Negosiator
New member
Tanpa terasa sirkus F1 2007 akan mulai digelar 2 bln lagi di Melbourne. Hingar bingar musim 2006 telah berlalu. Suatu era baru telah tiba, dgn lengsernya Schumi, sang legendaris. Perubahan apa saja yg akan terjadi?
Modifikasi peraturan
Mesin
Tidak banyak yg berubah dari regulasi soal mesin. Ini dimaksudkan unt memangkas biaya pengembangan mesin. Jangan mengharap bisa melihat perubahan radikal dlm hal mesin di musim 2007 ini, bahkan sampai musim 2010 nanti.
Satu perubahan regulasi soal mesin adalah pada sesi latihan hari Jum'at pembalap boleh menggunakan mesin yg berbeda dgn mesin yg akan dipakai balap hari Sabtu dan Minggu. Tentu akan lebih meriah krn para pembalap tdk kuatir lagi memacu semaksimal mungkin mobilnya pada latihan hari Jum'at, tdk spt musim lalu dimana pada hari Jum'at mereka cenderung terlalu ber-hati? dan menghemat mesin.
Sesi Latihan hari Jum'at
Menyangkut durasi 2 sesi latihan resmi di hari Jum'at juga diperpanjang dari masing? 60 menit menjadi 90 menit.
Mulai musim ini semua team diharamkan menurunkan mobil ketiganya pada sesi latihan resmi. Musim lalu hanya team 5 besar yg dilarang. Tapi peraturan ini dikompensasikan dgn diperbolehkannya semua team menurunkan pembalap ketiganya asal menggunakan salah satu mobil yg akan dipakai lomba Sabtu dan Minggu.
Ban
Bridgestone akan jadi pemasok ban tunggal unt musim 2007 ini. Setiap serie masing? team akan menerima 2 spesifikasi ban yg keduanya harus dipakai selama serie itu. Tiap pembalap akan mendapat jatah 4 set ban unt dipakai hari Jum'at dan 10 set unt Sabtu dan Minggu.
Safety Car
Regulasi soal safety car sedikti mengalami perubahan. Selama SC masuk lintasan ketika semua mobil belum berbaris di belakang SC maka pembalap dilarang masuk pit, jadi tdk ada lagi yg bisa menarik keuntungan atas keluarnya SC.
Kemudian pembalap yg sdh di overlap dan posisinya "terjepit" di antara pmbalap? lain maka dia harus mendahului mereka, termasuk SC, unt kembali ke posisi paling belakang barisan.
Peraturan ini menguntungkan pembalap yg sdh di overlap krn dia akan kembali bertarung di lap yg sama dgn yg lain setelah SC kembali ke pit.
Susuan Pembalap & Team 2007
Reanult
* Giancarlo Fisichella
* Heikki Kovalainen
Ferrari
* Filipe Massa
* Kimi Raikkonen
McLaren Mercedes
* Fernando Alonso
* Lewis Hamilton
Honda
* Jenson Button
* Rubens Barrichello
BMW Sauber
* Nick Heidfeld
* Robert Kubica
Toyota
* Ralf Schumacher
* Jarno Trulli
Red Bull (mesin Renault)
* David Coulthard
* Mark Webber
Williams (mesin Toyota)
* Nico Rosberg
* Alexander Wurz
Toro Rosso (mesin Ferrari)
* Vitantonio Liuzzi
* Scott Speed
Spyker (ex Midland F1 mesin Ferrari)
* Christijan Albers
* Adrian Sutil
Super Aguri (mesin Honda)
* Takuma Sato
* Anthony Davidson
Catatan: Susunan bbrp pembalap dan mesin belum official per tgl 09/01/2007
OK, now lets talk about F1 2007 season.
Modifikasi peraturan
Mesin
Tidak banyak yg berubah dari regulasi soal mesin. Ini dimaksudkan unt memangkas biaya pengembangan mesin. Jangan mengharap bisa melihat perubahan radikal dlm hal mesin di musim 2007 ini, bahkan sampai musim 2010 nanti.
Satu perubahan regulasi soal mesin adalah pada sesi latihan hari Jum'at pembalap boleh menggunakan mesin yg berbeda dgn mesin yg akan dipakai balap hari Sabtu dan Minggu. Tentu akan lebih meriah krn para pembalap tdk kuatir lagi memacu semaksimal mungkin mobilnya pada latihan hari Jum'at, tdk spt musim lalu dimana pada hari Jum'at mereka cenderung terlalu ber-hati? dan menghemat mesin.
Sesi Latihan hari Jum'at
Menyangkut durasi 2 sesi latihan resmi di hari Jum'at juga diperpanjang dari masing? 60 menit menjadi 90 menit.
Mulai musim ini semua team diharamkan menurunkan mobil ketiganya pada sesi latihan resmi. Musim lalu hanya team 5 besar yg dilarang. Tapi peraturan ini dikompensasikan dgn diperbolehkannya semua team menurunkan pembalap ketiganya asal menggunakan salah satu mobil yg akan dipakai lomba Sabtu dan Minggu.
Ban
Bridgestone akan jadi pemasok ban tunggal unt musim 2007 ini. Setiap serie masing? team akan menerima 2 spesifikasi ban yg keduanya harus dipakai selama serie itu. Tiap pembalap akan mendapat jatah 4 set ban unt dipakai hari Jum'at dan 10 set unt Sabtu dan Minggu.
Safety Car
Regulasi soal safety car sedikti mengalami perubahan. Selama SC masuk lintasan ketika semua mobil belum berbaris di belakang SC maka pembalap dilarang masuk pit, jadi tdk ada lagi yg bisa menarik keuntungan atas keluarnya SC.
Kemudian pembalap yg sdh di overlap dan posisinya "terjepit" di antara pmbalap? lain maka dia harus mendahului mereka, termasuk SC, unt kembali ke posisi paling belakang barisan.
Peraturan ini menguntungkan pembalap yg sdh di overlap krn dia akan kembali bertarung di lap yg sama dgn yg lain setelah SC kembali ke pit.
Susuan Pembalap & Team 2007
Reanult
* Giancarlo Fisichella
* Heikki Kovalainen
Ferrari
* Filipe Massa
* Kimi Raikkonen
McLaren Mercedes
* Fernando Alonso
* Lewis Hamilton
Honda
* Jenson Button
* Rubens Barrichello
BMW Sauber
* Nick Heidfeld
* Robert Kubica
Toyota
* Ralf Schumacher
* Jarno Trulli
Red Bull (mesin Renault)
* David Coulthard
* Mark Webber
Williams (mesin Toyota)
* Nico Rosberg
* Alexander Wurz
Toro Rosso (mesin Ferrari)
* Vitantonio Liuzzi
* Scott Speed
Spyker (ex Midland F1 mesin Ferrari)
* Christijan Albers
* Adrian Sutil
Super Aguri (mesin Honda)
* Takuma Sato
* Anthony Davidson
Catatan: Susunan bbrp pembalap dan mesin belum official per tgl 09/01/2007
OK, now lets talk about F1 2007 season.