Perang Rusia VS Ukraina & NATO
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Perang Rusia VS Ukraina & NATO

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #21   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO

Kutip:
Oleh agungsuhada View Post
tujuan Rusia, hancurin pemerintahan Ukraina & tangkap/bunuh presidennya ya?
menurut beberapa pengamat militer internasional. Tujuan utama rusia itu menginvasi ukraina untuk menggulingkan presidennya disebabkan karena pro Barat. Ingin bergabung dengan NATO. Jika ukraina dapat meyakinkan Rusia bahwa tidak akan gabung NATO bisa saja invasi ini tidak terjadi

sekarang yg terjadi adalah perang opini antara NATO/amerika dan pihak rusia


rusia menuduh NATO dan amerika ingin melemahkan rusia agar mereka bisa menguasai jalur perdagangan di kawasan tersebut.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908

Loading...
       





Reply With Quote     #22   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO

Kutip:
Oleh agungsuhada View Post
tujuan Rusia, hancurin pemerintahan Ukraina & tangkap/bunuh presidennya ya?
ngeri2 sedaaap ya pak mimin
kentong3 kentong3 is offline
City Level

Post: 288
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #23   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky - Times of Israel


Negosiasi Rusia dan Ukraina Dimulai, Ini Harapan Presiden Zelensky

Bisnis.com, JAKARTA – Negosiasi gencatan senjata antara Ukraina dan Rusia akhirnya dimulai, di mana kedua Negara sepakat pertemuan digelar di perbatasan Belarusia, Senin (28/2). Dikutip melalui laman Al Jazeera, Kantor presiden Ukraina menyatakan, tujuan utama dari negosiasi adalah mencapai gencatan senjata segera serta penarikan pasukan Rusia.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pasukannya merebut dua kota kecil yakni Berdyansk dan Enerhodar di tenggara Zaporizhzhya, Ukraina. Bahkan, kementerian mengklaim telah merebut pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhya. Namun, Ukraina membantah PLTN jatuh ke tangan Rusia seraya menegaskan fasilitas tetap beroperasi nomal.

Selain itu pada Senin (28/2) pagi ledakan terdengar di Kiev dan Kota Kharkiv. Ukraina lagi-lagi membantah klaim bahwa kota-kota utama telah jatuh ke tangan Rusia. Dikutip melalui laman The New York Times, Presiden Volodymyr Zelensky mengungkapkan sedikit harapan bahwa pembicaraan akan mengakhiri pertempuran.

“Rusia tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan bahkan ketika ekonominya terhuyung-huyung di bawah sanksi,” kata Zelensky dikutip melalui New York Times, Senin (28/2/2022) Untuk diketahui, dengan konvoi kendaraan militer Rusia sepanjang tiga mil yang menekan Kiev, delegasi Ukraina bertemu dengan rekan-rekan dari Rusia pada hari Senin (28/2) di Belarus, bahkan ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan sedikit harapan bahwa pembicaraan akan mengakhiri pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 350 warga sipil sejak invasi Rusia dimulai.

Zelensky mengatakan bahwa Ukraina akan mendorong untuk gencatan senjata segera dan penarikan pasukan,

Sementara itu, Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada para pemimpin militer untuk menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam keadaan waspada sebagai tanggapan atas sanksi tidak sah yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang mengumumkan penutupan total Uni Eropa. wilayah udara ke pesawat Rusia.

Pasukan Rusia melakukan serangan rudal di seluruh Ukraina semalam, menurut Oleksiy Arestovych, penasihat kepala kantor presiden. Kantornya melaporkan pemogokan di Kiev, Zhytomyr, Zaporizhzhia dan Chernihiv. Tidak ada perincian lebih lanjut segera tersedia dalam hal korban

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908

d-net:





Reply With Quote     #24   Report Post  

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada 2011./Antara - HO/China Daily


China Tegaskan Tetap Buka Perdagangan dengan Rusia, Sembari Tegur AS

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah yang tergolong berbeda dibandingkan negara-negara lain seperti Amerika Serikat, diambil oleh China. Negeri Panda tersebut menyatakan tetap akan membuka perdagangan dengan Rusia dan mengecam Negeri Paman Sam.

Seperti dilansir dari Antara, Senin (28/2/2022), China memgaku akan tetap menjalin kerja sama perdagangan dengan Rusia yang terkena sanksi sistem pembayaran antarbank internasional (SWIFT) oleh Amerika Serikat dan beberapa negara sekutunya terkait krisis Ukraina.

"China dan Rusia akan tetap melanjutkan kerja sama perdagangan secara normal dengan semangat saling menghormati dan saling menguntungkan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Wang Wenbin di Beijing, Senin (28/2/2022).

China pun menilai langkah yang dilakukan oleh AS dan negara-negara Eropa lain dalam menghapus Rusia dari pemanfaat Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) adalah langkah ilegal. Untuk itu China menilai langkah negara-negara Barat itu layak ditentang. Seperti diketahui, AS bersama dengan Kanada dan beberapa negara Eropa menghapus Rusia dari SWIFT pada Sabtu (26/2).

SWIFT sendiri adalah jaringan yang dimiliki oleh perbankan dan lembaga keuangan di sebagian besar negara-negara di dunia untuk menerima dan mengirim informasi terkait transaksi keuangan dan lain sebagainya.

"China menentang sanksi untuk mengatasi masalah, apalagi sanksi unilateral tersebut tidak sesuai dengan hukum internasional," ujar Wang. Menurut dia, sanksi kepada Rusia itu tidak akan menyelesaikan masalah dan justru akan menciptakan masalah baru. Da mengingatkan AS agar tidak merusak kepentingan China dan pihak lain dalam mengatasi krisis Ukraina.

"Kami juga meminta agar pihak AS tidak mengganggu kepentingan China dan pihak lain ketika menangani masalah Ukraina dalam kaitannya dengan Rusia," ujarnya.

.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908

d-net:





Reply With Quote     #25   Report Post  

spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 73.923
 
Reputasi: 1908



loading...



Reply With Quote     #26   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


(FILES) Foto kombinasi ini menunjukkan Presiden AS Joe Biden (kiri) saat memberikan sambutan tentang implementasi Rencana Penyelamatan Amerika di Ruang Makan Negara Gedung Putih di Washington, DC pada 15 Maret 2021; dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat ia dan mitranya dari Turki mengadakan pernyataan pers bersama setelah pembicaraan mereka di Kremlin di Moskow pada 5 Maret 2020. Presiden Joe Biden dan Vladimir Putin memulai panggilan telepon pada 30 Desember 2021 tentang solusi diplomatik atas meningkatnya ketegangan Rusia-Barat atas Ukraina.

Balas Kritik Biden, Menlu Rusia Samakan Amerika dengan Hitler

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov menyamakan Amerika Serikat (AS) dengan Hitler dan Napoleon.

Lavrov mengatakan AS mendikte Jerman apa yang baik untuk ketahanan energi Eropa.

"Dan mereka mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkan pipa itu (Nordstream 2) dan keamanan itu akan dijamin dengan pasokan dari AS, yang beberapa kali lebih mahal," tutur Lavrov sebagaimana dilansirSky News, Kamis (3/3/2022).

Lavrov menambahkan AS mencoba memaksakan pandangan mereka sendiri tentang masa depan Eropa.

"Napoleon dan Hitler, mereka memiliki tujuan untuk menguasai seluruh Eropa. Sekarang AS telah menguasai Eropa," imbuh Lavrov.

"Dan kami melihat bahwa situasi ini benar-benar menunjukkan peran apa yang dimainkan Uni Eropa dalam situasi global,"sambung Lavrov.

xxx

Lavrov melanjutkan dengan berbicara tentang bagaimana dalam film ada kejahatan mutlak dan kebaikan mutlak dan mengatakan gambaran global berada dalam keadaan yang sama.

Dia menambahkan bahwa dia yakin jika "histeria" akan berakhir.

Lavrov juga mengatakan bahwa Rusia akan duduk bersama Ukraina untuk berunding.

"Tetapi hanya dengan satu syarat bahwa itu harus menjadi pihak yang setara yang bernegosiasi," ujar Lavrov.

AS Sebut Putin Diktator


Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mencap Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai diktator.

Dia menyebut Putin akan menghadapi isolasi ekonomi dan diplomatik yang melemahkan Rusia karena menyerang Ukraina, dan memperingatkan dunia berada dalam "pertempuran" antara demokrasi dan otokrasi.

Saat menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya ke sesi gabungan Kongres dan rakyat Amerika, Biden memuji dinding kekuatan Ukraina yang telah berdiri tegak melawan penjajah Rusia.

Dalam kesempatan itu, Biden menjelaskan tidak akan ada sepatu bot AS di lapangan dalam perang yang sudah berlangsung seminggu di ambang pintu Eropa.

"Biar saya perjelas, pasukan kami tidak terlibat, dan tidak akan terlibat, dalam konflik dengan pasukan Rusia di Ukraina," kata pemimpin Demokrat itu, dikutip dari AFP.

Namun Biden tetap melontarkan kritik pedas kepada Putin.

"Seorang diktator Rusia, yang menginvasi negara asing, menimbulkan kerugian di seluruh dunia," kata Biden.

"Dalam pertempuran antara demokrasi dan otokrasi, demokrasi meningkat hingga saat ini, dan dunia jelas memilih sisi perdamaian dan keamanan," tambah dia.

Barat, yang dipimpin oleh langkah-langkah baru yang keras dari AS, telah meluncurkan pertempuran ekonomi yang sengit dengan Rusia, melepaskan gelombang sanksi yang mengancam akan membuat ekonomi Rusia bertekuk lutut.

Membidik oligarki Rusia dan "pemimpin korup" yang menurut Biden telah menipu miliaran dolar dari rezim Putin, presiden AS menyampaikan peringatan keras bahwa Barat akan merebut kapal pesiar mereka, apartemen mewah mereka, serta jet pribadi mereka.

"Kami datang untuk keuntungan buruk Anda," kata Biden disambut tepuk tangan.

Sumber: Sky News/AFP/Kompas.TV
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118






Reply With Quote     #27   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Foto yang diabadikan pada 10 Februari 2022 ini menunjukkan Kremlin di Moskow, Rusia. (Xinhua/Bai Xueqi)

Rusia hentikan pengiriman mesin roket ke AS

MOSKOW, 3 Maret (Xinhua) -- Rusia memutuskan untuk menghentikan pengiriman mesin roket ke Amerika Serikat (AS) sebagai respons atas gelombang baru sanksi dari negara-negara Barat terkait konflik Ukraina, sebut badan antariksa negara Roscosmos pada Kamis (3/3).

"Pengiriman tersebut cukup aktif sejak pertengahan tahun 1990-an, termasuk mesin RD-180 yang digunakan pada roket Atlas-V," kata Direktur Jenderal Roscosmos Dmitry Rogozin kepada sebuah program televisi Rusia.

Dia juga meminta AS untuk "terbang menggunakan sapu."
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118






Reply With Quote     #28   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Jens Stoltenberg menegaskan NATO tak ingin berperang dengan Rusia (Foto: Reuters)

Tolak Permintaan Ukraina, NATO Tegaskan Tak Ingin Perang dengan Rusia

BRUSSEL, iNews.id - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menolak permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melindung wilayah udaranya dari gempuran pasukan Rusia. NATO tak ingin terseret dalam perang dengan Rusia.

Meski demikian negara-negara Eropa menjanjikan sanksi yang lebih banyak bagi Rusia untuk menghukum Presiden Vladimir Putin.

"Kami bukan bagian dari konflik ini. Kami punya tanggung jawab sebagai sekutu NATO untuk mencegah perang ini meluas di luar Ukraina karena akan lebih berbahaya, lebih menghancurkan, dan akan menyebabkan penderitaan manusia yang lebih banyak," kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg, dikutip dari Reuters, Sabtu (5/3/2022).

Zelensky mengecam keras keputusan NATO itu, bahkan menyebut aliansi tersebut seperti memberi lampu hijau bagi Rusia untuk melanjutkan pengeboman terhadap negaranya.

"Hari ini ada KTT NATO, KTT lemah, KTT membingungkan, KTT di mana jelas bahwa tidak semua orang menganggap pertempuran menjadikan kebebasan Eropa sebagai tujuan nomor 1. Hari ini, pimpinan aliansi memberi lampu hijau untuk pengeboman lebih lanjut di kota-kota dan desa-desa Ukraina, setelah menolak untuk menetapkan zona larangan terbang," kata Zelensky, dalam pesannya di video yang disiarkan televisi.

Dia sebelumnya mendesak NATO untuk menerapkan zona larangan terbang di langit Ukraina sehingga tak memberi ruang bagi Rusia untuk menyerang dari udara, baik menggunakan rudal maupun pesawat.

Aliansi beranggotakan 30 negara itu terikat dengan janji untuk saling membela jika terjadi serangan serta mewaspadai untuk tidak tenggelam dalam perang dengan Rusia, negara pemilik senjata nuklir.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan NATO akan mempertahankan setiap inci wilayah anggota dan Rusia tidak akan meragukan tekadnya itu.

"Aliansi kami adalah aliansi defensif, tidak mencari konflik. Tapi jika konflik datang kepada kami, kami siap," katanya.
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118






Reply With Quote     #29   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Gencatan Senjata Sementara di Dua Kota Ukraina Untuk Evakuasi Warga Sipil

Gencatan senjata sementara di kota Mariupol dan Volnovakha dimulai Sabtu (5/3) pukul 10:00 waktu Moskow (14:00 WIB). "Rusia menghentikan semua serangannya, untuk memungkinkan pembentukan koridor kemanusiaan, supaya warga sipil bisa mengungsi keluar dari dua kota di kawasan timur Donetsk itu", demikian pernyataan kementerian pertahanan di Moskow.

Walikota Mariupol, Vadym Boychenko, mengatakan evakuasi warga sipil dimulai pukul 11:00 waktu Moskow (15:00 WIB). Koridor kemanusiaan akan dibuka selama 5 jam. Walikota Boychenko sebelumnya menyatakan, kota di tenggara Ukraina itu tidak lagi memiliki pasokan air bersih, listrik, dan juga persediaan makanan mulai menipis.

Jika Mariupol jatuh ke tangan pasukan Rusia, ini akan memungkinkan penggabungan militer Rusia dengan satuan dari Donbass dan Crimea.

Berharap kesepakatan serupa di kota lain

Sebelumnya para juru runding Rusia dan Ukraina menyetujui dibentuknya koridor kemanusiaan di kawasan Ukraina yang paling parah dilanda pertempuran. Kota pelabuhan Mariupol dengan populasi hampir setengah juta orang dan kota kecil Volnovakha sejak beberapa hari terakhir berada dalam gempuran tentara Rusia yang terus maju ke kota itu.

Penasehat menteri dalam negeri Ukraina, Anton Heraschenko Sabtu (5/3) mengatakan, akan ada kesepakatan berikutnya dengan Rusia, mendirikan koridor kemanusiaan untuk evakuasi warga sipil dari kawasan pertempuran. "Diyakini akan ada kesepakatan lain semacam ini, untuk kawasan lainnya di Ukraina", kata Heraschenko merujuk pada evakuasi yang sedang berlangsung di kota Mariupol yang dikepung pasukan Rusia.

60.000 warga Ukraina di luar negeri pulang dan siap tempur

Menteri pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov mengatakan, sedikitnya 60.000 warganya dari luar negeri, kini kembali ke tanah airnya untuk bertempur membela negaranya dari invasi Rusia. "Warga yang pulang ke Ukraina itu, bisa membentuk formasi 12 brigade tempur tambahan" ujar menhan Ukraina itu.

Pasukan penjaga perbatasan Polandia melaporkan pekan lalu, sedikitnya 22.000 orang melintasi perbatasan masuk ke Ukraina sejak Rusia mulai menyerbu negara itu Kamis (24/2).

Presiden Ukrainia, Volodymyr Zelenskyy hari Kamis lalu juga mengatakan; "sedikitnya 16.000 pejuang dari luar negeri sedang menuju ke Ukraina, untuk melindungi kemerdekaan dan kehidupan, bagi kita dan bagi semua."

Sejauh ini tidak ada verifikasi dari kelompok independen terkait jumlah orang dari luar negeri yang masuk ke Ukraina.

as/yp (AFP. AP. dpa, Reuters)
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118






Reply With Quote     #30   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Perang Rusia VS Ukraina & NATO


Jerman dan Hungaria masih bergantung pada impor migas dari Rusia sehingga tak ingin mengenakan sanksi energi terhadap Negara Beruang Merah. Ilustrasi. (iStock/nielubieklonu).

Jerman dan Hungaria Ogah Sanksi Energi Rusia

Pemerintah Jerman dan Hungaria tak ingin menjatuhkan sanksi pada sektor energi Rusia atas agresi militer terhadap Ukraina yang dilakukan sejak 24 Februari 2022 lalu.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengungkapkan Eropa tidak dapat mengamankan pasokan energinya tanpa impor dari Rusia.

Menurit Scholz, energi sengaja dikeluarkan dari putaran sanksi sebelumnya. Ia menambahkan energi dari Rusia "penting" untuk kehidupan sehari-hari warganya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Hongaria Mihaly Varga mengatakan pemerintahnya tidak akan mendukung sanksi apapun terhadap energi Rusia.

Dalam sebuah video Facebook yang diunggah Senin (7/3), Mihaly berbicara tentang kerusakan substansial sanksi Rusia terhadap perekonomian negaranya.

"Mereka yang meminta perluasan sanksi, ingin rakyat Hongaria membayar harga perang," ujar Mihaly dikutip CNN.

Mihaly mengungkapkan Uni Eropa bergantung pada Rusia untuk 40 persen kebutuhan gas dan sekitar 27 persen untuk minyak.

Sementara itu, ketika ditanya tentang potensi sanksi terhadap energi Rusia, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan opsi yang tidak terpikirkan tiga minggu lalu itu, sekarang dipertimbangkan.

"Kita harus mempertimbangkan bagaimana kita semua bisa menjauh secepat mungkin dari ketergantungan, ketergantungan pada hidrokarbon Rusia, minyak dan gas Rusia," ujar Johnson dalam konferensi pers pada awal pekan ini.

Pada Minggu lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada CNN bahwa AS bekerja dengan sekutunya di Eropa untuk melihat kemungkinan pelarangan impor minyak Rusia sebagai bentuk pengetatan sanksi.

Namun, dampak larangan impor minyak Rusia akan berdampak minim terhadap AS mengingat Rusia hanya mewakili kurang dari 2 persen dari keseluruhan impor minyaknya.

cnnindonesia.com
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.336
 
Reputasi: 118

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 6
agungsuhada, ilhambch, jihanhijriah05, kentong3
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2023, Jelsoft Enterprises Ltd.