Sleep Paralysis
 
Go Back   Home > Psikologi & Self-Help

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Sleep Paralysis

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sleep Paralysis

Sleep Paralysis




Sleep paralysis adalah paralyze atau atonement yg terjadi saat tidur, biasanya ketika terbangun tiba2 atau sebelum jatuh tertidur. Seseorg akan memiliki kesadaran penuh dengan mata terbuka namun tidak dapat menggerakkan tubuh sedikitpun.

Secara psikologis sleep paralysis berhub dgn REM sleep (Rapid eye movement) dimana setelah mengalami REM mata terbuka namun paralysis tetap bertahan. Biasanya hal ini mengakibatkan halusinasi. Sleep paralysis terjadi sekitar 2-3 menit, namun akan terasa lama bagi org yg mengalaminya. Setelahnya mengalami sleep paralysis biasanya seseorg akan langsung kembali ke kondisi REM sleep atau terbangun penuh.

Bagi beberapa org yg mengalaminya, sleep paralysis dianggap hanya mimpi belaka.

Beberapa ciri yang dialami seseorang pada saat dalam keadaan paralyze:

- Pandangan kabur
- Ketakutan
- Merasakan suatu 'keberadaan'
- Merasa tekanan berat di tubuh
- Merasa tak dapat bernafas
- Merasakan ancaman kematian
- Halusinasi suara
- Halusinasi visual spt bayangan, cahaya dll
- Perasaan melayang (out of body exp, OOB)
- Halusinasi gerakan

Secara fisiologis penyebab sleep paralysis belum dapat diketahui dengan pasti.. sejauh ini, para pakar psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis, yakni :

- Tidur menghadap ke atas
- Pola tidur yg tak tentu
- Stress
- Perubahan tiba2 pd lingkungan/lifestyle
- Lucid dreams


Terkadang, Sleep Paralysis sering dihubungkan dengan hal2 gaib, seperti ditindih oleh makhluk halus, dan lain sebagai nya..




Semoga bermanfaat [<:)

sumber : berbagai sumber
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.787
 
Reputasi: 222

princess_newbie: mantap
__________________
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

oh yang kalau orang jawa bilang "tindihan" itu yah?
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.566
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Sleep Paralysis

yup.. betul sekali selir paid mod nyi belang blablaba..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.787
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

Oh..
Aku pernah mengalaminya..
Jd bkn karena ditindihin gtu ya?..
Hm..
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

Ditindih apa'an den wahyu?
A_S_T
A_S_T A_S_T is offline
Continent Level

Post: 4.779
 
Reputasi: 8



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Sleep Paralysis

ditindihin uler kali.. wakakaka..
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.787
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

Kutip:
Oleh A_S_T View Post
Ditindih apa'an den wahyu?
gag tau.. katanya sih ditindihin ma makhluk ajaib gitu...

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
ditindihin uler kali.. wakakaka..
bung Red kali tuh yang suka tindih2an ma uler..
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1

__________________
Prince Charming

bye







Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Sleep Paralysis

awakaka.. tak mungkin lah kalo gw. . .

weehh,, masih mending yak ditindihinnya ma makhluk ajaib.. coba kalo ditindihinnya ma bronthosaurus.. gak kebayang deh bentuknya kayak gimana. awkakakaka...
Redbastard
Redbastard Redbastard is offline
World Level

Post: 16.787
 
Reputasi: 222

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

Bentuknya ya kayak bung redbastard...
Hehe..
wahyucaqeuep
wahyucaqeuep wahyucaqeuep is offline
National Level

Post: 1.351
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Sleep Paralysis

yupi..siip kata orang jawa tindihan/ tin dien..weeww aku pernah nih ngalaminnya...hmm yummi banget...setengah sadar setengah nggak...
tapi kalau aku mengalami itu, ga seperti dikejar hantu atau ketkutan apa...aku cuman tidur tiba- tiba kayak berada di dimensi lain yang sebenernya masih di tempat di mana aku berada. aku masih tahu sekelilingku, tahu orang sekitarku secara nyata lagi ngapain, tapi aku ga bisa bilang, teriak bahkan gerak, dan pastinya nafas sedikit sesak..hmm kalau udah gitu biasanya cuman ujung jari kaki/tanganku yang bisa gerak..dan saat itu pastinya bener2 berjuang sendiri karena orang lain ga tahu kalau kita sedang mengalami itu.....so di saat itu banyak2in nyebut..berdoa...syukurnya aku masih sadar untuk berdoa hingga aku terbangun dengan sadarnya. Kalau sudah bener2 bangun..rasanya lemes banget dan bawaannya ngantuk lagi.
oya kalau kondisi seperti itu kita langsung kembali tidur lagi..wah gawat, biasanya akan tindihan lagi...jadi untuk menyiasatinya kalau udah tindihan, aku berusaha bangun dari tempoat tidur dan sekedar berolah raga kecil menggerakkan tangan, kaki, memutar kepala, pinggang, dsb.

Kutip:
Oleh Redbastard View Post
[center][b][color="Red"][size="4"]Sleep Paralysis


Secara fisiologis penyebab sleep paralysis belum dapat diketahui dengan pasti.. sejauh ini, para pakar psikologis memberikan gambaran umum mengenai penyebab terjadinya sleep paralysis, yakni :

- Tidur menghadap ke atas
- Pola tidur yg tak tentu
- Stress
- Perubahan tiba2 pd lingkungan/lifestyle
- Lucid dreams



Semoga bermanfaat [<:)

sumber : berbagai sumber
nah buat penyebabnya, tentyang perubahan tiba2 pada lingkungan, klo menurut aku perubahan yang berhubungan dengan udara/ kelembapan di ruang itu..sepertinya pengaruh, karena memang aku alami di rumah. Setahu aku juga secara medis, tindian ini disebabkan karena tidak lancarnya peredaran darah yang mengalir pada tubuh kita.
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.823
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.