Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

Sekarini,

Apa yg membuat kamu bimbang ? bimbang terhadap calon suami mu atau bimbang menjadi Katolik ?

Apa kamu serius dengan pacar mu itu atau tidak ?

Apa maksud dari serius itu ? pacarmu yg meminta atau dari diri kamu sendiri ?

Tapi kalau kamu di paksa atau terpaksa mendingan jangan masuk Katolik tapi kalau kamu masuk Katolik karena kamu merasa mencintai dia dan merasa serius dgn dia dan ingin mensuport dia, yah ok lah.

Intinya jangan mau di paksa paksa
 
Last edited:
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

hmm...ini adalah masalah yang dilematis...
saya akan coba berada ditengah-tengah dalam masalah ini.

Semua pemeluk agama pasti akan mengatakan bahwa agama yang dianutnya adalah baik dan benar.

tidak dari muslim ataupun non muslim pasti akan mempertahankan pendirian tersebut.

sebenarnya masalah ini jangan lah anda ketengahkan didalam forum-forum terbuka,karena pasti akan menimbulkan banyak kontrofersi.

akan lebih baik hal ini diselesaikan secara internal...antara anda dan pasangan anda,antara keluarga anda dengan keluarga pasangan anda.
cari jalan tengah untuk keluarnya suatu solusi.

berpikirlah secara jernih dan matang.

carilah yang terbaik bagi anda berdua.

semoga berhasil.
 
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

saya katolik dari kecil... tetapi saya tidak tau katolik apa?
sempat saya cari buku2 agama lain bahkan buku2 tentang atheism... lalu saya coba buka2 kembali injil, buku2 teologi & sejarah gereja saya pelajari, pergi bertapa ke gua2 maria, merenungkan di manapun saya berada... dari sana saya mengambil kesimpulan bahwa agama katolik itu baik sebab berasal dari teladan seorang yesus tetapi orang2 katolik sedikit yang baik, bahkan organisasi2 katolik cenderung menggunakan cara2 yang jahat dalam mengorganisasikan instansinya
 
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

saya punya pengalaman yg cukup dalam dengan katolik...saya adalah seorang muslim sblumnya...besar di lingkungan islam dari ayah tetapi ibu tiri saya protestan.Maaf ya..tapi sebelumnya saya sm sekali tdk percaya akan Yesus..saya hanya percaya dia itu salah satu nabi bukan juru selamat atau the son of God seperti yg di AlQur'an katakan>:>.Saya personally sgt percaya bahwa islam adalah agama yg indah dan kaya akan pujian kpd Allah..tetapi ada suatu kejadian yg membuat saya skrg memutuskan utk menjadi katolik.

Sewaktu itu saya sdg ditimpa masalah yg sangat berat,lalu saya pernah satu kali bermimpi akan Bunda Maria...semenjak itu saya tdk bs berhenti memikirkan Bunda Maria dan ingin sekali pergi ke gereja katolik...setelah mimpi pertama,diikuti dng banyaknya 'petunjuk2' yg berhubungan dgn kekristenan dan rasanya gelisah sekali karena penasaran campur penyangkalan. Saya pikir ini cuma mimpi biasa yg gak ada arti..tapi kok rasanya semakin kepikiran. Proses penyangkalan saya berjalan beberapa bulan sampai saya dapat mimpi yg kedua kalinya. Kali ini mimpinya tgt seseorang bernama Mary Magdalene(Maria Magdalena)..saya bangun terheran2,siapakah mary magdalene?saya tdk pernah tahu/dengar dia sebelumnya. Lalu saya google dan ternyata dia adalah salah satu tokoh alkitab. Setelah mimpi kedua itu saya curhat dng tunangan saya dan saudara2 saya yg protestan...mereka blg mungkin ini yg namanya 'terpanggil'...setelah itu saya mengajak tunangan saya pergi ke cathedral dekat rumah. Itu pertama kalinya kita berdua ke gereja. Saya tidak pernah merasakan rasa se deg-deg an itu,dan se damai itu sebelumnya...setelah kami mengikuti mass, kami ke altar bunda Maria dan saat melihat patung Bunda Maria aku langsung terduduk lemas(tdk tahu kenapa) lalu berdoa kpd bunda Maria segala permasalahan dan harapan2 doaku..entah mengapa dada sesak skali,air mata keluar tak berhenti2..semakin dalam aku menangis dan berdoa semakin lepas rasanya di hati..herannya tunanganku yg duduk berdoa juga di sebelahkupun ikut meneteskan air mata entah mengapa...setelah berdoa kpd Bunda Maria kami saling tersenyum,dan merasa lega sekali..dan damai tenang sekali...kita blum pernah ngerasaain rasa sedamai itu sebelumnya...rasanya seperti pulang ke rumah..

setelah itu kami tdk pernah miss gereja,rasanya seperti orang jatuh cinta..inginnya berdoa terus..dan mulailah kita beli dan pelajari alkitab...semakin lama semakin mengenal siapa Yesus..dan semakin dalam rasanya seperti orang kasmaran...sampai sekarang kami masih suka mempelajari alkitab dan mengikuti apa yg di ajarkan Yesus dan pedoman2 alkitab dalam kehidupan kami...Sekarang kami punya pedoman hidup yg selama ini 'hilang' dalam hidup kami...kehidupan kamipun sudah jauh menjadi lebih baik dari sebelumnya..alleluia!

intinya,saya pindah ke katolik adalah pengalaman personal yg saya bs artikan bahwa Yesus berusaha menyelamatkan saya dari kegelapan masalah2 hidup saya dan membimbing saya untuk membuat hidup dan menjadi individual yg lebih baik dari sebelumnya. Sekarang saya tidak takut akan apapun, karena saya punya Yesus yg selalu memelihara kami dengan baik. Dia adalah jawaban hidup yg abadi...menurutku kasih Yesus sangatlah besar..Dia mau merangkul siapapun itu,sekalipun orang berdosa seperti saya yg tadinya terang2an menolakNya sbagai Anak Bapa dan juru selamat kita yg hidup...begitu juga dengan Bunda Maria yg telah membawa aku mengenal Yesus..Salam Maria..Dialah Bunda kita semua...


GBU all... :)

Hai Hippy

saya tertarik dengan cerita anda dan ingin bertanya panjang lebar dengan anda tentang tulisan anda ini, bisa kah kita berkorespondensi lewat japri? bisa tidak email ke japri saya dari email anda - sekar1nusantari@yahoo.com

terima kasih sebelumnya
 
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

saya katolik dari kecil... tetapi saya tidak tau katolik apa?
sempat saya cari buku2 agama lain bahkan buku2 tentang atheism... lalu saya coba buka2 kembali injil, buku2 teologi & sejarah gereja saya pelajari, pergi bertapa ke gua2 maria, merenungkan di manapun saya berada... dari sana saya mengambil kesimpulan bahwa agama katolik itu baik sebab berasal dari teladan seorang yesus tetapi orang2 katolik sedikit yang baik, bahkan organisasi2 katolik cenderung menggunakan cara2 yang jahat dalam mengorganisasikan instansinya

Bisa kasih contoh atau kasih tau organisasi2 Katolik yg mana yg suka menggunakan cara cara jahat itu ?
 
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

jumat subuh nih... nanti sore aku ada katekumen.... sharing juga..
sebelumnya, sori kalo ada pihak2 tertentu tersinggung. ini cuman share pengalaman.

papi mami ku katolik. Tenu aja mereka pingin anaknya juga jadi katolik. Sejak TK aku masuk sekolah katolik. Bahkan ikut sekolah minggu.

Aku tipe pemberontak dan selalu melawan. Aku mulai jenuh sama yang namanya katolik. Yang jelas aku gak punya iman. Kesalahan demi kesalahan gw lakuin tiap hari (dari 'aku' jadi 'gw' .. hmmm). SMP kelas 2 aku mulai melawan katolik. Dengan alasan 'kuno' dan 'terlalu bertele-tele', aku masuk ke Kristen Protestan.

Awalnya aku senang di sana. Lebih live menurut aku. SMA aku dibabtis kristen (setelah ikut katekisasi/katekumen 1x doang). Sedikit menyimpang, aku dibabtis cepat soalnya jadwal katekisasi emang meleset dari ketetapan gereja. Selain itu, emak ku juga pengurus di sana. ya... jalur express lah. lha wong cucu 'pejabat' gereja. hahaha.

Mama gw nentang pembatisan aku. Dia beranggapan aku belum siap. Tapi aku gak peduli. Bagiku, ini salah satu perlawanan terhadap mama ku, yang notabene adalah katolik. Gak sampe satu minggu setelah babtis, godaan2 lama muncul lagi. dimulailah masa2 suram kehidupan imanku.

Karena nilaiku jelek, aku les di sebuah tempat dengan aturan ketat. hari minggu harus tetap masuk kalau hari senin ada ulangan. Karena semester 2 banyak ulangan, mulailah aku bolos ke gereja. Nilaiku naik drastis, tapi aku mulai jarang ke gereja. Aku mikir, ngapain aku ke gereja kalo dengan nambah jam belajar aku bisa lebih pinter. akhirnya aku sering bolos ke gereja. Tapi di situ aku mulai ada pemikiran sendiri.

Pernah suatu hari (waktu lagi gak males ke gereja) aku denger para pengurus diskusi mengenai kristen katolik. KETIDAK PAHAMAN mereka akan katolik membuat apa yang mereka katakan nggak relevan. Aku berusaha mengorek pandangan mereka mengenai katolik, dan itu membuat aku kecewa. Sikap jemaat di gereja mulai kuperhatikan. mayoritas dari mereka cuma datang ke gereja untuk ngumpul sama temen-temen. nge gosip gak jelas (gak semua gereja loh... ini cuma bicara soal gereja ku dulu). Para evangelis suka menghina katolik. Pertanyaan-pertanyaanku dijawab secara tidak memuaskan. Lama kelamaan, gereja makin kaya pemerintahan. Para pengurusnya sibuk maen 'politik'.

SMA kls 3 aku lepas dari gereja kristen. Kalo ada visitasi, aku bilang "nanti deh..." Lama kelamaan, mereka kesal sama sikapku. Ya udah... aku gak ambil pusing. Aku bersikap sinis sama kristen (termasuk katolik). Aku percaya pada Tuhan. Tapi lain di mulut lain di hati. Malahan, waktu diskusi keluarga, aku menentang kehadiran Tuhan. Tapi mama ku yang luar biasa, menjelaskan dalam kapasitasnya sebagai katolik. Enggak memuaskan, tapi ...

Perguruan tinggi aku ikut kelompok koor mama ku di katolik. Tapi bertahan 1 semester soalnya aku sibuk banget (alasan!).

waktu aku kerja, mayoritas teman n bosku katolik. Aku mulai terpengaruh. Tapi berusaha menolak ... Sampe akhirnya aku diajak temenku ke goa maria buat berdoa. Dia lagi patah hati. Dia ke sana buat mendoakan yang terbaik buat mantan ceweknya. Waktu temenku doa, aku keliling goa maria. Aku perhatiin orang-orang yang berdoa... rasanya khusuk banget. Gw mulai terpengaruh lagi. Gw sms mama gw (baru sadar pake istilah 'gw'. gak papa ya), "tolong carikan jadwal katekumen".

Aku belum ikut katekumen. Banyak alasan. Males terutama. tapi aku mulai pergi ke katolik.... kalo sebelumnya 1 tahun sekali, sekarang 1 tahun 5 kali. Perkembangan (hahahaha !!!!). Aku mulai perhatikan suasana, dan orang-orang. Tetap aja. Kuno. Tapi somehow peaceful !!!

Banyak... orang dari keluarga gw yang jadi kristen kharismatik beneran (bukan asal KTP). Aku heran kenapa. Katanya sih roh kudus. Sikap orangnya berubah. Jauuuuuuuuuuh lebih baek daripada yang dulu. Tapi ... ada 1 yang tetep bikin gw kesel. Mereka jauh lebih setia pada GEREJA daripada keluarga. Kenapa gw kesel, padahal menurut orang laen it's awesome ??? Karena menurut gw, Gereja hanyalah suatu wadah, tempat berkumpulnya orang2 seiman, untuk memuji Tuhan. Dan apa yang aku lihat adalah ... mereka setia pada organisasi ... bukan berpusat pada Tuhan. Correct me if i am wrong, brother, but you left your mother alone and never provide yourself whenever she needs you ... and what's your reason? church need me ... Hell !!!!

Akhirnya lucy (nama keren lucifer) mulai terdesak.
Sifat pemberontak gw keluar lagi, yaitu ketika 'kekristenan (kharismatik) mulai menyebar. Aku mengambil langkah tidak peduli dan memutuskan untuk memilih katolik. Kenapa kok MEMILIH? Karena aku saat ini masih seorang simpatisan. Imanku belum kuat dan mudah goyah sama duniawi dan emosi.

Minggu lalu, mama gw bertekad supaya gw ikut katekumen. Dengan susah payah akhirnya gw pergi ... dibarengi mami ku. Waktu beli buku panduan katekumen, penjaganya nyeletuk : "baru mau masuk katolik? Telat ya ?"
Darah gw mendidih. ... Klo gw Zhugeliang, bisa gw ajak debat sampe mati dia. Dan klo gw rambo, dah gw suruh telen claymore.
tapi mami gw bilang sama penjaga tokonya: "gak ada kata terlambat"

Dan akhirnya, gw masuk ke ruangan katekumen di mulai pelajaran.

sebagai simpatisan, ada beberapa hal yang membuat aku suka katolik. (semoga alasan2 ini bukan menjadi ALASAN buat aku untuk mengimani katolik).

1. Katolik gak pernah ngomong macem2 mengenai kristen. Katolik adalah kristen. Tapi di kristen, mereka beranggapan bahwa kristen bukanlah katolik, dan sebaliknya. Lha sama2 menyembah Yesus aja kok permasalahin identity?

2. Mayoritas yang datang ke gereja gak kenal satu sama laen. Jadi gak ada alasan datang ke sana cuman sekedar cangkruk en kumpul2 gak jelas. Tapi tetap sebagai suatu keluarga.

3. Lebih bersatu dan lebih menyerupai keluarga besar. Mo pindah ke katedral ato gereja katolik laen, monggo... Klo di kristen, kamu pindah ke gereja lain, bisa2 di 'teror'. hahaha. bukan teror ancaman, tapi teror iman. Bahkan, dari omongannya nenekku, aku tau kalo kamu pindah gereja (misal awalnya GKT menjadi GBU) kudu dibabtis lagi. Padahal babtisan itu materai... lah kalo materai bisa diupdate, berarti ada expired nya dong...

sebenernya banyak alasan2 laen yang bisa diungkapkan. tapi buat apa? peduli amat. sekarang aku fokus benahi iman. masih awal2. banyak godaannya. mohon dukungannya.

i share you my love ... to all my friends here ... to all beliefers here... christian, catholic, moslem, buddhist, hindhu. i give you my love with no reason ~ me.
 
Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

Byk sekali sharing yg berbobot 'n keren disini...

@ shiningjade :
Ok banget cerita kamu, jadi inget masa lalu..
Pemikiran gw jg dulu mirip neh,
Tapi benarkah d Kristen kalo pindah gereja harus baptis ulang?
Gereja mana???
Seumur hidup baru tau gw!
Bukanny baptis itu cuma bisa 1x seumur hidup??
Ini kata romo lho..

@ Sekarini :
Keluarga yg ga 1 visi itu rentan retak.
Menurut gw seh, calon mertua kamu bukanny maksa kamu pindah agama tapi alangkah baiknya kalo kalian menikah seagama..
Namany juga ortu, mereka pasti ingin yg terbaik buat anakny, termasuk juga meminimalisir resiko masa depan kalian.
Kasus nyata,
Mama papa gw yg cm Kristen Katolik aj selama beberapa tahun suka ribut karena hal ini,
"Mau ke gereja mana?"
"Anak mau di baptis dimana?"
"Sekolah dimana?"
padahal masih satu aliran Nasrani..
^__^
 
Re: Bls: Pengalaman dan Alasan masuk Katolik

saya punya pengalaman yg cukup dalam dengan katolik...saya adalah seorang muslim sblumnya...besar di lingkungan islam dari ayah tetapi ibu tiri saya protestan.Maaf ya..tapi sebelumnya saya sm sekali tdk percaya akan Yesus..saya hanya percaya dia itu salah satu nabi bukan juru selamat atau the son of God seperti yg di AlQur'an katakan>:>.Saya personally sgt percaya bahwa islam adalah agama yg indah dan kaya akan pujian kpd Allah..tetapi ada suatu kejadian yg membuat saya skrg memutuskan utk menjadi katolik.

Sewaktu itu saya sdg ditimpa masalah yg sangat berat,lalu saya pernah satu kali bermimpi akan Bunda Maria...semenjak itu saya tdk bs berhenti memikirkan Bunda Maria dan ingin sekali pergi ke gereja katolik...setelah mimpi pertama,diikuti dng banyaknya 'petunjuk2' yg berhubungan dgn kekristenan dan rasanya gelisah sekali karena penasaran campur penyangkalan. Saya pikir ini cuma mimpi biasa yg gak ada arti..tapi kok rasanya semakin kepikiran. Proses penyangkalan saya berjalan beberapa bulan sampai saya dapat mimpi yg kedua kalinya. Kali ini mimpinya tgt seseorang bernama Mary Magdalene(Maria Magdalena)..saya bangun terheran2,siapakah mary magdalene?saya tdk pernah tahu/dengar dia sebelumnya. Lalu saya google dan ternyata dia adalah salah satu tokoh alkitab. Setelah mimpi kedua itu saya curhat dng tunangan saya dan saudara2 saya yg protestan...mereka blg mungkin ini yg namanya 'terpanggil'...setelah itu saya mengajak tunangan saya pergi ke cathedral dekat rumah. Itu pertama kalinya kita berdua ke gereja. Saya tidak pernah merasakan rasa se deg-deg an itu,dan se damai itu sebelumnya...setelah kami mengikuti mass, kami ke altar bunda Maria dan saat melihat patung Bunda Maria aku langsung terduduk lemas(tdk tahu kenapa) lalu berdoa kpd bunda Maria segala permasalahan dan harapan2 doaku..entah mengapa dada sesak skali,air mata keluar tak berhenti2..semakin dalam aku menangis dan berdoa semakin lepas rasanya di hati..herannya tunanganku yg duduk berdoa juga di sebelahkupun ikut meneteskan air mata entah mengapa...setelah berdoa kpd Bunda Maria kami saling tersenyum,dan merasa lega sekali..dan damai tenang sekali...kita blum pernah ngerasaain rasa sedamai itu sebelumnya...rasanya seperti pulang ke rumah..

setelah itu kami tdk pernah miss gereja,rasanya seperti orang jatuh cinta..inginnya berdoa terus..dan mulailah kita beli dan pelajari alkitab...semakin lama semakin mengenal siapa Yesus..dan semakin dalam rasanya seperti orang kasmaran...sampai sekarang kami masih suka mempelajari alkitab dan mengikuti apa yg di ajarkan Yesus dan pedoman2 alkitab dalam kehidupan kami...Sekarang kami punya pedoman hidup yg selama ini 'hilang' dalam hidup kami...kehidupan kamipun sudah jauh menjadi lebih baik dari sebelumnya..alleluia!

intinya,saya pindah ke katolik adalah pengalaman personal yg saya bs artikan bahwa Yesus berusaha menyelamatkan saya dari kegelapan masalah2 hidup saya dan membimbing saya untuk membuat hidup dan menjadi individual yg lebih baik dari sebelumnya. Sekarang saya tidak takut akan apapun, karena saya punya Yesus yg selalu memelihara kami dengan baik. Dia adalah jawaban hidup yg abadi...menurutku kasih Yesus sangatlah besar..Dia mau merangkul siapapun itu,sekalipun orang berdosa seperti saya yg tadinya terang2an menolakNya sbagai Anak Bapa dan juru selamat kita yg hidup...begitu juga dengan Bunda Maria yg telah membawa aku mengenal Yesus..Salam Maria..Dialah Bunda kita semua...


GBU all... :)

 
Pengalaman agama bertumbuh seiring dengan pengalaman kehidupan. Sebab tidak ada agama yang dibawa sejak lahir. Agama Katolik bagi saya adalah sebuah penemuan yang luar biasa sebab saya mendapat banyak jawaban tentang pengalaman hidup dalam iman gereja Katolik. Ia mengajarkan saya tentang kebijaksanaan hidup sehingga saya mampu berada di mana saja, bahkan di tempat yang hanya terdapat umat Katolik dalam jumlah yang sedikit.
Agama Katolik adalah hidup saya.
 
Simple. Mulai dgn pergi ke greja Katholik, ikut perayaan Ekaristinya, mulai belajar berdoa dengan tata cara Katholik. Kalo udh merasa siap, bisa kontak ke sekretariat gereja
 
Saya masuk ke Katolik sudah sejak kecil karena kedua orang tua saya beragama katolik. Tetapi sejauh ini saya sangat nyaman dengan Katolik karena agamanya tidak begitu mengekang dan jarang sekali ada penganutnya yang radikal dan aliran keras (sejauh ini belum ketemu yang aliran keras sih).
 
peringatan...peringatan...bagi umat katolik di manapun berada...

Isu isu tentang Rm. Synesius Suyitna, SJ (ex Rektor Kolese St. Stanislaus Girisonta, Bergas, Ungaran) yang selama ini sayup sayup terdengar, ternyata benar adanya, romo ini ternyata memang suka mengganggu rumah tangga orang, terutama ibu ibu dan janda yang kena jeratnya.

Rupanya, sikap yang lemah lembut, perilaku manis, tampang suci tidak jadi jaminan, walaupun berjubah putih. Ternyata mirip serigala berbulu domba

Hati hati bagi semua orang katolik, yang mengenal orang ini, supaya tidak masuk perangkap nya, maupun tertipu penampilan romo ini yang sok suci

sekali lagi berhati hatilah, waspadalah... waspadalah...
 
Salam kenal semuanya,

Saya menjadi katolik karena memang sudah diberi jalan demikian oleh Tuhan. Sewaktu lahir mama memberi saya nama seorang Santo besar walaupun agama kami masih Budha. Dan sewaktu SD, saya ikut mama untuk masuk katolik dan dibaptis dengan nama tersebut.

Sempat aktif di gereja sewaktu kecil, tetapi ketika bersekolah jauh dari orangtua saya sempat mempertanyakan keberadaan Tuhan. Hal ini menyebabkan saya tidak ke gereja selama beberapa tahun.

Setelah itu, saya mendapat mimpi diberi Rosario oleh seseorang yang tidak kelihatan mukanya (saya asumsikan itu SP Maria) dan mulai ke gereja lagi walaupun jarang-jarang. 3 tahun setelah kejadian itu, saya mendapat buku yang mengubah pandangan saya mengenai Iman Katolik. Saya mulai rajin pengakuan dosa dengan sungguh-sungguh dan juga ikut misa sesering mungkin (Misa Minggu itu wajib dan Misa harian sebisa mungkin).

Berikut perkenalan singkat saya.
 
Back
Top