tempat wisata di sekitar mojokerto

anak_dumai

New member
The Sleeping Buddha​

Adalah patung Sang Buddha tidur (The Sleeping Buddha) yang berada di dalam kawasan bernama Maha Vihara Mojopahit. Vihara umat Buddha yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ini merupakan BUDDHIST CENTRE, berada di kawasan petilasan Kerajaan Majapahit.

Berdiri diatas area seluas 20.000 M2 dalam lingkungan para pengrajin kuningan dan seniman pahat batu ( pematung ), dengan bangunan bercorak khas Jawa, beratap joglo, dinding relief batu pahat, Rupang dari batu pahat di tiga Altar pemujaan, untuk mazhab Hinayana, Mahayana dan Tantrayana ( Buddha Sakyamuni, Avalokitesvara Kwan Se Im Phosat, Dewi Tara ) didalam satu Bhaktisala.

Dibelakang Bhaktisala juga ada altar Maha Brahma / She Mien Fuk , dimana setiap bulan November diadakan peringatan Ulang Tahun maha Brahma / She Mien Fuk.

Didalam area Maha Vihara juga berdiri sebuah rupang Sleeping Buddha yang monumental, merupakan yang terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga didunia, setelah Thailand dan Nepal. Dengan ukuran panjang 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m, Rupang ini telah mendapatkan penghargaan dari MURI ( museum rekor Indonesia ).

Dibawah rupang terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gotama, hukum karmaphala dan hukum Tumimbal lahir. Sebuah kolam yang indah mengelilingi Rupang yang megah ini.

Juga terdapat bangunan perpustakaan dengan koleksi berbagai kitab dalam bahasa Sansekerta / India / Tibet / Pali /Mandarin / Inggris dan Indonesia , ruang kelas, aula pertemuan, ruang makan dan penginapan yang dapat menampung +/- 200 tamu.

Tempat ini sangat cocok untuk pelatihan Dharma, Retreat, Meditasi, Loka karya dll.

vihara1.jpg


vihara2.jpg


vihara3.jpg


vihara4.jpg


vihara5.jpg


SUMBER
 
Back
Top