What is Emo ??

theater

New member
EMO.gif




Emo... merupakan jenis musik yang masih serumpun dengan punk. Emo sendiri banyak yang menyebutkan berasal dari kata emotion, emotional, atau emotive. Budaya emo akhirnya terus berkembang antara dekade 90-an hingga 2000-an hingga mencapai popularitasnya saat ini.
Pertengahan 80-an, istilah emo menggambarkan sub genre hardcore punk yang berakar dari musik Washington DC.


Selain Paramore dan Story of The Year dengan cabikan gitarnya yang keren, band-band asing lainnya yang termasuk kategori beraliran emo yaitu Dashboard Confessional .. suka banget lagu band ini 'vindicated',Finch, The Used, Rufio, Thrice, Silverstein, Brand New, Early November, Good Charlotte, Funeral For A Friend, Matchbox Romance, All American Reject, Ataris, dll. Beberapa dari band tersebut ada yang tidak mau menyebutkan diri mereka sebagai band beraliran emo, mereka lebih suka menyebutkan mereka hanya memainkan musik punk rock dengan sedikit sentuhan hardcore seperti My Chemical Romance.

Emo identik dengan musik yang berlirik puitis, melankolis, berarti dalam, mengandung banyak kemarahan dan kesedihan tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri, ditinggal kekasih, hidup yang susah atau tentang keluarga yang broken home. Lirik-lirik tadi biasanya disuarakan dengan teriakan yang keras, yang menggambarkan kesedihan mereka.

Band-band emo banyak menggunakan suara-suara gitar yang kompleks dalam lagu mereka, namun tidak jarang yang hanya menggunakan gitar akustik saja. Dibanding musik punk, musik emo seringkali lebih soft dan lambat, atau musik emo mirip dengan musik pop-punk namun sedikit lebih rumit. Ciri khas dari aliran ini yaitu teriakan atau growl yang keras dari vokalisnya untuk lebih mendapatkan soul emotional dari lagu yang mereka bawakan.

Ada juga yang menyebutkan emo kepanjangan dari emocore. Tapi emocore sendiri sebenarnya bisa dikatakan aliran yang berbeda dengan emo. Emocore merupakan campuran antara emopunk dan hardcore. Mungkin bisa disebut juga musik hardcore dengan lirik yang emosional. Static Lullaby, Underoath, serta Saosin adalah sedikit dari banyak band yang beraliran emocore.

Dari segi musikalitas, sulit dibedakan antara musik emo dengan emocore. Bahkan jika didengar secara selintas, nyaris nggak ada beda. Jadi agak rancu juga menyebutkan perbedaan emo dengan emocore. Membedakan antara musik emo dengan punk rock juga cukup sulit, akibatnya orang seringkali menjadi bingung untuk membedakan antara emo, punk, dan hardcore. Hal ini dipersulit dengan kebiasaan beberapa band yang nggak hanya memainkan satu jenis musik saja, namun mereka sudah teranjur terikat dengan image suatu jenis musik yang biasa mereka mainkan. Maka bila band tersebut memainkan jenis musik yang berbeda maka tidak jarang orang menjadi bingung dan menganggap jenis musik yang mereka mainkan itu sama. Padahal, sah-sah saja kan bila satu band ingin berganti aliran.


Sumber
 
Last edited:
Bls: What is Emo ??

hoo keren..

kwak kwak, baru tahu aku klo Good Charlotte masuk aliran emo gitu..

keren...utang rep ya bang :D
 
Bls: What is Emo ??

gothic-5.jpg




emo1.jpg



Emo dan Gothic. sebenarnya sama sama dasarnya dari Musik Punk
Gothic lebih cenderung Hitam dan Gelap, dan Gothic lebih kalem biasanya..
dan lebih elegan dalam style.. gothic lebih bagus..
lebih banyak pernak -pernik, perhiasan.. apalgi klw cewe gothic.. yg cakep. :D
kalau dilihat dari perilaku.. aku juga bingung
soalnya aliran keduanya sama sama cenderung menonjolkan puitis, melankolis, berarti dalam, mengandung banyak kemarahan dan kesedihan tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri, ditinggal kekasih . Lirik-lirik tadi biasanya disuarakan dengan teriakan yang keras, yang menggambarkan kesedihan mereka.

Emo berstyle tidak seprti gothic, mereka cenderung bebas.. dengan warna rambut hitam polos.. Gothic selalu mencat rambut mereka dengan warna hitam yang lebih cerah. Gothic style.. terkesan romantis..
mengenai Pendapat Gothic yang terkesan buruk, kebencian, satanisme atau memuja setan atau roh roh menurut gue itu ga bner.. :D.. ada beberapa temen gue (cewe) yang gothic ... dan mereka ga gitu..

klw yang gue liat sih..
anak-anak gothic lebih suka ketenangan.. anti kekerasan.. dan asik..
mereka suka damai dan tenggang rasa .. :D
 
Last edited:
Bls: What is Emo ??

@theater..
emo juga biasa.ny ng.wrna rmbut mreka wrna-warni lo,kek pink,biru,ijo,dll..wrna rmbut mreka gg cuma hitam polos..
justru klo ghotic setau.ku wrna rmbut.ny biasa.ny item gelap..bukan hitam cerah!?
emo ma ghotic sama2 biasany ada darah sebagai simbol..
kadang emo ma ghotic menurutku mirip..
 
Bls: What is Emo ??

btul... tp ga smua anak2 emo rmbutnya warna warni.. :D
gue bndingin klw seandainya rmbut mereka sama2 hitam.
emo rambutnya punya ciri khas.. cewe r cowonya..
memang gothic sering berpakaian yang serba gelap...
ada pernak pernik klw dilihat kayak gypsy...
tp perhatiin dech klw ada acara gothic...terutama music nya.. ATTRIBUTE
terutama cewe gotic
mereka bner2 kliatan feminim, memakai rok, dan perhiasan ala gothic, rambut hitam mereka hitam keliatan cerah..
pakaian gothic ga selalu hitam dan gelap jg..
 
Last edited:
Back
Top