Apakah benar ada sepeda motor yang hemat & yang ga ?

indonesiaindonesia

Administrator
sesuai judul thread nya, ada yang hemat ada yang tidak ya??

kok bisa sih produsen motor bikin motor yang gak hemat, gak mau laku apa motornya?
 
ada bro contoh nya kaya motor gw honda biasa nya orang membeli honda karna irit irit itu.
dan yang bermotor 4 tak karna proses kerja motor 4 tak 1 kali kerja
menghasil kan 4 kali langkah kerja itu seinget gw bro.

dan kalo yang boros biasa nya motor yamaha terutama motor 2 tak nya lebih banyak memakan bensin dan juga harus ada oli tambahan yang di namakan oli samping buat sepeda motor yang 2 tak.
dan proses kerjanya 1 kali kerja menghasilkan 2kali langkah usaha
jadi nya putaran mensin nya lebih cepat.
kaya nya itu aja bro yang gw tau itu juga kalau ga salah.

tapi enaknya motor 2 tak kenceng aja kali kan kl motor 2 tak sering di pake buat balapan gitu macem kaya RX_king.
 
pengalaman pribadi

Setau saya di iklan seh, masing2 produsen motor emang udah nyinggung hal ini, lihat aja iklan honda (Butet bokkk), or Yamaha (ampe nakar bensin pake sendok), suzuki (indra bekti) dlll dehh.

Tapi emang selain keunggulan motor merk tertentu yg mengklaim motornya paling hemat, contoh honda. Masih ada faktor2 lain yg berpengaruh hemat/tidaknya motor tersebut.

Pengalaman pribadi, waktu motor Shogun SP saya habis di service rutin, saya merasakan motor jadi lebih hemat, biasanya hari ke-2 udah harus isi bensin, Alhamdulillah sekarang bisa hari ke-3, ya lumayanlah buat ngirit2. Hal ini dengan catatan kondisi jarak tempuh kurang lebih sama, la wong buat berangkat kerja aja, jlnnya ya itu2 aje
Ternyata klo diperhatiin, setelan karburatornya lebih pas habis di service tersebut.

Temen sih cerita juga, cara mengemudi juga pengaruh ke irit/tdknya bensin. apalagi klo suka brem2.... makin boros dah tu motor.

Gmana ada yg punya tips lainnya?
 
Gw justru malah heran kenapa ada aja yang masih mau pakai motor 2 tak.
Kan kalo dibandingin ama 4 tak, motor 2 tak itu lebih boros, mesti pakai oli samping, lebih berpolusi, dll.
 
Temen sih cerita juga, cara mengemudi juga pengaruh ke irit/tdknya bensin. apalagi klo suka brem2.... makin boros dah tu motor.



emang bener cara kita naik motor juga berpengarh dengan
pengeluaran bensin kalau kita naik motor dengan cara ngebut atau sering memainkan gas motor jadi gampang boros.
lain lagi kalau kita naik motor santai stabil bensin juga akan lebih irit...

kalau mau lari motor irit di kaburatornya jarum skepnya di naikin sedikit itu pasti irit cuma.....motor lari nya agak kurang dan sebaliknya kalau mau boros
di turunin larinya juga lumayan ....ya cuma itu boros...
 
Motor 2-tak secara teoritis memang lbh boros BBM krn frekuensi pembakarannya lbh banyak (2 kali langkah piston, sekali pembakaran). Sedang motor 4 langkah relatif lbh hemat krn piston melangkah 4 kali baru terjadi sekali pembakaran. Cuman dari segi akselerasi tentu motor 2 langkah lbh cepat.

Motor 4 langkah sendiri ada jenis yg lebih irit dan ada yg lbh boros (dgn vulome silinder yg sama) sekalipun tdk seboros 2 langkah.

Volume silinder adalah merupakan luas penampang piston (bore) dikalikan dgn panjang langkah (stroke). Umpamakan seperti gelas yg volumenya 110 cc, ada yg luas penampangnya 10 cm? tingginya 11 cm tapi ada yg penampangnya 11 cm? tingginya 10 cm.

Mana yg lbh irit? Tentu yg penampangnya lbh kecil tapi langkahnya lbh tinggi. Logikanya dlm 1 X pembakaran (4 langkah piston) piston bergerak sejauh 4 X 11 cm = 44 cm, sedang yg berpenampang lbh luas tapi langkahnya lbh pendek, dlm 1 X pembakaran piston bergerak hanya 4 X 10 cm = 40 cm. Cuma krn langkahnya pendek maka putarannya (RPM) lbh tinggi. Maka akselerasinya lbh baik daripada yg berlangkah panjang.

Honda bebek lbh irit dari merk lain yg sama? 4 tak dan cc nya sama? Mungkin jawabannya "ya", krn itu tadi, Honda langkahnya panjang. Tapi keiritan ini hrs dibayar dgn performa di ajang kebut. Pernah dengar Honda bebek menang di kelas 4 tak terbuka?

Tapi bbrp merk lain juga mengeluarkan versi langkah panjang spt Honda, contohnya Yamaha Krypton (versi 4 tak Yamaha yg pertama beredar di Indo), meskipun gagal di pasaran. Saya sdh lama tdk mengikuti perkembangan roda 2, mungkin masing? pabrikan non-Honda mengeluarkan 2 versi. Misalnya Yamaha, ada Jupiter yg menang di kecepatan dan Vega yg "sama? irit". Juga Suzuki dgn Shogun unt bertarung di sirkuit dan Smash "si gesit irit". Coba kalau mau tahu pasti, teliti spek masing? mesinnya.

Kalau soal cara mengendarai motor jelas besar pengaruhnya thd konsumsi BBM, bisa sampai 20%, jauh lbh besar daripada urusan panjang?an langkah diatas.

movistar said:
kalau mau lari motor irit di kaburatornya jarum skepnya di naikin sedikit itu pasti irit cuma.....

maksudnya dinaikin apanya? istilah jadi rancu, kalau dinaikin pengertiannya kan jarum yg nongol jadi makin pendek. Ini malah lbh boros krn bukaan lubang inlet jadi semakin besar. Tapi kalau pengertiannya dinaikin "kunci"nya berarti jarum akan semakin turun/panjang di bawah, itu memang benar, akan lbh irit krn lubang akan semakin kecil krn ketutup ujung jarum yg runcing itu. Ada baiknya unt pemakaian se-hari?, pasang aja kuncinya di tengah, ini setelan medium. Nggak terlalu boros tapi masih ada tenaga buat diajak lari. Enak di RPM rendah dan tinggi.

Semoga bermanfaat, Tolong dikoreksi kalau ada kekeliruan.
 
"Gw justru malah heran kenapa ada aja yang masih mau pakai motor 2 tak.
Kan kalo dibandingin ama 4 tak, motor 2 tak itu lebih boros, mesti pakai oli samping, lebih berpolusi, dll."

Tapi kan kenceng bos....

Balik ke judulnya bung momod, tentang motor yang irit sebenarnya ada sech

motor gw termasuk ngirit banget loh, bisa dibandingin dengan motor teman2 semua. kalo dipake ngantor dengan jarak 2 Km dari rumah, bensin gak bakal habis....
sebab motor gw taruh di atas angkot wakakakakakkka
 
yang gampang diinget,yang bkin boros ya oli samping wat 2tak n cara pemakaian motor,,
 
2 tak itu kan 2 selinder dan kalo 4 tak kan 4 selinder dan misalnya 3 tak sepertinya gak ada tuh bro dan sepertinya hanya ganjil yg gak bisa. kalo 6.8 selinder masih bisa di buat dan kalo ganjil mesinnya bisa rusak.
 
goblok lo..
kalo dua tak itu, 2 langkah , kalo 4 tak ya 4 langkah.
ngerti.....
peace man..

creeet

ada bro contoh nya kaya motor gw honda biasa nya orang membeli honda karna irit irit itu.
dan yang bermotor 4 tak karna proses kerja motor 4 tak 1 kali kerja
menghasil kan 4 kali langkah kerja itu seinget gw bro.

dan kalo yang boros biasa nya motor yamaha terutama motor 2 tak nya lebih banyak memakan bensin dan juga harus ada oli tambahan yang di namakan oli samping buat sepeda motor yang 2 tak.
dan proses kerjanya 1 kali kerja menghasilkan 2kali langkah usaha
jadi nya putaran mensin nya lebih cepat.
kaya nya itu aja bro yang gw tau itu juga kalau ga salah.

tapi enaknya motor 2 tak kenceng aja kali kan kl motor 2 tak sering di pake buat balapan gitu macem kaya RX_king.
 
Kabarnya bro, jepang udah bikin Sepedah motor dengan tenaga Matahari jadi selama amsih ada cahaya matahari it't no problem, Eh.. ada juga yang bertenaga gas, dan yang lebih hebatnya lagi ada yang bertenaga AER!!! Jadi bahan bakarnya cuma pakai air aja!!! Harganya pasti selangit tuh ye..

Tapi sayang motor itu masih dalam bentuk Proto type :D
 
Yah, setau g sih ada bos, motor yg hemat, misalnya nih, kalo sekarang kan matic mulai marak yah, nah, katanya sih matic lebih irit (yg 4 tak ya), karena matic sekarang pada pake CVT. Terus, ada honda yg pake mesin PGM-F1 (fuel injection) nah itu juga harusnya (menurut teori ya bos) lebih hemat, tapi g belon pernah nyobain sih.
 
mau yang irit dan benerbener ga keluar duit banyak???

caranya cuman lu naik sepeda aja ga usah pake motor. modalnya cuman nasi uduk seporsi udah cukup.

lumayan kan bisa irit ongkos, badan sehat, bumi pun bisa bernafas kembali.
 
Motor boros dan hemat memang sangat diperhatikan bro. Maka kita bisa memilih motor yang hemat saja dan tidak boros BBM.
 
Back
Top