Perang Rusia VS Ukraina & NATO
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Perang Rusia VS Ukraina & NATO

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Amerika semakin dekat


Dubes RU untuk Ukraina, Ghafur Dharmaputra, mengungkapkan kondisi WNI yang tinggal di salah satu wilayah kekuasaan kelompok separatis, Luhansk, Warga di Luhansk yang ingin menyeberang ke wilayah separatis pro-Rusia. (AP/Vadim Ghirda)

Dubes RI untuk Ukraina Ungkap Kondisi WNI di Luhansk

Jakarta, CNN Indonesia --

Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukraina, Ghafur Dharmaputra, mengungkapkan kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di salah satu wilayah kekuasaan kelompok separatis pro-Rusia, Luhansk, di tengah konflik yang makin panas.

"Ada sayu perempuan (WNI) yang bersuami warga negara asing, di Luhansk. (Kondisinya) baik. Kotanya juga masih normal," kata Ghafur kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/2) malam.

Kedutaan Besar RI di Kiev, lanjut dia, sudah berkomunikasi dengan yang bersangkutan. WNI tersebut dan sang suami masih ada di Luhansk dan tetap bekerja seperti hari-hari biasa.

Berdasarkan data terakhir yang dicatat KBRI Kiev, ada 145 WNI yang tinggal di wilayah Ukraina, mayoritas tinggal di wilayah Kiev dan Odesa.

Sementara itu, kondisi di Kiev sendiri menurut Ghafur masih relatif aman. Di Rusia juga belum ada pergerakan pasukan ke Ukraina usai geger invasi telah dimulai.

"Dari teman yang bertugas di Moskow, belum ada pergerakan tentara Rusia ke Ukraina. Di Kiev masih sama (Kondusif)," jelas Ghafur saat dipastikan kondusif atau tidaknya kondisi di Kiev.

Krisis antara Ukraina dan Rusia semakin meningkat usai Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan wilayah yang dikuasai kelompok separatis Donetsk dan Luhansk.

Usai melontar pernyataan itu, dia menandatangani pengiriman pasukan ke Ukraina timur dengan dalih menjaga perdamaian di perbatasan.

Sebelum ada pengakuan Putin, pemimpin di kedua wilayah itu juga mengklaim mendapat serangan dari pasukan Ukraina. Namun, Kiev membantah tuduhan tersebut.

Mereka lalu meminta warga untuk menyeberang ke Rusia demi keamanan. Per Senin (21/2) sudah ada 61 ribu pengungsi dari Donbas yang tiba di Negeri Beruang Merah.

Kelompok separatis kedua wilayah itu dan pasukan Ukraina kerap bertempur usai Rusia mencaplok Crimea pada 2014 lalu.
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118

Loading...
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Amerika semakin dekat

Rusia Umumkan Perang, Kota-kota Besar Ukraina Langsung Dihantam Ledakan


Asap membubung usai ledakan di desa Novohnativka, wilayah Donetsk, tak jauh dari pos militer Ukraina di garis depan melawan separatis yang didukung Rusia, Sabtu (19/2/2022).(AFP/ANATOLII STEPANOV)

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (23/2/2022) mendeklarasikan perang dengan Ukraina, menurut laporan dari New York Post. Putin mengeklaim Rusia sedang melakukan operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi Ukraina. Tak lama setelah pidato Putin di televisi yang ditayangkan sebelum pukul 6 pagi waktu setempat, suara ledakan terdengar di Kramatorsk, Ukraina, diikuti laporan suara ledakan atau tembakan artileri di Kharkiv, Odessa, Mariupol, dan ibu kota Kiev, semuanya kota besar di Ukraina.

Putin mengatakan, Rusia tidak berniat menduduki Ukraina dan menyalahkan pemerintah negara tetangganya itu atas potensi pertumpahan darah. Dia mengancam negara-negara yang mencoba mengganggu tindakannya bakal menghadapi konsekuensi yang belum dilihat. Dalam pidatonya Putin berbicara kepada pasukan Ukraina, mendesak mereka untuk meletakkan senjata. Presiden Amerika Serikat Joe Biden kemudian merilis pernyataan tak lama setelah aksi militer dimulai, dengan menyebut agresi itu sebagai serangan tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan oleh Rusia.

"Putin telah memilih perang yang direncanakan yang akan membawa korban jiwa dan penderitaan manusia," katanya pada Rabu (23/2/2022) malam. “Rusia sendiri yang bertanggung jawab atas kematian dan kehancuran yang ditimbulkan oleh serangan ini, dan Amerika Serikat serta para sekutu dan mitranya akan merespons dengan cara yang bersatu dan tegas. Dunia akan menuntut pertanggungjawaban Rusia.”

Biden berujar, dia akan memantau situasi dari Gedung Putih pada Rabu malam dan berencana bertemu para mitra dari G7 pada Kamis (24/2/2022) pagi, untuk mengumumkan sanksi lebih lanjut dari AS dan sekutunya atas serangan Rusia ke Ukraina.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908






Reply With Quote     #15   Report Post  

spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908



loading...



Reply With Quote     #16   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Suasana Lapangan Kemerdekaan di pusat Kiev, Ukraina, Jumat (25/2/2022). Foto: Valentyn Ogirenko/REUTERS

Rentetan Suara Tembakan Terdengar di Dekat Kantor Pemerintah Pusat Kiev

Tembakan terdengar di dekat kantor pemerintah di pusat Ibu Kota Ukraina, Kiev, Sabtu (26/2) pagi waktu setempat.

Seorang saksi mengungkap ia mendengar tembakan tersebut, dikutip dari Reuters.

Ukraina sebelumnya melaporkan serangan Rusia terhadap pangkalan militer yang dekat dengan pusat kota Kiev berhasil dihalau. Dikutip dari Reuters, pasukan Rusia menyerang pangkalan militer yang berlokasi di jalan utama Ibu Kota Kiev.


Puing-puing kendaraan tergeletak di jalan setelah bentrokan antara pasukan Ukraina dan kelompok penyerang Rusia di ibu kota Ukraina, Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). Foto: SERGEI SUPINSKY/AFP


Kondisi bangunan tempat tinggal yang rusak di Jalan Koshytsa, pinggiran ibu kota Ukraina, Kyiv, tempat serangan bom militer diduga terjadi, Jumat (25/2/2022). Foto: Genya Savilov/AFP

“Kriminal militer Rusia menyerang salah satu unit militer di Kiev di Victory Avenue (Jalan Victory). Serangan tersebut telah dipukul mundur,” tulis Angkatan Bersenjata Ukraina dalam unggahan di Facebook resminya.

Dentuman ledakan dan tembakan di berbagai lokasi di Ibu Kota Kiev terus berlanjut pada invasi Rusia ke Ukraina yang telah memasuki hari ketiga ini.

Pasukan rusia yang memasuki wilayah Kiev mulai menyerang dari Maidan Square (Independence Square), Kiev Zoo di sebelah barat pusat kota, hingga pembangkit listrik tenaga thermal di Troieshchyna, sebelah timur laut pusat kota.


spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908






Reply With Quote     #17   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Pasukan Ukraina (REUTERS/CARLOS BARRIA)

Ukraina Siap Diskusikan Gencatan Senjata dan Perdamaian dengan Rusia

Juru bicara presiden Ukraina, Sergii Nykyforov, menyatakan negaranya siap mendiskusikan gencatan senjata dan perdamaian untuk mengatasi konflik dengan Rusia, Jumat (25/2).

"Ukraina telah dan terus siap membicarakan gencatan senjata dan perdamaian. Ini merupakan kondisi konstan kami," kata Nykyforov, yang mana adalah juru bicara Presiden Volodymyr Zelensky, Jumat (25/2), dikutip dari CNN.

"Kami menyetujui proposal Presiden Federasi Rusia (Vladimir Putin). Saat ini, dalam waktu ini, kedua pihak (sedang mendiskusikan) tempat dan waktu untuk proses negosiasi. Semakin cepat negosiasi dimulai, semakin baik kesempatan kita untuk kembali hidup normal," lanjutnya.

Komentar Nykyforov ini muncul setelah Rusia mengatakan bakal mengirimkan perwakilan mereka ke ibu kota Belarus, Minsk, untuk berbicara dengan delegasi Ukraina.

"Melanjutkan permintaan Zelensky untuk membicarakan status netral Ukraina, (Presiden Rusia Vladimir) Putin akan mengirim perwakilan dari Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, dan pemerintahannya untuk bernegosiasi dengan delegasi Ukraina," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Seperti diketahui, Ukraina semakin terdesak kala Putin memutuskan menyerang negara itu. Pasukan Rusia disebut telah mendekati Kiev pada Jumat (25/2).

Ledakan dan tembakan juga terus terjadi di Ukraina, membuat Zelensky mendesak Rusia untuk berdiskusi demi menyetop bertambahnya korban jiwa.

"Saya ingin berbicara dengan Presiden Federasi Rusia sekali lagi. Ada pertempuran di seluruh Ukraina saat ini. Mari duduk di meja negosiasi untuk menghentikan kematian lebih banyak orang," tutur Zelensky dalam pesan video, Jumat (25/2).


spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908






Reply With Quote     #18   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Amerika semakin dekat


Putin Ungkap Alasan Utama Perang dengan Ukraina (FOTO: MNC Media)


Putin Ungkap Alasan Utama Perang dengan Ukraina

IDXChannel - Rudal Rusia telah dijatuhkan di tanah Ukraina dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyatakan perang dan menginvasi Ukraina.

Dalam pidatonya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (25/2/2022), Putin mengungkapan alasan sebenarnya menginvasi Ukraina yang dipicu ekspansi (North Atlantic Treaty Organization (NATO) ke arah timur yang berdekatan dengan perbatasan Rusia. Hal ini dianggap sebagai ancaman besar bagi Rusia, karena rudal-rudal NATO bisa saja dengan mudah menembus Rusia terutama jantung Ibu Kota Negara yakni Moskow.

“30 tahun kami sabar dan berusaha mencapai kesepakatan dengan negara-negara NATO, namun kami selalu menghadapi penipuan dan kebohongan. Mesin militernya terus bergerak dan mendekati perbatasan kita,” ungkap Putin.

Langkah NATO ini membuat Putin berang, apalagi Rusia pernah merasakan hancurnya Uni Soviet pada akhir 1980-an dalam perang dunia kedua. Uni Soviet resmi bubar pada 26 Desember 1991 dan terpecah menjadi 15 negara.

“Pengalaman ini harus menjadi pelajaran bagi kita, karena telah menunjukkan kepada kita bahwa kelumpuhan kekuatan dan kemauan adalah langkah pertama menuju degradasi dan pengacuhan total. Kami kehilangan kepercayaan diri tapi itu hanya sesaat dan itu cukup untuk menggangu keseimbangan kekuatan di dunia,” kata Putin.

Putin juga bicara tentang hukum internasional, tentang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyetujui kekuatan militer di Irak, Libya dan Suriah yang ujungnya menciptakan terorisme internasional dan mendorong negara-negara tersebut menuju bencana kemanusiaan dan perang saudara yang terus berlanjut bertahun-tahun.

Faktanya kata Putin, tudingan-tudingan terhadap negara-negara tersebut seperti tudingan Amerika Serikat (AS) terhadap Irak karena keberadaan senjata pemusnah massa ternyata semuanya palsu.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908






Reply With Quote     #20   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO

tujuan Rusia, hancurin pemerintahan Ukraina & tangkap/bunuh presidennya ya?
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 8.134
 
Reputasi: 176

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 6
agungsuhada, ilhambch, jihanhijriah05, kentong3
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2023, Jelsoft Enterprises Ltd.