Kembalinya Kupu-kupu Biru di Inggris

gupy15

Mod
Kembalinya Kupu-kupu Biru di Inggris


JAKARTA, SELASA - Salah satu kupu-kupu paling langka di Inggris kembali menampakkan diri setelah hampir 40 tahun tidak pernah terlihat lagi. Kupu-kupu Adonis Biru (Polyommatus bellargus) yang hanya hidup pada beberapa tempat di wilayah selatan Inggris telah dimasukkan ke dalam spesies yang mendapat prioritas perhatian terbesar.

Jumlahnya di alam semakin berkurang selama 50 tahun terakhir karena banyak habitatnya yang berupa padang rumput di tanah berkapur yang rusak. Namun, populasinya terlihat kembali bertambah sejak kampanye National Trust untuk mengembalikan habitatnya di Costwolds, Gloucestershire berhasil dilakukan.

Adonis Biru biasanya hidup di rerumputan yang pendek dan jarang sekali menjelajah hingga wilayah yang luas. Ketika penyakit Myxomatosis mewabah pada tahun 1950-an, banyak kelinci yang mati sehingga rerumputan terlalu tinggi dan habitat kupu-kupu tidak stabil.

Untuk mengembalikan karakter habitat Adonis Biru, para pecinta lingkungan melepaskan ternak di sekitar padang rumput. Sejauh ini, sejumlah besar spesies kupu-kupu jenis ini berbondong-bondongi ke habitatnya kembali di antara wilayah Rodborough dan Minchinhampton.

"Kupu-kupu tersebut tidak perlu dirisaukan lagi. Kami memperkirakan Adonis Biru diuntungkan dengan musim dingin yang tidak terlalu dingin dan musim panas yang lebih panas dan ia akan bertelur antara Agustus hingga September ini," kata Matthew Oakes, ahli kupu-kupu dan penasihat National Trust.

"Ini adalah salah satu kupu-kupu yang kami sukai dan kami sangat senang melihatnya dapat kembali ke Costwolds," ujarnya.


Sumber: BBC
Penulis: Wah

ket gambar: Kupu-kupu Adonis Biru (Polyommatus bellargus) merupakan salah satu kupu-kupu paling langka yang hanya hidup pada beberapa wilayah di selatan Inggris.
 

Attachments

  • adonis_biru.jpg
    adonis_biru.jpg
    6.8 KB · Views: 1,443
Back
Top