2014, Jembatan Selat Sunda Mulai Dibangun
Departemen Pekerjaan Umum (PU) mengaku pembangunan jembatan Selat Sunda mulai dibangun dalam lima tahun ke depan. Pembangunan jalur Selat Sunda tersebut akan menghabiskan biaya Rp 100 triliun.
"Desain dan bangunnya dalam lima tahun ke depan," kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak di Jakarta, Kamis, 12 November 2009.
Menurut Hermanto, sampai saat ini, pemerintah belum memutuskan jenis infrastruktur yang akan dibangun. "Kami baru menerima desain dengan model jembatan," ujar dia. Pilihan lainnya, berupa terowongan dan perbanyak pelabuhan.
Hermanto menilai, jembatan merupakan pilihan yang paling dekat untuk dilakukan. Pasalnya, Indonesia negara yang sering terkena gempa, dengan jembatan resiko tahan gempa lebih memungkinkan. Disamping dari segi estetika dan wisata juga menjadi faktor pertimbangan. "Jembatan kan lebih exquisite," ujarnya.
Jembatan sepanjang 30 kilometer itu bisa dilihat di Kobe, Jepang. "Dengan bentang antartiang setiap dua kilo, bisa meminimalisir akibat gempa," kata Hermanto.
Tiang jembatan itu, kata dia, hanya bergeser sebanyak satu meter saja pada gempa yang menggoyang Kobe beberapa waktu lalu.
Sedangkan terowongan, lanjut Hermanto, belum menjadi pilihan yang visible. "Kita harus menggali 150 kilometere dibawah laut, itu agak sulit teknologinya," kata dia.
Selain itu, kapasitas terowongan hanya bertahan selama 20 tahun, dibandingkan dengan jembatan yang dapat bertahan selama 100 tahun.
Pilihan pelabuhan juga ditampung. "Pelabuhan itu dengan memperbanyak fery untuk memperlancar transportasi," kata dia.
Sementara itu, jalur Selat Sunda terbentang sekitar 28-30 kilometer akan dibangun untuk memperlancar transportasi kebutuhan hasil bumi dari Sumatera ke Jawa.
Saat ini, kata dia, pemerintah tengah membuat tim nasional penyiapan pembangunan infrastruktur dengan penyelesaian kelayakan. Tim itu akan bertugas memastikan jalan penghubung berdasarkan studi kelayakan.
"Termasuk pengembangan wilayah disekitarnya," jelas Hermanto. Tim juga akan melihat bagian daerah mana dari Banten dan Lampung yang bisa dikembangkan wilayahnya.
Adapun Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan tim juga akan dibagi dalam bentuk kelompok kerja. "Ada pokja secara teknis dan ekonomisnya," ujar dia.
Tim tersebut akan bekerja berdasarkan peraturan presiden. "Tim akan melakukan berkoordinasi dengan Kantor Menko Perekonomian," kata Djoko.
kalau ini terbukti indonesia akan memiliki jembatan terpanjang di dunia
sumber :http://bisnis.vivanews.com
Departemen Pekerjaan Umum (PU) mengaku pembangunan jembatan Selat Sunda mulai dibangun dalam lima tahun ke depan. Pembangunan jalur Selat Sunda tersebut akan menghabiskan biaya Rp 100 triliun.
"Desain dan bangunnya dalam lima tahun ke depan," kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak di Jakarta, Kamis, 12 November 2009.
Menurut Hermanto, sampai saat ini, pemerintah belum memutuskan jenis infrastruktur yang akan dibangun. "Kami baru menerima desain dengan model jembatan," ujar dia. Pilihan lainnya, berupa terowongan dan perbanyak pelabuhan.
Hermanto menilai, jembatan merupakan pilihan yang paling dekat untuk dilakukan. Pasalnya, Indonesia negara yang sering terkena gempa, dengan jembatan resiko tahan gempa lebih memungkinkan. Disamping dari segi estetika dan wisata juga menjadi faktor pertimbangan. "Jembatan kan lebih exquisite," ujarnya.
Jembatan sepanjang 30 kilometer itu bisa dilihat di Kobe, Jepang. "Dengan bentang antartiang setiap dua kilo, bisa meminimalisir akibat gempa," kata Hermanto.
Tiang jembatan itu, kata dia, hanya bergeser sebanyak satu meter saja pada gempa yang menggoyang Kobe beberapa waktu lalu.
Sedangkan terowongan, lanjut Hermanto, belum menjadi pilihan yang visible. "Kita harus menggali 150 kilometere dibawah laut, itu agak sulit teknologinya," kata dia.
Selain itu, kapasitas terowongan hanya bertahan selama 20 tahun, dibandingkan dengan jembatan yang dapat bertahan selama 100 tahun.
Pilihan pelabuhan juga ditampung. "Pelabuhan itu dengan memperbanyak fery untuk memperlancar transportasi," kata dia.
Sementara itu, jalur Selat Sunda terbentang sekitar 28-30 kilometer akan dibangun untuk memperlancar transportasi kebutuhan hasil bumi dari Sumatera ke Jawa.
Saat ini, kata dia, pemerintah tengah membuat tim nasional penyiapan pembangunan infrastruktur dengan penyelesaian kelayakan. Tim itu akan bertugas memastikan jalan penghubung berdasarkan studi kelayakan.
"Termasuk pengembangan wilayah disekitarnya," jelas Hermanto. Tim juga akan melihat bagian daerah mana dari Banten dan Lampung yang bisa dikembangkan wilayahnya.
Adapun Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan tim juga akan dibagi dalam bentuk kelompok kerja. "Ada pokja secara teknis dan ekonomisnya," ujar dia.
Tim tersebut akan bekerja berdasarkan peraturan presiden. "Tim akan melakukan berkoordinasi dengan Kantor Menko Perekonomian," kata Djoko.
kalau ini terbukti indonesia akan memiliki jembatan terpanjang di dunia
sumber :http://bisnis.vivanews.com