TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

Megha

New member
Guys,, kadang kita suka bingung mau bikin lagu macam apa buat Indonesian people, itu semua dikarenakan berubah-ubahnya selera pasar yang angot-angotan. Kadang kalo lagi musimnya Valentine, kita disuguhin sama lagu-lagu yang sifatnya lebay & romantis begitu juga pas bulan Ramadhan yang selalu kuping kita disuguhin sama lagu-lagu religi. Man.. hari gini masih ngikutin maunya orang?? Pake celana dalem aja dikepala!! daripada dibilang cemen, mending baca lagi deh tips gw ini.


1. genjreng2 asal aja tp beralur...biarkan suara kita bebas keluar sesuai dengan suasana hati* (* Tapi gak harus dominan sih klo ada tuntutan lagu gak hrus pas mood). Catetan : Jangan sampe ritme kunci menjajah suara yang keluar..Ok!

2. komat-kamit sendiri or bekennya bersenandung gitu.. Asal aja ngikut suara yang keluar. (biasanya klo aku dr hasil ini bs ketemu satu kalimat yg apik buat inti cerita lirik)

3. selalu mendengar & mencoba mengulas lagu orang lain yg BOOM atau banyak disukai dr artis2.. 1 atau 2 lagu dulu.. Dari lagu2 ini coba berusaha mencari nilai lebih dari lagu ini..mungkin dr segi lirik, irama atau kekuatannya d mana.. SELALU dan SELALU belajar dari orang LAIN & jangan pernah malu..

4. Cobalah memperdengarkan lagu2 kita sama orang awam* yg bukan pengamat atau pemain musik. Karena mereka lebih bisa jujur merasakan dan menilai lagu kita apakah menjual atau tidaknya..

5. ada yang bilang lagu yang cocok untuk Dominan Orang Indonesia adalah lagu2 yang bila dibawain dengan gitaran atau kongkow itu enak (parameternya bisa temen2 atau orang lai 'pengamen' tp juga tidak selalu sih)

6. ORANG INDONESIA MAYORITAS BENER2 SUKA LAKU POP ATAU DANGDUT TOK??? Coba cermati dan temukan JAWABannya...

Orang indonesia berbeda dengan orang luar negeri (USA, england dll) yg JAUH LEBIH mampu menerima perbedaan dalam corak Lagu.. So silahkan temen2 mencermati lagi kira2 Apa yg dapat dilakukan.. (saya disini tidak berusaha untuk mengarahkan temen2 untuk kesatu titik tertentu*, hanya mencoba membantu merenung BERPIKIR WHY...??? MENEMUKAN JAWABAN.. Selanjutnya MELAKUKANnya..

7. ADA yang KURANG PAS berarti... Di mana ya letaknya??
APAKAH ARANSEMENnya jd POIN utama???
LIRIK??
IRAMA?? TEMUKAN JAWABANnya DARI PERENUNGAN dan HASIL KERJA KEAJAIBAN OTAK anda.. KENAPA LAGU "ADA APA DENGANMU-PETERPAN" BOOM...??? KENAPA LAGU JANJI RAJA juga selalu hadir di suasana anak2 remaja dan orang dewasa/orag tua?? TRUS bgmana dengan NIDJI??
COBA HUBUNGkan.

8. SENI apapun hanyalah sebatas suka dan tidak suka...bukan masalah TEKNIS belaka..

9. TIDAK ADA ATURAN DALAM MENCIPTA SUATU KARYA CIPTA TAPI ADA ATURAN KUAT DALAM BELAJAR ILMU MUSIK. * Sincerel




Nah, sampe sini ada yang mau menambahkan?? silahkan, nggak bakalan dimarahin kok jangan lupa bagi-bagi bintangnya yaaa..
 
Tip's Membuat Laguu

Gw tambahin deh..

Tip's Membuat Laguu
gw ad bebrapa cara
CARA 1
1. Cari inspirasi tentang "inti cerita" ato "konsep" lagu, mis. cinta2an (ini juga lebar banget n bisa jadi 1 thread sendiri ), sosial, friendship (like this forum! hehe..), bunuh2an, dll.

2. Garap lirik dari "inti cerita" di atas. Biasanya gw cari dulu 1 kalimat/frase yg "catchy", trus dikembangin dari situ sampe liriknya jadi semua.

3. Compose Melodi lagu. Awalnya cari melodi yang cocok buat si kalimat "catchy" tadi, terus diolah sampe jadi 1 lagu full. Yang musti diperhatiin adalah "flow melodi", kalo bisa jangan terlalu "patah" antara song n reff, trus jangan lupa bikin melodi yg mudah diinget orang..

4. Cari Chord yang pas buat melodi tadi. Gw lebih suka bikin melody dulu baru chordnya karena kita jadi lebih bebas nentuin progresi chord, ga harus terpatok pakem2 yang standar (II-V-I misalnya). Sementara kalo chord duluan biasanya melodinya jadi terpatok pada not2 yang membentuk chord tersebut. Ibarat kalo bikin rumah, kalo rumahnya udah jadi kan pagernya tinggal ngikut bentuk rumahnya hehehehe...

5. Masuk proses Aransemen.. fix-in bagan lagu (berapa kali song, kapan masuk reff, bridge, ada solo apa nggak, dll.), tentuin instrumen apa aja yg mau dipake, dsb, dsb.

CARA 2

Tentuin musiknya dulu...
Biasanya ide dan ilham2 untuk meng-compose musik jadi kayak apa n gimana nongol di kamar mandi. sambil duduk/jongkok, nyulut rokok, baca koran dan berdendang2 ria...biasanya tuh terlintas begitu saja urutan2 mulai dari bait 1, 2, reff, coda, or whatever it called!

Mencari Lirik.....
Cari dulu tema lagunya, kira2 itu lagu ceritanya tentang apa. dari mulai suka sampe duka, sampe bunuh diri, patah hati, patah kaki, atau apalah....setelah itu tulis draft coret2an tentang kalimat2 yang mencerminkan tema2 tadi. misalnya kalo soal kematian, biasanya ngga jauh2 dari kata dark, blood, die, forever, dll (kalo bhs inggris), dan kalo lagi jatuh cinta biasanya lebih banyak kata2 puitis (padahal dulu kalo pelajaran bahasa indonesia pas disuruh bikin puisi mana bisa ngerjain....huehueuhe). semua kalimat2 yang udah dirangkai, disusun, dan dibaca ulang lagi, pas apa engga, nyambung apa engga....

Disesuaikan dengan musik....
nah, musik dan lirik yang udah ada tinggal di-combine. dipas-pasin, kalo ada kata yang kurang ditambah, kalo lebih dipenggal dan direview ulang cocok n pas ples sreg ngga antara lirik sama musiknya. jangan sampe liriknya garang, musiknya klasik...repot tuh kayaknya huahuauhauhuhaa....


naah
bgitulah cara" saia membuat lguuu
yah skian lah dari saia
hho
* sincerell
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

mau bikin lagu ala konservassi tapi gak punya inspirasiiiiii bingunfggngngngnngng frustarasi, giamana caranya????? tuwing2
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

weheeeeeee,,,keren tipsnya..

kalau aku nambahin 1 aja, biasanya nih dalam nyiptain lagu tuh adaaa aja keinginan buat bikin lagu sebagus lagunya si A lah,, si B lah, jadinya fokus otak kita bukan masalah ke lagu ciptaan kita, tapi lagu orang lain, alhasil ya ga jadi-jadi lagunya.
So, misalkan otak bundel and jendel, lagi sulit banget berimajinasi, kita mainkan semua indra kita aja. dari perasaan, apa aja yang kita rasakan baik lagi susah apa seneng coba tuangin ke tulisan, atau iseng-iseng kita ga sengaja lihat sesuatu...coba gambarkan aja dengan kata...dan saat kita denger bunyi sesuatu..apapun itu, gambarkan juga dengan kata. Intinya jangan keburu mikir hasilnya tapi kudu tanggap sama yang ada di sekitar kita :)
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

Tengkiu, bikin lagu itu gampang, yang susah tu bikin lagu yang bisa diterima banyak orang
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

hooo...gitu yak den...humm kalau pola pikirnya gitu semua.... ga bakal ada yang cenderung ke idealis dunk..gimana tuh?
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

menurut aku ..
susah den.. terutama seorang gitaris.. atau pencipta lagu atau keyboardist
untuk cari inspirasi gitar.. inspirasi rhytm sama melody, guide, feel dan ketukan harus cari inspirasi dulu..
kalau hanya mixing atau suaranya biar misah
diperlebar, dibuletin, dilurusin vokalnya pake autotune itu main feeling dan telinga..operator pasti semua bisa..
tergantung idealnya masing-masing

kalaupun aden seorang operarator /creator musik sebuah band
untuk mengikuti maunya si pencipta lagu/band yg lagunya mw ditake kita harus jeli menangkap apa maunya band tersebut.
ga semua ide operator musik bisa diterima oleh pencipta lagu yang lagunya mau ditake sama operator..
bayangan musik operator dan bayangan musiknya si band tidak selalu sama..
 
Last edited:
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

Menciptakan lagu tidak jauh berbeda seperti kita mengarang puisi..,aku juga pernah mencipta lagu..walaupun hanya sebatas intern tapi banyak juga temen2 yang suka dengan lagu aku, ini Tip nya moga bermanfaat :
- Pertama cari keadaan mood kita atau suasana hati yg bagaimana..cocok untuk lagu tersebut
-Cari tempat yg tenang agar pikiran tidak terganggu contoh spt di kamar, taman dll
- Gunakan alat musik seperti gitar...atau yg lain.yg bisa kamu kuasai .untuk membantu terinfirasinya pikiran
- Jangan lupa menyiapakan kertas oretan untuk menulis lyrik2 yg akan kita tuangkan dlm proses pembuatan lagu tsb
- pejamkan mata kita dan fokuskan pikiran kita untuk mencari lyrik2, ungkapkan semua yg ada di hati dengan apa adanya dng ketulusan, lalu bayangkan obyek yg akan kita jadikan sebuah lyrik, pada umumnya masalah cinta...
- kemudian bayangkan dan seakan - akan kita berhayal bagaimana jika lagu tersebut dinyanyikan oleh..vocalis favorit kalian..!!
- Jika ingin mendapatkan sentuhan kata2 lyrik lagu yang indah. padukan dan.bukalah kamus bahasa..di situ kalain akan mendapatkan kesempurnaan kata..!!

Begitulah pembelajaran atau pengalaman yang saya terapkan dalam menciptakan sebuah lagu..!!!!
Semoga bermamfaat untuk teman2 sekalian..!!!!
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

hemmmm......aku juga sering sih ciptain lagu2 gitu...

hehhe..tapi mungkin gk sbagus yang lain....
yaaahh..lumayan lah buat sekedar hiburan....

kalo cara yang aku pakai buat nyiptain lagu biasanya :

1. ketika sore atau pagi hari, karena di sore dan pagi hari itu suasananya
sangat enak buat santai atau mencari inspirasi buat sebuah lagu tapi tergantung modnya juga sih...

2. pas kita lagi kesel mungkin sakit hati karena putus cinta atau masalah lainya....
kita bisa gonjrang ganjreng dengan sekuat dan sesuka hati sambil melampiaskan isi hati....
hehehh..gw alamin sih mang cocok bgt keadaan seperti ini kita bisa menemukan
banyak inspirasi buat sebuah lagu...walopun mungkin lagunya jadi lagu yang cengeng...

3. hemm..yang paling asyik buat nyiptain lagu yang gw rasain sih tengah malam haduuuhh..
itu loh susananya pas bgt sunyi.. di situ juga kita bisa menemukan banyak inspirasi buat lirik ataupun nada lagunya....


hemmm cuma itu doang....wlahhhhh...sedikit amat ya...
maklum masih dalam tahap belajar....
yah walo pun sedikit mudah-mudahan bermanfaat deh.....

silahkan kalo ada yang lain yang mau menambahkan....
 
Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

suasana hati memang jadi inspirasi ..
dilatih terus den.. biasanya akan dapat nada sendiri yang enak
 
Hmmm.. walaupun datangnya agak telat.. paksain nimbrung ah..
ini tentang membuat lagu, bukan ?
bukan tentang bagaimana orang bisa menyukai lagu kita, bukan ?

Jadi menurut saya membuat/mengarang sebuah lagu itu seperti menyusun sebuah cerita.. tidak terkecuali apapun ceritanya.. cerita disini bisa juga tentang opini.. kritik.. atau apa lah yg didalamnya terdapat hal yang ingin disampaikan.. terserah mau nyapeinnya kemana.. hanya saja poin utamanya adalah adanya nada yg membuat orang yg mendengarnya dapat merasakan emosi si pencerita..
baik itu marah benci sedih senang dll

Tapi berdasarkan pengalaman.. diantara semua tips diatas.. justru alat yg paling penting untuk disiapkan adalah perekam suara.. karna tidak semua otak manusia itu ingatannya kuat.. terkadang kesulitan dalam membuat lagu terletak pada ketidaksesuaiannya kata dengan nada.. atau misalnya hari ini kita telah merasa kata & nada sudah sangat klop.. eh.. besoknya terasa ada yg berubah.. nah.. itu sih berdasarkan pengalaman pribadi aja.. mungkin ada tips yg lebih baik..?
 
Hmmm.. walaupun datangnya agak telat.. paksain nimbrung ah..
ini tentang membuat lagu, bukan ?
bukan tentang bagaimana orang bisa menyukai lagu kita, bukan ?

Jadi menurut saya membuat/mengarang sebuah lagu itu seperti menyusun sebuah cerita.. tidak terkecuali apapun ceritanya.. cerita disini bisa juga tentang opini.. kritik.. atau apa lah yg didalamnya terdapat hal yang ingin disampaikan.. terserah mau nyapeinnya kemana.. hanya saja poin utamanya adalah adanya nada yg membuat orang yg mendengarnya dapat merasakan emosi si pencerita..
baik itu marah benci sedih senang dll

Tapi berdasarkan pengalaman.. diantara semua tips diatas.. justru alat yg paling penting untuk disiapkan adalah perekam suara.. karna tidak semua otak manusia itu ingatannya kuat.. terkadang kesulitan dalam membuat lagu terletak pada ketidaksesuaiannya kata dengan nada.. atau misalnya hari ini kita telah merasa kata & nada sudah sangat klop.. eh.. besoknya terasa ada yg berubah.. nah.. itu sih berdasarkan pengalaman pribadi aja.. mungkin ada tips yg lebih baik..?

@Den Rio Suka Nyiptain Lagu Juga Yah. . .??;)

Mantaaaaaaaaaaaapp Tipsnya. . .
 
Re: Bls: TIPS NGARANG LAGU Asik Menjual yg Pas buat Indonesia People..

suasana hati memang jadi inspirasi ..
dilatih terus den.. biasanya akan dapat nada sendiri yang enak

Yupss. . .Kalau Pikiran Kacau,, Ribet Juga,, gak Fokus Padahal nada Dan Lyrik Udah Ada.. Tapi Lupa Lagi. . .:D:D

Thk Om. . .Tetap Semangat Yah. . .
 
Hmmm.. walaupun datangnya agak telat.. paksain nimbrung ah..
ini tentang membuat lagu, bukan ?
bukan tentang bagaimana orang bisa menyukai lagu kita, bukan ?

Jadi menurut saya membuat/mengarang sebuah lagu itu seperti menyusun sebuah cerita.. tidak terkecuali apapun ceritanya.. cerita disini bisa juga tentang opini.. kritik.. atau apa lah yg didalamnya terdapat hal yang ingin disampaikan.. terserah mau nyapeinnya kemana.. hanya saja poin utamanya adalah adanya nada yg membuat orang yg mendengarnya dapat merasakan emosi si pencerita..
baik itu marah benci sedih senang dll

Tapi berdasarkan pengalaman.. diantara semua tips diatas.. justru alat yg paling penting untuk disiapkan adalah perekam suara.. karna tidak semua otak manusia itu ingatannya kuat.. terkadang kesulitan dalam membuat lagu terletak pada ketidaksesuaiannya kata dengan nada.. atau misalnya hari ini kita telah merasa kata & nada sudah sangat klop.. eh.. besoknya terasa ada yg berubah.. nah.. itu sih berdasarkan pengalaman pribadi aja.. mungkin ada tips yg lebih baik..?


Ohayou Rio,,,,,,!

Dah lama Daina nggak membuat lagu,
yah, biasanya cuma bersenandung terus direkam di HP, :D
payah, ya, >:>
 
Hmmm.. walaupun datangnya agak telat.. paksain nimbrung ah..
ini tentang membuat lagu, bukan ?
bukan tentang bagaimana orang bisa menyukai lagu kita, bukan ?

Jadi menurut saya membuat/mengarang sebuah lagu itu seperti menyusun sebuah cerita.. tidak terkecuali apapun ceritanya.. cerita disini bisa juga tentang opini.. kritik.. atau apa lah yg didalamnya terdapat hal yang ingin disampaikan.. terserah mau nyapeinnya kemana.. hanya saja poin utamanya adalah adanya nada yg membuat orang yg mendengarnya dapat merasakan emosi si pencerita..
baik itu marah benci sedih senang dll

Tapi berdasarkan pengalaman.. diantara semua tips diatas.. justru alat yg paling penting untuk disiapkan adalah perekam suara.. karna tidak semua otak manusia itu ingatannya kuat.. terkadang kesulitan dalam membuat lagu terletak pada ketidaksesuaiannya kata dengan nada.. atau misalnya hari ini kita telah merasa kata & nada sudah sangat klop.. eh.. besoknya terasa ada yg berubah.. nah.. itu sih berdasarkan pengalaman pribadi aja.. mungkin ada tips yg lebih baik..?

Hehehe mangstap eke kasih reppu ah
 
Back
Top