Tercepat di Dunia, Rancangan Kereta Api Masa Depan Indonesia

hktoyshop

New member

Sejarah baru akan diukir Indonesia. Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki kereta supercepat yang akan mengambil rute Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 KM. Memorandum of Agreement (MoA) tentang proyek bernilai US$ 3 miliar ini telah ditandatangani di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Bila impian ini jadi kenyataan, maka Indonesia atau Jawa Barat akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini. Kereta supercepat ini akan mengalahkan kecepatan dan kecanggihan shinkansen, bullet train dari Jepang, maupun kereta supercepat di Paris, Prancis.



Dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (6/1/2010), KJRI Los Angeles memenuhi undangan CAEDZ (The Eco Synesis Group) pada tanggal 4 Januari 2010 di Los Angeles untuk menyaksikan penandatangan MoA beberapa konsorsium perusahaan di AS untuk Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH). KJRI Los Angeles diwakili oleh Konsul Ekonomi Edi Suharto dan Pejabat Promosi Investasi Los Angeles, Heldy S. Putera.
Penandatangan MoA proyek US$ 3 miliar yang berupa pembangunan kereta super cepat dan ramah lingkungan Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 km tersebut merupakan penandatanganan lanjutan dari penandatanganan awal yang dilakukan oleh beberapa konsorsium di Kuala Lumpur tanggal 1 Desember 2009.
Hadir dalam kesempatan acara yang difasilitasi oleh CAEDZ tersebut 20 orang pengusaha dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium seperti Aqua PhyD (California), Inc, McGladrey & Pullen (California), The Interstate Traveller Company LLC (Detroit) dan Copernicus International (California). eCompass Group diharapkan akan menandatangani MoA hari selanjutnya


Dengan penandatanganan MoA tersebut, seluruh konsorsium yang terdiri dari 15 perusahaan telah menandatangani MoA dimaksud. Kelima belas perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri dari Aon Risk Service Inc, Aqua-PhyD Inc, Aruna Solutions, Asian Energy Limited, Tricap Group, Copernicus International, eCompass Group, Fidelity National Financial, Global Green Management, McGladry & Pullen, Modular Integrated Technologies, Obermeyer Planen+Beraten, Pembinaan Aktif Gemilang, The Interstate Traveller Company, dan Tum Geotechnical Research.
Menurut Marjorie Hoeh, Director for Investment, Finance and Business Development CAEDZ, proyek tersebut merupakan salah satu proyek dari sejumlah proyek Pembangunan Koridor Ekonomi Jawa Barat yang mencakup wilayah Bandung, Sumedang, Majalengka dan Cirebon atau seluas 7.200 km2 atau kurang lebih seluas Silicon Valley di California (6,539 km2).


Keseluruhan proyek yang bernilai US$ 500 miliar tersebut di dalamnya termasuk rencana pembuatan Lapangan Terbang Internasional di Kertajati, Majalengka dan pembangunan serta pengembangan Pelabuhan laut Internasional di Cirebon.

Terkait time table Proyek H2RSH, Marjorie Hoeh menyampaikan bahwa feasibility study proyek tersebut akan mulai dilakukan pada tanggal 11 Januari 2010 yang akan berlangsung selama 90 hari. Setelah itu bila diputuskan feasible, proyek akan mulai dikerjakan dan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun kereta super cepat tersebut sudah akan mulai beroperasi.

“Bila time table ini berjalan sesuai perencanaan, maka Jawa Barat atau Indonesia akan tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertama di dunia bagi beroperasinya moda transportasi yang super canggih ini,” kata Edi Suharto.

Menurut Edi, dalam tayangan video digambarkan bagaimana moda transportasi modern tersebut beroperasi dan memberi keuntungan/keunggulan jika dibandingkan dengan moda generasi sebelumnya seperti shinkansen (bullet train dari Jepang). Keuntungan tersebut antara lain terkait biaya konstruksi yang lebih murah (US$ 10 juta/mil sedangkan moda konvensional sampai US$ 36 juta/mil), break event point diperkirakan hanya 2 tahun sedangkan moda konvensional sekitar 50 tahun, berbeda dengan moda konvensional yang hanya mengangkut orang moda transportasi baru tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (freights dan automobiles).

H2RSH juga memberikan alternatif transportasi yang efektif mengingat dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat sehingga diperkirakan dapat menghemat waktu ke tempat tujuan. Selain itu, H2RSH memberikan kentungan ekonomis dikarenakan selain berfungsi sebagai moda transportasi dapat menghasilkan energi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan energi daerah tertentu, seperti tenaga listrik, air bersih, dan lain-lain. Luar biasa!
sumber


..

gambardownload.gif

 
^ pasti lama ya, keburu kita udah tua kali ya

tapi amiiinnnnn, ya super canggih ya dan keliatannya banyak banget memakan biaya. liat kedepannya gimana...
 
Semoga aja gak ada yang usil pake biaya pengembangan kereta itu untuk urusan pribadi. Dukung aja ah, yang penting tujuannya bagus
 
wah, gila ...
salut deh ama orang luar negeri yg ingin mencoba di bumi pertiwi ...

semoga dana pembangunan dan biaya pemeliharaannya gk dilahap ama orang 'gila' ...
 
Yang penting adalah pelayanan publiknya. btw KA Indonesia pelayanannya tidak memuaskan pengguna.
ya... gitulah...
 
kapan tu kira kira terealisasinya/

^ pasti lama ya, keburu kita udah tua kali ya

tapi amiiinnnnn, ya super canggih ya dan keliatannya banyak banget memakan biaya. liat kedepannya gimana...
Hayooo...nggak baca atau emang terlewat?? :))
Setelah itu bila diputuskan feasible, proyek akan mulai dikerjakan dan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun kereta super cepat tersebut sudah akan mulai beroperasi.
wah ko gak pernah muncul beritanya di televisi ya? bener gak nih? :D
Berita ini malah sebenarnya udah lama banget, sekitar 3-4 tahun yang lalu...
Ketika itu pemerintah daerah Jawa Barat yang merencanakannya dan kalo nggak salah bekerja sama dengan perusahaannya Jusuf Kalla....




-dipi-
 
KGB langganan Bonek masih ada Cak.... :))

Aku pernah coba2 naik kereta ini... Wuiiihh... Luar biasa... :))




-dipi-
 
Hayooo...nggak baca atau emang terlewat?? :))


Berita ini malah sebenarnya udah lama banget, sekitar 3-4 tahun yang lalu...
Ketika itu pemerintah daerah Jawa Barat yang merencanakannya dan kalo nggak salah bekerja sama dengan perusahaannya Jusuf Kalla....




-dipi-

wew iya, apakah sudah benar tu 2 tahun lagi dari sekarang??berarti 2014 dunk?kok belum ada pembuatannya ya? atau malah saya yang gak tau? :D

maaf ya... :)
 
wew iya, apakah sudah benar tu 2 tahun lagi dari sekarang??berarti 2014 dunk?kok belum ada pembuatannya ya? atau malah saya yang gak tau? :D

maaf ya... :)
Aku quote lagi kalimat yang sama ya, tapi dengan bold yang berbeda... :))
Setelah itu bila diputuskan feasible, proyek akan mulai dikerjakan dan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun kereta super cepat tersebut sudah akan mulai beroperasi.




-dipi-
 
KGB langganan Bonek masih ada Cak.... :))

Aku pernah coba2 naik kereta ini... Wuiiihh... Luar biasa... :))




-dipi-

iya, kereta Gaya Baru masih ada, luar biasa apa non? luar biasa tumplek blek plus bonus bau keringat ya? :mad:) :mad:) :mad:)
 
Back
Top