dianmarcia23
New member
Photo by Austin Distel on Unsplash
Belakangan ini, banyak pengusaha yang bertanya kenapa pelayanan pelanggan berbasis online perlu diterapkan? Bila kamu salah satu orang bertanya soal hal tersebut, kamu tak sendirian. Penulis saranku untuk membaca sampai tuntas artikel ini agar pertanyaanmu terjawab.
Di masa internet dimulai banyak bisnis yang bergerak di offline diramalkan akan mulai meredup. Meredupnya bisnis tersebut lantaran tak mengikuti zaman, dalam hal ini beradaptasi dengan kehadiran internet. Kehadiran Internet telah menghadirkan bisnis model baru, yang mengubah persepsi tradisional menjadi lebih modern, bernama bisnis online.
Bisnis online adalah bisnis yang memiliki jangkauan pasar lebih luas, lantaran tidak terkendala dengan waktu dan jarak. Calon konsumen pun akan memiliki akses lebih banyak dan cepat ihwal informasi satu produk dan jasa layanan tertentu.
Sehingga boleh dikatakan pelayanan pelanggan akan cepat tanggap, karena itu bisnis ini kini mulai banyak lirik oleh perusahaan-perusahaan. Kehadiran internet memunculkan peluang bisnis baru seperti bisnis layanan jasa transportasi, jasa cuci mobil, jasa cleaning service dan masih banyak lagi.
Tak cuma sampai di sana, internet pun memunculkan bisnis berskala kecil seperti bisnis rumahan, online shop, karena bisa dikatakan bisnis online adalah bisnis modal kecil. Sehingga dari mulai pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga bisa menjalamkan bisnis online.
Keuntungan jika usaha kamu mulai beralih ke bisnis online diantaranya:
Jangkauan Pasar Lebih Luas
Bisnis online membawa usaha kamu menjangkau pasar lebih luas, yang global. Siapa saja, di mana saja selama memiliki koneksi internet bisa melihat produk dan layanan kamu secara online. Kamu pun bisa merasakan kebebasan hidup karena bisa bekerja atau menjalankan bisnis dari mana saja, tetapi dengan catatan tempat kamu berada harus terjangkau internet.
Informasi Lebih Mudah Sampai ke Pelanggan
Jika dalam bisnis offline, kamu harus bersusah payah dan memakan waktu lama untuk menyampaikan informasi kepada calon konsumen terkait produk yang kamu tawarkan, kini kehadiran internet telah mengubah hal tersebut. Kiwari dalam hitungan menit saja, informasi terkait produk berupa barang atau jasa bisa sampai ke tangan konsumen. Adapun media atau platfotm beragam mulai dari informasi yang tertera di website, media sosial, email hingga dalam bentuk aplikasi.
Layanan ke Pelanggan Jadi Lebih Baik
Dalam menjalankan sebuah bisnis, pelayanan pelanggan adalah hal yang utama. Sebab seperti pepatah lama bilang, pelanggan adalah raja. Maka dari itu kita berkewajiban untuk melayaninya dengan sebaik mungkin. Kehadiran internet telah membangun satu sistem baru yang lebih efektif, di mana si pengusaha atau penyedia jasa bisa langsung terhubung dengan pelanggan secara cepat. Adapun caranya si pelanggan bisa terhubung melalui email, facebook, twitter, website dan sebagainya. Ini menjadi cara sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
Strategi Pemasaran Lebih Efektif
Dengan kemajuan internet, dalam hal ini jaringan media sosial, mesin pencari dan sebagainya. Membuat si pemilik bisnis lebih mudah dan lebih efektif untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Kiwari telah hadir beragam platform untuk membantu mempromosikan produk kamu. Hal ini juga turut mempermudah kamu dalam mengatur bisnis, melacak dan menganalisa pola pembelian pelanggan seperti apa. Sehingga akan lebih mudah untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dan low cost.
Last edited: