L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

shisio

New member
L%27ArcEnCiel01.jpg



(Get Out From The Shell)
Siapa yang tidak kenal dengan grup yang satu ini? Seorang penggemar musik jepang dianggap "buta" kalau mereka tidak mengenal grup yang satu ini. Dibentuk pada tahun 1991, grup beraliran rock ini namanya diambil dari bahasa prancis yang artinya "lengkungan di langit" atau "pelangi". Di thread ini, kita akan mengenal siapa Larc~en~Ciel dan album-album mereka.
(sub judul diambil dari lagu-lagu mereka)



The Fourth Avenue Cafe​
Inilah daftar anggota Laruku yang aktif dan yang sudah disband
Anggota :
Hyde : Vokal (Kiddy Bombs//Jelsarem's Rods//L'Arc-en-Ciel // VAMPS)
Tetsu :Basist (Bystonwell//L'Arc-en-Ciel // tetsu69 // Creature Creature)
Ken : Gitaris (Bystonwell//L'Arc-en-Ciel // SONS OF ALL PUSSYS)
Yukihiro : Drummer (GUERRILLA//ZI÷KILL?OPTIC NERVE//DIE IN CRIES//L'Arc-en-Ciel // acid android)

eks anggota :
Hiro (1992) : Gitaris (First Blood//De-velguer//L'Arc-en-Ciel//Ange8Graie//FEED//Flame)
Pero (1992) : Drummer (Kiddy Bombs//Jelsarem's Rods//L'Arc-en-Ciel//Ange8Graie//FEED//AQUA)
Sakura (1997) : Drummer (DEADEND//DIE-KUSSE//The HAREM Q(?)//L'Arc-en-Ciel//ZIGZO//SONS OF ALL PUSSYS)



Pieces​
Bermula pada bulan februari 1991 di Osaka, yaitu Tetsuya ogawa (Tetsu) dan Hiro yang membentuk sebuah band indie. Tetsu berperan sebagai pemegang bass sekaligus leader sedangkan Hiro sebagai Gitaris. Pada waktu itu, Hyde (masih menggunakan nama Hide, kita sekarang percaya bahwa nama aslinya adalah Hideto Takarai, tapi Hyde sendiri tidak pernah menyebutkan nama aslinya) masih menjadi seorang gitaris di band Kiddy Bombs. Ketika band ini berganti nama menjadi Jerusalem's Rods, ia malah menjadi seorang vokalis, dan ia menyadari bahwa ia sama sekali tidak tertarik (dan bahkan tidak suka) untuk menjadi seorang vokalis.
Suatu ketika Tetsu dan Hiro menonton pertunjukkan live mereka di cafe. Tetsu merasa bahwa Hyde cocok untuk dijadikan vokal untuk grup mereka. Dia mengikuti pertunjukkan mereka hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengajak Hyde untuk bergabung bersama mereka setelah ia menunjukkan demo tape lagu mereka yang akan dikirim ke studio rekaman. Hyde setuju untuk bergabung bersama Tetsu dan Hiro, dan ia membawa teman bandnya Pero untuk bergabung. Setelah beberapa kali mengadakan session, maka ia memutuskan untuk meninggalkan Jerusalem's Rods dan bergabung dengan bandnya Tetsu. Maka dengan itu, terbentuklah formasi awal dari L'arc~en~Ciel : Tetsu (Bassis sekaligus pemimpin band), Hyde (vokalis), Hiro (Gitaris) dan Pero (drummer). nama L'arc~en~Ciel sendiri diusulkan oleh Tetsu yang terisnpirasi dari film prancis yang berjudul sama.
Pada tanggal 30 Mei 1991, mereka mengadakan penampilan live pertama mereka di Nanba records dan cukup sukses. Bahkan sang pemilik Nanba Records pun berpikir bahwa mereka akan terkenal pada tahun-tahun yang akan datang. dan terbukti ia benar!

LarcenCiel1stFormation.jpg

Laruku formasi pertama


Floods Of Tears

12 Juni 1992, tanpa alasan yang jelas, Hiro mengundurkan diri band ini. Hiro mengundurkan diri tepat sebelum mereka memulai rekaman. Mereka tidak bisa mundur lagi, pasalnya Tetsu sudah menyewa studio, dan persiapan lainnya dan sangat tidak mungkin untuk membatalkannya lagi. Tetsu akhirnya teringat akan teman masa kecilnya, Kitamura Ken (Ken) yang sementara menimba ilmu di Universitas Nagoya di jurusan Arsitektur, dan membujuknya untuk membantu proses pembuatan demo. ken menyanggupinya, dan ia harus menghafal semua lagu yang akan dimasukan ke dalam album demo selama 5 hari! Ia mampu melakukannya dan proses rekaman pun selesai dalam 3 hari. Masalah pun terpecahkan, tapi muncullah masalah baru. Mereka harus manggung, tapi status Ken yang masih mahasiswa tingkat akhir di Nagoya. tentunya sulit untuk melakukan dua kegiatan sekaligus, kuliah dan ngeband.
Ken pun mengambil keputusan untuk meninggalkan bangku kuliahnya dan fokus di band (meskipun ia masih ragu akan masa depannya di musik). Akibatnya ia diusir dari rumah karena orang tuanya menginginkan ia menjadi sarjana, dan sejak saat itu, ia tidak pernah bertegur sapa dengan orang tuanya.
ken.jpg

foto ken waktu bergabung di laruku​
Pada tanggal 1 Oktober 1992 mereka merekam Voice untuk album Omnibus CD bertajuk Gimmick. Beberapa minggu kemudian, tepatnya tanggal 25 November 1992 mereka merilis single pertamanya yang berjudul Flood of Tears (c/w Yasuoka) sehingga aktivitas panggung mereka bertambah padat dan penggemar pun mulai bertambah. Pada waktu itu, single ini menjadi barang langka, karena hanya dirilis sebanyak 1000 keping.

Tanggal 30 Desember, lagi-lagi mereka harus kehilangan anggota mereka, Pero. Dia mengundurkan diri tepat setelah mereka mengadakan pertunjukkan live di Osaka Music Hall. Hal ini menjadikan Tetsu untuk mencari drummer pengganti. Dia memutuskan untuk mencari band pengganti di Tokyo karena mereka toh akhirnya akan berkarir juga di Tokyo. Pada suatu hari ia melihat penampilan Sakura dan tertarik melihatnya. Kemudia Tetsu mengajaknya bergabung bersama L'arc~en~Ciel dengan cara mengirimkan demo tape kepada Sakura. Akhirnya Sakura pergi ke Osaka untuk melakukan session bersama Laruku. Akhirnya pada tanggal 16 Januari 1993, ia resmi bergabung bersama Laruku.

Album indie pertama mereka bertajuk Dune diluncurkan pada tanggal 10 April 1993 di bawah label indie, Danger Crue,dan meraih kesuksesan. Dan menjadi nomor 1 di Oricon Indies Chart (tangga lagu terpopuler) pada bulan Mei. Dalam 3 bulan berikutnya, albumya sendiri terjual sebanyak 20.000 keping. karena hal inilah, maka mereka bisa tampil di dalam konser band-band indies "karei naru masho" yang diadakan di Shibuya, Kokaido, di hadapan 2000 penonton. Popularitas sudah ada di genggaman mereka, dan label mayor pun mulai tertarik kepada mereka. Pada bulan September 1993, mereka hijrah ke Tokyo untuk meningkatkan karier mereka (lagi-lagi Hyde tidak terlalu menyukai hal ini pada pertama kalinya).

Nemuri Ni Yosete, Video single mereka pun dirilis pada tanggal 1 Juli 1994, lalu menyusul album mereka yang kedua. Tierra pada tanggal 14 Juli 1994 (hanya 2 minggu berselang). Ini merupakan album pertama mereka yang dirilis oleh mayor label, Sony Ki/oon records. Pada tanggal 9 September, mereka melawat ke Maroko dalam rangka pembuatan video Siesta ~film of dream~. Ini merupakan pengalaman mereka bekerja di luar Jepang, dan tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan buat mereka. Filmnya sendiri dirilis pada akhir tahun 1994. Tanggal 21 Oktober 1994, single pertama mereka di bawah label mayor keluar dengan judul Blurry Eyes. lagu ini sendiri menjadi lagu tema dari animasi jepang, D.N.A^2. Kemudian fans klub resmi mereka didirikan, yaitu Ciel pada tanggal 1 Desember 1994.
larcfirstapperance.jpg

searah jarum jam mulai kiri atas : Hyde, Ken, Sakura, Tetsu



C'est La Vie


Tanggal 21 Mei 1995 merupakan tanggal di mana single video berjudul and She Said dirilis dan merupakan hari pertama dari rangkaian tur di 19 kota di Jepang yang bertajuk In Club ‘95. Dan pada 6 Juli, single kedua mereka yang berjudul Vivid Colors dirilis. Lagu tersebut menjadi lagu ending Guru Guru 99, dan side B dari lagu tersebut, Brilliant Years dijadikan lagu ending untuk acara Shin dora di Nippon-TV (NTV).
Album ketiga mereka, HEAVENLY dirilis pada tanggal 1 September 1995. Pertama kalinya album mereka masuk ke Oricon Chart (major label band) langsung di posisi ketiga. Dalam album ini sepertinya terjadi perubahan warna musik mereka dibandingkan dengan dua album sebelumnya (bisa dikatakan bahwa musikalitas mereka menjadi semakin matang). Seperti yang diungkapkan Tetsu bahwa mereka mencoba sesuatu yang berbeda dan baru dalam musik mereka.

Tur Heavenly ‘95 dimulai pada tanggal 9 September 1995, tiket untuk pertunjukkan mereka habis (full house) dalam 9 hari sejak peredarannya, bahkan pada hari terakhir tur tersebut tiket terjual habis hanya dalam tempo 28 menit saja! Pada tanggal 22 di bulan yang sama merupakan penampilan perdana mereka di Music Station, sebuah acara pertunjukkan musik terkenal di Jepang. Selanjutnya pada tanggal 21 Oktober 1995 single ketiga berjudul Natsu no Yuutsu dirilis. Lagu tersebut digunakan sebagai tema ending untuk acara Televisi-TBS bernama M-Navi.

Tanggal 27 Desember mereka mengadakan konser di Nippon Budokan, merupakan tempat yang diidam-idamkan para musisi Jepang untuk dapat tampil di sana.

Di awal tahun 1996 video live pertama L’Arc~en~Ciel, Heavenly ~films~ dirilis bersama 2 buah album foto, yakni Heavenly X’mas dan [/B]Heavenly ~films~[/B]. Pada bulan April mereka memulai tur Kiss Me Deadly ‘96. Pada saat itu fans dari kalangan cowok semakin bertambah, yang mana pada mulanya mereka lebih banyak disukai oleh para cewek. Hal tersebut tentu saja semakin meningkatkan kepercayaan diri
Pada bulan yang sama, mereka mencoba sesuatu yang baru dengan membuat sebuah alter ego band yang bernama D'ark En Ciel dengan komposisi, Dark Tetsu (vokal), HYDE Dark (gitar), Suck-D"Ark La (bass) dan Ken D'Ark (drum). Mereka memainkan lagu yang "dark" seperti Minagoroshi, dark in my life, Dark song, Insanity, Banana Mask.
Single keempat mereka Kaze ni Kienaide (c/w I’m So Happy) yang dirilis pada tanggal 8 Juli 1996 berhasil menempati posisi keempat pada minggu pertamanya di Oricon Chart. Pada akhir bulan yang sama tur musim panas Big City Nights Round Around ‘96 dimulai, diadakan di tiga kota besar di Jepang, yakni Nagoya, Osaka, dan Tokyo.

September tanggal 20, mereka meluncurkan sebuah buku dokumentasi Artist Fact “IS” yang berisikan informasi dan fakta seputar L’Arc~en~Ciel yang disajikan secara lengkap.

Pada bulan Oktober, single kelima mereka Flower (c/w Sayonara) dirilis dan langsung mengisi posisi kelima pada minggu pertamanya di Oricon Chart. Disusul kemudian dengan single keenam mereka Lies and Truth (c/w Sai wa Nagerareta) yang langsung menempati posisi keenam di minggu pertamanya di Oricon Chart.

Tanggal 12 Desember, album keempat mereka TRUE dirilis. Merupakan album tersukses mereka selama lima tahun terakhir karier mereka, sebab pada minggu pertamanya album tersebut berhasil meraih posisi runner-up di Oricon Chart, dan pada minggu keenamnya berhasil menduduki posisi jawara. Album ini bertahan selama 9 minggu dalam daftar 10 besar di Oricon Chart. Tanggal 23 mereka memulai tur mereka yang bertajuk Carnival of True menggelar 10 konser di berbagai penjuru Jepang, diawali di Osaka Jyo Hall.
Bulan April 1997 akan selalu tercatat dalam sejarah perjalanan karier L’Arc~en~Ciel sebagai masa paling terpuruk. Bagaimana tidak, di tengah kegemilangan yang berhasil dicapai oleh mereka, Sakura, dengan terpaksa harus meninggalkan rekan-rekannya di L’Arc~en~Ciel setelah selama kurang lebih lima tahun bersama-sama merintis kesuksesan di pentas musik Jepang khususnya. Ia mesti rela didepak dari posisinya sebagai drummer L’Arc~en~Ciel setelah terkait dengan kasus kepemilikan serta penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Ia ditangkap oleh kepolisian ketika ia sedang memakai narkoba. Semua anggota Laruku diinterogasi dan diperiksa oleh polisi. Peristiwa tersebut berimbas pada pembatalan seluruh aktivitas Laruku seperti peluncuran single mereka The Fourth Avenue Cafe (Ini merupakan OST dari anime "Rorouni Kenshin" yang lebih dikenal di Indonesia dengan "Samurai X") dan tur yang telah dijadwalkan. Bahkan semua merchandise mereka ditarik dari pasaran!

Meskipun rekan-rekan Sakura di Laruku tidak menginginkannya pergi, namun atas kehendak perusahaan rekaman dan produser, ia sejak bulan April mundur dari Laruku. “Aku sangat menyesal, aku telah melakukan hal yang sangat bodoh, dan tak pantas untuk dimaafkan. Aku tidak berhak lagi untuk tetap berada di dalam band, semua ini salahku. Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik bagi L’Arc~en~CIel, aku berharap agar mereka tetap berjuang dan semoga semakin sukses di masa mendatang”, itulah kata-kata perpisahan yang diucapkan oleh Sakura ketika ia meninggalkan Laruku.
Yang paling terpukul dalam peristiwa ini adalah Hyde, sebab di antara rekan-rekannya yang lain ia dan Sakura merupakan sahabat yang paling dekat. Maka sejak insiden tersebut, anggota Laruku tinggal tersisa tiga orang.
Setelah kepergian Sakura, Tetsu segera mencari drummer pengganti. Suatu ketika ia mendengar Yukihiro, eks-Zi:Kill dan Die in Cries yang keduanya telah disbanded atau membubarkan diri. Tetsu tertarik dengan permainan drumnya, maka selanjutnya disusunlah rencana pendekatan oleh Tetsu. Menurut kabar yang beredar, Tetsu dan Yukihiro berkenalan lewat game Evangelion, di mana Tetsu meminta Yukihiro untuk mengajarinya permainan tersebut. Lantas Tetsu berbicara dengan Yukihiro mengenai peristiwa menyedihkan yang menimpa grup bandnya. Bak gayung bersambut, Yukihiro menawarkan bantuannya kepada Tetsu untuk proses rekaman Niji.

Akhirnya single ketujuh L’Arc~en~Ciel yang berjudul Niji—bahasa Jepang, yang memiliki arti yang sama dengan L’Arc~en~Ciel, yaitu Pelangi—dirilis pada tanggal 17 Oktober 1997. Single ini mampu menerobos posisi 3 di Oricon Chart pada minggu pertamanya. Berkaitan dengan judulnya, Hyde mengatakan bahwa judul lagu tersebut menggambarkan perjalanan karier mereka yang pada awalnya banyak dikhawatirkan orang akan segera berakhir karena masa-masa yang sangat buruk, akan tetapi kemudian mereka muncul kembali, bagaikan keindahan pelangi yang muncul di langit setelah gelapnya hujan. Dan lagu tersebut menjadi soundtrack Rurouni Kenshin (Samurai X) the movie.
L’Arc~en~Ciel muncul kembali secara resmi sejak tanggal 13 Desember 1997 dengan menggelar konser berjudul Reincarnation yang digelar di Tokyo Dome. Pada saat itu Laruku terdiri dari tiga orang personil resmi, yaitu Hyde (vokal), Tetsu (bass), Ken (gitar) dan satu personil tambahan (additional player/supported player) di posisi drummer, yakni Yukihiro.
Selama kurun waktu 1997, di Laruku, Yukihiro berperan sebagai additional player. Hingga pada 1 Januari 1998 ia secara resmi menjadi personil tetap L’Arc~en~Ciel.
3rd.jpg


milky way


Baru pada tanggal 1 Januari 1998, Yukihiro secara ofisial bergabung dengan L’Arc~en~Ciel menggantikan Sakura yang telah resmi keluar dari Laruku sejak 4 November 1997. Meskipun demikian, masuknya Yukihiro ke L’Arc~en~Ciel menciptakan suatu polemik di kalangan fans mereka, ada yang pro dengan kedatangan Yukihiro ada juga yang kontra. Memang cukup wajar seandainya masih banyak fans yang belum bisa menerima kepergian Sakura, sebab bagaimanapun juga Sakura telah menjadi bagian dari Laruku selama lima tahun yang bisa dikatakan tidak sebentar, bahkan ia turut mewarnai musik L’Arc~en~Ciel dengan style drumnya.

Akan tetapi ada satu hal yang patut dicatat, bahwa semenjak pergantian personel dari Sakura ke Yukihiro, terjadi transformasi image dari L’Arc-en-Ciel, yang semula penampilan mereka lebih bercorak visual yang kecewek-cewekan, secara bertahap berubah menjadi lebih maskulin.
Setelah insiden yang mencoreng wajah L’Arc~en~Ciel pada tahun 1997 dan pergantian personil pada awal 1998 tidak berarti mereka kehilangan penggemarnya, hal itu dibuktikan dengan habisnya 56.000 lembar tiket konser Reincarnation dalam rentang waktu hanya 4 menit! Bahkan menginjak tahun 1998 karier mereka semakin menanjak. Bisa dibilang bahwa tahun 1998 merupakan masa keemasan Laruku, di mana pada tahun tersebut hampir semua single dan album yang mereka rilis berhasil meraih kesuksesan dan berbagai penghargaan. Mereka adalah artis paling sibuk pada saat itu.

Diawali pada akhir bulan Januari dengan meluncurkan single ke delapan mereka berjudul Winter Fall yang menjadi single pertama mereka yang mampu menduduki posisi jawara di Oricon Chart. Pada tanggal 25 Februari 1998 album kelima L’Arc~en~Ciel, HEART diluncurkan, hebatnya album ini selain mampu mencapai posisi puncak Oricon Chart, angka penjualannya pun mencapai 1 juta kopi dalam minggu pertamanya! Tanggal 25 Maret, single ke sembilan Dive to Blue dirilis dan berhasil pula menapaki posisi pertama di Oricon Chart. Selanjutnya pada tanggal 22 April, video A Piece of Reincarnation diluncurkan dan lagi-lagi menjadi nomor satu di Oricon Chart selama dua minggu berturut-turut.

Tanggal 1 Mei 1998, tur Heart ni hi wo tsukero! -Light My Fire- dimulai dan berakhir tanggal 21 November, merupakan tur terpanjang L’Arc~en~Ciel dengan 56 penampilan di 43 kota berbeda di seluruh penjuru Jepang.

Tanggal 8 Juli 1998, mereka mencatatkan diri dalam sejarah musik Jepang sebagai musisi pertama yang merilis 3 buah single secara bersamaan sekaligus, yakni Honey, Shinshoku~LoseControl~, dan Kasou. Bahkan ketiganya mampu mencetak angka penjualan sebanyak 1.000.000 kopi dalam waktu singkat. Lebih hebat lagi, pada tanggal 27 Juli, Honey dan Shinshoku~lose control~ secara berurutan menempati posisi satu dan dua di Oricon Chart. Patut diketahui juga bahwa lagu Shinshoku~lose control~ merupakan salah satu original soundtrack untuk film GODZILLA yang terkompilasi dalam album OST. Godzilla khusus untuk Asia saja (Aku pernah punya album ini, dan aku rasa Indonesia sudah mulai kenal Laruku dari OST ini.

Setelah menyelesaikan tur Light My Fire, Laruku kembali merilis dua buah single, yakni Snow Drop pada tanggal 7 November dan Forbidden Lover tepat seminggu kemudian. Melalui dua single ini, lagi-lagi Laruku mencatatkan diri dalam sejarah musik Jepang sebagai musisi pertama di Jepang yang dua singlenya berhasil mencapai posisi pertama dan kedua dalam waktu bersamaan sebanyak dua kali, karena pada tanggal 26 November, Forbidden Lover berada di puncak dan Snow Drop mengikuti di posisi runner-up . Awal Desember, mereka meluncurkan benda-benda koleksi resmi L’Arc~en~Ciel seri pertama di seluruh Jepang. Kegiatan terakhir L'Arc~en~Ciel di tahun 1998 adalah peluncuran video konser Light My Fire pada tanggal 23 Desember.
Pada tanggal 20 Februari 1999, Laruku meluncurkan fotobook LIFE yang mengandung foto dari konser di tahun 1998. Tanggal 1 Maret 1999, Laruku mendapat penghargaan di 36th Golden Arrow Award dari Asahi TV. Dua hari kemudian, single mereka, Kasou, Honey, dan Snow Drop terpilih sebagai "song of the year" dan album Heart pada "rock album of the year" pada ajang 13th Japanese Gold Disk Award.
Pada tanggal 21 April 1999, (hari kartini nih!) mereka melepas single ke 15 mereka Heaven's Drive, dan tanggal 2 Juni single Pieces diluncurkan.
pada tanggal 1 Juli 1999, Laruku melepas 2 album sekaligus, yaitu ARK dan RAY di tujuh negara (Jepang, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan, SIngapura). Mereka menjadi band satu-satunya yang melepas 2 album di waktu yang sama dan keduanya sukses! Ark terjual sebanyak 2.275.000 keping, dan Ray terjual sebanyak 2.138.000 keping. Tanggal 17 Juli 1999, mereka memulai "Grand Cross Tour 1999" dam dihadiri oleh kurang lebih 650.000 penonton. Salah satu konser mereka di Tokyo disiarkan langsung di 7 negara! Pada bulan September 1999, Tetsu dan Hyde menyatakan bahwa mereka akan berkunjung ke 3 negara asia (Taiwan, Hongkong, dan Thailand) untuk promo album. Pada bulan Oktober, mereka meluncurkan single Love Flies" dan meluncurkan Grand Cross Conslusion Video. Pada penghujung tahun 1999, mereka mementaskan Reset, sebuah konser untuk merayakan millenium baru.
Tahun 2000 mereka awali dengan merilis double maxi single Neo Universe/finale pada tanggal 19 Januari, disusul kemudian Stay Away. Tanggal 20 Juni, album ECTOMORPHED WORK dirilis. Album tersebut berisikan beberapa lagu L’Arc~en~Ciel sebelumnya yang telah di-remix oleh Yukihiro (sangat menarik!) dan album selanjutnya REAL pada tanggal 20 Agustus 2000.

Tur konser Realive digelar dari bulan Oktober hingga Desember yang terbagi dalam dua sesi, yang pertama Realive Club Circuit 2000 dan yang kedua Realive Dome Tour 2000. Bedanya, pada sesi yang pertama, konser diadakan di tempat-tempat semacam klub yang hanya mampu menampung sedikit audiens dengan panggung yang relatif kecil. Sedangkan pada sesi kedua, layaknya konser-konser L’Arc~en~Ciel terdahulu, dengan penonton yang banyak dan panggung yang besar.

Memasuki tahun 2001, mereka merilis album Clicked Singles Best 13th (album pertama original laruku yang kubeli) pada tanggal 14 Maret yang merupakan kumpulan lagu-lagu terbaik L’Arc~en~Ciel berdasarkan hasil pemungutan suara (voting) yang dilakukan oleh jutaan fansnya di seluruh penjuru dunia melalui internet, plus satu single baru Anemone (ada yang mengatakan bahwa lagu ini dibuat Hyde untuk istrinya yang tercinta, Megumi Oishi...) Lagu pertama dalam lagu ini adalah Blurry Eyes. SUngguh menarik, karena lagu ini sudah berumur 8 tahun ~waktu kubeli album ini~, dan masih banyak fans yang menyukainya (termaksud aku). Dan yang terakhir di tahun tersebut adalah peluncuran single mereka Spirit Dreams Inside (c/w Spirit Dreams Inside-another dream-) pada tanggal 9 Mei 2001 yang juga merupakan soundtrack-nya Final Fantasy The Movie (Spirits Within) dan juga termasuk ke dalam album soundtrack FF The Movie.

laruku98.jpg



Neo Universe

Setelah masa keemasan mereka tersebut, itu mereka mulai sibuk dengan proyek solo masing-masing. Disinilah kita bisa melihat karakter mereka yang berbeda pada masing-masing anggota L’Arc~en~Ciel.
Yuk, kita lihat proyek solo mereka masing-masing:
Diawali oleh Tetsu yang membentuk band bernama TETSU69, pada tanggal 18 Juli 2001 menelurkan single pertamanya yang berjudul wonderful world (c/w tightrope). Disusul Shinkirou dan Fifteen a Half pada pertengahan tahun 2002. Single terakhirnya sebelum meluncurkan album perdananya yang berjudul Suite November adalah WHITE OUT.
tetsu3.jpg


Yukihiro tak mau ketinggalan, bersama band bentukannya Acid Android ia telah merilis dua album, acid android dan fault selain sebuah single yang berjudul ring the noise yang dijadikan soundtrack sebuah Game yang berjudul Devil May Cry.
acidandroid.jpg


Hyde, sang vokalis, dianggap sebagai personel Laruku yang paling sukses dalam bersolo karir. Dimulai dengan peluncuran single pertamanya berjudul evergreen, ia kemudian merilis dua single lainnya, yakni angel’s tale dan Shallow Sleep yang selanjutnya dikompilasikan dalam album yang diberi judul Roentgen dan Roentgen~english ensemble~. Belum puas juga, ia kembali melemparkan dua single Hello dan HORIZON berturut-turut pada Juni dan November 2003. Selanjutnya kedua single tersebut dapat kita temukan dalam album kedua Hyde yang berjudul 666. Tak hanya di musik, Hyde pun berhasil merambah layar lebar. Sejauh ini sudah dua judul film ia bintangi, yakni MoonChild dan Kagen no Tsuki~Last Quarter.
Pada musim panas 2005, Hyde menciptakan lagu Glamorous Sky yang dinyanyikan oleh Mika Nakashima untuk film Nana. Selanjutnya masih banyak daftar solo karirnya. Selain dengan nama Hyde, ia juga membentuk sebuah rock unit bernama Vamps bersama K.A.Z. (sudah dibahas di ii, kalo mo lihat, silahkan lihat di sini)

vampsxd7.jpg


Ken yang mulanya adem-adem saja akhirnya tersulut juga untuk melakukan kerja solo. Ia membentuk sebuah band yang dinamakannya Sons of All Pussys atau sering disingkat menjadi S.O.A.P. Yang menarik, dalam band tersebut, Ken kembali reuni-an dengan Sakura, eks-drummer L’Arc~en~Ciel. Bersama S.O.A.P, dari sejak Februari 2002 hingga Juli 2004, ia sudah mengeluarkan tiga mini album, di antaranya GRACE, gimme A guitar, dan high serta sebuah single yang judulnya Paradise.
SOAP.jpg


Ready Steady Go​
Setelah vakum selama tiga tahun dengan spekulasi tentang kemungkinan bubarnya band ini, L’Arc~en~Ciel mengejutkan fans mereka dengan mengumumkan sebuah seri dari tujuh konser yang diberi judul Shibuya Seven Days, yang diikuti dengan perilisan single baru mereka. Berada di peringkat atas tangga lagu dan dipakai sebagai lagu pembuka animasi Fullmetal Alchemist, READY STEADY GO dijual di bulan Februari 2004. Mengikuti perilisan single berikutnya, L’Arc~en~Ciel kemudian merilis album yang banyak ditunggu-tunggu, SMILE, pada tanggal 31 Maret.
Tak berapa lama kemudian, pada tanggal 2 Juni 2004, mereka mengumumkan sebuah alter ego dari band ini, P'unk~en~Ciel. formasi dari band ini adalah, Hyde (gitar), Ken (drum), Yukihiro (bass) dan Tetsu (vokal). Lagu-lagu P'unk~en~Ciel lebih ke arah musik punk dan sedikit lebih berat dan ditambah dengan nada yang berbeda, karena Tetsu sebagai vokal. daftar lagu-lagu mereka bisa dilihat di sini

Tanggal 31 July 2004 L’Arc~en~Ciel hadir sebagai bintang tamu di hadapan 12,000 orang penonton pada acara konvensi anime Otakon yag diadakan di Baltimore, Maryland. Ini merupakan penampilan pertama band ini di USA. Melihat respons yang luar biasa dari para fans, Tofu Records, label Sony Music Jepang di Amerika menandatangani kontrak dengan band ini pada tanggal 31 Mei 2005 dan merilis sebuah DVD untuk debut live mereka di Amerika Utara.
otakonliveinusa.gif

Mengikuti dirilisnya beberapa single dan sebuah album baru, AWAKE di 2005, band ini kemudian mengadakan tur Jepang sebelum memulai tur ASIA LIVE 2005, yang membawa band ini ke Seoul di Korea dan Shanghai di Cina. Sebelum kembali ke Tokyo untuk dua pertunjukan utama yang bertempat di Tokyo Dome.

Setelah menutup tur mereka, perhatian para anggota band ini kembali terfokus pada kegiatan kegiatan solo mereka. tetsu merekam beberapa single dan sebuah album dengan Creature Creature. Serta merilis sebuah single atas nama dirinya sendiri. Sementara yukihiro kembali pada acid android dan merilis sebuah single. Kemudian ia beserta acid android menyertai MUCC dalam dua petunjukan di Shanghai. hyde menggubah lagu Glamorous Sky untuk film yang diangkat dari manga NANA dan dinyanyikan oleh Mika Nakashima. Ia juga merilis dua single dan album lain berjudul FAITH, yang membawanya dalam tur panjang di Jepang serta mengadakan pertunjukan di California. Terakhir dalam masa vakum band ini, ken merilis sebuah single solo, Speed.

Pada tanggal 25 November dan 26th, 2006, L'Arc-en-Ciel menggelar dua konser di Tokyo Dome, untuk merayakan ulang tahun mereka ke 15. Berjudul L'Anniversary. Tiket tersebut terjual hanya dalam kurun waktu 2 menit , mengalahkan rekor penjualan tiket mereka sebelumnya.Sebuah jajak pendapat telah dibuat pada website resmi selama seminggu sebelum konser yang mengizinkan para fans untuk memilih lagu yang mereka ingin dengar di acara itu.Konser tersebut kemudian ditampilkan pada saluran WOWOW pada 23 Desember 2006. Dan juga disiarkan pada 8 Februari 2007 di MTV Korea.

L'Arc-en-Ciel kemudian merekam lagu Shine yang akan digunakan sebagai lagu pembuka untuk anime yang akan disiarkan di NHK, Guardian of the Spirit.Mereka Menggelar Mata Heart Ni Hi Wo Tsukero 2007 Tour di Jepang.L'Arc-en-Ciel merilis single Seventh Heaven pada 30 Mei 2007, yang menjadi posisi teratas di Oricon charts. Lagu My Heart draws a Dream, (di klip lagu ini ditampiljan alam Indonesia, walau cuma beberapa detik saja!) yang digunakan dalam iklan mobil Subaru, dirilis 29 Agustus, 2007, dan lagu tersebut langsung menempati tangga teratas pada Oricon charts. Lagu Daybreak's Bell yang dirilis pada 10 Oktober 2007,digunakan sebagai Soundtrack pembuka untuk anime Mobile Suit Gundam 00.dan kembali menduduki peringkat teratas dalam Oricon Charts.Sejak dari 14 November ke 25 Desember 2007, dirilislah Hurry Xmas, bersamaan dengan dua DVD baru yang keluar pada bulan September dan Desember, yang berjudul 15th L'Anniversary Live and Chronicle 3 respectively.Album terbaru mereka Kiss, dirilis pada 21 November 2007, menduduki tangga lagu pertama di posisi nomor satu di Oricon chart.

L'Arc~en~Ciel mengadakan tur yang bernama Theater of Kiss Tour.yang diselenggarakan pada 22 Desember 2007 sampai 17 Februari 2008.lagu Drink it Down yang dirilis pada tanggal 2 April 2008, digunakan sebagai lagu pembuka versi Jepang untuk game PS3/Xbox 360 Devil May Cry 4, dan menduduki tempat teratas di Oricon weekly charts.

Setelah itu mereka mengadakan tour ke Paris, Prancis. Konser yang bertajuk Tour 2008 L'7 ~Trans Asia via Paris~ merupakan konser mereka pertama di Eropa. Aku sudah menonton konser ini, dan memang sungguh sangat megah (two thumbs up)!!!
parisposterlarc.jpg

Setelah tur ini berakhir mereka mengumumkan akan rehat sampai 2011. Single mereka yang terakhir adalah Nexus 4/ Shine yang dirilis pada 27 Agustus 2008. Pada akhir tahun ini, mereka berencana untuk merilis sebuah single yang bertajuk Hurry X~mass. Mungkin ini adalah remake dari lagu yang terdahulu. Dan tampaknya kita harus menunggu lama untuk karya mereka berikutnya......



SEVENTH HEAVEN

inilah daftar album dan single Laruku

demo songs [Uncategorized]
1.Anata no tame ni
2.Bliding Ligth
3.Call to Mind (tsuioku no joukei)
4.Claustrophobia (Shutting from the Sky)
5.I'm in pain
6.Kioku no Kakera
7.No truth
8.Nostalgia 1
9.Nostalgia 2
10.Vivid Colors
11.Voice
12.White Feathers



floodsoftears.jpg

Floods of tears/Yasouka (夜想花) [1992.11.25][single]
1. Floods of tears (single version)
2. 夜想花


Laruku_DUNE_original.jpg

DUNE [1993.04.10][album]
1. Shutting from the sky
2. Voice
3. Taste of love
4. Entichers
5. Floods of tears
6. Dune
7. Be destined
8. Tsuioku no Joukei (追憶の情景)
9. As if in a dream
10. Ushinawareta Nagame (失われた眺め)


Tierra.jpg

Tierra [1994.07.14][album]
1. In the Air
2. All Dead
3. Blame
4. Wind of Gold
5. Blurry Eyes
6. Inner Core
7. Nemuri ni Yosete (�*りによせて)
8. Kaze no Yukue (風の行方)
9. Hitomi ni Utsuru Mono (瞳に�*るもの)
10. White Feathers


Blurry_Eyes_%2812cm%29.jpg

Blurry Eyes [1994.10.21][single]
1. Blurry Eyes
2. Wind of Gold (Many Kind of Percussion Mix)
3. Blurry Eyes (Voiceless Version)


Vivid_Colors_%288cm%29.jpg

Vivid Colors [1995.07.06][single]
1. Vivid Colors
2. Brilliant Years
3. Vivid Colors (Voiceless Version)


Laruku_heavenly.jpg

heavenly [1995.09.01][album]
1. Still I'm With You
2. Vivid Colors
3. and She Said
4. Garasu-Dama (ガラス玉)
5. Secret Signs
6. C'est La Vie
7. Natsu no Yuutsu (夏の憂鬱)
8. Cureless
9. Shizuka no Umi de (静かの海で)
10. The Rain Leaves a Scar


Natsu_no_Yuuutsu_%28time_to_say_good-bye%29_%288cm%29.jpg

Natsu no Yuuutsu (time to say good-bye) [1995.10.21][single]
1. 夏の憂鬱 [time to say good-bye]
2. Anata no Tame ni (あなたのために)
3. 夏の憂鬱 [time to say good-bye] (Voiceless Version)


Kaze_ni_Kienaide_%288cm%29.jpg

Kaze ni Kienaide (風にきえないで) [1996.07.08][single]
1. 風にきえないで
2. I'm so happy
3. 風にきえないで (hydeless version)


Flower_%288cm%29.jpg

Flower [1996.10.17][single]
1. flower
2. Sayounara (さようなら)
3. flower (hydeless version)


Lies_and_Truth_%288cm%29.jpg

Lies and Truth [1996.11.21][single]
1. Lies and Truth
2. Sai wa Nagerareta (賽は投げられた)
3. Lies and Truth (hydeless version)


Laruku_True.jpg

True [1996.12.12][album]
01 - Fare Well
02 - Caress of Venus
03 - Round and Round
04 - Flower
05 - Good Morning Hide
06 - The Fourth Avenue Cafe
07 - Lies And Truth
08 - Kaze ni Kienaide
09 - I Wish
10 - Dearest Love


Niji_%288cm%29.jpg

Niji (虹) [1997.10.17][single]
1. 虹
2. THE GHOST IN MY ROOM


Winter_fall_%2812cm%29.jpg

winter fall [1998.01.28][single]
1. winter fall
2. metropolis
3. winter fall (hydeless version)


Laruku_HEART.jpg

HEART [1998.02.25][album]
1. LORELEY
2. winter fall
3. Singin' in the Rain
4. Shout at the Devil
5. 虹 ( album version)
6. birth!
7. Promised land
8. fate
9. milky way
10. Anata (あなた)


DIVE_TO_BLUE_%2812cm%29.jpg

DIVE TO BLUE [1998.03.25][single]
1. DIVE TO BLUE
2. Peeping Tom
3. DIVE TO BLUE (hydeless version)


Shinshoku_%7Elose_control%7E_2.jpg

Shinshoku ~lose control~ [1998.07.08][single]
1. 浸食~lose control~
2. 浸食~lose control~ (control experiment mix)


HONEY.jpg

Honey [1998.07.08][single]
1. HONEY


Kasou.jpg

Kasou [1998.07.08][single]
1. 花葬


Snow_drop_%288cm%29.jpg

Snow Drop [1998.10.07][single]
1. snow drop
2. a swell in the sun
3. snow drop (hydeless version)


Forbidden_lover_%288cm%29.jpg

forbidden lover [1998.10.14][single]
1. forbidden lover
2. Kasou -1014 mix- (花葬)
3. forbidden lover (hydeless version)


cover.jpg

Heart ni hi wo Tsukero - ハートに火をつけろ! Light my Fire '98
[Live Rip][1998.12.23]
01 - Shinshoku -Lose Control-
02 - Birth!
03 - Forbidden lover
04 - Fate
05 - Loreley
06 - Kasou 07 - Niji
08 - Promised Land
09 - Milky way
10 - Honey
11 - Shout at the devil
12 - Snow Drop
13 - Dive to Blue
14 - Anata
15 - Flower


heavensdrive.jpg

Heaven's Drive [1999.04.21][single]
1. HEAVEN'S DRIVE
2. metropolis ~android goes to sleep mix~

pieces.jpg

Pieces [1999.06.02][single]
1. Pieces
2. fate ~fake fate mix~


Laruku_ark.jpg

Ark [1999.07.01][album]
1. forbidden lover
2. HEAVEN'S DRIVE
3. Driver's High
4. cradle
5. DIVE TO BLUE
6. Larva
7. Butterfly's Sleep
8. Perfect Blue
9. Shinjitsu to Gensou to
10. What is love
11. Pieces [ark mix]


Ray.jpg

Ray [1999.07.01][album]
1. Shi no Hai (�*�の灰)
2. It's the end
3. HONEY
4. Sell my soul
5. snow drop [ray mix]
6. L'heure
7. Kasou (花葬)
8. Shinshoku ~lose control~ (侵食)
9. trick
10. Ibara no Namida (いばらの涙)
11. the silver shining


drivershigh.jpg

Driver's High [1999.08.11][Single]
1. Driver's High
2. cradle ~down to the earth mix~


CD.jpg

LOVE FLIES [1999.10.27][Single]
1. LOVE FLIES
2. Shinjitsu to Gensou to ~out of the reality mix~ (真実と幻想と)


1999+GRAND+CROSS+CONCLUSION.jpg

1999 GRAND CROSS CONCLUSION [1999.12.01][live Rip]
01 - trick
02 - HONEY
03 - Shi no hai
04 - It's the end
05 - Sell my soul
06 - Ibara no namida
07 - fate
08 - Niji
09 - snow drop
10 - the silver shining
11 - kasou
12 - Shinshoku -lose control
13 - Caress of Venus
14 - HEAVEN\'S DRIVE
15 - DIVE TO BLUE
16 - Shout at the Devil
17 - Perfect blue
18 - Driver's high
19 - Blurry eyes


neouniverse.jpg

Neo Universe / finale [2000.01.19][Maxi-Single]
1. NEO UNIVERSE
2. finale
3. hole
4. trick ~new wave of japanese heavy metal mix~


CD.jpg

ectomorphed works [2000.06.28][album]
1. larva [ectomorphed long mix]
2. trick [new2 wave of japanese heavy metal mix]
3. Kasou [0628 mix] (花葬)
4. fate [everybody knows but god mix]
5. Shinshoku ~lose control~ [ectoborn mix] (浸食)
6. a swell in the sun [system in chaos mix]
7. l'heure [quiet afternoon mix]
8. cradle [down to the moon mix]
9. Shinjitsu to Gensou to [out of the reality mix #2] (真実と幻想と)
10. metropolis [android goes to be a deep sleep mix]


CD.jpg

Stay Away [2000.07.19][single]
1. STAY AWAY
2. get out from the shell
3. STAY AWAY ~Jaze Poo Mix~
4. STAY AWAY ~Truly Barbie Forest Ver.~


Real.jpg

Real [2000.08.30][album]
1. get out from the shell -asian version-
2. THE NEPENTHES
3. NEO UNIVERSE
4. Bravery
5. LOVE FLIES
6. finale
7. STAY AWAY
8. ROUTE 666
9. TIME SLIP
10. a silent letter
11. ALL YEAR AROUND FALLING IN LOVE


clicked.jpg

Clicked Singles Best 13 [2001.03.14][Best album]
1. Blurry Eyes
2. flower
3. Lies and Truth
4. Niji (虹)
5. winter fall
6. DIVE TO BLUE
7. HONEY
8. HEAVEN'S DRIVE
9. Pieces
10. Driver's High
11. NEO UNIVERSE
12. STAY AWAY
13. Anemone


cover.jpg

Club Circuit 2000 REALIVE [Live Rip][2001.06.20]
01 - Get out from the shell -asian version-
02 - The Nepenthes
03 - Promised Land
04 - Neo Universe 05 - Bravery
06 - Route 666
07 - Love Flies 08 - Fate
09 - A silent letter
10 - Trick
11 - Stay Away 12 - Honey 13 - Ibara no Namida
14 - Shout at the Devil


Spirit_dreams_inside_-another_dream-.jpg

Spirit dreams inside ~another dream~ [2001.09.05][single]
1. Spirit dreams inside ~another dream~
2. Spirit dreams inside


Laruku_The_Best_1994_1998.jpg

The Best of L'Arc~en~Ciel 1994-1998 [2003.03.19][Best album]
1. In the Air
2. Blurry Eyes
3. Vivid Colors
4. and She Said
5. Natsu no Yuutsu [time to say good-bye] (夏の憂鬱)
6. Kaze ni Kienaide (風にきえないで)
7. flower
8. Lies and Truth
9. Caress of Venus
10. the Fourth Avenue Cafe
11. Niji (虹)
12. winter fall
13. Shout at the Devil
14. fate
15. Anata (あなた)


Laruku_The_Best_1998_2000.jpg

The Best of L'Arc~en~Ciel 1998-2000 [2003.03.19][Best album]
1. DIVE TO BLUE
2. HONEY
3. Shinshoku ~lose control~ (侵食)
4. Kasou (花葬)
5. snow drop
6. forbidden lover
7. HEAVEN’S DRIVE
8. Pieces
9. trick
10. Driver's High
11. LOVE FLIES
12. NEO UNIVERSE
13. finale
14. STAY AWAY
15. get out from the shell -asian version-


Laruku_The_Best_cw.jpg

The Best of L'Arc~en~Ciel c/w [2003.03.19][Best album]
1. Brilliant Years
2. Anata no Tame ni (あなたのたまに)
3. I’m so happy
4. Sayounara (さようなら)
5. Sai wa Nagarareta (賽は投げられた)
6. THE GHOST IN MY ROOM
7. metropolis
8. Peeping Tom
9. a swell in the sun
10. Kasou –1014 mix- (花葬)
11. hole
12. get out from the shell


cover.jpg

Shibuya 7 Days [2003.12.17][Live Rip]
01 - Fare Well
02 - Caress of Venus
03 - Heaven's Drive
04 - Flower
05 - Get out from the shell
06 - Lies and Truth
07 - Driver's High
08 - Blurry Eyes
09 - Stay Away
10 - Niji
11 - Trick
12 - Dive to Blue
13 - Anata
14 - Fate
15 - Forbidden Lover
16 - Kasou
17 - Shout at the devil


READY_STEADY_GO.jpg

READY STEADY GO [2004.02.04][single]
1. READY STEADY GO
2. READY STEADY GO (hydeless version)
3. READY STEADY GO (kenless version)
4. READY STEADY GO (tetsuless version)
5. READY STEADY GO (yukihiroless version)


hitomi.jpg

Hitomi no Juunin (瞳の住人) [2004.03.03] [Single]
01 - Hitomi no Juunin
02 - Hitomi no Juunin (hydeless version)
03 - Ready Steady Go (Ken READY)
04 - Ready Steady Go (Tetsu READY)
05 - Ready Steady Go (Yukihiro READY)


Laruku_SMILE.jpg

Smile [2004.03.31][album]
1. Kuchizuke (接吻)
2. READY STEADY GO
3. Lover Boy
4. Feeling Fine
5. Time goes on
6. Coming Closer
7. Eien (永�*)
8. REVELATION
9. Hitomi no Juunin (瞳 の 住人)
10. Spirit dreams inside
11. READY STEADY GO (hydeless version)


Laruku_DUNE_10th_anniversary.jpg

『DUNE』10th Anniversary Edition [2004.04.21][album]
1. Shutting from the sky
2. Voice
3. Taste of love
4. Entichers
5. Floods of tears
6. Dune
7. Be destined
8. Tsuioku no Joukei (追憶の情景)
9. As if in a dream
10. Ushinawareta Nagame (失われた眺め)
11. Floods of tears (single version)
12. Yasouka (夜想花)
13. Yokan (予感)


Jiyuu_e_no_Shoutai.jpg

Jiyuu e no Shoutai (自由への招待) [2004.06.02][single]
1. 自由への招待
2. 自由への招待 (hydeless version)
3. milky way
4. milky way (TETSU P'UNKless version)


L%27ARC%EF%BD%9EEN%EF%BD%9ECIEL+live+in+U.S.A..jpg

L'ARC~EN~CIEL live in U.S.A [2004.12.08][Live Rip]
01 - Kuchizuke
02 - Lover boy
03 - HEAVEN\'S DRIVE
04 - did you eat crabs (talk)
05 - Spirit dreams inside
06 - Jiyuu e no shoutai
07 - Eien
08 - kasou
09 - Hitomi no juunin
10 - going berserk (talk)
11 - Driver's high
12 - Feeling fine
13 - STAY AWAY
14 - REVELATION
15 - READY STEADY GO
16 - HONEY
17 - Blurry eyes
18 - Pieces


cover.jpg

Killing Me [2005.01.13][single]
1. Killing Me
2. Round and Round 2005
3. Round and Round 2005 feat.P'UNK Aoki
4. Killing Me (hydeless version)
5. Round and Round 2005 (TETSU P'UNKless version)


Lar_neww.jpg

New World [2005.04.06][single]
1. New World
2. Kasou Heisei Juu-Nana-Nen (花葬 平成十七年)
3. New World (hydeless version)
4. 花葬 平成十七年 (TETSU P'UNKless version)


Lar_jojo.jpg

Jojoushi (叙情詩) [2005.05.18][single]
1. 叙情詩
2. HEAVEN'S DRIVE 2005
3. 叙情詩 (hydeless version)
4. HEAVEN'S DRIVE 2005 (TETSU P'UNKless version)


smile_tour_2004.jpg

SMILE Tour 2004 [Live Rip](2005.06.01)
01 - Ready Steady Go
02 - Lover Boy
03 - Heaven's Drive
04 - Yokan
05 - Coming Closer
06 - Time goes on
07 - Eien
08 - Butterfly's Sleep
09 - Hitomi no Jyuunin
10 - Kuchizuke
11 - Driver's High
12 - Feeling Fine
13 - Honey
14 - Revelation
15 - Shout at the devil
16 - Milky Way 2005
17 - Jiyuu e no Shoutai
18 - Stay Away
19 - Niji


larukuawake.jpg

Awake [2005.06.22][album]
01 New World
02 LOST HEAVEN
03 Jojoushi
04 TRUST
05 Killing Me
06 AS ONE
07 My Dear
08 EXISTENCE
09 Jiyuu he no Shoutai
10 Ophelia
11 Hoshizora
12 twinkle,twinkle


Link_%28CD%29.jpg

LINK/Promised land 2005 [2005.07.20][single]
1. Link
2. Promised land 2005
3. Link (hydeless version)
4. Promised land 2005 (TETSU P'UNK vocalless version)
5. Promised land 2005 (TETSU P'UNKless version)


cover.jpg

AWAKE Tour 2005 [Live Rip]
01 - intro I'm a Human
02 - AS ONE
03 - EXISTENCE
04 - Killing Me
05 - TRUST
06 - Ophelia
07 - Joujoushi
08 - Kuchizuke
09 - forbidden lover
10 - My Dear
11 - REVELATION
12 - New World
13 - Jiyuu E no Shoutai
14 - STAY AWAY formation A
15 - LOST HEAVEN
16 - READY STEADY GO
17 - NEO UNIVERSE
18 - Driver's High
19 - Link
20 - twinkle, twinkle
21 - Hoshizora


ASIALIVE+2005.bmp

ASIALIVE 2005 [2006.06.21][Live Rip]
01 - intro
02 - Killing me clip paroles paroles
03 - HEAVEN\'S DRIVE
04 - Driver\'s high
05 - Hyde MC
06 - LOST HEAVEN
07 - snow drop
08 - winter fall
09 - forbidden lover
10 - get out from the shell
11 - New world
12 - Jiyuu e no shoutai 自由への招待
13 - STAY AWAY + kasou
14 - READY STEADY GO
15 - Ken MC
16 - L\'ARC~EN~CIEL parade
17 - HONEY
18 - Link
19 - Yuki MC
20 - Hyde MC 2
21 - Hitomi no juunin
22 - Hyde MC 3
23 - Niji


thefourth.jpg

the Fourth Avenue Cafe [2006.08.30][single]
1. the Fourth Avenue Cafe
2. DARK SONG/D・A・R・K~DARK IN MY LIFE~/ACCIDENT/INSANITY/FROM HELL


laruku.jpg

SEVENTH HEAVEN [2007.05.30][single]
1. SEVENTH HEAVEN
2. HONEY 2007
3. SEVENTH HEAVEN (hydeless version)
4. HONEY 2007 (TETSU P'UNKless version)


MY_HEART_DRAWS_A_DREAM.jpg

My Heart Draws a Dream [2007.08.29][single]
1. MY HEART DRAWS A DREAM
2. Feeling Fine 2007
3. MY HEART DRAWS A DREAM (hydeless version)
4. Feeling Fine 2007 (TETSU P'UNKless version)


15th.jpg

15th L'Anniversary Live Tokyo Dome [2007.09.12][Live-Rip]
1. Apresentation
2. the Fourth Avenue Cafe
3. Caress Of Venus
4. Vivid Colors
5. Talk
6. Interview
7. Interview
8. Talk
8. White Feathers
9. NEO UNIVERSE
10. Honey
11. Stay Away
12. Heaven's Drive, Dive to Blue
13. Love Flies, Kasou
14. Finale
15. Shinshoku ~lose control~, Anemone
16. Flower
17. Snow Drop, Heaven's Drive
18. Driver's High
19. Ibara no Namida
20. Interview
21. Interview
22. Interview
23. NEW WORLD
24. Jyojyoushi
25. Killing me
26. Ready Steady Go!
27. Link
28. Talk
29. Niji


Daybreak%27s+Bell.jpg

DAYBREAK'S BELL [2007.10.10][single]
1. DAYBREAK'S BELL
2. Natsu no Yuutsu (SEA IN BLOOD 2007) (夏の憂鬱)
3. DAYBREAK'S BELL (hydeless version)
4. Natsu no Yuutsu (SEA IN BLOOD 2007) (TETSU P'UNKless version)


Hurry_Xmas_%28CD%29.jpg

Hurry Xmas [2007.11.14][Single]
1. Hurry Xmas
2. I Wish 2007
3. Hurry Xmas -Silent Night Version-
4. Hurry Xmas (hydeless version)
5. I Wish 2007 (TETSU P'UNKless version)


KISS.jpg

Kiss [2007.11.21][album]
1. SEVENTH HEAVEN
2. Pretty girl
3. MY HEART DRAWS A DREAM
4. Sunadokei (�*�時計)
5. spiral
6. ALONE EN LA VIDA
7. DAYBREAK'S BELL
8. Umibe (海辺)
9. THE BLACK ROSE
10. Link -KISS Mix-
11. Yuki no Ashiato (雪の足跡)
12. Hurry Xmas


Laruku_-_Drink_it_Down.jpg

DRINK IT DOWN [2008.04.02][single]
1. DRINK IT DOWN
2. Dune 2008
3. DRINK IT DOWN (hydeless version)
4. Dune 2008 (TETSU P'UNKless version)


Are+you+ready+2007.jpg

Are You Ready? 2007 Matta HEART ni hi wo Tsukero!!
[live-Rip](2008.04.02)
01. intro
02. SEVENTH HEAVEN
03. Killing Me
04. the Fourth Avenue Cafe
comment
05. DAYBREAK'S BELL
06. sunadokei -�*�時計-
07. Yuki no Ashiato -雪の足跡-
08. Caress of Venus
09. MY HEART DRAWS A DREAM
10. THE BLACK ROSE
11. Driver's High
12. Revelation
13. Pretty Girl
14. READY STEADY GO
15. Feelling Fine 2007 [P'UNK~EN~CIEL]
16. Honey 2007 [P'UNK~EN~CIEL]
17 metropolis
18. New World
19. Link
20. Jojoushi -叙情詩-


cover.jpg

Summer Best Collection [Compilation](2008.07.02)
01 - また君に会える (Ketsumeishi)
02 - 夏音 (GLAY)
03 - SUMMER SONG (YUI)
04 - 夏空 (Ai Otsuka)
05 - 花火 (AAA)
06 - Summer Flooding (Ai Takaoka)
07 - 夏の憂鬱[time to say good-bye] (L'Arc~en~Ciel)
08 - SUMMER TIME(NewS)
09 - なごり夏 (Bennie K)
10 - Green days (Noriyuki Makihara)
11 - H.A.N.A.B.I~君がいた夏~ (ZONE)
12 - BLUE BIRD (Ayumi Hamasaki)


theater_of_kiss_tour_2007-2008.jpg

Theater of Kiss Tour 2007-2008 [Live-Rip](2008.08.27)
01 - SEVENTH HEAVEN
02 - and She Said
03 - Parade 2007-2008
04 - SHINE
05 - spiral
06 - DAYBREAK'S BELL
07 - ALONE EN LA VIDA
08 - Sunadokei
09 - Umibe
10 - MY HEART DRAWS A DREAM
11 - DRINK IT DOWN
12 - REVELATION
13 - Pretty Girl
14 - Link
15 - Natsu no Yuutsu [SEA IN BLOOD 2007]
16 - I Wish 2007
17 - fate
18 - READY STEADY GO
19 - Shout at the Devil
20 - Yuki no Ashiato
21 - Hurry Xmas
22 - THE BLACK ROSE (Bonus)
23 - Kuchikuze (Bonus)


cover.jpg

Shine / Nexus 4 [2008.08.27][single]
1. Nexus 4
2. Shine
3. Nexus 4 (Hydeless Version)
4. Shine (Hydeless Version)


live_in_paris.jpg

LIVE IN PARIS [live-Rip](2009.05.20)
01 - Get out from the shell
02 - Driver's High
03 - Killing Me
04 - mc HYDE
05 - DRINK IT DOWN
06 - DAYBREAK'S BELL
07 - winter fall
08 - Kasou
09 - My Dear
10 - Forbidden lover
11 - MY HEART DRAWS A DREAM
12 - Caress of Venus
13 - REVELATION
14 - mc KEN
15 - SEVENTH HEAVEN
16 - Pretty girl
17 - STAY AWAY
18 - READY STEADY GO
19 - encore + mc YUKIHIRO
-------------
01 - NEO UNIVERSE
02 - HONEY
03 - Link
04 - mc HYDE
05 - Anata​


source : wikipedia & situs resmi laruku​


jika artikel ini menarik dan menambah wawasan, mohon klik bintang saya, supaya lebih semangat lagi bikin thread [<:)
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

wow aku sama sekali ga ngerti, meski gitu aku klik deh buat shisio...
yang pastinya artikel ni bisa nambah wawasan dalam bidang musik...
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

hiiiiiii panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaangggggggggggggg
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

makanya au butuh banyak waktu untuk mempersiapkannya, bukan cuma asal copi paste aja!!
bintangnya dong say ^^!
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

terima kasih.... silahkan dilihat!!!! kalo mau, kita bisa share juga disini
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

bintang? kok kebalik ya? mestinya kan aku yang dikasih ^^?
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

ya! untuk solo karir mereka. Hyde aja udah mulai duluan dengan VAMPS...
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

update : tanggal 25 November 2009, mereka merilis kembali "Hurry Xmas" karena tingginya permintaan untuk single tersebut dirilis kembali. Tidak ada yang berbeda, tapi yang berbeda hanya cover dan penambahan ornamen natal sebagai hadianya. Single ini dirilis dengan 2 varian, yaitu versi biasa dan versi khusus, dimana disertakan sebuah bonus berupa live video perferomance dalam Tour 2007-2008 Theater of Kiss.
 
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

L'arc~en~Ciel new single BLESS

[ame="http://www.youtube.com/watch?v=CxxN2OaQfHE"]YouTube - Broadcast Yourself.[/ame]

NHK Olimpic Broadcast Theme Song Vancouver 2010

Kyaa...
ga sabar nunggu single ma pvnya..
 
Last edited:
Bls: L'Arc~en~Ciel : The History of Honey

[ame="http://www.youtube.com/watch?v=TcmtikXpR_c"]YouTube- L'Arc~en~Ciel - BLESS[/ame]

Laruku - Bless Full PV

"BLESS"
L'Aec~en~Ciel
1.BLESS
2.BLESS -Concerto-
3.ROUTE 666 -2010-
4.BLESS(hydeless version)
5.ROUTE 666 -2010-(T.E.Z P'UNKless version)
 
Last edited:
Back
Top