Situs Internet Bantu Aqua Hadapi Pesaing

irigster

New member
Tanggal: 28 Dec 2005
Sumber: Detikinet.com

NamaDomain.com, Situs web memang banyak ragam dan fungsinya. Salah satunya, seperti yang dilakukan Aqua, membantu perusahaan melawan pesaing dan mempertahankan pasar.

Rabu (21/12/2005) Aqua mengadakan relaunch situs resminya yang beralamat di Aqua.com. Peluncuran ulang situs itu dilakukan demi memperkuat edukasi pasar dan mempertahankan pangsa pasar yang sudah dimiliki.

Menurut Willy Sidharta, Vice President PT Tirta Investama, situs itu ditujukan untuk komunikasi dua arah sebagai salah satu upaya agar konsumen bisa mengerti tentang pentingnya air bagi tubuh dan kehidupan sehari-hari. Tirta adalah holding company yang memayungi PT Aqua Golden Mississipi, produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Aqua.

Selain itu, Willy juga menyebut situs itu sebagai salah satu upaya agar Aqua bisa tumbuh sesuai pertumbuhan pasar. "Agar kami tidak kehilangan market share," ujarnya dalam relaunch yang digelar di Time Break Cafe, Plaza Semanggi.

Saat ini Aqua disebut Willy menguasai 45 persen pasar . "Market share 45 persen akan kami pertahankan. Karena sudah ada 200 perusahaan AMDK tahun lalu, dan tahun ini ada sekitar 400 perusahaan dengan 800 merek," ujar Willy.

Pasar Aqua, untuk tipe kemasan galon, sempat direbut sebesar 30 persen pada tahun 2004. Situs itu juga diyakini bisa meminimalisir adanya produk Aqua palsu.

Proyeksi pasar AMDK hingga lima tahun ke depan diperkirakan akan mengalami kenaikan tahun per tahun sebesar 15 persen. Untuk tahun 2005, ujar Willy, ada slow down jadi 13 persen karena seluruh industri AMDK menaikkan harga 5 persen.

Aqua berdiri di Indonesia sejak tahun 1973. AMDK Aqua diproduksi di 14 pabrik dengan 10 mata air di berbagai tempat di Indonesia.

Pada tahun 1998, Aqua bergabung dengan Group Danone. Tahun 2005 ini Tirta Investama lagi-lagi gagal melakukan privatisasi saham PT Aqua Golden Mississippi.
 
Back
Top