Tutorial Photoshop Ubah Warna Mata

momentum

New member

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Foto Anda.

Setelah membuka aplikasi Photoshop, pilih menu File>Open atau menggunakan shortcut keyboard Ctrl+O untuk membuka window Open. Browse dan klik foto anda, kemudian klik tombol Open. Sumber foto untuk tutorial ini diambil dari situs Microsoft Office Images.

Buka-Foto-Anda1.jpg

2. Gandakan Layer Background.

Untuk menjaga foto asli tidak rusak, gandakan layer background dengan cara menekan tombol keyboard Ctrl+J.

Gandakan-Layer.png

3. Pilih Pen Tool.

Sekarang pilih Pen Tool. Pilih Path pada Option Bar yang terletak di bawah menu bar. Kita akan menggunakan Pen Tool untuk membuat path di bola mata yang akan kita ubah warnanya dan kemudian mengubahnya menjadi seleksi.

Pen-Tool.png

Gambar: Pen Tool

Path-Pen-Tool.png

Gambar: Pilih Path.

4. Buat Path Pada Bola Mata.

Silahkan lakukan klik-klik di pinggiran bola mata mengikuti alur sehingga terbentuk Path mengelilinginya. Akhir path harus bertemu dengan awal path.

Seleksi-Bola-Mata.jpg

Gambar: Buat Path di Bola Mata.

5. Ubah Path Menjadi Seleksi.

Ubah path yang telah kita buat menjadi sebuah seleksi. Caranya dengan mengklik kanan mouse pada dokumen untuk menampilkan menu. Pada menu yang muncul, pilih Make Selection. Berikutnya akan muncul kotak dialog Make Selection. Saya akan mengisikan Feather Radius 1 pixels kemudian mengklik tombol OK. Seharusnya Path di bola mata kini sudah berubah menjadi seleksi dengan bentuk garis berkedip-kedip.

Make-Selection.jpg

Gambar: Klik kanan kemudian pilih Make Selection.

Feather.jpg

Gambar: Isikan Feather radius.

6. Buat Adjustment Layer Color Balance.

Klik icon adjustment layer yang terletak di bagian bawah layer panel, kemudian pada menu yang muncul pilih Color Balance. Pada layer panel akan terbentuk adjustment layer Color Balance 1. Dan juga akan muncul window properties untuk color balance.

Color-Balance.jpg

Gambar: Pilih Color Balance.

Layer-Color-Balance.png

Gambar: Adjustment Layer Color Balance.

7. Ubah Warna Dengan Mengatur Properties Color Balance.

Pada window properties color balance terdapat menu drop down yang berisi 3 pengaturan yaitu Shadow, Midtones dan Highlights. Saya akan mengisikan angka-angka untuk Shadow R:0, G:-5, B:-5. Untuk Midtones R:75, G:25, B:0. Dan Highlights R:0, G:0, B:0. Pengaturan ini akan berbeda tergantung foto dan warna mata yang anda inginkan. Warna mata pada foto contoh yang tadinya berwarna hitam kebiruan kini telah berubah menjadi coklat.

Atur-Color-Balance.jpg

Gambar: Atur Color Balance pada window properties color balance.

8. Ulangi Langkah 3 Sampai Langkah 7 Untuk Mata Sebelah Kanan.

Silahkan ulangi langkah 3 sampai langkah 7 untuk mengubah warna mata sebelah kanan. Isikan pengaturan color balance yang sama dengan mata kiri.

Layer-Terakhir.png

Gambar: Layer terakhir yang terbentuk.

9. Simpan Project.

Setelah selesai, simpan project dengan memilih menu File>Save. Beri nama file kemudian klik tombol Save. Mungkin anda ingin mencoba merubah warna mata dengan GIMP.

Selesai sudah tutorial mengubah warna mata, berikut ini hasilnya:

ubah-warna-mata.jpg

~trikmudah
 
Back
Top