Loprais Menguji Praga V4S DKR untuk Dakar 2020
Instaforex Loprais Team akan menggunakan Praga V4S DKR terbaru khusus untuk edisi ke-42 Dakar Rally. Truk tersebut dilengkapi dengan paket teknologi modern termasuk gearbox otomatis, mesin baru dan semua komponen lainnya juga telah ditingkatkan ke level yang baru.
“Bagi kami, ini seperti mobil baru dalam banyak hal. Kami bertahan dengan sasis rangka belakang yang telah diuji dengan tabung tengah, suspensi independen, dan rem drum, tetapi gearbox otomatis baru dan mesin baru memerlukan beberapa perubahan dalam elektronik. Itu juga mengubah keseimbangan truk dan pusat gravitasi. Juga menurunkan dan meringankan struktur tubuh, memodifikasi sistem pendingin kami dan detail kecil lainnya Memiliki dampak. Terdapat begitu banyak perubahan yang pada dasarnya itu adalah truk baru,” ucap Aleš Loprais menjelang Dakar Rally ke-14.
Praga V4S DKR menggunakan mesin Iveco, yang memiliki hampir 1.000 bhp. Tim harus memperhatikan dengan seksama tidak hanya pada spesifikasi teknis, tetapi juga pada kegunannya.
“Kami memiliki mesin yang sangat bagus yang tidak terkalahkan. Itu bukan target kami. Satu-satunya hal penting adalah tenaga putaran dan bagaimana anda bisa menggunakannya. Memiliki mobil yang kurang bertenaga berarti sedikit tekanan, yang artinya juga keandalan yang lebih baik dan peluang mobil bertahan lama,” ungkap pembalap berusia 39 tahun tersebut.
Keunggulan: Gearbox otomatis dan Suspensi
Tim melakukan uji pertamanya di awal November dan hasil yang positif. Pengemudi pertama telah menunjukkan betapa besar keuntungan memiliki gearbox otomatis dan juga suspensi yang di modifikasi.
“Saya sangat berharap yang terbaik dari gearbox otomatis dan tentunya, ini lebih baik! Dan ada juga kejutan menyenangkan untuk melihat apa yang dapat kami capai dengan supensi yang telah dimodifikasi,” ucap Loprais mengenai kerja rekan satu timnya.
“Gearbox otomatis berfungsi sangat baik. Untuk pertama kalinya, saya sangat menikmati berkendara dalam sebuah truk dan yang perlu saya lakukan adalah menyesuakian 'jalur'. Dan stabilitas truk membuatnya menjadi lebih baik. Saya sangat suka bagaimana truk ini mengatasi lintasan. Tidak mudah lagi untuk meletakannya diatas dua roda.”
Didukung oleh Tim Pabrik
Saat ini, sulit untuk menjalankan tim motosport ternama tanpa dukungan teknis dan finansial yang kuat. Tidak mengherankan bahwa Tim Instaforex Loprais juga berusaha untuk mendapatkan dukungan pabrik yang layak, dimiliki oleh tim-tim Dakar terbesar.
“Di Dakar, siapa yang ingin di depan, mereka setidaknya harus memiliki sebagian dukungan pabrik. Setelah Dakar 2019 saya mencoba menghubungi berbagai rekan. Saya senang bahwa Praga yang memberikan penawaran terbaik pada akhirnya. Kami bertahan dengan merek Ceko yang telah ada sejak 1907 dan masih memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Praga sedang mengerjakan banyak proyek menarik, di industri penerbangan atau mobil sport super. Kita mungkin tidak memiliki jalur produksi perakitan yang khas di belakang kita, tetapi sebaliknya kita memiliki teknologi tertentu yang tidak dapat kita miliki. Dan siapa yang tahu, mungkin kita bisa bekerja sama dan bahkan menghasilkan penerus pada Praga V3S yang legendaris,” ucap Loprais.
November Sibuk
Instaforex Loprais Team berencana untuk melakukan lebih banyak pengujian dalam minggu-minggu berikutnya di seluruh Eropa. Ini merupakan perubahan dari rencana awal, dimana tim seharusnya membandingkan teknologi lama dan baru di Semenanjung Arab.
“Saya ingin menguji truk di pasir dan bukit pasir, karena saya sedikit khawatir dengan gearboxnya. Namun, mengingat pengalaman positif di uji pertama, kita telah memutuskan untuk mengubah strategi. Kami ingin fokus menyelesaikan seluruh detail kecil di bengkel, itu juga penting. Bahkan beberapa area terkecil dapat menjadi masalah besar di Dakar, jadi kami fokus dalam meningkatkan klem, potongan ujung, tabung, semua jenis detail',” tambah Aleš Loprais.
Bertemu Tim
Penggemar akan memperoleh kesempatan khusus bertemu dengan Instaforex Loprais Team pada hari Jumat, 29 November di kantor pusat di Frenštát pod Radhoštěm. Pada hari itu, mulai pukul 14:00, akan ada pertemuan resmi namun tidak formal karena tim akan mempersiapkan perjalanan ke Perancis untuk pengawasan teknis dan administrasi.
Dakar Rally 2020 dimulai pada hari Minggu, 5 Januari di Jeddah Arab Saudi. Balapan berakhir pada 17 Januari di pusat modern terbaru Al Qiddiya. Rute keseluruhan panjangnya mencapai sekitar 9.000 kilometer.
Dengan mengemudikan Praga V4S DKR, Aleš Loprais akan bergabung oleh navigator Khalid Al-Kendi dari Uni Emirat Arab dan ahli mekanik Ceko Petr Pokora.
Sumber