Mengenal Musik Gambus
 
Go Back   Home > Musik & Lagu

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online

Mengenal Musik Gambus

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengenal Musik Gambus


Selain marawis, jenis musik Islam yang juga begitu dekat dengan masyarakat Indonesia adalah gambus. Gambus merupakan salah satu musik yang telah berusia ratusan tahun dan sampai kini masih tetap populer.

Gambus berkembang sejak abad ke-19 bersama dengan kedatangan para imigran Arab dari Hadramaut (Republik Yaman) ke Nusantara. Kalau para Walisongo menggunakan gamelan seba gai sarana dakwah, para imigran Hadra maut yang datang belakangan menjadi kan gambus sebagai sarananya.

Dengan menggunakan syair-syair kasidah, gambus mengajak masyarakat mendekatkan diri pada Allah dan meng ikuti teladan Rasul-Nya. Pada mulanya, para imigran Arab membawa sendiri peralatan petik gambus dari negeri asalnya. Tetapi, kini sudah diproduksi sendiri yang tidak kalah mutunya. Musik petik gam bus ini di Timur Tengah dinamai oud. Jadi, istilah gambus hanya dikenal di Indonesia. Entah siapa yang memulai menamakannya.

Sementara itu, kasidahan mengumandangkan shalawat kepada Nabi, gambus berkembang menjadi sarana hiburan. Tidak heran pada 1940-an sampai 1960- an (sebelum muncul dangdut), gambus merupakan sajian yang hampir tidak pernah ketinggalan dalam pesta-pesta perkawinan dan khitanan. Gambus sebenarnya cikal bakal dari musik dangdut yang sekarang telah menjadi konsumsi pencinta musik, tidak hanya di level me nengah dan bawah, tapi sudah merasuki kalangan level atas.

Salah satu musisi gambus yang paling kesohor adalah Syech Albar, kelahiran Surabaya 1908, yang juga ayah penyanyi rock Achmad Albar. Pada tahun 1935, rayuannya telah direkam dalam piringan hitam His Masters Voice. Suara dan petikan gambusnya bukan saja digemari di Indonesia, tapi juga di Timur Tengah. Namun, seiring dengan perkembangannya, kesenian gambus ini sudah mulai jarang dipergunakan, apalagi di masyarakat umum. Kelompok masyarakat yang masih sering memainkannya adalah masyarakat Arab keturunan.




~republika.co.id
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 69.392
 
Reputasi: 1749

Loading...
       





loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mengenal Musik Nusantara eroospeed87 Musik & Lagu 0
Mengenal Alat Musik Asli Papua Yang Unik bebexbiroe Musik & Lagu 1
Pengenalan Musik secara otodidak...dengan sekolah musik bagaimana Persefsimu indra212 Musik & Lagu 1
Mengenal Alat Musik Genderang Arab : Daf Mikoto Musik & Lagu 1
Mengenal istilah Musik : Da Capo Mikoto Musik & Lagu 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.