Mafia, Inc.

Status
Not open for further replies.

Dipi76

New member
Mafia berasal dari bahasa Sisilia kuno, Mafiusu, yang diduga mengambil kata Arab mahyusu yang artinya tempat perlindungan atau pertapaan. Setelah revolusi pada 1848, keadaan pulau Sisilia morat-marit sehingga mereka perlu membentuk ikatan suci yang melindungi mereka dari serangan bangsa lain dalam hal ini bangsa Spanyol. Nama mafia mulai terkenal setelah sebuah sandiwara dimainkan pada 1863 dengan judul I mafiusi di la Vicaria (Cantiknya rakyat Vicaria), yang menceritakan tentang kehidupan pada gang penjahat di penjara Palermo.

Sekalipun tidak jelas siapa yang mendirikannya, namun pendirian organisasi ini mula-mula berdasarkan ikatan persaudaraan diantara sesama warga keturunan pulau Sisilia. Dalam perjalanan sejarah, kelompok yang semula kecil menjadi besar dan membutuhkan dukungan keuangan yang lebih banyak sehingga misi pendirian organisasi mulai bergeser menjadi mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan tidak mengindahkan tata aturan masyarakat yang lain. Yang mengherankan para anggotanya merasa tidak melakukan tindakan kriminal sebab di mata mereka, apa yang dilakukannya adalah sekedar memberikan proteksi atau perlindungan terhadap kelompok lain yang mengalami tekanan atau pemerasan. Sehingga pelaku merasa bangga dan terhormat dapat “menolong” seseorang dari kesusahan. Sejak itulah kata Mafiusu berubah arti menjadi orang atau organisasi “terhormat.”

Nama lain dari Mafia adalah Cosa Nostra, anggotanya selalu menulis kata ini dengan penuh hormat yaitu ditulis dengan awal huruf besar. Pengertian Cosa Nostra sendiri adalah “our thing” atau sama-sama satu bangsa, satu pemikiran atau “orang kita.” Namun dalam buku terjemahan Mafia Manager oleh Bern Hidayat disebut bahwa terjemahan Cosa Nostra adalah “urusan kita.”

La Cosa Nostra adalah nama yang digunakan anggota Mafia di Amerika Serikat untuk merujuk kepada organisasi tersebut. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Salvatore Maranzano pada tahun 1931 ketika dia menamakan dirinya Capo di tutti capi, atau "bos segala bos" dari kejahatan terorganisir yang dilakukan orang Italia-Amerika, setelah kemenangannya ats kelompok geng yang tunduk kepada Joe Masseria dalam Perang Castellammarese.

Terjemahan tepat kata tersebut masih belum dapat dipastikan, namun kira-kira berarti Hal Kami atau Urusan Kami. Singkatan LCN kini digunakan pihak FBI untuk menggantikan kata "Mafia" dalam dokumen-dokumen resmi setelah diprotes kelompok Hak Sipil Italia-Amerika.

Ketika beberapa pentolan Mafia seperti Johnny “si rubah” Torrio berimigrasi ke lahan yang lebih menjanjikan yaitu Amerika sekitar 1930, maka dunia kejahatan Amerika mulai diwarnai darah yang dihasilkan oleh orang berdarah Italia. Apalagi Johnny merasa perlu membawa seorang tangan kanannya yang dikenal licin dan kejam terhadap musuh-musuhnya yang kelak akan merepotkan pemerintah Amerika, Al Capone.

Mafia berubah jadi organisasi criminal lantaran meluasnya kekuatan mereka. Ini berkat lobi yang sukses ke para birokrat di Sisilia, Italia, demi lancarnya kegiatan perdagangan narkoba organisasi ini. Meski organisasi ini sempet dilarang pada masa kekuasaan rezim fasis, kegiatan criminal mereka nggak lantas berhenti. Para gembong mafia yang di tahan tetap menjalankan roda bisnisnya dari balik terali penjara.

Kekuatan mafia lantas mencuat lagi seiring jatuhnya rezim fasis akibat kekalahan italia sebagai sekutu jerman pada perang dunia 2. Hanya saja kekuatannya terbagi- bagi dengan munculnya sejumlah klan nyaris di seluruh Italia. Yang pasti pamornya sebagai organisasi criminal tetap bertahan.

Sebagai organisasi Kriminal tentu aja tiap kelompok mafia yang di buru oleh pihak penegak hukum italia. Sejumlah gembong mafia top pun berhasil di bekuk sejak tahun 1950-an. Mereka antara lain Calogero Vizzini, Giuseppe Genco Russo, Tommaso Buscetta, Salvatore Riina. Yang terakhir berhasil di tangkap adalah Bernardo Provenzano pada 11 april 2006 lalu. Meski begitu organisasi ini nggak lantas mati. Masih ada pewaris- pewaris yang melanjutkan bisnis haramnya. Saat ini yang di curigai sebagai gembong mafia baru adalah Matteo Messina Denaro serta Salvatore Lo Piccolo.


-dipi-
 
Last edited:
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Penyaringan menjadi anggota Mafia.

Untuk menjadi anggota Mafia secara turun temurun dibutuhkan seseorang yang memang berdarah Sicilia. Bila syarat ini dipenuhi, maka ujian lainnya adalah apakah masih merupakan pimpinan kelompok gang tangguh diwilayah orang tersebut. Proses selanjutnya adalah melampirkan daftar referensi dari gembong Mafia yang menyatakan mereka mengenal calon anggota tersebut dan lampu hijau baginya untuk diterima.

Bila seseorang telah resmi diterima, maka para plonco ini akan berada dibawah pengawasan seorang mentor yang mereka sebut “capo”– pelajaran pertama tentunya selain taat pada perintah sang Capo, para plonco harus menjaga mulut rapat-rapat, namun membuka mata dan otak lebar-lebar. Kalau para Capo tertawa, maka anak didikannya harus tertawa. Kalau Capo membentak, maka diwajibkan bagi anak didiknya untuk terbungkuk-bungkuk seakan baru dilanda angin puting beliung. Tidak ada perintah yang bersifat kelewat bengis atau tidak manusiawi, semua harus diterima sebagai perintah yang masuk akal. Perintah Capo adalah perintah Dewa dalam arti tidak boleh ditolak, dan harus dikerjakan serta diselesaikan dengan sempurna, rapi dan jangan meninggalkan jejak.

Namun jangan coba menjilat mentor ini secara berlebihan sebab bukan tidak mungkin para penjilat diberi ciuman kematian oleh sang Capo. Bilamana Capo memberi tugas, maka anggota wajib melakukan dengan benar sehingga diperlukan seni bertanya kepada para Capo yang tentunya tidak mudah. Beberapa anggota baru sering mengalami kesulitan akan “seni bertanya” kepada mentor mereka, namun hal ini sangat penting dilakukan. Sebab apa jadinya kalau gara-gara tidak paham perintah, seseorang menyikat anggota mafia lain yang memang ditanam dalam organisasi lain, atau menaruh bom di tempat yang salah.

Resep lain jangan pernah bermain cinta dengan kenalannya, atau orang-orang yang berada di bawah perlindungan sang Capo. Jangan cepat tergoda jika gundik-gundiknya, sekretarisnya, isterinya, keponakan, anak, bahkan pembantunya sekalipun menggoda dengan lirikannya. Pendeknya apapun miliknya jangan sekali-sekali disentuh. Kalaupun kelak ada yang dijadikan menantu oleh sang Capo, tentu saja atas ijinnya, maka sebutlah ini sebagai “karunia Tuhan atas manusia pilihan.” Mereka menyebut larangan ini dengan “jangan ambil daging ditempat Capo mengambil roti.” Hukuman bagi pelanggar komitmen hanya satu yaitu mati.

Kalau ada yang memiliki bakat wartawan, para Capo akan tidak mengendurkan pengawasan terhadap mahluk aneh satu ini. Pasalnya mereka tidak suka pada kegiatan menulis termasuk menulis nama pelanggan, alamat-alamat, jumlah hutang, persetujuan rahasia. Dokumen ini nantinya akan menjadi kendaraan yang cepat menjebloskan penulisnya kedalam penjara.


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Sejarah Mafia di Amerika

Saat organisasi mafia di Italia dilarang oleh rezim fasis, sejumlah pemimpinnya lari keluar negeri buat menghindar dari hukuman. Negara yang jadi tujuan utama mereka adalah Amerika. Selain menghindar dari tangkapan rezim fasis, mereka berniat melanjutkan bisnis pula. Makanya kemudian muncullah klan- klan mafia di amerika.

Mafia amerika pertama muncul di kota New York. Waktu itu nama yang di pakai adalah The Black Hand. Mereka mengintimidasi para imigran asal Italia dan Negara lain untuk membayar perlindungan. Kelompok ini kemudian berkembang pesat dan mulai menguasai jaringan dunia hitam. Akhirnya pada satu masa jumlah kelompok mafia di amerika secara total mencapai 26 klan mafia.

Banyaknya jumlah klan mafia ini pun memicu pertempuran sengit antar mereka. Pembantaian demi pembantaian para anggota klan mafia oleh anggota klan mafia lainnya pun jadi pemandangan biasa di jalanan kota- kota amerika. Hingga akhirnya ada 5 klan mafia besar berkuasa yang berpusat di kota New York. Mereka adalah klan Bonnano, Colombo, Gambino, Genovese, dan Lucchese. Klan ini jadi besar lantaran kerja sama dengan gembong mafia legendaris yaitu Al Capone dan Joe Porello. Hingga saat ini mafia amerika masih tetap eksis.

Anggota Mafia disebut "mafioso", yang berarti "pria terhormat".

Mafioso Amerika yang Terkenal

  • Al Capone.

    Alphonse Gabriel Capone (lahir 17 Januari 1899 – meninggal 25 Januari 1947 pada umur 48 tahun), secara populer dikenal sebagai Al Capone atau Scarface, adalah seorang Gangster Amerika Serikat yang memimpin sindikat kriminal memiliki dedikasi terhadap penyeludupan dan menjual secara gelap minuman keras dan aktivitas ilegal lainnya selama Era Pelarangan minuman keras tahun 1920-an dan 1930-an.

    Al Capone Sendiri lahir pada tanggal 17 Januari dengan nama asli Alphonse Gabriel Capone, yang merupakan anak keempat dari pasangan Gabriele dan Teresina Capone, imigran asal Italia Selatan yang berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1893. Di Amerika keluarga Capone pertama tinggal di 95 Navy Street. Saat Al berusia 11 tahun, keluarga Capone pindah ke 21 Garfield Place di Park Slope, Brooklyn.

    Al Capone putus dari sekolah umum di Brooklyn, ia kemudian bekerja serabutan di Brooklyn termasuk di sebuah toko permen dan bowling. Selama masa itu Al Capone dipengaruhi oleh Giovanni Torrio Alias John "Papa Johnny" Torrio atau disebut juga “The Fox” yang kelak menjadi mentornya. Setelah pekejaannya sebagai pencuri kelas teri, Al Capone bergabung dengan komplotan yang terkenal buruknya yaitu Five Points Gang. kemudian dia dipekerjakan sebagai tukang pukul di Coney Island Dance Hall and Saloon oleh Frankie Yale Si Tukang Palak. Disinilah Al Capone menerima bekas luka yang membuat ia mendapat panggilan "Scarface".

    Pada 30 Desember 1918, Al Capone menikah dengan Mae Josephine Coughlin seorang perempuan Irlandia dan dikaruniai seorang anak yang diberi nama Albert Francis "Sonny" Capone. Kemudian sekitar tahun 1921, Al Capone dan keluarga kecilnya memutuskan pindah ke Chicago dan menempati rumah di 7244 South Prairi Ave, selatan kota Chicago. Capone datang atas undangan Torrio yang sedang mencari peluang usaha berdagang barang2 gelap. Masa itu Torrio memperoleh kekayaan dari hasil kejahatan James "Big Jim" Colosimo yang terbunuh (dugaan dibunuh oleh Frankie Yale, walaupun tuduhan itu tidak terbukti karena kekurangan bukti) setelah menolak memasuki bidang bisnis baru dan Al Capone pada masa itu juga telah didakwa melakukan pembunuhan.

    Setelah pemilihan walikota 1923, walikota Chicago Terpilih William Emmet Dever melakukan reformasi, pemerintah kota Chicago mulai menaruh tekanan terhadap gangster dan penjahat di kota Chicago. Hal ini membuat para gangster dan penjahat gerah. Untuk menaruh markas besarnya di luar jangkauan hukum kota Chicago, organisasi Capone (Chicago Outfit) masuk dengan cara kekerasan ke kota Cicero, Illinois. Mereka bertarung dengan penjahat Cicero, Myles O'Donnell dan William "Klondike" O'Donnell untuk memperbutkan kekuasaan di Pusat Kota Cicero. Kemenangan ada ditangan Capone, dan itu merupakan kemenangan Capone yang paling luar biasa; pengambil alihan pemerintah kota Cicero pada 1924. Perang tersebut mengakibatkan lebih dari 200 orang tewas.

    Capone (lewat pengikutnya Murray The Hump), mendalangi pembunuhan yang paling terkenal dalam dunia gang abad 19, Saint Valentine's Day Massacre 1929. Di chicago, pada 14 Februari 1929, terjadi peristiwa penembakan tujuh anggota gangster Mafia Bugs Moran secara kejam. Meskipun rincian dari pembunuhan disebutkan hanya tujuh korban yang dtemukan disebuah garasi 2212 North Clark Street tapi diperkirakan sesunguhnya korban tewas lebih dari itu. Dari kejadian itu langsung dihubungkan dengan Capone dan para pengikutnya terutama Murray The Hump dan Jack "Machine Gun" McGurn tapi tidak seorang pun pernah didakwa atas peristiwa tersebut.

    Akhir dari sepak terjang Al Capone sendiri bukan karena pembunuhan, penganiayaan, perampokan, pencurian ataupun penyuapan, namun karena kasus penyelundupan. Al Capone ditangkap saat menyelundupkan minuman keras oleh agen FBI yang bernama Eliot Ness, yang sudah mengincar Al Capone sejak lama. Kasus itulah yang akhirnya menjadi pintu bagi para penegak hukum di AS untuk mengadilinya secara berlapis di meja hijau.

    Al Capone akhirnya meninggal pada 25 Januari 1947 karena sakit setelah melewati hari-harinya selama 11 tahun di penjara dan di rumah sakit.
Pembantaian hari valentine adalah pembantaian paling keji di dunia gangster tepat hari valentine, di chicago tahun 1929, saat itu di chicago ada dua gang yg bermusuhan antara gang westside (gangster italia) yg dipimpin Al Capone dengan gang northside (gangster irlandia) yang dipimpin Bugsy Moran, permusuhan mereka sudah 5 tahun lamanya, setiap gang selalu bentrok, mencaplok daerah kekuasaan, dan saling bunuh membunuh. Akhirnya timbul rencana Al Capone untuk "membunuh lalat dalam sekali tepuk" yaitu saat hari valentine, 14 februari 1929, Target utama,siapa lagi kalo bukan pemimpin gangster irlandia Bugsy Moran.

Valentines_Day.JPG

Pada suatu malam valentine, ada seorang yg menawarkan miras curian dengan harga murah, tentu saja itu hanya umpan, para gangster lalu tertarik dan pergi ke gudang miras, saat orang yg diduga Bugsy Moran datang ke gudang itu, lalu datang kelompok berpakaian polisi, mereka mengrebek sebuah gudang miras ilegal tersebut, mereka melucuti senjata para gangster tersebut agar tidak terjadi perlawanan. Para gangster tersebut dengan tenang melakukannya, karena menurut mereka ada kesalahpahaman mengingat polisi chicago sudah disuap, namun ternyata polisi itu adalah pasukan pembunuh, mereka menembak 6 gangster tersebut hingga tewas dan seekor anjing, namun mereka salah orang, yang diduga Bugsy Moran rupanya anak buahnya bugsy moran yg mirip dgn bossnya, sehingga target utama mereka berhasil lolos dari upaya pembunuhan tersebut.

534010751_b21216db61_o.jpg

Jack Mcgurn

Al Capone lolos dari jerat hukum, namun berbeda nasibnya dengan Jack Mcgurn anak emas Al Capone dan salah satu aktor tragedi tersebut, akhirnya tepat di hari valentine saat bermain bowling, dia ditembak pasukan pembunuh Bugsy Moran setelah mendapat kartu ucapan perayaan valentine yg berisi cacian.

Bersambung


-dipi-
 
Last edited:
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

  • Antonino Accardo

    Accardophoto01.jpg

    Antonino Accardo lahir di Chicago pada 28 April 1906. Dia tumbuh di lingkungan orang-orang Sicilia di daerah Northwest Side di Chicago. Sebagai remaja, Accardo memulai kehidupan kriminalnya sebagai pencopet, dan kemudian berkembang sebagai pencuri mobil. Dia tertangkap beberapa kali, tapi tidak pernah dipenjara.

    Selama masa hukuman percobaan Accardo mulai sering nongkrong di Circus Cafe di daerah North Avenue, yg dimiliki oleh seorang gangster yg bernama John Moore, alias Claude Maddox, yg mempunyai koneksi dengan organisasi penyelundup yg dipimpin John Torrio. Accardo lalu mulai bekerja untuk geng milik Torrio, menjadi seorang ‘pelaksana’/algojo. Sewaktu bekerja sebagai seorang algojo dia mendapat julukan: “Joe Batters” (Joe si Pemukul), karena dia memukul orang yg tidak mau membayar utangnya tepat di kepala dengan menggunakan alat pemukul baseball. Talentanya tidaklah diabaikan oleh bos organisasi kejahatan paling terkenal di Chicago, John Torrio.

    Pada usia 20 tahun, dia menjadi anggota di geng yg dipimpin oleh Al Capone. Di geng Chicago, sang bos akan menjelaskan peraturan anggota (tetap setia, jangan berkhianat) dan kemudian diakhiri dengan jabatan tangan. Tidak ada upacara semacam menusuk jari tangan untuk meneteskan darah atau membakar kartu orang-orang suci. Kurangnya upacara semacam itu tidaklah membuat Accardo kurang memiliki loyalitas. Saat musuh-musuh menembakkan senjatanya ke arah Al Capone, Accardo-lah yg menjadikan dirinya sebagai tameng hidup. Accardo kemudian di-promosikan menjadi supir pribadi dan sekaligus bodyguard. Pada tahun 1930-an, Accardo telah menjadi seorang “capo” (kira2 artinya: anggota senior) di geng Chicago Outfit yg dipimpin Al Capone, membawahi operasional perjudian.

    Di bawah kendali Accardo, The Outfit meluaskan ekspansi bisnis Las Vegas-nya. Pada 1950-an, Accardo dan The Outfit meng-investasikan jutaan dolar dalam bisnis kasino Las Vegas, di antaranya kasino The Riviera, The Stardust dan The Tropicana. Pada saat inilah Accardo mulai memanfaatkan bawahannya Salvatore “Mooney” Giancana sebagai bos garis depan. Kekuasaan yg asli, bagaimanapun, tetap berada di tangan Accardo (dan Paul “The Waiter” Ricca). Karena Giancana-lah The Outfit membuat perjanjian dengan Joseph Kennedy: The Outfit akan menyuplai suara bagi kandidat presiden John F. Kennedy, sebagai balasannya, Kennedy akan menjadi ‘backing’ bagi The Outfit, terutama untuk kepentingan bisnis Las Vegas-nya. Giancana melihat hal tersebut bagaikan gunung emas, begitu juga Accardo. The Outfit lalu memulai hubungannya dengan Gedung Putih.

    Namun, ‘mood’ mereka berubah saat John F. Kennedy menunjuk saudaranya, Robert, untuk memburu dan menjerat hukum geng tersebut. Pada 1965, Giancana dijebloskan ke penjara atas tuduhan pencemaran nama baik, pada 1966 dia keluar dari penjara, dan kemudian dipanggil oleh Accardo dan Ricca. Pada pertemuan tersebut Giancana dicopot jabatannya sebagai bos dan diperintahkan untuk meninggalkan Negara. Dia melakukannya, tapi masih merasa terikat dengan kasino-kasino yg pernah dia kelola, yg memberikannya kekayaan jutaan dolar. Accardo meminta bagian dari kekayaan tersebut, namun Giancana menolaknya. Pada 18 Juni 1975 Giancana ditembaknya mati di ruangan bawah tanahnya.

    Pada saat-saat inilah Joseph Aiuppa menjadi bos The Outfit yg baru, sedangkan Accardo sudah setengah pensiun. Setengah pensiun, namun masih menjadi orang yg ditakuti. Pada bulan Januari 1978 rumah Accardo mengalami pencurian. Accardo memerintahkan Aiuppa untuk memanggil Anthony Spilotro. Saat perintah Accardo untuk memburu orang-orang yg bertanggung jawab terhadap pencurian tersebut keluar, terjadi eksodus besar-besaran dari daerah Illinois para pencuri dan perampok. Orang-orang yg diburu tersebut akhirnya ditemukan.

    Semuanya dibunuh, dan saat-saat terakhir hidup mereka sangatlah menderita. Satu orang dikebiri dan wajahnya dibakar dengan menggunakan api gas karbit. Pesannya jelas: Jangan macam-macam dengan Tony Accardo. Dan tidak ada yg berani. Pada 27 Mei 1992, Antonino “Joe Batters” Accardo meninggal karena gagal jantung di Rumah Sakit St. Mary of Nazareth di Chicago. Usianya 86 tahun. Sepanjang masa hidupnya, dia tidak pernah menghabiskan satu malam pun di penjara (padahal kejahatannya tiada tara banyaknya), kekuatan-kekuatan hukum telah mencobanya, dan GAGAL.

    THE CHICAGO OUTFIT

    Estimasi Jumlah Anggota: antara 50-90 orang anggota.

    Boss yg pertama: James "Big Jim" Colosimo

    Kegiatan utama: perjudian, pemerasan, dan loan sharking (artinya kira2: penggelapan pinjaman dari Bank)

    Boss: The Chicago Outfit sangatlah merahasiakan mengenai boss-boss-nya. Selama decade terakhir, beberapa nama mengemuka: Joseph Lombardo, James Marcello, John DiFronzo. Dari ketiga orang ini hanya DiFronzo yg hidup bebas. Dua yg lainnya dituduh bersalah. Apakah DiFronzo betulan boss yg baru sangatlah terbuka untuk didiskusikan. Berdasarkan sebuah artikel di The Chicago Sun Times, seorang 84 tahun Alphonse Tornabene juga merupakan pemimpin penting The Outfit. Dia diduga berperan sebagai Consigliere (bhs Italia: Penasihat). Tornabene pernah terlihat melakukan pertemuan dengan gangster Anthony Zizzo, yg hilang pada 2006.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

aku pernah baca tentang gangster dan gangster yterkejam adalah the assasins...
The assasin pimpinan Hasan bin Sabah, yang berpusat di Syiria pada abad pertengahan? atau merujuk kepada gangster lainnya kah?


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

the assasin (mesin pembunuh)

Tempat : Syria.
Masa : Pertengahan abad 12 sampai pertengahan abad 16.
Pemimpin: Hasan Bin Sabah (master budaya dan penyair yang menguasai sains modern)
Siapa : Kelompok peghisap ganja yang memiliki misi kekuasaan atas masyarakat muslim sedunia. Pembantai sesama umat dengan dalih jihad yang mengadopsi akidah Syiah tentang Imam Mahdi.

Cara : Serangan gerilya secara keji, merekrut dan menculik pemuda2 ‘berotak baru’ dengan segala kenikmatan bius mereka rasakan berbarengan dengan doktrin-doktrin sebelum akhirnya dilepas kembali ke tengah masyarakat. Di benteng assassins, lembah Alamut yang menjadi legenda Persia yg terkenal dgn sebutan “surga dunia” (Marco polo pernah menulis puisinya usai perjalanan melintasi benteng tersebut), mereka di cuci otak dengan segala tipu daya hingga akal sehat mereka menjadi hilang. bagi mereka sosok Hasan bin Sabah adalah segalanya. Motto mereka kemudian: Tak ada larangan, semua halal. Kemabukan mereka akan terbiasa dengan kemewahan itu lah yg selalu membawa mereka kembali ke taman surgawi Hasan bin Sabah, dan mereka menghalalkan segala cara dan rela meski nyawa sebagai taruhan.
Art of imposture (seni menipu) adalah cara lanjutannya. Kata sandi the assassins adalah “dari surga”. Setiap ada “surat perintah jalan” untuk misi, eksekutor assassins akan mendapat pertanyaan : “dari mana asalmu?” sang eksekutorpun menjawab: “dari surga.” Setelah dipastikan, instruksi dimandatkan, “bunuhlah fulan/fulanah. Setelah berhasil, kau akan kembali menghuni surga. jemputlah kematian! karna para malaikat tak sabar mengangkatmu ke surga!”.

Berakhir : Hasan bin sabah terbunuh ditangan anaknya sendiri , Muhammad (bukan yg rasul), kelompok Assassins mengalami kemunduran. tahun 1256, Muhammad juga dibunuh anaknya sendiri. markas besar assassins, benteng alamut, jatuh ke tangan penjajah Mongol yang menandai akhir riwayat assassins. pada awal abad 16, pemerintah Ottoman yang berkuasa menghancurkan pertahanan assassins terakhir di Syria. Tamatlah kekuatan militer Assassins yang tak terkalahkan pada masanya.
Kemudian, dinasti pemimpin Nizariyah Ismailiyah memoderenisasi organisasinya. Agha Khan adalah tokoh utamanya, dan merubah total organisasi tsb dgn mensyaratkan toleransi kepada sesama umat manusia sebagai lanskap kegiatannya dan melaksanakan perintah al-quran.
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Lanjut ya...

  • Albert Anselmi dan John Scalise

    Albert_Anselmi.jpg

    Albert Anselmi

    Albert Anselmi dan John Scalise melarikan diri ke Chicago dari kampung halaman mereka di Marsala saat mereka terkena tuduhan melakukan pembunuhan. Di Chicago mereka bergabung dengan Genna Gang di distrik Little Italy. Kedua algojo tukang tembak tersebut berkoar bahwa mereka datang ke Amerika untuk meraup uang masing-masing $1,000,000 dan akan pulang ke kampung halaman mereka sebagai orang kaya, kemudian mereka akan menyogok para hakim agar mereka dapat lolos dari tuduhan pembunuhan yg ditujukan pada mereka. Genna Gang membayar mereka dengan baik untuk aksi-aksi pembunuhan yang mereka lakukan. Aksi-aksi mereka lalu menjadi bahan pembicaraan di kalangan dunia bawah tanah. Sebuah cerita mengatakan bahwa salah seorang korban mereka meminta pengampunan dengan mengangkat kedua tangannya dalam posisi seperti orang berdoa, namun Anselmi dan Scalise menembak kedua tangannya itu sebelum menembak kepalanya.

    Anselmi dan Scalise meng-impor banyak tekhnik membunuh mereka dari Italia. Salah satunya adalah dengan mengoleskan bawang putih ke permukaan peluru sebelum mereka menggunakannya. Teorinya adalah, jika peluru tersebut tidak dapat membunuh si korban, maka luka yang terinfeksi bawang putih tersebut akan membunuhnya. Mereka juga memperkenalkan tekhnik “jabatan tangan” yang telah sukses membunuh boss mafia keturunan Irlandia, Dion O’Banion. Anselmi yang tenaganya lebih kuat akan menawarkan jabatan tangan persahabatan dan akan menahan tangan si korban bagaikan cengkraman baja agar si korban tidak sempat meraih senjatanya. Kemudian Scalise akan menembak si korban di wajahnya. Namun, tidaklah biasa bagi mereka berdua mengeksekusi korban di tengah keramaian tanpa mempedulikan orang-orang sekitar yang tidak bersalah.

    John_Scalise.jpg

    John Scalise

    Anselmi dan Scalise akhirnya membelot dari Genna Gang saat mereka mendapat perintah untuk membunuh Al Capone. Mereka menyadari bahwa meskipun mereka berhasil membunuh Al Capone, anak buah Capone pasti akan mengejar-ngejar mereka untuk melakukan pembalasan. Jadi mereka pergi ke geng Capone untuk menawarkan jasa mereka kepadanya, bekerja kepada geng Capone (The Chicago Outfit). Capone menerima mereka tanpa sepengetahuan Genna Gang. Mereka berdualah yang kemudian bertanggung jawab atas jebakan yang membuat bersaudara Genna saling membunuh satu sama lain.

    Kemudian di tahun 1920-an, sebuah perjanjian damai hampir tercapai dengan geng O’Banion yang kepemimpinannya telah dipegang Hymie Weiss. Namun kesepakatan akhirnya berantakan saat Weiss meminta Capone bertanggung jawab atas perbuatan anggotanya (Anselmi dan Scalise) yang telah membunuh pemimpin terdahulu mereka, Dion O’Banion. Capone, yang selalu jujur dan setia kepada anggotanya, menolak menyerahkan Anselmi dan Scalise dengan berkata: “Saya tidak akan melakukannya untuk anjing kuning seperti kalian!” ("I wouldn't do that to a yellow dog!").

    Pasangan pembunuh tersebut akhirnya terbunuh di tangan Capone sendiri. Capone melakukannya karena dia telah memperoleh bukti kuat bahwa Anselmi dan Scalise bersama Joe Giunta akan melakukan konspirasi dengan boss mafia lainnya Joe Aiello, untuk membunuh Al Capone dan mengambil alih kekuasaan The Chicago Outfit. Capone sebenarnya telah mendengar desas-desus tersebut, namun dia kaget saat mengetahui bahwa kedua pembunuh andalannya ikut terlibat dengan konspirasi tersebut. Apalagi dia telah melindungi keduanya saat Weiss meminta pertanggung jawaban atas pembunuhan O’Banion.

    Frankie Rio, andalan lain dari geng Capone, menawarkan sebuah rencana kepada Capone untuk membuktikan konspirasi tersebut. Rio dan Capone akan pura-pura bertengkar hebat di depan para saksi. Rio bahkan memukul wajah Capone. Esoknya, Scalise dan Anselmi mendekati Rio dan menawarkannya untuk bergabung bersama mereka dalam rencana membunuh Capone. Rio menghabiskan beberapa hari bersama Anselmi dan Scalise dan saat dia telah mendapatkan semua detail rencananya, dia kembali untuk melapor kepada Capone. Pada 7 Mei 1929, Capone mengadakan sebuah makan malam bersama Scalise, Anselmi dan Guinta. Selama makan malam tersebut, Capone menuduh para tamu makan malamnya bahwa mereka telah membuat sebuah rencana untuk membunuh dirinya. Tanpa banyak basa-basi lagi, Capone menembak kepala Scalise dan Guinta. Saat Capone tiba pada giliran Anselmi, Anselmi memohon ampun kepada Capone dan berkata bahwa semuanya itu rencana Scalise dan Guinta, dan dia tidak tahu apa-apa. Capone memotong kata-katanya dengan sebuah tembakan. Capone telah membunuh mereka bertiga untuk alasan yang tepat.


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Kode Etik Omerta

Dalam organisasi mafia, ada kode etik yang menjadi sumpah mati seluruh capo di capi (kawan dari kawan-kawan). Omerta (tutup mulut), ialah ikrar untuk tidak memberikan informasi apa pun ke pihak lain, apalagi polisi. Seorang mafioso akan mati bila melanggar omerta. Dimutilasi, atau dicor semen beton hidup-hidup lalu dicemplungkan ke laut Karena omerta, kerahasiaan mafia sangat terjaga. Oleh karena itu pula, polisi kesulitan membongkar rahasia kejahatan organisasi ini.Karena sulitnya menembus omerta, aparat penegak hukum Amerika Serikat, FBI, sampai menugaskan agennya, Josep Pistone menyamar sebagai Donnie Brasco untuk masuk ke lingkaran dalam mafia New York terbengis, keluarga Bonanno. Petualangan berbahaya Pistone, memang berakhir brilian. Semua rahasia keluarga Bonanno terbongkar.

Yang luar biasa, bos besarnya, Joseph "Big Joey" Massino, malah melanggar omerta, membuka semua kedok jaringannya di depan Pengadilan Feredal Amerika. Musuh nomor satu itu menjadi pahlawan bagi polisi Amerika. Kendati begitu, Massino yang dijuluki "The Last Don" (gembong terakhir) tetap dijatuhi hukuman atas aksi kejahatan sebagai godfather keluarga Bonanno. Dalam pemberantasan mafia, whistleblower satu-satunya harapan. Itu karena whistleblower biasanya orang dalam yang tahu persis kejahatan dan seluk-beluk jejaring organisasi itu.


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Pasang Surut Organisasi

Kiamat sedang mengancam La Cosa Nostra -- alias "mafia" yang terkenal itu. Ketika Paul Castellano, gembong mafia AS, ditembak mati di 46th Street, New York, tahun 1985 lalu, pasang surut tampaknya mulai melanda sindikat bandit yang paling ditakuti di seantero AS itu. Castellano, 70, dibunuh menurut "efisiensi" mafia yang paling khas. Setelah kejutan singkat, reaksi masyarakat kemudian bangkit di luar dugaan. Orang mulai secara terbuka mengejek para pemeras, para tokoh bisnis palsu, dan para centeng yang selama ini merupakan pilar-pilar serikat gelap. "Inilah pertanda betapa merosotnya sudah sindikat kejahatan yang paling ditakuti di sepanjang sejarah," kata Fred Wehner, yang menulis serangkaian laporan untuk surat kabar South China Morning Post. Beberapa tahun yang silam, rakyat Amerika bahkan tidak mempunyai keberanian hanya untuk mengucapkan kata "mafia". Kini, mereka mengolok-olok istilah itu. Sejak pergantian abad yang lalu, dua patah kata bersayap cukup untuk menjamin perlindungan, atau mengharapkan sebuah pembunuhan, penyiksaan, pemerasan, dan tindakan balas dendam lain dari sindikat ini. Kata bersayap itu ialah: "koneksi saya." Dengan dua kata ini, terbayanglah sudah pertalian seseorang dengan mafia, lengkap dengan seluruh jaringan, dan mesin perangnya di latar belakang.

Namun, keadaan akhirnya berubah. Ke atas panggung permainan muncul generasi penumpas bandit tipe baru: para birokrat yang berdarah dan berkepala dingin. Dan hasilnya sungguh menakjubkan. Castellano, yang pernah memegang jabatan Capo Di Tutti Capi dan sekaligus menjadi Godfather para "mafiosi" di seluruh penjuru AS, kebetulan, pula sedang terancam akan dipensiunkan oleh para anak buahnya. Kebetulan, tokoh yang berbicara lembut ini sedang bersiap untuk diadili dalam sebuah perkara jaringan pencurian mobil yang sangat piawai dan bertaraf internasional. Ia dituduh sebagai otak jaringan itu. Dan beberapa perkara lain, termasuk pembunuhan, sudah menunggunya pula. Bersama dia, akan duduk pula di kursi terdakwa empat "kepala keluarga" mafia New York. Para kakap ini bisa diseret ke pengadilan berkat satuan super-efisien yang terdiri dari penumpas kejahatan jenis baru yang sedang berkembang di AS. Terutama setelah kematian bekas Direktur Biro Pengusut Federal (FBI), J. Edgar Hoover.

Sejak 1981, sejumlah pemuka mafia dari 17 kota besar di AS dapat didudukkan di kursi terdakwa -- beberapa bahkan sudah dijatuhi hukuman. Di belakang semua hasil besar ini berdiri Rudolph Giuliani, pria muda dengan wajah pucat dan perawakan kurus tetapi alot. Dalam kepala Giuliani terpendam sebuah cita-cita: membersihkan nama orang orang Italia-Amerika, dan menjadikan benua itu sebuah tempat yang menyenangkan untuk didiami. Sebagai Jaksa Federal, ia nekat tampil di televisi New York untuk menantang para gangster mafia, dan mengatakan kepada mereka bahwa "permainan sudah selesai". Padahal, selama puluhan tahun, para penegak hukum hanya mengikuti jalan pikiran masyarakat: biarkan para penjahat itu saling membunuh, kita tak perlu ambil peduli. Kini keadaan berubah.

Para polisi lokal dan anggota FBI sudah berani mengusut pembunuhan anggota mafia sama gencarnya dengan mengusut pembunuhan biasa. "Tekanan terhadap para bandit mafia itu makin kentara, dan tidak jarang di antara mereka kemudian ada yang bersedia membuka mulut," ujar Ronald Goldstock, direktur Satgas Anti kejahatan Terorganisasi, salah seorang tokoh di antara barisan penumpas kejahatan tipe baru. "Untuk waktu yang cukup lama, orang-orang itu seperti dibiarkan," kata Goldstock. "Sekarang, Sudah tiba saatnya untuk menumpas mereka."

Selama tahun-tahun terakhir ini, dinas-dinas penegak hukum AS menghabiskan sekitar HK$ 1,1 milyar (Rp 160 milyar) setiap tahun untuk melawan sindikat kejahatan. Giuliani lalu muncul dengan gagasan orisinil: membiayai perang terhadap kejahatan itu dengan dana yang digali dari harta mafia yang bisa disita. Senjata makan tuan, memang. Menurut taksiran kasar, di seluruh AS terdapat sekitar 20 ribu pendukung mafia -- sepuluh persen di antaranya anggota aktif. Sejak 20 tahun lalu, sudah diletakkan dasar hukum yang bisa digunakan oleh para penegak keadilan untuk melawan serikat bandit ini. Tapi tak satu perubahan besar pun yang terjadi.

Pada pertengahan 1960-an, berbagai komite Kongres dan kepresidenan dibentuk untuk mengetahui mengapa langkah-langkah Jaksa Agung Robert Kennedy untuk menumpas kejahatan terorganisasi akhirnya melempem begitu saja. Tak ada kesimpulan pasti. Kemudian, pada 1968, FBI diizinkan menggunakan perangkat elektrik dalam sistem pengawasannya. Selang dua tahun, Kongres mengesahkan sebuah peraturan: bahwa menjadi anggota mafia itu sudah merupakan kejahatan. Tetapi, mafia memang sudah berkembang menjadi serikat rahasia dengan jaringan yang meruyak ke seluruh lapisan masyarakat. Menurut desas-desus yang tidak pernah bisa dibuktikan -- Direktur FBI J. Edgar Hoover mempunyai kontak bawah tanah khusus dengan asosiasi penjahat itu.

Orang lalu mengingat Hoover sebagai tokoh yang selalu menolak untuk mengakui eksistensi sindikat kejahatan Amerika yang terorganisasi. Padahal, bukti-bukti semakin banyak. Walaupun kapasitasnya memungkinkan, barulah pada 1972 FBI mengubah fokus kegiatannya dari menguber bandit-bandit kampungan menjadi berburu para organisator kejahatan canggih. Pada awal tahun 80-an yang lalu, "perang" itu dimulai secara serius.

FBI menyusun strategi yang membuat lembaga ini mampu menyerang kekaisaran mafia terkemuka di segenap penjuru Kota New York -- "keluarga" demi "keluarga". Ketika perang suci ini mulai berkobar itulah, Rudolph Giuliani ditunjuk sebagai Jaksa Federal. "Sistem ini sebetulnya sangat sederhana," tutur Thomas Sheer, agen khusus pada divisi kriminal FBI. "Tahun lalu, kami menyebarkan 175 agen untuk mengusut dan menembus lima 'keluarga' New York. Sementara itu, polisi New York memperbantukan 25 detektif. Kami juga secara luas menggunakan perkakas elektrik, penyadap telepon, dan informan. Lebih dari sekadar mengusut berbagai kejahatan yang terpisah, kami membentuk satuan-satuan khusus yang dipusatkan menangani kelima 'keluarga' tadi."


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Beberapa metode yang digunakan FBI mengingatkan kita pada film-film action buatan Hollywood. Misalnya kisah Joseph Pistone, agen berusia 43 tahun. Selama tidak kurang dari enam tahun, Pistone harus meninggalkan anak-istrinya, menyusup menjadi anggota "keluarga" Mafia Bonanno. Berdasarkan rencana yang diatur secara saksama, ia menggunakan sebuah nama kriminal fiktif, "Donnie Brasco". Tokoh "bayangan" ini digambarkan sebagai pencuri permata, pembongkar, dan penjahat pesanan. Semua perlengkapan identifikasi yang diperlukan untuk mendukung peran ini disiapkan dengan cermat oleh FBI. Pistone memainkan rolnya demikian meyakinkan, hingga dia menjadi kawan terpercaya Dominick "Sonny Black" Napolitano, capo "keluarga Bonanno.

donnie-brasco.jpg

Joseph Pistone

Bahkan, kepada Pistone "Sonny Black" mengaku bahwa ia sedang "membina tiga anak buah", dan Pistone akan dijadikan "anak buah keempat". Artinya, agen FBI itu akan diangkat sebagai anggota aktif. "Pelantikan"-nya memang ditunda. Tetapi, bukan karena mereka mencurigai dia, melainkan justru karena keempat klik di dalam "keluarga" Bonanno saling memperebutkan Pistone, yang dinilai layak diproyeksikan sebagai tokoh penerus. Tiga capo yang paling mengagumi Pistone ialah Benjamin "Lefty Guns" Ruggiero, Antonio "Boots" Tomasulo, dan Napolitano sendiri.

Ketiga tokoh ini terkejut setengah mati ketika mereka tiba-tiba dipanggil ke pengadilan dengan tuduhan pemerasan. Mereka makin terperanjat ketika "saksi bintang" ditampilkan: orang yang selama ini mereka kenal sebagai Donnie Brasco! Agen lain yang bekerja bersama Pistone ialah Edgar Robb, yang menyamar dengan nama "Tony Rossi". Ia membuka sebuah klub di Florida, dan atas rekomendasi "Donnie Brasco", klub ini kemudian menjadi langganan para gangster Bonanno. Salah satu persekongkolan yang melibatkan Robb ialah rencana mencuri permata milik Syah Iran, ketika bekas Raja-Diraja itu mengungsi ke AS, 1979. Rencana ini kemudian dibongkar Robb, dan Washington segera memperingatkan Syah, sehingga pencurian itu tidak pernah terjadi.

Contoh-contoh di atas barulah dua di antara sekian keberhasilan FBI menyelundupkan agen-agennya ke sarang mafia. Penggunaan perangkat penyadap elektrik membuka dimensi baru di bidang pemberantasan terhadap sejumlah serikat gelap. FBI kemudian mentranskripsikan pita-pita rekaman itu, dan memetik hasil yang luar biasa. Tidak jarang, isi percakapan adalah fitnah-memfitnah di antara sesama anggota mafia. Strategi inilah, antara lain, yang banyak membantu dalam menyeret sejumlah tokoh mafia ke pengadilan -- atau lebih jauh lagi: ke penjara.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Bos "keluarga" Genovese, Frank "Funzi" Tieri, merupakan bandit pertama yang dihukum karena pemerasan. Ia sedang berusaha mengelakkan hukuman sepuluh tahun penjara yang dijatuhkan mahkamah pada 1981, ketika ia tiba-tiba mati. Sebaliknya dengan Carmine "Lilo" Galante, yang pernah dijuluki "Bos dari sekalian Bos". Tokoh berusia pendek ini disikat habis oleh seseorang, segera setelah ia keluar dari penjara. Selama tahun 1984, Joseph "Joe Bananas" Bonanno, 80, meringkuk di penjara Terminal Island, Los Angeles, karena terlibat dalam sebuah persekongkolan. Philip "Rusty" Rastelli, 68, "letnan" yang mengambil alih "bisnis" Bonanno setelah Galante terbunuh, dibuat tidak berdaya setelah keluar dari penjara, pada tahun 1980. Dengan syarat yang dikenakan terhadap pembebasannya, ia tidak dimungkinkan lagi terlibat dalam dunia kejahatan. Nasib yang sama menimpa Carmine "the Snake" Persico, 53, tatkala ia dibebaskan pada tahun yang sama. Tetapi, berbeda dengan Rastelli, Persico tidak segan mengambil risiko. Enam bulan kemudian, ia digiring lagi masuk penjara karena terlibat perkara pemerasan.

Kakaknya, Alphonse "Allie Boy" Persico, 56 -- yang memimpin gang Colombo setelah sang adik diringkus -- mengambil uang jaminan sekitar Rp 253 juta, kemudian lenyap. Penjabat bos Colombo, Genaro "Jerry Lang" Langella, 48, mati-matian berusaha tetap tinggal di luar penjara. Pada tahun 1984 lalu ia dijatuhi hukuman 10 tahun dengan tuduhan antara lain mengangkat sumpah palsu, dan pemerasan.

article-1169277-00652A0F00000258-580_233x361.jpg

Eliot Ness

Selama beberapa tahun terakhir ini, sejumlah "serdadu", capo, dan "bos" telah dijebloskan ke penjara dengan berbagai tuduhan. Tetapi, tidak jarang mereka juga dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih pelik. Menurut perkiraan Giuliani, "Dalam dua atau tiga tahun mendatang, La Cosa Nostra, baik di sini, maupun di Sisilia, akan segera tamat. Sekali, dan untuk selama-lamanya." Perlu dicatat, pada periode 1920-an sampai 1930-an, seorang penegak hukum bernama Eliot Ness memang pernah mencuat sebagai pahlawan pemberantas mafia. Tetapi, "Ia meninggalkan pekerjaan yang belum rampung," ujar Fred Wehner, penulis artikel ini. "Ketika Ness disanjung dan dipuja, mafia Amerika sendiri baru saja mulai melembagakan dirinya.

Sebutlah "Omerta"! Dan lafal Sisilia ini nyaris dianggap sebagai hukum absolut: sumpah menutup mulut yang mengikat jaringan "keluarga" mafia. Mereka yang melanggar Omerta sama dengan mengundang malaikat maut. Karena hukum absolut ini pulalah sejumlah hamba hukum Amerika, termasuk Eliot Ness, gagal membuka selubung banyak tokoh puncak mafia di masa lampau.

Kemudian, waktu berjalan bersama sejumlah pergeseran nilai. Kini, para penguasa bisa menggali bukti antara lain dari sejumlah informan. Meski tetap sadar akan risiko yang menanti, beberapa mafiosi terbukti tidak keberatan "menyanyi" di depan para penyidik. Tanpa kelimpahan informasi seperti ini, sulit membayangkan kemungkinan menggulung dan memukul patah jurus-jurus mafia yang mematikan. Satu di antara kakap paling bermutu yang berhasil dijaring FBI ialah Tommaso Buscetta, mafioso kelas wahid yang mengatur sebagian besar jalur heroin dari kampung halamannya di Sisilia sampai ke Benua Amerika.

buscetta_tommaso3.jpg

Tommaso Buscetta

Pada tahun 1983 yang lalu, ia terciduk di Brasil. Dalam waktu singkat, Buscetta menjadi sumber informasi yang sangat berharga bagi pemerintah Italia dan AS. Keterangan yang disumbangkan Buscetta, 57, tidak kurang dari lima ribu halaman. Dari informasi ini saja, para penegak hukum berhasil menyeret lebih dari 600 gangster dari kedua sisi Atlantik. Buscetta, antara lain, memberikan nama para penembak yang bertanggung jawab atas 140 pembunuhan. Ia muncul di pengadilan Italia dan AS -- senantiasa di bawah pengawalan ketat agen-agen bersenjata. Mengenakan kaca mata hitam dan setelan bisnis yang lusuh, kesaksiannya diungkapkan dengan gaya yang tenang dan terkendali. Bahasa Inggrisnya yang beraksen Amerika hanya sedikit sekali berbau Italia.

Tetapi demi kejelasan, sebagian terbesar kesakiannya disampaikan dalam bahasa Italia, kemudian di terjemahkankan. Suaranya berwibawa dan memesonakan. Termasuk "Don" gaya lama, Buscetta mengambil keputusan untuk membuka mulut setelah beberapa bajingan muda membantai dua putranya, tiga anggota keluarga dekatnya, dan tiga sahabatnya. Buscetta, yang berpengawakan kukuh, tidak lupa pula menceritakan suasana pelantikannya sebagai anggota mafia Sisilia, ketika ia masih berusia 21. Upacara itu dilaksanakan, antara lain, dengan mengusapkan darah sendiri ke atas gambar seorang Santo. Belakangan, ia diskors enam bulan dengan tuduhan perzinaan.

Pada saat-saat terakhir, Buscetta menyembunyikan diri bersama istrinya nomor tiga, dan putra mereka Tommaso Jr., di Brasil. Hanya sesekali keluarga ini keluar rumah, terutama untuk makan malam di restoran. Sebagai upah jasa informasi yang diberikannya, Buscetta sudah dijanjikan kewarganegaraan AS. Juga identitas baru untuk dia dan keluarganya, serta "dukungan finansial yang masuk akal", hingga dia beroleh pekerjaan baru di Amerika Serikat. La Cosa Nostra harus mati," katanya sekali waktu. "Tak ada lagi kehormatan yang tersisa. Yang tertinggi hanyalah amuk, dan perang, dan darah -- dan semuanya demi uang, dan ketamakan. Ini bukan lagi mafia yang saya masuki ketika saya muda dulu."


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Jaksa Federal Rudolf Giuliani membandingkan informasi dedengkot Sisilia ini dengan "nyanyian" termasyhur Joseph Valachi, 1962. Dalam beberapa hal, keterangan Buscetta bahkan lebih berharga. "Kita mendapat kesempatan yang indah untuk memukul mafia, mungkin untuk selamanya," kata Giuliani.

Valachi adalah mafioso pertama yang membelot, kemudian disusul Vincent Theresa. Keduanya diusut sebuah subkomite Senat untuk pemerasan, 1963. Mereka berdua mencemplungkan mafia ke dalam kancah kesulitan. Godfather Valachi, katanya, ialah Joseph "Joe Bananas" Bonanno. Sebagai seorang "caporegime", ia mengendalikan wilayah pinggiran New York, Yonkers. Kendati berusaha dengan segala daya selama sepuluh tahun berikutnya, tangan-tangan hitam mafia tidak berhasil menembus tirai perlindungan yang diberikan para penegak hukum terhadap Valachi. Bekas bandit itu akhirnya meninggal karena serangan jantung di penjara Texas, 1974.

Ia menelanjangi jaringan dalam La Cosa Nostra: para penguasa terguncang begitu mengetahui kerapian serikat rahasia ini. Namun, Valachi hanya "bernyanyi" berdasarkan ingatan. Para informan pembelot yang muncul kemudian datang dengan keterangan yang disertai bukti autentik. Misalnya, Joseph Cantalupo. Pada mulanya, anak muda ini percaya bahwa ayahnya adalah seorang pengusaha pertanahan yang terhormat. Belakangan ia mengerti, bisnis itu sesungguhnya disetir oleh mafia. "Cita-cita saya pada waktu itu adalah menjadi salah seorang dari mereka," katanya. "Papa adalah pahlawan saya, dan saya ingin menjadi seperti dia." Tetapi, sebagai gangster, Cantalupo muda adalah tokoh sontoloyo. "Keluarga" Colombo mengangkat dia ke jabatan puncak bisnis judi dan bank gelap: ia meludaskan sejuta dolar bersama pasangannya yang lebih konyol, James Gredda. Kemudian, ia masih diberi kesempatan memimpin bisnis gelap lainnya, terutama untuk mengembalikan uang yang dihabiskannya.

Usaha ini pun bangkrut. Alphonse "Allie Boy" dan Carmine "The Snake" Persico, yang memimpin "keluarga" Colombo pada masa itu, memberi sedikit "pengajaran" untuk Cantalupo: dengan tinju dan tendang. Hasilnya malah melenceng, anak muda itu berbalik menjadi informan. Pada mulanya, ia hanya sekadar mengoceh. Dua tahun kemudian, FBI mengangkat dia menjadi agen rangkap. Dalam tujuh tahun berikutnya, dengan risiko besar, Cantalupo merekam ribuan jam percakapan, termasuk yang melibatkan para sahabat ayahnya. Sekarang, dalam usia 44, Cantalupo merupakan kepala rumah tangga yang normal, dan hidup dengan identitas baru di suatu tempat di sekitar Midwest.

Seperti halnya Buscetta, secara berkala ia diminta hadir di pengadilan, dikawal oleh sejumlah petugas, untuk memberikan kesaksian. "Jika mereka berhasil mencapai saya, nasib saya lebih buruk dari orang mati," katanya. "Saya sudah menyaksikan bagaimana mereka menangani para pembelot. Orang itu digantung dengan menggunakan gancu daging, kemudian disiksa dengan tongkat beraliran listrik, yang biasanya digunakan untuk membantai sapi. Dengan cara itu, diperlukan waktu tiga hari sebelum ajal sungguh-sungguh datang."

scalish.jpg

Aladena Jimmy "The Weasel" Fratiano

Contoh lain adalah Aladena Jimmy "The Weasel" Fratiano, mafioso berambut putih yang pernah menggemparkan dunia mafia. Ia berbalik menjadi informan ketika ia mengetahui bahwa kawan-kawannya sedang bersiap untuk membunuhnya. "Saya segera menyimpulkan, kalau mereka memang sudah siap untuk menggunting saya, lebih baik saya 'menyanyi'," kata Fratiano, 72. Bekas bos kriminal Los Angeles ini mengaku tersangkut 11 perkara pembunuhan, satu di antara korban adalah sahabat karibnya sendiri. Kesaksiannya berhasil menjerat lima tokoh puncak mafia. FBI pernah menganggap Fratiano sebagai "burung kenari" mereka yang terbaik. Ia memberikan kesaksiannya pada sembilan persidangan, yang membuat tidak kurang dari 21 tokoh mafia digiring masuk bui.

Beberapa di antara para pembelot ini tidak hanya mendapat identitas baru tetapi juga operasi plastik untuk mengubah wajah. Fratiano menolak segalanya, kecuali perlindungan bersenjata. "Saya memerlukan perlindungan semacam itu," katanya. "Bila saya berhenti 'menyanyi', orang-orang Federal itu akan mencampakkan saya laksana sebutir kentang panas. Dan bila hal itu terjadi, saya praktis menjadi orang mati, tidak peduli dengan nama baru atau wajah baru."


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Big Peter Salerno mengotaki perampokan yang berskala nasional dan melibatkan uang sekitar multi jutaan dolar. Kemudian, untuk mengelakkan hukuman panjang di penjara, ia mengungkapkan sejumlah keterangan mengenai anggota-anggota serikatnya. Irforman lain ialah Ralph Schoenomann, 50, yang pernah memimpin operasi pembajakan truk besar-besaran, kemudian bekerja sama dengan FBI. "Saya harus menunggu 64 hari di sebuah kamar hotel kecil bersama istri dan keenam anak saya," tuturnya. "Saya tidak memiliki identitas baru, dan harus mengarang cerita sendiri agar anak-anak bisa diterima di sekolah, dan saya sendiri bisa mendapat pekerjaan." Kini ia bercerai, hidup dalam ketakutan permanen untuk dihabisi. Dan dia tetap belum mendapat pekerjaan.

Sangat sedikit segi kehidupan masyarakat AS yang tidak bersentuhan dengan mafia. "Kami lebih besar dari US Steel," kata ahli keuangan mafia, Meyer Lansky, pada 1950. Dianggap sebagai seorang di antara otak dunia bawah tanah, Lansky mati tahun 1982 lalu pada usia 80. "Kejahatan teroranisasi memang menyedot jutaan dolar dari dunia ekonomi AS," kata Direktur FBI, William Webster. Pada pertengahan 1980 saja, "industri" mafia masih melibatkan sekitar HK$ 1 trilyun (Rp 146 trilyun) per tahun. Angka ini dua kali pendapatan pabrik mobil terbesar di AS, General Motors. Perdagangan obat bius mencapai sekitar sepertiga angka total tadi.

Di California saja, menurut taksiran, mafia menerima HK$ 75 milyar (hampir Rp 11 trilyun) setahun. Konon, dua sen dari setiap dolar yang beredar di AS akhirnya masuk ke kocek mafia. Tambahan pula, kejahatan-kejahatan terorganisasi belakangan ditangani tenaga-tenaga yang mendapat pendidikan dari Harvard dan Wharton School of Business. Para penegak hukum memperkirakan, mafia memiliki, mengontrol, atau paling tidak berpengaruh, pada lebih dari 17 ribu perusahaan yang sah. Belum dihitung berapa luas jaringannya yang tidak sah. Bisnis itu merentang dari usaha musik dan rekaman sampai pakaian jadi, bengkel mobil, perusahaan makanan, bank, angkutan, pabrik semen, kontraktor bangunan, industri konstruksi, galangan kapal, perumahan, restoran, binatu, cleaning service, bar, klub malam, asuransi, bahkan jasa mengasah pisau.

Menurut desas-desus, Bandara Kennedy, bandara utama Kota New York itu, secara tidak langsung dikuasai oleh empat "keluarga": Gambino, Genovese, Bonanno, dan Lucchese. Pergaulan mafia dengan orang-orang penting AS memang tidak sepenuhnya bisa terungkapkan. Toh, yang tampaknya paling menonjol ialah kalau pergaulan itu melibatkan para bintang panggung dan film. Dari sisi ini, yang sangat sering disebut-sebut ialah Frank Sinatra - meski penyanyi dan aktor film ini selalu berusaha mengelak. Cukup banyak isyarat yang mengaitkan Sinatra dengan tokoh-tokoh mafia seperti Sam Giancana, Lucky Luciano, Jimmy "The Weasel" Fratiano, Carlo Gambino, Raymond Patriarca, Louis "Domme" Pacella, Paul Castellano, atau Gregory DePalma, Richard "Nerves" Fusco, Salvatore Spatola, dan Joseph Gambino.

Selain Sinatra, disebut-sebut pula Dean Martin, Sammy Davis Jr., Jimmy Durante, Tony Bennett, Eddie Fisher, Frankie Laine, Phyllis McGuire, dan James Caan. Namun, jangan dikira mafia hanya becus menjangkau dunia pertunjukan dan hiburan. Serikat gelap ini juga melekatkan jaring-jaringnya jauh ke atas, ke lapisan eksekutif, bahkan sampai ke ruangan-ruangan dalam Gedung Putih. Bukti-bukti yang kongkret tentulah sulit diumumkan. Tetapi, "kesaksian-kesaksian" tidak resmi cukup banyak bertebaran. Satu di antara "kesaksian" itu melibatkan John Fitgerald Kennedy, presiden AS ke-35, yang terbunuh pada 1963.

Tidak enak menggunjingkan orang yang sudah mati -- sebetulnya. Tetapi, cerita tentang pertalian mafia dengan presiden terbunuh ini sudah sempat beredar ke mana-mana. Isyarat pertama datang dari Joseph "Joe Bananas" Bonanno, don yang memulai kariernya di dunia hitam sebagai anggota pasukan tembak Al Capone yang legendaris itu. Konon, ketika AS melakukan invasi abortif Teluk Babi yang menghebohkan itu, 1961, Presiden Kennedy mengetahui keterlibatan mafia Amerika dalam operasi ini. Salah satu "plot" dari rencana yang berantakan itu ialah pembunuhan atas diri pemimpin Kuba, Fidel Castro. Alasan keterlibatan ini pun mudah diterangkan. Albert Anastasia, Meyer Lansky, dan banyak tokoh puncak mafia lainnya, mempunyai kepentingan bisnis di Havana.

Sejumlah usaha mereka disita oleh pemerintah baru yang dipimpin Castro. Tetapi, ketika operasi itu hancur, bahkan sejumlah pasukan penyelinap masuk jebakan Kuba dan digiring ke penjara-penjara Havana, pemerintah Kennedy mengambil sikap bermusuhan dengan mafia. Padahal, beberapa catatan menukilkan bahwa CIA pernah menyewa beberapa gangster jempolan untuk membunuh Fidel Castro. John Davis, 51, pengarang dan sepupu Jackie Kennedy onassis, pernah mengatakan, "Tidak perlu disangsikan bahwa mafialah yang membunuh John Kennedy pada 1963, dan membunuh adiknya Robert Kennedy lima tahun kemudian." O, ya? "Departemen Kehakiman menyimpan banyak bukti tentang persengkongkolan mafia untuk membunuh JFK," ia menambahkan.

Kalau pemerintah Kennedy mau melibatkan sindikat ini dalam operasi Kuba, mengapa pula mereka ingin membunuh dia? "Kunci masalahnya terletak pada Robert Kennedy," jawab Davis. Di masa jabatannya sebagai Jaksa Agung AS, Robert pernah berniat mengobrak-abrik mafia. Anehnya, rencana ini didukung pula oleh JFK -- yang mungkin kesal pada kegagalan Teluk Babi. Robert Kennedy kemudian menjadi musuh yang paling dibenci mafia. Adapun Lee Harvey Oswald, orang yang dituduh membunuh JFK, "Oknum ini hanya direkrut untuk dijadikan kambing hitam," kata Davis. Oswald lalu dituduh sebagai pembunuh tunggal. Tetapi, ketika muncul gejala bahwa "kambing hitam" ini mau "menyanyi" lebih jauh, ia segera dibungkam oleh Jack Ruby, yang sangat dicurigai sebagai anak buah sebuah "keluarga". Siapakah yang berdiri di belakang teori "pembunuh tunggal" tadi? Tiada lain dari J. Edgar Hoover, Direktur FBI saat itu. Ketika Komisi Warren dibentuk untuk menjernihkan kasus pembunuhan yang makin kusut itu, FBI hanya menyumbangkan detail-detail yang tidak penting.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Keterpautan JFK dengan mafia dipertalikan pula oleh seorang "gadis pesta" bernama Judith Exner. Wanita seksi ini tidak malu mengakui bahwa ia pernah tidur bersama JFK. Padahal, pada kesempatan lain, ia juga mengaku pernah menaiki ranjang Sam Giancana, "Kakanwil" mafia Chicago, dan satu di antara tokoh yang direkrut untuk membunuh Fidel Castro.

Makin semrawut, memang. Sementara itu, pada bulan September 1962, Carlos Marcello pernah mengancam akan membunuh Kennedy. Ini bukan olok-olok, tentu, bila diingat bahwa Marcello adalah "kepala biro" mafia New Orleans. Sebelumnya, atas perintah Jaksa Agung Robert, Marcello pernah dideportasikan dari Amerika. Bandit ini kemudian bersumpah, dengan cara Sisilia kuno, untuk membunuh Kennedy. Dalam "kesaksian" lain, Bonanno mengungkapkan pula hubungan Joseph Kennedy -- Kennedy Senior -- Dengan Frank CostelIo, "pangeran" mafioso 1920-an, yang mati pada 1973.

Untuk menambah seru cerita, Presiden Ronald Reagan pun, konon, tidaklah lepas dari jangkauan tangan-tangan mafia. Mungkin pertalian ini terjadi di luar pengetahuannya, mungkin juga . . . entahlah. Yang jelas, kisah itu bermula dari seorang tokoh bernama Jackie Presser. Berpengawakan besar, dengan rahang yang gemuk dan langkah yang panjang-panjang, Presser bukan orang asing di koridor pusat kekuasaan AS. Pemimpin serikat buruh ini kerap tampil di layar televisi. Dan, yang lebih penting, dukungannya banyak berperanan dalam kemenangan yang dicapai Reagan untuk menduduki kursi kepresidenan, 1980 dan 1984. Kini, Presser sedang diperiksa FBI. Terdapat beberapa indikasi yang menggiring tokoh ini ke dunia kejahatan terorganisasi. Hanya, keadaan bertambah pelik ketika diketahui, Presser juga seorang informan FBI. Yang jelas, namanya pernah "dinyanyikan" Jimmy "The Weasel" Fratiano.

Menurut pembelot itu, Presser mempunyai hubungan khusus dengan James "Jack White" Licavoli, godfather mafia Cleveland. Sejarah mafia AS memang dimulai dari wilayah-wilayah kusam Kota New York. Para emigran Italia, yang bermukim di kawasan ini dengan penuh kemelaratan pada awal abad ke-20, merasa diteror oleh keluarga-keluarga Irlandia, yang datang lebih dulu dan menguasai situasi. Pada zaman itu, sebagian besar politisi, polisi, dan anggota lembaga hukum memang orang asal Irlandia. Dalam kemelaratannya -- yang kemudian menjadi faktor kekuatan -- para emigran Italia itu mencari sesuatu sebagai tempat berlindung dan mengadu. Mereka, akhirnya, menemukan pegangan pada La Cosa Nostra, serikat persaudaraan yang pada mulanya bertujuan mulia, bahkan mendekati "suci".

Sebagai orang yang miskin, papa, dan terkucil, emigran Italia ini tidak takut akan kehilangan sesuatu. Apa lagi yang bisa diambil dari orang yang memang tidak memiliki apa pun? Inilah yang menjadi sendi kekuatan mafia. Setiap orang Italia-Amerika, ketika itu, otomatis menjadi anggota serikat. Dan organisasi ini dibikin sangat ketat dan tertutup, terutama pada orang bukan Italia. Teror selalu merupakan senjata paling ampuh mafia. Seperti yang dikatakan Jaksa Federal Rudolph Giuliani, "Gerombolan ini sanggup mengintimidasi masyarakat Amerika dengan membunuhi anggotanya sendiri di jalan-jalan kota."

Itulah yang terjadi, misalnya, di jalan-jalan Chicago pada 1920-an, kemudian juga di New York. Potret-potret bangkai para mafioso memang berhasil menularkan rasa takut yang luar biasa. Para pengkhianat, pembelot, dan pembangkang dibunuh dengan cara perlahan-lahan dan menyakitkan. Ada yang dicekik berdikit-dikit, tetapi ada pula yang dicincang seperti bahan bakso. Namun, cara paling sederhana di antara sistem membunuh mafia tetaplah sebutir peluru tepat di kepala. Orang yang tidak disenangi, kendati telah mencapai jabatan godfather, juga disingkirkan dengan cara ini.

Salah satu contoh adalah Carmine "Lilo" Galante, bos "keluarga" Bonanno pada 1979. Ia dihabisi sesama mafioso tatkala asyik bersantap siang di restoran Joe & Mary, Brooklyn. Pada hari yang nahas itu, Galante memesan spaghetti dan bakso, serta selada dan buah. Ia sedang menikmati gelas anggurnya yang keenam, ketika para pembantai muncul dan memuntahkan satu magazin penuh peluru senjata otomatis ke kepala tokoh berusia 69 tahun itu. Galante mati, dengan cerutu berasap masih terselip di antara bibirnya. Galante, ternyata, banyak mengecewakan rekan-rekannya dalam pembagian keuntungan. Rencana pembunuhan ini didukung oleh kedua pengawal pribadinya.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Di zaman dulu, mafia mengakui sebuah hukum tidak tertulis: "Jangan membunuh orang di depan keluarganya." Pada 1972, mereka menginjak-injak hukum itu ketika "menghakimi" Joseph "Crazy Joe" Gallo, bandit yang pernah dijuluki "centeng New York yang paling ditakuti". Pada hari sial itu, Gallo sedang merayakan ulang tahunnya ke-43 di restoran New York Clam House yang terkenal. Bersama dia duduk istri yang baru dinikahinya tiga pekan, seorang asisten dokter gigi bernama Sina Essary, anak perempuannya bernama Lisa yang baru berusia 10 tahun, beberapa perempuannya, serta konco-konconya. Pembunuh tunggal itu datang dengan senapan mesin, dan memberondongkan peluru ke tubuh Gallo. Tindakan ini diambil sebagai balas dendam: setahun sebelumnya, saudara-saudara Gallo bertanggung jawab atas kematian don Joe Colombo.

Kini, masa keemasan itu tampaknya mulai redup. Makin banyak "penyanyi" yang muncul dari kalangan mafioso, makin banyak pula tokoh dan perkara yang terungkap berkat nyanyian merdu mereka. Toh, tetap dibutuhkan satu kekuatan untuk membongkar serikat gelap yang tua ini sampai ke umbut-umbutnya. Satu di antara tokoh yang paling menarik, seperti telah disebutkan di depan, ialah Rudolph Giuliani. Banyak orang sepakat untuk mengatakan bahwa Giuliani merupakan campuran seorang showman, berkepala angin, dan bergaya punk. Sebagai Jaksa Federal dalam perang New York melawan kejahatan terorganisasi, ia seperti menempatkan diri di kepala barisan, peran yang sesungguhnya sangat riskan. Beberapa kali ia sudah hampir di ambang ajal. Tetapi, ia seperti tidak peduli. Di depan sebuah pertemuan terbuka, ia pernah mengatakan, "Saya ingin mengatakan kepada gerombolan itu bahwa saya tidak bisa dihalangi. Silakan mengancam saya dengan berbagai cara." Lebih gila lagi, ia tidak mau dilindungi polisi. Namun, orang-orang FBI secara tersembunyi tetap membayanginya. terutama bila ia sedang berjalan ke kantornya dari apartemennya yang sederhana di kawasan Manhattan.

Rudy%20Giuliani-3.jpg

Rudolph Giuliani

Para agen juga melindungi istrinya, Donna Hanover, yang bekerja sebagai pembaca berita televisi. Donna adalah istri kedua "Rudy", demikian Giuliani biasa dipanggil. Dengan istri pertama, setelah pernikahan enam tahun, Rudy bercerai ketika usianya belum genap 30. Gajinya sekitar Rp 73,63 juta setahun -- jumlah yang kecil, bila diingat bahwa dengan keahliannya Rudy akan menerima lebih dari itu bila ia bekerja di sektor swasta. Tampaknya, memang bukan uang yang menjadi pendorong semangat Rudy. Tidak suka membawa pistol, toh ia sudah menggiring ratusan tokoh puncak mafia ke sidang pengadilan - beberapa di antara mereka kemudian dapat di jebloskan ke penjara untuk jangka panjang. Rudolph Giuliani adalah pahlawan yang tidak punya potongan. Pengawakannya tidak berkesan, parasnya pucat, dan rambut pada bagian depan kepalanya mulai menipis. Kalau ia berbicara, tangannya melambai-lambai -- khas orang Italia. Makanannya pun "menyedihkan". Kerap kali, ia hanya mengunyah apel sebiji sehari. "Demi menjaga kesehatan," katanya. Ia pencinta serial kartun Walt Disney, dengan alasan, "Kartun-kartun itu romantis ."

Pada hari ia menggali kapak peperangan melawan para godfather, ia menggambar sebuah peta Cosa Nostra, yang kemudian digantungkan di dinding kantornya. Peta itu berskala nasional. Baru dua tahun mengumumkan perang, ia sudah meraih sukses luar biasa. Ucapan selamat khusus datang dari Presiden Ronald Reagan sendiri. Bahkan, pemerintah Italia menganugerahi Rudy penghargaan khusus karena jasanya ikut membenahi rimba permafiaan di negeri itu. Giuliani, yang mengaku sebagai seorang workaholic, berhasil menata koordinasi dengan ratusan agen FBI, serta satuan-satuan polisi kota dan negara bagian. Ia juga mengontrol 130 pengacara di seluruh AS.

Ia, akhirnya, memang menempatkan diri sebagai musuh tunggal mafia yang terbesar di sepanjang sejarah. "Hingga beberapa tahun yang lalu, taktik para penegak hukum ditujukan melawan para anggota mafia secara individual," katanya. "Kini, kami bergerak untuk langsung menjaring kakapnya." Untuk membunuh monster, kata Rudy, "Kita tidak cukup memotong buntut atau jari kakinya. Kita harus menebas kepalanya." Agaknya, rasa muak Rudy terhadap mafia dipengaruhi juga oleh ayahnya, Harold Giuliani, dulu pemilik bar dan kafe di kawasan Brooklyn, New York. Tidak jelas betul latar belakang permusuhan orang tua ini dengan para mafiosi. Yang diingat Rudy, Giuliani sang ayah selalu mengatakan bahwa bandit-bandit itu merusakkan nama dan martabat orang-orang Italia-Amerika. "Ketika saya masih muda, Ayah sering menunjukkan pada saya kertas yang berisi daftar nama para Jaksa Federal AS," tutur Rudy, mengenang. "Lihat," kata Rudy menirukan sang ayah. "Dalam daftar ini, tidak terdapat sebiji pun nama Italia. Terserahlah kepada generasimu, untuk mengangkat atau menenggelamkan martabat kita." Keruntuhan mafia, menurut sebagian besar pengamat, juga dipengaruhi oleh (jangan tertawa) era komputer. Serikat gelap ini didirikan nyaris di bawah sistem feodal, dengan "raja- raja" dan "pangeran", para "kesatria" dan "serdadu".
Dipi's note:
Rudolph "Rudy" Giuliani sempat menjadi wali kota New York. Dan pada masa jabatannya terjadilah peristiwa 11 September.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

La Cosa Nostra memang berhasil menyebarkan rasa takut selama puluhan tahun. Tetapi, ada satu bidang yang tidak dijamahnya-bahkan seperti dipantangkan yaitu perangkat elektronik. Senjata rahasia FBI menggempur mafia, misalnya, adalah sebuah komputer berharga sekitar HK$ 55 juta (Rp 8 milyar). Komputer ini menyimpan 50 ribu nama anggota mafia, termasuk kebiasaan dan tempat yang biasa mereka kunjungi. Ketika para bandit itu berkeliaran menawarkan "perlindungan", sama seperti yang dilakukan para pendahulu mereka di masa lampau penegak hukum sedang berkutat dengan perangkat lunak yang canggih . FBI dan kepolisian juga menggunakan teknologi mikro sensitif untuk pekerjaan memata-matai. Barulah, setelah semua informasi dan petunjuk terkumpul, satuan-satuan tugas bergerak ke sasaran yang sudah pasti.

FBI mencangkokkan alat penyadap di mana-mana: di rumah, di mobil, bahkan di kantor-kantor pemuka mafia. Ketika don Paul Castellano membangun rumah barunya, 1979, ia memesan sejumlah perkakas elektrik yang mahal. Rumah itu sendiri dibuat meniru arsitektur Gedung Putih. Tetapi, Paul tidak pernah tahu, di antara barang yang datang terdapat beberapa potong yang tidak pernah dipesannya. Dalam tahun-tahun berikutnya, hampir semua percakapan di rumah itu terekam dan jatuh ke tangan penegak hukum. Mulai dari dialog di kamar tidur, sampai senda gurau di ruang makan. Ketika beberapa tahun kemudian Castellano diseret ke pengadilan karena beberapa kasus, ia tercengang mendengar rekaman percakapan itu.

Dari rekaman seperti itu para mafioso mengetahui gunjingan tentang mereka oleh don tertentu. Secara tidak langsung, rekaman-rekaman ini seperti mengadu domba para pemimpin "keluarga". Dengan cara ini, sejumlah jaringan terbongkar. Beberapa mafiosi dihabisi sesamanya sendiri untuk membungkam rahasia. Tetapi, rekaman yang terkumpul sudah terlalu banyak. "Dari sebuah mobil Jaguar seorang mafioso saja, kami pernah membuat rekaman percakapan berjumlah 75 jam," kata Ronald Goldstock, Komandan Satgas Anti kejahatan Teorganisasi. Kasus yang menyeret "Tony Ducks" Corallo, 73, bos "keluarga" Lucchese, melibatkan 80 jam rekaman biasa, dan 90 jam penyadapan telepon.

Sebuah transmiter sukses dicangkokkan ke dalam mobil Ralph Scopo, mafioso Colombo berusia 56. Alat penyadap lain ditanam di sebuah restoran Brooklyn, tempat penjabat boss Colombo, Genaro "Jerry Lang" Langella, biasa memberikan instruksi, terutama di sekitar industri restoran. Bukti penentu dalam perkara Matthew "The Horse" laniello, 66, antara lain ialah tujuh ribu rekaman suara dan video yang mengungkapkan cara kerjanya dan rekan-rekannya. Bukti ini diberikan oleh transmiter yang dicangkokkan FBI di kantor laniello di New Yok. Sukses lain ialah alat penyadap yang dipasang di bawah ranjang Aniello "Mr. O'Neil" Dellacroce, yang sedang terbaring menanti ajal di rumah sakit. Mafioso ini menderita kanker lambung dan penyakit gula.

Dua minggu setelah ia tergeletak, para pengikutnya berhasil menembak bekas bos mereka, Castellano. Selama Dellacroce terbaring di tempat tidur, lusinan mafioso datang untuk menunjukkan rasa hormat. Sebagian di antara mereka, dalam kunjungan seperti itu, menyempatkan diri untuk membicarakan "bisnis", tanpa menyadari adanya alat penyadap di bawah ranjang. "Sistem ini sangat produktif," kata Edward Mc Donald, komandan satgas yang lain. Akhirnya, mafia rupanya harus berperang dengan zaman. Serikat gelap dengan keketatan masa lampau itu mulai tidak berdaya menghadapi "musuh" tipe baru: para pendobrak kejahatan yang dilengkapi perangkat elektronik dan komputer. La Cosa Nostra berhadapan dengan armada teknologi modern dan zaman yang terus berubah. Sedangkan para don itu tetap saja bergerak dalam gaya Sisilia abad yang hampir silam. Atau mereka mampu merekrut teknologi mutakhir sebagai pasukan baru yang lebih menakutkan? "Sudah terlambat," kata Jaksa Federal Rudolph Giuliani.


Diterjemahkan dari Artikel Koran South China Morning Post


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Mengguritanya Jaringan Mafia

Ditulis berdasarkan Artikel di Fortune Magazine

PERANG mafia tampaknya memang belum selesai. Pemerintah federal AS telah mengeluarkan orang-orang terbaiknya untuk menumpas serikat-serikat darah asal Sisilia itu. Sejumlah benggolan sudah diseret ke balik terali besi. Beberapa yang lain mulai disidangkan di pengadilan. Dan, kini, tangan-tangan pemerintah federal mulai menjangkau wilayah mafia yang paling basah: bisnis. Bisnis? Ya, dan dalam arti kata yang sepenuhnya harfiah. Berurusan dengan sektor mafia yang satu ini, "Sama artinya dengan berurusan dengan orang-orang yang mengelola bisnis US$ 50 milyar setahun, dengan kegiatan yang merasuk ke hampir setiap kota di Amerika Serikat," tulis Roy Rowan dalam majalah Fortune. Dan, sama dengan problem dunia usaha lainnya, para eksekutif" mafia ini juga sedang menghadapi kendala umum: usia para pemimpin yang makin tua, kurangnya dedikasi para "karyawan" generasi muda, dan meningkatnya kompetisi. Justru, pada saat-saat yang rawan itulah pemerintah federal AS melancarkan gempuran habis-habisan. Setiap kejahatan harus ditebus begitu konon peribahasa.

Selama ini, dari berbagai usaha gelap di berbagai bidang, sejumlah keluarga mafia diperkirakan berhasil mengeduk keuntungan sekitar US$ 50 milyar per tahun. Jumlah itu lebih besar daripada usaha manufaktur besi, baja, tembaga, dan aluminium Amerika Serikat digabungkan menjadi satu. Atau, lebih kurang sama dengan 1,1% pendapatan kotor nasional (GNP) Amerika Serikat. Angka ini baru meliputi penghasilan yang masuk dari sumber-sumber kejahatan "tradisional", antara lain perdagangan obat bius, pembungaan uang, judi gelap, dan pelacuran. Milyaran dolar lagi mengalir dari "diversifikasi" usaha yang menempuh jalur "resmi": bisnis pertunjukan dan hiburan, konstruksi, angkutan truk, serta perdagangan bahan makanan dan minuman. Industri yang melibat "keluarga-keluarga" gangster ini, sudah barang tentu, tidak sekadar bersifat perdagangan umum semata-mata. Dalam sebuah studi yang disiapkan untuk Komisi Kepresidenan tentang Kejahatan Terorganisasi, Wharton Econometric Forecasting Associates mengungkapkan belang bisnis keluarga mafia ini. Gerombolan-gerombolan itu menguasai kompetisi ekonomi dan penyerapan modal yang mengakibatkan kerugian bagi 400 ribu tenaga kerja, kenaikan harga yang harus dibayar konsumen sampai sekitar 0,3%, pengurangan keluaran total sekitar US$ 18 milyar, dan penurunan pendapatan per kapita US$ 77 per tahun. Sementara anggota-anggota serikat kriminal gelap itu berhasil menggelapkan pajak mereka, warga negara lainnya membayar lebih banyak US$ 6,5 milyar kepada Dinas Pendapatan Dalam Negeri AS, hanya untuk tahun ini saja.

Sementara itu, peta organisasi sebuah "keluarga" atau sindikat tak bedanya dengan struktur sebuah perusahaan swasta. Di puncak piramid bertahta seorang bos, atau eksekutif kepala. Di bawah dia seorang underboss (semacam direktur operasional) dan seorang consigliere (penasihat umum). Pada peringkat sesudahnya duduklah para capo (wakil direktur) dan "serdadu" -- ujung tombak yang melaksanakan secara fisik perintah-perintah bos. Sama pula dengan perusahaan-perusahaan besar zaman ini, kelompok-kelompok mafia itu sekarang ini mulai percaya pada nasihat konsultan dari "luar". Menurut pendataan terakhir, paling tidak kini masih terdapat 50 bos mafia yang bergerak di berbagai cabang usaha. "Tetapi, kelompok-kelompok kejahatan itu sedang menghadapi zaman industri yang diguncang krisis," tulis Rowan. Para godfather sudah pada uzur, dan para "manajer" generasi kedua tampaknya tidak begitu kukuh dalam semangat, dedikasi, dan disiplin. "Sekarang, dalam keluarga ini engkau bisa menemukan anak ingusan yang bahkan belum pernah memecahkan telur," ujar seorang pemuka mafia New Jersey, dalam sebuah percakapan yang dapat disadap FBI.


Bersambung


-dipi-
 
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Laporan lain menyebutkan, para bawahan sudah mulai berani memanggil atasan mereka hanya dengan menyebut nama. FBI mencatat, keanggotaan mafia memang sedang menyusut. Untuk memperkuat "alas piramid", para bos terpaksa merekrut bibit-bibit muda langsung dari Sisilia. Mereka ini disebut Greenies. Sementara itu, mafia, organisasi kriminal paling besar dan paling mapan, mulai pula berhadapan dengan para pesaing baru. Yaitu serikat-serikat bawah tanah Asia dan Amerika Latin yang mengambil spesialisasi dalam bisnis heroin, kokain, dan mariyuana. Para penyalur dan penyelundup obat bius ini tidak hanya berhasil mematahkan monopoli yang pernah dipegang orang-orang Sisilia itu, bahkan mereka mampu menjadikan sejumlah veteran mafia sebagai distributor mereka yang setia. Namun, ancaman yang paling gawat tetaplah dari para petugas hukum pemerintah federal. Kini, para petugas hukum secara efektif menggunakan undang-undang antipemerasan dan antiserikat kejahatan sebagai alat ampuh untuk menyeret para gangster itu ke depan pengadilan.

Menurut G. Robert Blakey, profesor hukum Notre Dame yang merancang undang-undang itu 16 tahun yang silam, undang-undang ini bahkan meyakinkan para jaksa tentang perlunya diambil langkah inovasi dalam menghadapi dunia kejahatan yang makin beringas. Undang-undang baru itu, yang disebut RICO (Racketeer Influenced and Corrupt Organization), telah berhasil menyeret sekitar separuh dari 50 mafiosi terkemuka ke depan pengadilan. Di antara mereka terdapat bos peringkat pertama, Anthony Salerno gelar "Fat Tony", godfather keluarga Genovese yang bermarkas di New York -- keluarga terkuat dari sekalian keluarga mafia. Salerno sedang dihadapkan sebagai terdakwa dalam "perkara Komisi" di New York. Pemerintah AS sedang mencoba menghukum dia dan enam anggota dewan nasional mafia -- yang disebut "Komisi" dengan tuduhan melakukan pemerasan terorganisasi. Di ruangan pengadilan, para tertuduh itu duduk dengan wajah membatu dan mulut terkatup. Hanya Carmine Persico gelar "Junior", bos keluarga Colombo yang menduduki peringkat keenam, yang sekali-sekali sudi berbicara.

Tekanan-tekanan yang dilancarkan para petugas hukum memang membuat kelompok-kelompok mafia ini mengubah beberapa teknik manajemen mereka. Biasanya, para anggota Komisi melangsungkan sebuah upacara seremonial besar, yang mereka namakan "duduk bersama", untuk memecahkan problem bisnis mereka. Pita rekaman dan piranti sadap, yang kemudian secara gencar dimanfaatkan oleh agen-agen FBI, telah menjadikan "upacara" semacam itu akhirnya makin dikurangi. Para bos mafia bahkan kian jarang menjamu rekanan bisnis mereka makan siang atau makan malam di tempat-tempat yang biasanya menjadi langganan mereka. Selama masih memungkinkan, mereka kini lebih suka menggunakan kurir untuk menyampaikan perintah-perintah. Para bos juga berusaha memadamkan perselisihan di antara "keluarga", untuk mencegah perhatian masyarakat dan, terutama, petugas FBI.

Tetapi, di sana-sini, keserakahan mereka pada uang biasanya mampu juga mengalahkan kepentingan bersama. Dan persaingan yang keras, akhirnya, toh, menghasilkan letupan-letupan. Namun, selama ini, mafia masih mampu mengatasi para saingannya, mengalahkan musuh-musuhnya, dan meloloskan diri dari para petugas federal. Kendati beberapa anggota Komisi sudah diterungku di balik tembok penjara, operasi-operasi keluarga mereka tetap saja berkesinambungan. Para bos yang berada di belakang terali besi tidak serta-merta kehilangan daya dan pengaruh. "Hubungan keluar mereka, sebenarnya, tetap saja tidak terbatas," kata asisten direktur FBI, Oliver Revell, dalam sebuah laporan kepada Komite Senat pada 1983.

Mendiang Nick Civella umpamanya, kata Revell, "Memimpin para gangster Kansas City justru dari dalam penjara federal." Jika anggota Komisi dijatuhi masa hukuman yang panjang, atau jika mereka meninggal di dalam penjara, ada saja pemimpin baru yang tampil di tiap keluarga untuk mengambil alih kendali kekuasaan. "Budaya" kejahatan terorganisasi ini -- yang didasarkan pada kelobaan, kegigihan, dan disiplin tetap saja kuat. Setiap anggota gerombolan memanggil sesamanya "anak bijak", dan di antara mereka berlaku aturan gaya hidup yang sangat ketat. Anggota yang menjamin masuknya seorang baru ke dalam keluarga dapat dipastikan akan bertindak sebagai algojo. Yakni bila orang yang dijamin itu, belakangan, mengkhianati organisasi. Ia harus melakukan eksekusi, sebelum anggota lain keburu turun tangan. Sementara itu, seorang anggota yang telah menerima upah untuk melancarkan sebuah operasi wajib merampungkan operasi itu sampai tuntas. Tiada maaf untuk langkah surut. Juga tertutup kemungkinan untuk mengembalikan upah itu, sebagai imbalan tidak dilaksanakannya sebuah tugas dengan tepat dan saksama.


Bersambung


-dipi-
 
Last edited:
Bls: [Sejarah] Organisasi Mafia

Industri kriminal ini diorganisasikan secara "geografis". Kendati jaringan mereka menjangkau semua kota utama Amerika Serikat -- dengan mengecualikan Seattle, entah mengapa -- dua pertiga anggota mafia tetaplah terpusat di dua kota, New York dan Chicago. Dewan Nasional mafia, yang disebut Komisi tadi, bertindak sebagai lembaga yang menyelesaikan pertikaian teritorial, mendamaikan konflik bisnis sampai pada mnjatuhkan eksekusi yang dipandang perlu. Lima keluarga, yang kadang-kadang saling memerangi, berbagi kuasa di New York City. Mereka adalah keluarga Genovese, Gambino, Lucchese, Bonanno, dan Colombo. Masuk menjadi anggota keluarga-keluarga ini harus lewat upacara sumpah untuk memegang rahasia secara teguh, disertai penetesan darah secara khidmat. Di Chicago, sebuah kelompok mandiri -- tidak berafiliasi ke mana-mana dan menyebut diri Outfit -- beroperasi dengan cara yang tidak begitu banyak menimbulkan sengketa. Upacara pembaiatan mereka pun sudah seperti acara bisnis saja: cukup dengan bersalaman. Outfit pun menjangkau Milwaukee, Kansas City, Phoenix, Las Vegas, dan Los Angeles. Dalam catatan FBI, hanya ada sekitar 1.700 anggota mafia yang telah disumpah. Untuk setiap anggota tersumpah itu pemerintah AS memperkirakan ada sepuluh "kerabat kerja". Menurut taksiran Wharton Econometric Forecasting Associates, pendapatan rata-rata setiap anggota tersumpah serikat bandit itu per orang per tahun sekitar US$ 222.000 -- taksiran ini berdasarkan data-data 1979 sampai 1981. Sudah tentu, para bos yang berjumlah 50 orang itu menerima pemasukan dalam jumlah yang jauh lebih tinggi.

Selama periode yang sama pula, setiap "kerabat kerja" yang tidak disumpah rata-rata menerima US$ 61.000 per tahun. Para "kerabat kerja" bisa meningkat menjadi anggota penuh, bila mereka dinilai loyal dalam melaksanakan perintah, bersedia dan terampil melakukan pembunuhan. Berdasarkan studi Wharton, diperkirakan sekitar 265 ribu orang mencari makan di dalam sektor bisnis yang dikendalikan, paling tidak sebagian, oleh organisasi kejahatan. Tidak jarang pula, para tokoh dunia hitam itu menanam modal di perusahaan-perusahaan yang sah dan bersih. Diversifikasi seperti ini lebih aman daripada menggunakan uang itu untuk memperluas operasi-operasi melawan hukum. Lagi pula, bisnis jinak selalu berguna untuk menyamarkan banyak kegiatan kriminal, dan mengurangi kemungkinan datangnya tuntutan dengan tuduhan menggelapkan pajak. Dalam melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan yang mematuhi hukum, tidak jarang para benggolan mafia itu mengandalkan "reputasi" mereka yang sudah terkenal -- meski tidak selalu secara langsung mengambil langkah kekerasan. "Bahaya organisasi kejahatan saat ini ialah karena mereka telah menjadi seperti setengah resmi," kata Steven J. Twist, asisten kepala Jaksa Agung Arizona. Satu di antara strategi umum pemerasan ialah dengan menguasai dan mengendalikan serikat buruh. Para pemimpin dunia hitam itu sudah biasa menggunakan serikat-serikat buruh untuk mempengaruhi dan menginfiltrasi banyak bisnis resmi mulai dari usaha pergudangan sampai klub malam.

Studi Wharton menemukan: keterlibatan organisasi kriminal dalam bisnis seperti itu menyebabkan kenaikan harga antara 0,5 % dan 2%, termasuk pada bisnis lain yang berkaitan, misalnya distribusi bahan makanan dan minuman keras. Serikat buruh yang korup merupakan sumber keuntungan mafia. Serikat seperti ini menjanjikan peluang yang hampir tak terbatas untuk melakukan pemerasan melalui pekerja-pekerja fiktif dan karyawan-karyawan yang bisa diatur, sehingga tidak masuk kantor dengan akibat mengancam kelancaran produksi. Anehnya, justru, serikat-serikat buruh dan perusahaan-perusahaan tenaga kerja yang dikendalikan oleh kelompok-kelompok gangster inilah yang berhasil masuk ke berbagai bidang usaha vital. Mereka memasok tenaga satpam untuk kilang-kilang tenaga nuklir, pengumpul sampah untuk sebagian terbesar bangunan perkantoran New York City, dan pengemudi truk pada Shell Oil, Coca-Cola, dan International Paper -- antara lain.


Bersambung


-dipi-
 
Last edited:
Status
Not open for further replies.
Back
Top