(HERE)hukum pacaran menurut islam
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


(HERE)hukum pacaran menurut islam

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #41   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

saran dari saya, apabila sudah umur di atas 25 th.sudah matang menghadapi berumah tangga, karena kita harus di pikirkan anak kita nanti. Tapi sifat2 uda pada tau blm.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Loading...
       





Reply With Quote     #42   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

Kutip:
Oleh guest View Post
Assalamu'alaikum....
saya mo nanya nih....
Saya dah pacaran 6 th....... (lama banget ya....)
sekarang saya sadar bahwa pacaran itu ga boleh/haram hukumnya dalam islam....
Apa yang harus saya lakukan dengan kondisi saya yang seperti ini....
Kalu saya tinggalin pacar saya.. saya merasa kasihan sama dia....
saya mohon di kasih solusi ....
saya bener bener mo insaf.....
soalnya saya akuin, selama saya pacaran ma dia, saya berzina terus....(selain ML).
Apa yang harus say lakukan....
mba atau mas nie.., met knal yah..,
gini jika kita sudah menyadari kesalahan yg kita lakuin.., lngsung aja bertobat
Insya Allah akan di ampuni.., syarat tobat adalah.,
-menyesal atas ap yg di lakukan.,
-memohon ampunan kpd Allah SWT.,
-berjanji dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan'y itu..,
-jika kesalahan kita trhadap org lain, lngsung lah meminta maaf.,
jika itu sudah di lakukan.., rundingkan lah kpd pasangan anda., untuk menuju hubungan yg di ridhoi Allah., dgn kata lain menikah...
okatawa
okatawa okatawa is offline
Home Level

Post: 19
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #43   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

kok kayaknya dah pada ngebet nikah ya..... bagus lah
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:





Reply With Quote     #44   Report Post  

jadi ingett ama emaill kawann

Islam Kok Pacaran



Soal pacaran di zaman sekarang tampaknya menjadi gejala umum di kalangan kawula muda. Barangkali fenomena ini sebagai akibat dari pengaruh kisah-kisah percintaan dalam roman, novel, film dan syair lagu. Sehingga terkesan bahwa hidup di masa remaja memang harus ditaburi dengan bunga-bunga asmara , kisah-kisah asmara , harus ada pasangan tetap sebagai tempat untuk bertukar cerita dan berbagi rasa.

Selama ini tampaknya belum ada pengertian baku tentang pacaran. Namun setidak-tidaknya di dalamnya akan ada suatu bentuk pergaulan antara laki-laki dan wanita tanpa nikah.

Bagaimanapun mereka yang berpacaran, jika kebebasan dalam pacaran diartikan sebagai hubungan suami-istri, maka dengan tegas mereka menolak. Namun tidaklah demikian jika diartikan sebagai ungkapan kasih sayang dan cinta, sebagai alat untuk memilih pasangan hidup. Akan tetapi kenyataannya, orang berpacaran akan sulit segi mudharatnya ketimbang maslahatnya. Satu contoh : orang berpacaran cenderung mengenang dianya. Secara sosio cultural di kalangan masyarakat agamis, pacaran akan mengundang fitnah, bahkan tergolong naïf. Mau tidak mau, orang yang berpacaran sedikit demi sedikit akan terkikis peresapan ke-islam-an dalam hatinya, bahkan bisa mengakibatkan kehancuran moral dan akhlak.

Sudah banyak gambaran kehancuran moral akibat pacaran, atau pergaulan bebas yang telah terjadi, akibat science dan peradaban modern. Islam sendiri sebagai penyempurnaan dien-dien tidak kalah canggih memberi penjelasan mengenai pacaran. Pacaran menurut islam diidentikan sebagai apa yang dilontarkan Rasululla SAW : “Apabila seorang di antara kamu meminang seorang wanita, andaikata dia dapat melihat wanita yang akan dipinangnya, maka lihatlah..” (HR ahmad dan abu daud)

Namun islam juga , jelas-jelas menyatakan bahwa pacaran bukan jalan yang diridhai Allah, karena banyak segi mudharatnya. Setiap orang pacaran, cenderung untuk bertemu, duduk, pergi bergaul berdua. Ini jelas pelanggaran syari’at terhadap larangan melihat atau bergaul dg bukan muhrim. Diriwayatkan dalam hadist “ lirikan mata merupakan anak panah yang beracun dari setan, barang siapa meninggalkan karena takut kepada-Ku, maka aku akan menggantinya dengan iman sempurna hingga ia dapat merasakan arti kemanisannya dalam hati.

Tapi mungkin juga ada di antara mereka yag mencoba “berdalih” dengan mengemukakan argumen berdasar kepada sebuah hadist Nabi SAW yg diriwayatkan imam abu daud berikut : “barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, atau memberi karena Allah, dan tidak mau memberi karena Allah, maka sungguh orang itu telah menyempurnakan imannya.“ Tarohlah mereka itu adalah orang-orang yang mempuyai tali iman yang kokoh, yang tidak bakalan terjerumus (terlalu) jauh, dalam mengarungi “dunia pacaran mereka”. Tapi kita juga berhak bertanya : sejauh manakah mereka dapat mengendalikan kemudi “perahu pacaran” itu? Dan jika kita kembalikan lagi pada hadist yang telah mereka kemukakan itu, bahwa barang siapa yang mencintai karena Allah adalah salah satu aspek penyempurna keimanan seseorang, lalu benarkah mereka itu mencintai satu sama lainnya benar-benar karena Allah? Dan bagaimana mereka merealisasikan “mencintai karena Allah” tersebut ? kalau (misalnya) ada acara bonceng-boncengan, dua-duaan, atau bahkan yang lebih jauh. Apakah itu bisa dikategorikan sebagai mencitai karena Allah?” jawabnya jelas tidak!

In fact, pacaran merupakan wadah antara dua insan yang kasmaran, dimana sering pandang-pandangan, dsb. Islam sudah jelas menyatakan : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (Q.S. Al Isra’ : 32)

Seringkali sewaktu lagi pacaran banyak aktivitas lain yang hukumnya wajib maupun sunnah jadi terlupakan. Sampe-sampe sewaktu shalat sempat teringat si Do’i. pokoknya aktivitas pacaran itu dekat banget dengan zina. So… kesimpulannya PACARAN ITU HARAM HUKUMNYA, and kagak ada legitimasi islam buatnya, adapun beribu atau berjuta alasan tetep aja pacaran itu haram.


Pacaran adalah budaya dan peradaban jahiliah yang dilestarikan oleh orang-orang kafir negeri Barat dan lainnya, kemudian diikuti oleh sebagian umat Islam (kecuali orang-orang yang dijaga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala), dengan dalih mengikuti perkembangan jaman dan sebagai cara untuk mencari dan memilih pasangan hidup.

Pergaulan bebas, dan pacaran adalah fitnah (cobaan) dan mafsadah bagi umat manusia secara umum, dan umat Islam secara khusus, maka perkara tersebut tidak bisa ditolerir.

lelaki
lelaki lelaki is offline
National Level

Post: 1.931
 
Reputasi: 8

__________________





Reply With Quote     #45   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

Kutip:
Oleh pornpass View Post
apa-apa kok dilarang. murtad ah
kata nabi "Berbuatlah sesukamu, akhirnya mati juga"
maksudnya selama didunia pilihan manusia absolute bebas
yg mau masuk surga ada jalannya
yg mau masuk neraka ada jalannya
terserah kita pilih jalan kemana...
yg jelas jalan ke surga itu ga nikmat,susah,penuh tangisan,penuh penderitaan,jauh dr kesenangan,banyak aturan,banyak halangan,banyak godaan
tapi pada akhirnya mendapat surga, so i think it's worth it untuk diperjuangkan
Hazel
Hazel Hazel is offline
Home Level

Post: 16
 
Reputasi: 0



loading...



Reply With Quote     #46   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

mosok mau dapat surga kok enak2an ajah
gak mungkin ah
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:





Reply With Quote     #47   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

hidup adalah pilihan...
klo gak mau pilih....masuk botol aja trus buang ke laut....(terombang-ambing)
fatur_gita
fatur_gita fatur_gita is offline
Village Level

Post: 26
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #48   Report Post  

Re: (HERE)hukum pacaran menurut islam

apapun alasannya menikah itu lebih baik dan indah kalau gak percaya coba deh hehe...... (emangnya nikah boleh di coba2).....
SStrg
SStrg SStrg is offline
Village Level

Post: 62
 
Reputasi: 0

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Hukum Gambar dan Patung dalam Islam andy_baex Islam 0
Bantahan terhadap orang yang menganggap bahwa hukum-hukum syari'at Islam tidak andy_baex Islam 0
hukum pemboman ke negara Islam nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.