sembarangan bisa menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan (bener kan, dok?). Saya sudah bilang ini ke ibu saya, tapi beliau tidak mau tau. Jadi, saya sering terpaksa harus menelan pil / jamu pelangsing tsb.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Seberbahaya apakah pil / jamu pelangsing ? (ingin penjelasan yang lebih detail, supaya Ibu saya dapat mengerti)
2. Pil / Jamu pelangsing yang sudah tertelan, bagaimana menghilangkan / menetralisir efeknya?
3. Apakah ada pil / jamu pelangsing yang aman untuk tubuh? Bagaimana cara membedakan yang aman atau tidak.
4. Saat saya meminum pil / jamu pelangsing, yang saya rasakan adalah lemas, pusing, dan mual. Apakah itu memang efek wajar dari pil / jamu pelangsing tersebut?

Sekian, Dok.
Terimakasih


JAWAB:

1. Hal itu tergantung dari apa kandungan / isi dari jamu tersebut. Bila terbuat benar-benar dari bahan yang alami / benar dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, maka risiko bahayanya tidak ada / relatif rendah. Yang berbahaya adalah bila jamu / ramuan tersebut dicampur dengan bahan kimia seperti zat kafein / ephedrin dalam dosis yang tinggi, hal ini bisa membuat gangguan terhadap irama jantung dan memberikan keluhan seperti jantung yang berdebar-debar.

2. Tidak ada cara untuk hal tersebut. Bila pil / jamu-nya memang murni terbuat dari ektrak tanaman / tumbuhan / bahan alami, maka tidak ada efek buruknya. Bila mengandung kafein atau zat kimia lain, maka zat tersebut akan diolah dan dibuang oleh organ hati atau ginjal.

3. Ada (sesuai keterangan pada no 1 dan 2), cara membedakannya hanya bisa dilakukan dan di test di laboratorium, dan hal ini merupakan kewajiban dari badan POM.

4. Wajar / tidaknya hal itu tergantung dari kandungan zat apa yang terkandung dalam produk yang anda minum.

Terima kasih

oleh: dr. Janfrional
 
Tanda Kolesterol dan Tekanan Darah Anda Naik

Tanya:
Saya wanita berusia 21 tahun. Kepala saya di bagian belakang hingga ke leher sering mengalami sakit yang disertai dengan rasa pusing. Kemudian saya akan mengalami hilang konsentrasi dan nyeri pada sendi-sendi. Gejala penyakit apa yang saya alami, Dok? Bagaimana pengobatan yang tepat?
Lili

Jawab:
Dear Lili,

Sudahkah Anda mengecek tekanan darah dan level kolesterol Anda? Kemungkinan besar gangguan otot dan sendi di daerah leher yang Anda alami disebabkan oleh kadar kolesterol dan tekanan darah Anda yang sudah melampaui batas normal.

Otot dan sendi leher yang mengalami gangguan memang dapat menjalar dan menyebabkan sakit kepala, hilangnya konsentrasi, hingga kesulitan untuk tidur. Jika memang kolesterol dan darah tinggi yang menjadi penyebabnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Namun, jika kadar kolesterol dan tekanan darah Anda normal, periksakan diri ke dokter saraf untuk diagnosis dengan lebih tepat sehingga obat-obatan dan perawatan yang diterima juga tepat sesuai dengan penyebab rasa sakit. Terima kasih.

dr. Jesslyn Valentina Jonathan, Jakarta

Meetdoctor
 
Manfaat Buah Naga

TANYA:

Dok, apa aja sih, manfaat Buah Naga bagi kesehatan?
Dan, apakah tidak apa-apa kalau kebanyakan makan Buah Naga?
Bagus mana, Buah Naga yang isinya putih atau merah (seperti keunguan)?

JAWAB:

Dear,

Buah naga (dragon fruits) kaya akan vitamin C, mengandung 9mg vit C per buah yang setara dengan 10 persen dari nilai harian. Dengan demikian, makan dragonfruits membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan lebih cepat dari memar dan luka. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membantu menangkal gangguan pernapasan kronis seperti asma dan batuk. Buah ini juga mengandung vitamin B seperti B1 untuk metabolisme yang lebih baik karbohidrat, B2 untuk pemulihan dan peningkatan nafsu makan, dan B3 untuk mengurangi kolesterol jahat sambil meningkatkan kondisi kulit.

Buah naga mengandung mineral seperti kalsium untuk tulang kuat dan gigi, fosfor untuk pembentukan jaringan dan zat besi untuk darah yang sehat. Satu buah naga berisi sekitar 88 mg kalsium, fosfor 36.1mg dan 0.65mg besi.

Buah naga yang berwarna merah / keunguan mengandung zat leukopen yang berfungsi sebagai anti oksidan. Zat ini membantu dalam mencegah penyakit degeneratif seperti kanker.

Terima kasih

oleh dr. Janfrional
meetdoctor
 
Bedanya Mentimun Mentah dan yang Sudah Dimasak

TANYA:

Dok, ada beberapa orang di desa saya yang mengaku punya penyakit anemia atau darah rendah..
Dan mereka bilang.. kalau memakan mentimun yang baru dipetik dari tanamannya, alias mentimun mentah, akan menyebabkan anemia mereka kambuh dan pingsan.. Tetapi, kalau mentimun tersebut sudah diolah alias dimasak, mereka tidak apa-apa.

Benarkah, mentimun yang mentah dan yang sudah dimasak itu memiliki kandungan yang berbeda?

JAWAB:

Hai, selamat sore.

Pertama, yang harus diluruskan adalah bahwa antara anemia dan darah rendah adalah 2 hal yang berbeda. Darah rendah adalah bila pengukuran tekanan darah lebih rendah dari yang seharusnya. Sementara mengenai anemia jika didapati pemeriksaan komponen darah tertentu, yaitu hemoglobin lebih rendah dari seharusnya.

Kedua, anemia atau pun tekanan darah rendah tidak ada hubungannya dengan konsumsi timun, baik itu mentah atau pun dimasak.

Terakhir, timun mentah atau pun dimasak sekali lagi tergantung bagaimana cara memasak atau mengolah makanan. Terpenting dicuci dengan air bersih, lalu kulit luar dikupas. Bila ingin dimasak, silahkan. Bila memang tidak bersih, tidak sampai menimbulkan keluhan pingsan atau sejenisnya, melainkan lebih ke gangguan pencernaan akibat infeksi kuman atau pun cacing dan sebagainya.

oleh dr. Alan Goni
meetdoctor
 
Tanya:

Dok,
Gigi geraham saya sudah berlubang sejak SMP, dan tidak pernah ditangani medis. Dan baru saya ketahui tiga tahun terakhir, bahwa di dalam gigi berlubang itu tumbuh semacam polip. Juga tidak pernah saya periksakan secara intens..
Apakah Polip ini tidak akan jadi masalah jika dibiarkan saja? Bisa dihilangkan?

JAWAB:
Pagi,
Ya tentu sajajika dibiarkansaja bisa timbul nyeri bahkan infeksi. Karena gigiyang berlubang bisa menjadi tempat masuknya kuman.

Saransaya ada baiknya segera lakukan pemeiksaan ke dokter gigi.

Semoga membantu

oleh: dr. Fresia Juwitasari Wongkar

meetdoctor
 
Air Sumur Mengandung Kapur

TANYA:

Dok.
Belakangan ini, air sumur di rumah saya bau sekali.. Lalu, ada yang menyarankan (karena sudah pengalaman katanya) agar air sumurnya diberi gampen atau kapur.
Nah..
Apakah air sumur yang sudah dicampuri kapur ini.. aman untuk diminum setelah direbus? Apakah aman dipakai mandi? Jika tidak aman, apakah yang akan terjadi bila seseorang meminumnya? Karena, semenjak diberi kapur, kami sekeluarga tidak berani mengkonsumsinya, dan memilih minum air mineral galon..

JAWAB:

Hai, selamat pagi.

Ibu, tentu penanganan bukan dengan menggunakan kapur. Harus diketahui terlebih dahulu kandungan apa yang menyebabkan air menjadi bau tersebut. Saya sarankan melakukan pemeriksaan air, setelahnya gunakan filter air untuk mengatasi masalah. Menurut saya kurang aman untuk konsumsi. Saya sarankan untuk air minum gunakan air minum galon.

oleh: dr. Alan Goni

meetdoctor
 
Back
Top