Motor 2-tak secara teoritis memang lbh boros BBM krn frekuensi pembakarannya lbh banyak (2 kali langkah piston, sekali pembakaran). Sedang motor 4 langkah relatif lbh hemat krn piston melangkah 4 kali baru terjadi sekali pembakaran. Cuman dari segi akselerasi tentu motor 2 langkah lbh cepat.
Motor 4 langkah sendiri ada jenis yg lebih irit dan ada yg lbh boros (dgn vulome silinder yg sama) sekalipun tdk seboros 2 langkah.
Volume silinder adalah merupakan luas penampang piston (bore) dikalikan dgn panjang langkah (stroke). Umpamakan seperti gelas yg volumenya 110 cc, ada yg luas penampangnya 10 cm? tingginya 11 cm tapi ada yg penampangnya 11 cm? tingginya 10 cm.
Mana yg lbh irit? Tentu yg penampangnya lbh kecil tapi langkahnya lbh tinggi. Logikanya dlm 1 X pembakaran (4 langkah piston) piston bergerak sejauh 4 X 11 cm = 44 cm, sedang yg berpenampang lbh luas tapi langkahnya lbh pendek, dlm 1 X pembakaran piston bergerak hanya 4 X 10 cm = 40 cm. Cuma krn langkahnya pendek maka putarannya (RPM) lbh tinggi. Maka akselerasinya lbh baik daripada yg berlangkah panjang.
Honda bebek lbh irit dari merk lain yg sama? 4 tak dan cc nya sama? Mungkin jawabannya "ya", krn itu tadi, Honda langkahnya panjang. Tapi keiritan ini hrs dibayar dgn performa di ajang kebut. Pernah dengar Honda bebek menang di kelas 4 tak terbuka?
Tapi bbrp merk lain juga mengeluarkan versi langkah panjang spt Honda, contohnya Yamaha Krypton (versi 4 tak Yamaha yg pertama beredar di Indo), meskipun gagal di pasaran. Saya sdh lama tdk mengikuti perkembangan roda 2, mungkin masing? pabrikan non-Honda mengeluarkan 2 versi. Misalnya Yamaha, ada Jupiter yg menang di kecepatan dan Vega yg "sama? irit". Juga Suzuki dgn Shogun unt bertarung di sirkuit dan Smash "si gesit irit". Coba kalau mau tahu pasti, teliti spek masing? mesinnya.
Kalau soal cara mengendarai motor jelas besar pengaruhnya thd konsumsi BBM, bisa sampai 20%, jauh lbh besar daripada urusan panjang?an langkah diatas.
movistar said:
kalau mau lari motor irit di kaburatornya jarum skepnya di naikin sedikit itu pasti irit cuma.....
maksudnya dinaikin apanya? istilah jadi rancu, kalau dinaikin pengertiannya kan jarum yg nongol jadi makin pendek. Ini malah lbh boros krn bukaan lubang inlet jadi semakin besar. Tapi kalau pengertiannya dinaikin "kunci"nya berarti jarum akan semakin turun/panjang di bawah, itu memang benar, akan lbh irit krn lubang akan semakin kecil krn ketutup ujung jarum yg runcing itu. Ada baiknya unt pemakaian se-hari?, pasang aja kuncinya di tengah, ini setelan medium. Nggak terlalu boros tapi masih ada tenaga buat diajak lari. Enak di RPM rendah dan tinggi.
Semoga bermanfaat, Tolong dikoreksi kalau ada kekeliruan.