33 Trik Photoshop (bag. 1)

jaya28inside

New member
Adobe-Photoshop-Cs5-Wide-Screen-Desktop-Wallpaper%5B1%5D.jpg

33 Trik Photoshop (bagian 1)

Tingkatkan kemahiran anda dengan beberapa tips & trik Photoshop dibawah ini.

Photoshop ialah aplikasi paling mudah dipakai dan paling kreatif jika anda berhasil menguasainya seiring dengan berjalannya waktu dalam penerapannya di dunia desain grafis. Jika anda mencari tips trik mengenai peningkatan brush work, menguasai pen tool, atau bahkan dalam penggunaan layer, maka pada halaman ini and dapat menerapkannya secara langsung!

1. Pola Berputar
PS1.jpg


Jika anda ingin membuat pola kaleidoscopic dengan bantuan keyboard, coba saja tekan CTRL+SHIFT+ALT+T untuk menduplikat suatu layer dan menerapkan transformasinya secara skaligus. Sebagai contoh, disini saya sudah membuat bentuk glowing (roda bercahaya) dengan menerapkan lens flare effect, tetapi anda bisa menggunakan bentuk / gambar / efek lain jika mau. Pertama buat dulu rotasi pertamanya, lalu CTRL+T dan putar sedikit, lalu tekan ENTER. Kemudian, kini tekan CTRL+SHIFT+ALT+T secara berulang.


2. Gabungan Image dengan Text
PS2.jpg


Ada banyak cara menggunakan overlay image pada sebuah text. Coba drag sebuah Image-Layer lalu letakkan diatas layer yg berisi Text-Type, lalu tekan ALT sehingga nampak garis diantara dua layer tersebut. Otomatis Image-Layer akan terclip kepada Text-Layer dengan sendirinya.


3. Birds' Eye View

Ketika memperbesar pandangan (zoom), tekan tombol H dan drag pada Image sehingga full screen.


4. Quick Full Layer Mask

Anda bisa mengklik sembari menekan ALT pada Layer-Mask sehingga full-Mask teraplikasikan sehingga menyembunyikan seluruh object pada Layer tersebut.


5. Marquee Selection

Pakai Marquee tool dipermudah dengan cara menekan tombol ALT untuk memilih selectionnya, lalu tekan SPACE untuk beralih (bergeser).


6. Ganti Warna Background
PS3.jpg


Jika ingin merubah background Photoshop dari Grey (abu-abu) menjadi warna lain, caranya mudah! Gunakan warna lain pada foreground color lalu pilih Bucket Tool, dan klik pada Background area. Klik kanan lagi untuk mengembalikannya ke warna semula (grey:: abu-abu).


7. Sederet 1000 History

Buka Edit | Preferences | Performance lalu ubah number of History ke 1000 sebagai nilai maximumnya. Perhatikan baik-baik karena efek ini akan berpengaruh pada performa Photoshop.

Tertarik untuk mengetahui kelanjutan detail lainnya?
Simak artikel lengkapnya disini.

 
Hi salam kenal sebelumnya,

Saya desainer baju (@arnoldputra di instagram, desain ku di @byarnoldputra di instagram) yang sedang cari ahli photoshop (nga usah ahli banget sih) untuk membuat desain secara kolase terutama mengabungkan beberapa karakter, barang barang secara apa yang sedang dipakai atau dipegang dan juga perubahan background saja. seperti contoh nya di bawah ini. Saya akan butuh kurang lebih setotal 10 gambaran yang akan aku share ide dan gambaran tangannya dan juga semua referensi nya yaitu karakter/barang/background individu. Jika tertarik tolong beri kabar kurang lebih harganya untuk gonta ganti dan kolase 10 desain . Terima kasih banyak sebelumnya.

Hormat saya,
Arnold
 
Back
Top