Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Bisa Merugikan Anda
 
Go Back   Home > Webmaster & Digital Marketing

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Bisa Merugikan Anda

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kesalahan Dalam Digital Marketing yang Bisa Merugikan Anda

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu, menjadikan banyak sekali pelaku bisnis yang mencoba untuk mengubah gaya bisnis mereka. Dari bisnis tradisional, menjadi bisnis online. Tak hanya itu, perubahan ini pun juga terjadi karena adanya pandemi COVID 19 yang kerap mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia dengan adanya larangan interaksi secara langsung. Sehingga, pelaku bisnis ini kemudian meminta bantuan langsung dari konsultan digital marketing ataupun, berlomba lomba untuk mempelajari Teknik digital marketing. Tak jarang juga, mereka kerap kali melakukan kesalahan dalam digital marketing dalam mempelajari Teknik tersebut secara mandiri.

Dengan trend bisnis online yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tentunya membuat anda sebagai pelaku bisnis. Harus selalu adaptif dan mampu mengikuti perkembangan zaman dari hari ke hari. Terlebih lagim bisnis online sendiri memiliki banyak sekali strategi dan cabang ilmu yang harus anda perhatikan dengan baik jika ingin memulainya. Sehingga, hal ini menajdikan tak sedikit juga pelaku bisnis pemula yang seringkali melakukan kesalahan dalam digital marketing. Namun, apa saja kira kira kesalahan yang mereka lakukan ini?

Kerugiannya Sangat Besar, Segera HIndari Beberapa Kesalahan Ini
Salah Paham Dengan Target Konsumen
Pertama, kesalahan dalam digital marketing yang cukup fatal adalah dengan pelaku bisnis pemula yang salah paham akan target konsumen mereka. Perlu anda ketahui juga sebelumnya, produk ataupun jasa yang anda tawarkan ini tidak dapat konsumen anda terima penuh 100 persen.

Walaupun begitu, ternyata hingga saat ini banyak sekali perusahaan yang mencoba untuk menjadikan seluruh masyarakat Indonesia sebagai target konsumen untuk mereka. Sehingga, mereka pada akhirnya hanya menerima kegagalan. Karena, tidak ada satu pun orang yang tertarik untuk membeli produk, ataupun menggunakan jasa yang mereka tawarkan.

Ada baiknya, daripada anda mencoba untuk menawarkan produk dan jasa tersebut kepada siapa saja pada dunia internet. Cobalah untuk lebih memfokuskan pandangan anda lagi kepada mereka yang benar benar membutuhkan produk anda. Nah, mereka inilah yang dapat anda katakan sebagai target konsumen sejati.

Memulai Bisnis Tanpa Rencana
Terjun dalam dunia bisnis tanpa adanya sebuah rencana, merupakan kesalahan dalam digital marketing fatal dan sama saja dengan upaya untuk bunuh diri. Karena, seseorang seperti konsultan digital marketing pun bisa menghabiskan 1 minggu untuk benar benar menemukan rencana yang sesuai. Dengan tidak adanya rencana ini, usaha maksimal anda pun akan menjadi sia sia saja tanpa memberikan hasil apapun.
Anda akan merasa tidak pernah mencapai apapun, karena tujuan yang sudah anda tetapkan ini ternyata lebih sulit lagi pencapaiannya daripada yang anda bayangkan sebelumnya. Tak hanya itu, perubahan terus menerus dalam dunia bisnis ini pun juga menjadikan proses mencapai tujuan tersebut manjdi lebih sulit lagi karena tidak ada rencana yang dapat anda andalkan untuk mendapatkan sebuah solusi.

Sebaiknya, anda harus membuat terlebih dahulu strategi apa yang akan anda gunakan untuk membangun sebuah bisnis dalam dunia online. Selain itu, jangan lupa untuk sertakan juga beberapa tujuan kecil dari setiap strategi yang anda buat tersebut.

Website yang Kurang Berkesan Untuk Konsumen
Ketiga, kesalahan dalam digital marketing yakni dengan website yang kurang berkesan pada konsumen. Memang, memiliki website itu sudah sangat penting dan menjadi kewajiban tersendiri dalam dunia bisnis. Namun, jika anda hanya sekedar memiliki saja dan tidak memberikan promosi apapun. Tentunya website tersebut hanya akan menajdi ongkos bisnis saja daripada sebuah investasi.

Perlu anda ketahui juga, ‘berkesan’ ini bukan berarti anda harus memiliki sebuah website dengan unsur desain sempurna layaknya seorang professional. Akan tetapi, anda cukup memikirkan saja bagaimana seorang pengunjung tersebut dapat betah jika mereka mengunjungi website anda. Jika andaikata website anda lambat, kurangnya proses navigasi, alur membaca yang kurang jelas. Tak heran juga jika nantinya akan banyak pengunjung yang meninggalkan website anda tersebut.

Jika anda merasa bahwa kesalahan dalam digital marketing ini terjadi pada website anda, cobalah untuk melakuka re design total pada website tersebut. Sebaiknya, anda dapat menciptakan website yang jauh lebih minimalis, namun lengkap dengan penjelasan mengenai bisnis anda serta foto yang dapat menunjang penjelasan tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan tampilan website pada perangkat smartphone, karena saat ini lebih dari 60 persen penduduk dunia yang mengakses website melalui smartphone.

Website Tanpa SEO
Search Engine Optimization atau SEO ini adalah Teknik yang akan mengantarkan website bisnis anda menuju peringkat pertama Google. Sehingga, adalah kesalahan dalam digital marketing fatal jika anda hanya memiliki sebuah website namun tidak menerapkan Teknik SEO apapun.

Padahal, sudah banyak sekali konsultan digital marketing yang lebih mengutamakan Teknik SEO sendiri daripada Teknik pemasaran apapun. Jika anda sekedar memiliki website saja tanpa memberikan optimasi SEO apapun, jangan pernah berharap untuk memperoleh penjualan untuk bisnis anda.

Jika anda baru saja pertama kali mendengar istilah SEO, segeralah pelajari lebih dalam tentang hal apa saja yang harus anda terapkan untuk Teknik SEO. Karena, tidak ada cara lain lagi yang dapat anda lakukan untuk mengungguli Teknik SEO. Terlebih lagi, SEO sendiri adalah Teknik optimasi gratis dan dapat anda terapkan kapanpun.

Mencoba Menerapkan Seluruh Strategi
Banyak yang mengira bahwa adanya berbagai macam platform pemasaran bisnis online, menjadikan pelaku bisnis harus menerapkan strategi sebanyak mungkin untuk mencapai kesuksesan. Padahal, hal ini termasuk dalam salah satu kesalahan dalam digital marketing fatal dan hanya akan membuang waktu, tenaga, serta anggaran anda saja tanpa memberikan dampak positif apapun.

Karenanya, cobalah untuk mengubah pandangan anda dari yang sebelumnya mengutamakan kuantitas, sekarang ini lebih mengutamakan kualitas. Evaluasi lagi strategi mana yang dapat menghasilkan dampak terbaik untuk perkembangan bisnis anda. Selain itu, pastikan juga bahwa strategi yang anda terapkan ini juga dapat sesuai dengan tujuan anda dalam membangun sebuah bisnis, agar anda lebih mudah lagi dalam menerapkan strategi tersebut.

Tidak Memperdulikan Pengaruh Produk Kepada Konsumen
Hingga saat ini, banyak sekali pelaku bisnis yang sering melakukan kesalahan dalam digital marketing ini. Mereka seringkali menghadirkan produk dengan fitur fitur unggulan, tanpa memperhatikan apakah konsumen membutuhkan fitur tersebut atau tidak. Padahal, hal ini tentunya dapat menjadikan konsumen tidak tertarik pada produk tersebut, walaupun dengan fitur yang sangat canggih ini.

Sebaiknya, cobalah untuk memberikan gambaran terhadap konsumen bagaimana produk yang anda berikan ini dapat membantu dan mempermudah kehidupan mereka nantinya. Jangan pernah berpikir untuk memberikan fitur canggih apapun jika konsumen tidak akan terbantu sedikit pun dengan adanya fitur. Karena, konsumen yang membeli dari anda berharap untuk mempermudah mereka dengan fitur yang anda berikan.
yurikanna yurikanna is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2023, Jelsoft Enterprises Ltd.