Serba-serbi Berita Lama

Tomoyo

New member
persoalan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) menyeruak hampir setiap tahun. Banyak pihak menilai harusnya BPIH bisa lebih murah lagi asalkan pengelolaannya transparan dan tidak ada unsur korupsi.

Pada musim haji tahun lalu, pemerintah menetapkan besaran BPIH mulai dari 3.147 dolar AS sampai 3.505 dolar AS. Juiiniah iini seberanya lebih murah sekitar 80 dolar AS dibandingkan dengan BPIH tahun sebelumnya (2009). Namun menurut Rabithat Haji, nilai itu masih bisa ditekan ratusan dolar AS lagi.

Ketua Umum Majelis Pimpinan Rabithat Haji, Ade Marfuddin, mengatakan BPIH sebenarnya bsa ditekan lagi hingga 400 dolar AS. Usulan penurunan iini sudah disampaikan kepada pemerintah lahun lalu, namun tidak ada respons positif.

Tahun ini, BPIH bisa lebih murah karena sejumlah komponen BPIH yang sebelumnya dibebankan kepada jamaah kini ditanggung pemerintah. ini yang membuat BPIH sangat mungkin diturunkan,” ujarnya kepada Republika. Komponen utama yang bisa menekan BPIH, menurut Ade, adalah penerbangan. Selama ini, 54 persen BPIH dihabiskan untuk biaya penerbangan.

Untuk menekan BPIH, Ade memberikan usulan agar penyelenggara haji (Kementerian Agama) memberikan peluang bagi maskapai lain untuk ikut melayaini angkutan jamaah.

Selama iini, hanya dua maskapai, yakini Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines yang melayaini angkutan. haji. Dengan deiinikian, harga yang ditawarkan pun hanya dari kedua maskapai itu. “Pemerintah tidak punya pilihan lain,” ujarnya.

Karena hanya dua maskapai, maka memungkinkkan terjadi komproiini harga sebagimana yang mereka tawarkan. misalnya, kata Ade, Garuda menawarkan harga 1.750 doar AS dan Saudi Airlines 1.800 dolar AS. Untuk komproiini harga, Saudi Airlines bisa menurunkan harga 50 dolar, agar sama. Padahal, Rate dia, sesungguhnya harga itu bisa ditekan lagi kalau pemerintah menawarkannya kepada maskapai lain.

“Jika ada kompromi harga, maka pemerintah akan kesulitan. Untuk itu, perlu membuka keran bagi pemain baru, seperti Batavia Air, Lion atau lainnya. Sehingga harga yang ditawarken lebih kompetitif,” paparnya. Jika memang pemerintah tetap memberi kewenangan kepada dua maskapai itu, Ade berharap, Kemenag harus menerapkan sistem kontrak jangka panjang.

Namun, kenyataannya yang terjadi Kemenag memperbarui kontrak dengan dua maskapai iini setiap tahunnya.

Cara menekan BPIH berikutnya dari komponen penerbangan adalah melalui avtur. Masalah avtur biasanya menjadi alasan utama kenaikan BPIH. Avtur flaiR, BPIH naik.

Menurut Ade, hal ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan membeli avtur pada bulan sebelum musim haji tiba. Karena biasanya harga avtur merangkak seiring dengan naiknya harga iininyak duinia. Kenaikan teijadi pada saat menjelang musim haji.

Karena itu, sebelum bulan haji, Kemenag harus menekankan kedua maskapai itu untuk deposit avtur. misalnya, dianjurkan membeli avtur saat harganya sekitar 70 dolar AS per barel, jangan ketika harga avtur 120 dolar AS per barel.

Cara berikutnya, lanjut dia, adalah dengan membeli pesawat haji. Selama ini, Garuda selalu menyewa pesawat dari negara lain untuk pelayanan haji. Menurut dia, dengan dana abadi ummat (DAU) sebesar Rp 23 triliun harusnya bisa membeli hingga lima pesawat untuk keperluan pelayanan haji. Jika musim haji usai, pesawat bisa digunakan bisinis.

Ade meinilai pemerintah lamban menangkap peluang penurunan BPH. ‘Padahal, bisa ditekan ke angka 1.250 atau 1.350 dolar AS, sehingga hemat 400 clolar AS,” ungkapnya.

Komponen lain yang bisa menekan BPIH, lanjut Ade, adalah pemondokan. Ia menyarankan agar Kemenag menyewa pemondokan jauh-jauh hari. Jangan pada saat tahun kebenangkatan jamaah. Lakukan kontrak jangka panjang ager harga sewa pemondokan tidak mahal, dan jangan kontrak per tahun.

Ke depan, Ade berharap agar pemerintah dan DPR melibatkan kalangan independen dalam menentukan BPIH. Tujuannya agar praduga adanya penyelewengan BPIH bisa ditepis.
Berharap Udak naik

Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan badah haji (FKKBH), Qasim Shaleh, berharap tidak ada kenaikan BPIH tahun ini.

Menurut dia, jika harga komponen terbesar BPIH, yakni transportasi bisa dipertahankan, make kemungkian besar tidak ada kenaikan. Tapi kalau harga avtur flaiR, besar kemungkinan BPIH juga akan ikut naik. “Tapi, kalaupun ada kenaikan, harus ada perbaikan kualitas pelayanan, misalnya pemondokan,” ujarnya.

Bagaimana dengan ongkos naik haji (ONH) plus? Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan haji (Himpuh), Baluki Alimad, mengatakan ONH plus erat kaitannya dengan pelayanan. “Kalau pelayanannya bagus, kenapa ONH harus diributkan?”

Tahun lalu, pemerintah menetapkan bates bawah ONH Plus sekitar 6.500 dolar AS. Namun, untuk tahun iini belum ditentukan. Dengan bates bawah tersebut, menurut Baluki, justru masih belum cocok dengan kaidah haji plus. “Kalau bisa di atas 6.500 dolar AS, karena kami harus memenuhi standar haji plus,” ujarnya.

Tahun lalu, ONH plus termahal, kata Baluki, sekitar 19 ribu dolar AS. Angka ini masih jauh lebilh kecil dllnu, dibandingkan Malaysia yang mematok harga
hinggu 35 ribu dolar AS.

Republika, Desy Susilawati
 
AS Didorong Investasi Panjang

AS bisa berinvestasi di infrastruktur dan konektivitaS di berbagai daerah.

JAKARTA — Presiden Susio Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pengusaha Amerika Serikat (AS) agar menanamkan investasinya di Indonesia. Namun, investasi itu hendaknya bersifat jangka panjang, sehingga memiliki dampak ekonomi cukup baik bagi perekonomian dalam negeri.
“Kalau Anda ingin datang (berinvestasi), saran saya, tetaplah bersama kami dalam jangka panjang,” ujarnya saat membuka Overseas Private Investment Corporation (OPIC), Hotel Shangri-La, Rabu (4/5). Setidaknya 250 pengusaha AS hadir.

SBY mengingatkan krisis finansial pada 1998 silam banyak aliran modal yang keluar dan Indonesia dan hanya beberapa di antaranya yang tetap bertahan. Sehingga, membutuhkan waktu lama bagi Indonesia untuk pemulihan.

Saat ini, lanjut SBY, negara emerging market (ekonomi berkembang) menghadapi membanjirnya hot capital. Indonesia menginginkan aliran tersebut tidak hanya pada investasi portofolio jangka pendek, melainkan Investasi ril jangka panjang. “Kita mengharap partisipasi dari OPIC,” jelasnya.

Menurut SBY, Indonesia adalah negara yang tengah bergerak maju kondisi perekonomiannya. Indonesia wemillki kondisi fundamental makroekonomi cukup stabil. Sehingga, menjadi tempat menarik buat investasi.

Sejumlah investasi yang ditawarkan pemerintah, antara lain, pembangunan enam koridor ekonomi. Pengusaha AS dapat lnvestasi di infrastruktur dan konektivitaS di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk ke industri manufaktur dan jasa serta Industri perminyakan.

Sementara Itu, total investasi langsung AS sejak 2000 sampai 2009 meningkat hingga tiga kali lipat. Dari sebelumnya,920 mlliar dolar AS menjadi 3,5 triliun dolar AS. Namun, lebih dari 70 persen investasl itu terkonsentrasi dl negara maju berpendapatan tinggi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan menegaskan, selain sector miring, pengusaha AS akan didorong masuk ke manufaktur. “Indonesia ingin nilai investasi AS ke dalam negeri mencapai 1-2 miliar dolar AS per tahun,” ujar Gita.

Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Pati Djalal menambahkan, banyak investor AS tertarik ke Indonesia sebagai tempat investasi

Republika, 4 Mei 2011, Teguh Firmansyah/zaky al hamzah
 
Last edited by a moderator:
RI Siap Kuasai Industri Otomotif

Sumatra akan menjadi lokasi promosi investasi otomotif di Indonesia.

JAKARTA — Sebagai Ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Indonesia siap untuk menggeser posisi Thailand sebagai negara industri otomotif utama di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesi harus bisa mendikte, jangan kita mendukung Thailand,” kata Deputi Menko Perekonomian Edy Putra Irawadi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Rabu (4/5).

Menurut Edy, posisi Indonesia sebagai koordinator Priority Integrated Sector (PIS) ASEAN dalam bidang otomotif dan industri berbasis karet (rubber based) akan memudahkan langkah Indonesia untuk menjadi negara industri otomotif utama di kawasan Asia Tenggara. Jika keinginan tersebut terwujud, kata dia, wilayah Sumatra akan dijadikan sebagai lokasi promosi investasi otomotif di Indonesia.

Edy mengatakan, Provinsi Lampung bisa menjadi basis produksi biodiesel. Mengingat Lampung saat ini sudah bisa melakukan ekspor biodlesel, sedangkan Sumatera selatan khususnya Palembang, bisa menjadi lokasi investasi utama industri rubber based. “Contohnya, ada produksi tinting belt (salah satu komponen mesin mobil) yang bisa memasok ke Hyundai, Mercedes Benz, dan lainnya,” kata dia.

Dalam upaya mewujudkan rencana tersebut, kata Edy, Indonesia akan memanfaatkan pertemuan-pertemuan bisnis di sela acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 7-8 Mei 2011 mendatang di Jakarta. “Tugas kawan-kawan bisnis adalah memanggil semua stakeholder,” ujarnya.

Menurut Edy, saat ini merupakan momen tepat bagi. Indonesia untuk menjadi negara industri otomotif utama. “Jepang lagi turun produksinya. Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) siap promosi ke wilayah otomotif yang utilisasinya turun,” kata Edy.
Indonesia selama ini memang menjadi basis produksi sejumlah pabrikan otomotif dunia, terutama produkproduk kendaraan asal Jepang.

Di samping menjadi basis produksi kendaraan bermotor, Indonesia juga merupakan basis industri komponen kendaraan bermotor. Selama ini, 70 persen komponen kendaraan yang diproduksi di dalam negeri menggunakan konten lokal, sedangkan 30 persen sisanya diimpor dari luar. Sekitar 15 persen dari komponen impor tersebut di produksi di negara ASEAN lainnya, sedangkan sisañya dibuat di Jepang.

Bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang baru-baru ini telah menyebabkan kontinuitas pasokan komponen dari industri Jepang, setelah Mei 2011, masih belum jelas. Banyak kalangan yang menilai ini merupakan kesempatan bagi industri komponen di dalam negeri untuk bisa memenuhi kebutuhan 15 persen yang selama ini dipasok oleh industri komponen di Jepang.

Mobil murah Sebagai negara dengan jumlah penduduk 230 juta jiwa, Indonesia juga merupakan salah satu pasar potensial bagi industri otomotif.

Di dalam negeri, Indonesia pun tengah fokus untuk memproduksi mobil dengan harga murah. “Tidak semua mobil itu dianggap barang. murah. Mobil untuk angkutan pasar dan sayur itu sudah kita usulkan 660 cc sekitar Rp 45 juta dengan memakai bahan bakar 22-28 iter per kilometer,” papar Edy.

Keberadaan mobil murah ini, ungkap Edy, dimaksudkan untuk meningkatkan industri otomotif di dalam negeri. Dengan diproduksinya mobil berharga murah ini, ia tidak melihat adanya kemungkinan peningkatan konsumsi Premium di dalam negeri karena mobil murah ini memiliki kapasitas mesin yang kecil, yakni 660 cc.

Republika, 4 Mei 2011, M Ikhan Shiddieqy/nidia zuraya
 
Last edited by a moderator:
Konsumsi BBM Subsidi Membengkak

JAKARTA — Kenaikan harga Pertamax yang menyerituh angka Rp 9050 per liter membuat disparitas harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jènis Premium dengan Pertamax yang nonsubsidi semakin besar.

Selisih harga yang tinggi ini menjadi alasan konsumen beralih ke Premium. Peralihan ini diprediksi menyebabkan konsumsi BBM bersibsidi hingga akhir tahun akan mencapai 40-42 juta kiloliter (kl), jauh lebih tinggi dan kuota yang dipatok dalam APBN 2011 sebesar 38,5 juta kl.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) mencatat konsumsi Premium sepanjang April 2011 sudah mencapai 2.003.307 kl. Angka tersebut telah melebihi kuota yang ada sebesar 1.891.778 kl. ini data sementara yang kami catat karena belum diverifikasi. Kuota (BBM subsidi) ya melebihilah,” kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), Adi Subagyo, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/5).

Menurutnya, jika dibandingkan bulan April tahun lalu, total konsumsi Premium pada April tahun ini juga lebih tinggi. Pada April 2010, jumlah konsumsi Premium hanya sebesar 1.860.510 kl.

Adi mengutarakan, salah satu faktor pemicu membengkaknya konsumsi Premium ini karena harga Pertamax yang kian melambung. “Salah satunya iya (Pertamax). Masyarakat kita sangat sensitif harga. Harga naik adikit, masyarakat langsung pindah," jelas Adi.

Menurut Adi, saat ini BPH Migas terus memantau apakah kuota BBM subsidi yang dipatok sebesar 38,5 juta kl ini akan terlampaui atau tidak. BPH Migas, sambung dia, belum bisa memutuskan apakah akan mengubah kuota BBM subdisi atau tidak.

“Tergantung apakah akhir tahun nanti bisa memenuhi tidak kuotanya. Tergantung upaya kita juga untuk menekan konsumsi BBM subsidi. Nanti menjelang akhir tahun kita minta perubahan kalau tidak Cukup,” papar Adi.

Dia menambahkan, tidak tertutup kemungkinan perubahan kuota BBM subsidi diajukan pada Agustus 2011 saat penyusunan APBN Perubahan 2011. Namun, kata Adi, hal tersebut dilakukan dengan catatan BPH Migas tidak mampu membendung

konsumsi BBM subsidi. “Apakah prediksi kuota Agustus melampaui atau tidak, ‘ tuturnya.

Adi memprediksi, kelebihan kuota BBM subsidi untuk tahun ini akan lebih tinggi dari kuota yang dipatok dalam APBN 2011. “Paling prediksi kita sekitar 40- 42 juta kl. Bahkan, mungkin bisa lebih dari itu. Dulu asumsI 38,5 juta KL itu kan ada upaya pengaturan, tetapi ini kan pengaturan tidak jadi,” lugas Adi.

BPH Migas, ungkap Adi, menginginkan adanya upaya konversi BBM subsidi ke bahan bakar gas (BBG) mengingat sebagian infrastruktur sudah ada. Tetapi, menurutnya, pemerintah masih harus memberikan subsidi berupa converter kit untuk BBG. “(Converter kit) ini kan hanganya mahal.”

Republika, 4 Mei 2011, Citra Listya Rini
 
Last edited by a moderator:
Trash

CIPUTAT — Sebanyak 32 pekerja seks komersial (PsK) ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan. Mereka terjaring operasi penyakit sosial masyarakat (Pekat), Rabu (4/5) malam.

Beberapa lokasi penemuan PsK, di antaranya di Jalan Raya Tegal Rotan (Ciputtat) dan sebelum Jalan Raya Puspiptek (Serpong). Operasi pekat juga menggeledah lokasi yang dicurigai berupa warung remang-remang dan beberapa kafe di kawasan tersebut.

Kepala Satpol PP KotaTangsel Raehman Suhendar mengatakan, ia dan anggotanya juga memberikan pengarahan pada seluruh pekerja malam dan pemilik tempat hiburan. “Dari 70 orang yang didata, hanya 32 orang yang PSK,” katanya, Kamis (5/5).

Lokasi lainnya yang diduga menjadi titik rawan praktik PsK di Tangsel adalah perempatan Gaplek dan kawasan panti pijat di Bumi Serpong Damai. Operasi Pekat dilaksanakan Satpol PP Kota Tangsel secara dadakan dari pukul 21.00 WIB hingga 24.00 wib.

PsK yang tertangkap umumnya beroperasi di sepanjang jalan di dua lokasi penemuan. Tidak satu pun dari mereka yang berasal dari Tangsel. Mereka justru datang dari luar Kota Tangsel, seperti Indramayu, Subang, Sukabumi, dan Jakarta. Setelah ditangkap dan didata, mereka yang tertangkap diberikan pengarahan.

Keberadaan PSK di Tangsel membuat resah ibu-ibu rumah tangga. Aliyah, salah seorang warga, menyampaikan keprihatinannya terhadap wanita muda usia produktif yang bekerja sebagai PSK di Tangsel. Ia juga khawatir keberadaan PsK tersebut mengancam keutuhan rumah tangga masyarakat Tangsel. “Mereka mengganggu keutuhan rumah tangga,” katanya.

Novi, seorang warga Serua yang sering melintasi jalan Tegal Rotan menuju jalan tol Pondok Aren mengaku sudah tidak asing lagi dengan keberadaan PsK tersebut. Setiap malam, khususnya malam Ahad, banyak PSK berjejer di pinggir jalan. “Saya melihatnya seperti hama wereng,” ungkap Novi. Novi juga mengatakan, jam oprasi pelaku bahkan lebih awal. “Pukul 20.00 WIB saja mereka sudah banyak yang nongkrong di sepanjang jalan itu,” kata Novi.

Lurah Sawah Ciputat Naing mengatakan, berba gai upaya sudah ia lakukan, seperti sosialisasi ke masyarakat dan mengikuti operasi gabungan. Namun, PSK tersebut tidak jera. “Setelah ditangkap, diarahkan, mereka datang lagi,” katanya saat ditemui Republika di kantornya, Kamis (5/5).

Rachman menambahkan, Satpol PP Kota Tangsel akan mengajak aparat kepolisian, Muspika (Musyawarah Pimpinan.Kecamatan), alim ulama, dan masyarakat melakukan operasi gabungan. “Segera kita laksanakan,” kata Rachman.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar menyampaikan, persoalan PsK di Kota Tangsel harus ditindak secara hukum. Linda menyarankan, Wali Kota Tangsel untuk segera memberantas kehadiran waning memang-remang di Tangsel. Menurut Linda, profesi PsK secara moral tidak sepadan dengan aturan manapun.

Republika, 4 mei 2011, maghfiroh yenny
 
Indonesia Berambisi Menjadi Pusat Halal Dunia

Indonesia memiliki ambisi besar menjadi pusat halal dunia. Untuk mewujudkan hal ini, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pun bakal menggenjot sosialisasi agar para produsen bisa memenuhi standar halal atas produk yang mereka buat.

Diharapkan, kesadaran para produsen juga meningkat agar melakukan sertifikasi halal atas produknya. Lebih jauh, sertiflkasi halal di Indonesia menjadi selling point tersendiri,” kata Wakil Direktur III LPPOM MUI, Sumunar Jati, saat membuka Pelatihan Sistem Manajemen Pangan Halal (Plasma) di Institut Pertanian Bogor, belum lama ini. Namun, hal yang lebih penting, label halal yang ada pada produk, membuat konsumen nyaman mengonsumsi produk tersebut.

Dilihat dari potensi pasar, jelas Sumunar nilai produk halal dunia diperkirakan mencapai 2,1 triliun dolar AS per tahun. Sementara itu, konsumsi makanan halal pada tahun ini diprediksi melebihi rata-rata per tahun yang mencapai 666,7 juta dolar AS. Kondisi ini produk-produk bersertifikat halal tersebut didorong untuk mampu menguasai pasar dunia. Apalagi, pangsa pasar produk halal juga terus mengalami peningkatan.

Republika, Indah Wulandari/Ferry kisihandi
 
Re: Penghematan Haji 400 Dolar AS dengan menekan ongkos penerbangan

Dalam hal haji
Hukum pasar tetap berlaku
 
Re: PSK di Tangsel Meresahkan

ya harusnya ga cuma ditertibkan tp para psk harus dikasi lapangan pekerjaan biar mereka ga jual diri lagi. siapa sih yg mau jadi pelacur? ga ada bro, mereka begitu krn didesak kebutuhan
 
PDIP tak Setuju Gedung Baru DPR

Walau semua fraksi setuju, rapat tak dihadiri semua pimpinan fraksi.

JAKARTA — Persetujuan seluruh fraksi di DPR atas rencana pembangunan gedung baru masih menjadi perdebatan. Perbedaan suara masih bermunculan. Sebagian menyatakan seluruh fraksi menyetujui pembangunan, sementara ada beberapa yang justni menegaskan tidak mendukungnya.

Ketua Fraksi PDIP di DPR Tjahjo Kumolo membantah jika dikatakan fraksinya menyetujui rencana itu. “Sikap fraksi kan jelas menolak perencanaan yang ada sekarang,” katanya melalui pesan singkat (SMS), Rabu (26/1). Fraksinya meminta dilakukan perencanaan ulang pembangunan gedung baru DPR. “Sepanjang masih perencanaan lama (dan) tidak ada efisiensi, sikap fraksi menolak.”

Menurut Tjahjo, pembangunan gedung baru ini tidak mendesak, bukan pula prioritas. Apalagi, tambanya, muncul aspirasi penolakan dari masyarakat. “DPR kan wakil rakyat. Ini sikap kami.”
Tjahjo mengatakan, sikap ini sudah sejak semula dipegang oleh fraksinya, termasuk oleh perwakilan yang datang dalam rapat konsultasi pada 19 Oktober 2010. Saat itu, fraksi PDIP diwakill Indah Kurnia dan Oily Dondokambey. “Pak Oily ken wakii ketua Badan Anggaran Fraksi. Sikap kami sama sebagaimana sikap Sandana Olly juga.”

Sementara itu, Wakil Ketua DPR dan FPKS Anis Matta menegaskan, dalam rapat konsultasi 19 Oktober 2010, tak ada satu pun fraksi yang menolak pembangunan gedung DPR. “Semua setuju. Saya hadir” tegas Anis, Selasa (25/1) malam. Menurutnya, hampir semua fraksi memberikan beragam persyaratan seperti masalah yang banyak dlibicarakan di masyarakat.

Meski demikian, Anis tidak menampik bahwa tidak semua pimpinan fraksi yang hadir dalam pertemuan konsultasi itu. “Fraksi ada yang mewakiikan. Tapi, yang diminta (saat itu) adalah sikap fraksi.”

Dalam pertemuan itu, kata Anis, disepakati renovasi gedung harus bisa dilaksanakan pada 2011. Sebelumnya, dana renovasi gedung ini sudah dialokasikah pada tiga tahun anggaran, yaitu tahun 2008, 2009, dan 2010. “Tiap tahun (dana) itu dikembalikan lagi (ke kas negara) karena tidak jadi dipakai.”

Republika, Rabu 26 januari 2011, Palupi Annisa Auliani/dewi mardiani
 
Bandara Lombok Siap Juli 2011

DENPASAR — Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera memiliki bandara internasional yang bisa didarati pesawat Boeing 747. Peresmian bandara dengan panjang 2.800 meter dijadwalkan pada Juli mendatang.

“Semuanya sudah siap dioperasikan, tinggal menunggu peresmiannya saja,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bekti S Gumay, di Denpasar, Bali, Senin (31/1).

Menurut Herry untuk tahap awal, penerbangan ke Bandara Internasional Lombok akan dilakukan oleh pesawat yang biasa mendarat di Bandara Rembiga Mataram. Setelah Bandara Rembiga ditutup semua penerbangan ke Lombok akan diarahkan ke bandara internasional yang nantinya akan dijadikan embarkasi jamaah haji asal NTB.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, Herry meyakini akan diminati oleh maskapai asing. Namun, hingga saat ini baru maskapai asal salah satu negara di Timur Tengah yang telah menyampaikan keinginannya untuk mendarat di Lombok. “Tapi, itu baru keinginan mereka yang disampaikan secara lisan,” kata Herry

Bandara di bawah kendali PT Angkasa Pura I ini telah menjalani uji pendaratan. Peluncuran bandara ini pun sebelumnya direncanakan pada pertengahan 2010. Namun, kendala pembangunan dan persiapan infrastruktur lainnya membuat peluncuran bandara ini menjadi tertunda. Bandara ini menelan biaya lebih dari Rp 790 millar, yang dibiayai bersama oleh PT Angkasa Pura I Rp 640 miliar, Pemerintah Provinsi NTB Rp 110 miliar, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Rp 40 miliar.

Republika, Senin 31 Januari 2011 Ahmad Baraas/wulan tunjung palupi
 
Krisis Mesir Rontokkan Bursa Dunia

Kepanikan picu peningkatan harga minyak untuk pengiriman bulan-bulan mendatang.

JAKARTA Pasar saham dunia turut terseret sebagai imbas krisis yang terjadi di Mesir. Kekhawatiran juga terlihat dari pasar berjangka minyak yang merespons kondisi di Timur Tengah dengan kenaikan harga.

Investor pasar modal meninggalkan portofolio yang dinilai berisiko tinggi, terutama melepas saham—saham di Asia. Perdagangan di lantai bursa di Asia pun terkoreksi cukup tajam akibat aksi jual.

Harga minyak jenis Brent pain pada pasar berjangka untuk bulan mendatang naik mendekati 100 dolar AS per barel. Hal ini dipicu kekhawatiran unjuk rasa yang berakhir kekerasan akan memicu kerusuhan di seluruh Timur Tengah. Ketakutan akan terhambatnya pasokan minyak pada beberapa waktu mendatang membuat investor menghindari aset di kawasan Asia.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia melemah 78,44 poin atau 2,25 persen dari level penutupan akhir pekan lalu di posisi 3.487,61 ke 3.409,17.
Dari 422 saham perusahaan yang menopang indeks, hanya 22 di antaranya yang menguat, sementara 219 lainnya melemah dan 181 sisanya tidak bergerak. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup melemah Rp 9.055 per lembar saham dibandingkan penutupan sebelumnya pada Rp 9.030 per lembar saham.

Saat pembukaan perdagangan kemarin, IHSG langsung anjlok 51,038 poin (1,47 persen) ke level
3.436,572. Pelemahan itu terus berlanjut hingga penutupan perdagangan. Sementara itu, koreksi melanda nyaris semua bursa utama dunia. London FTSE 100 melemah 0,5 persen menjadi 5,851.07. Bursa DAX Jerman dibuka melemah 0,3 persen dan bursa Prancis CAC-40 langsung terkoreksi 0,6 persen.

Di Asia, bursa Nikkei terkoreksi 1,2 persen ke posisi 10.237,92, yang merupakan posisi terendah sejak awal tahun ini. Kospi Korea Selatan turun 1,8 persen menjadi 2.069,73 yang merupakan penurunan terbesar satu hari di tahun ini. Seluruh bursa saham di Singapura, India, Selandia Baru, terkoreksi secara bervariasi.

Hanya indeks gabungan Shanghai yang tercatat meningkat 1,4 persen menjadi 2,790.69 di tengah beberapa menit beli menjelang Tahun Baru Imlek. Bursa saham di Shanghai akan tutup pada 2 hingga 8 Februari.

RI waspadai harga minyak

Pemerintah akan terus mewaspadai kemungkinan kenaikan harga minyak dunia sebagai dampak pergolakan politik di Timur Tengah. “Tentu kenaikan harga minyak harus kita waspadai. Saya kira tidak ada negara yang menginginkan harga tinggi ketika ekonomi dalam keadaan sulit di dunia,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Ia menambahkan, jika harga mmnyak dunia terlalu tinggi, produksi manufaktur yang sedang tumbuh akan melambat kembali dan berdampak cukup besar terhadap perekonomian meskipun menurutnya kisruh politik di Mesir dan Tunisia belum terlalu berdampak terhadap harga minyak sehingga pemerintah harus mengubah asumsi harga minyak Indonesia (ICP).

“Belum sampai ke situ, dampak sampai ke Indonesia saya kira belum,” ungkap Hatta. Hatta menuturkan, pengelolaan suplai dan permintaan BBM secara baik dan benar menjadi satu hal yang penting dalam mengelola harga minyak.

Pemerintah pun mulai mewaspadai dampak krisis Mesir terhadap sektor ril.” Kita belum bisa melihat atau menilai dari sisi perdagangan kita sekarang. Saya rasa kita berharap yang terbaik saja.” ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Meski pemerintah dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Mesir, bisa jadi pertemuan itu akan dijadwal ulang mengingat kondisi terakhir.

Pemerintah pun tetap akan melakukan langkah antisipasi dan bila perlu melakukan antisipasi jika kondisi memburuk. Sementara itu, Komite Tetap Kadin Timur Tengah dan OKI Fahri Tayeb mengatakan eksportir dalam negeri cenderung untuk menunggu dan menyetop perdagangannya ke Mesir.

“Sejak satu pekan lalu sudah disetop melihat kepastian kondisi terlebih dahulu,” ujarnya. Kecuali, bagi barang yang sudah berada di perjalanannya. “Mereka juga menyetop impornya terlebih dahulu untuk melihat keadaan, yang sudah telanjur terkirim, akan bertambah ongkos gudangnya,” jelasnya.

Namun, yang perlu membuat pengusaha waswas, kata dia, yakni jika koniflik itu merembet ke kawasan Timur Tengah dan sekitar. Sebab, konflik di Tunisia itu juga bisa berdampak ke Yaman atau Lebanon.

Ekspor Indonesia ke Mesir, antara lain, berupa mmnyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO), elektronik, kertas, dan tekstil, sedangkan neraca perdagangan Indonesia dengan Mesir Januari-Oktober 2010 sebesar 582.6 90 juta dolar AS dengan rincian angka ekspor sebesar 736,581 miliar dolar AS dan impor 153,890 miliar dolar AS.

Republika, Teguh Firmansyah, Wulan Tunjung Palupi
 
Pemekaran Telkomsel Rampung Pertengahan Tahun

JAKARTA —PT Telkomsel, perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia akan merampungkan pemekaran organisasi pada semester I 2011. Struktur onganisasi yang membesar ini akan menyebabkan penambahan direksi dari lima menjadi delapan orang.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Rinaldi Firmansyah mengungkapkan, pemekaran direksi. Telkomsel untuk menjawab perkembangan perusahaan.

“Ada rencana pemekaran organisasi Telkomsel dari lima menjadi delapan pos direksi.
Nantinya, itu kita akan menambahkan direksi SDM (sumber daya manusia),” kata Rinaldi di Jakarta, Senin (31/1). Saat ini perseroan yang masih menguasai separuh pangsa pasar seluler Tanah Air tersebut sedang dalam proses persiapan menuju pemekaran organisasi.

Rinaldi membantah jika tengah terjadi perombakan dalam struktUr organisasi Telkomsel, disebabkan kinerja perseroan yang mengalami penurunan. “Tidak ada pergantian Telkomsel, tapi ada penambahan beberapa posisi,” tuturnya.

Dalam melakukan langkah reorganisasi, Telkom sebagai pemegang saham mayoritas akan melibatkan Singtel, operator asal Singapura sebagai pemegang 35 persen saham Telkomsel. Rinaldi mengutarakan, nantinya Telkom masih akan menjadi mayoritas dalam penempatan direksi. Namun, belum bisa dipastikan berapa banyak jatah direksi yang akan ditempatkan oleh Telkom.

Sebelumnya, Menteri BUMN Mustafa Abubakar meminta agar PT Telkom membenahi anak usahanya termasuk Telkomsel. Mustafa menilai, organisasi yang ada saat ini sudah tidak layak dengan perkembangan yang terjadi.

Menteri BUMN mengaku tidak akan campur tangan terhadap detail perombakan yang dilakukan PT Telkom. Untuk melakukan pemekaran Telkomsel, Mustafa menyerahkan sepenuhnya kepada PT Telkom sebagai induk usaha.

Untuk ekspansi perusahaan di luar negeri, Rinaldi mengaku masih dalam proses akuisisi perusahaan telekomunikasi di Kamboja. “Masih berjalan, kita masih berkompetisi dengan tiga kompetitor yang merupakan perusahaan top telekomunikasi dunia,” ujarnya.

Terkait rumor Telkom tengah merapat dengan StarOne, anak usaha PT Indosat Tbk, Rinaldi, enggan berbicara banyak. Dia mengatakan, belum pernah ada pembicaraan apa pun dengan Indosat terkait StarOne. Kalaupun ada, tegas Rinaldi, itu terjadi sekitar 1,5 tahun yang lalu.

“Kita sudah lama tak bicara dengan Indosat. Tapi, kalau Indosat mau spin off StarOne, ya kita tertarik,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, perusahaan telekomunikasi pelat merah ini menganggarkan belanja modal sebesar 1,6 miliar dolar AS. Nantinya, sebesar 65 persen akan dialokasikan untuk Telkomsel. Adapun belanja modal tersebut sebanyak 80 persen berasal dari kas internal dan sisanya 20 person dari kas eksternal berupa pinjaman perbankan.

Republika, 31 januari 2011, Citra Listya Rini/wulan tunjung palupi
 
WOM Targetkan Pembiayaan Tumbuh 15 Persen

JAKARTA — Perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan kredit sepeda motor, PT Wahana Otomitra Muittartha Tbk (WOM Finance), menargetkan pertumbuhan usaha sebesar 14-15 person pada tahun ini.

Presiden Direktur WOM Finance, Suwandi Wiratno, mengatakan bahwa WOM Finance mengucurkan Rp 7,3 triliun untuk mendanai kredit bagi 620 ribu unit sepeda motor pada

tahun lalu. Artinya, tahun ini WOM Finance membutuhkan dana sekitar Rp 10,9 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai kredit sekitar 720 ribu unit kendaraan roda dua.
Dia menjelaskan, sebanyak 10 persen dari dana yang mereka gelontorkan ke pasar kredit berasal dari kas perseroan, sementara 60-70 persen bersumber dari PT Bank Internasional Indonesia Tbk. “Sisanya dari obligasi dan bank lain,” katanya kepada wartawan dalam penawaran Umum Obligasi V WOMF 2011, Senin (31/1).

Karena itu, kata Suwandi, WOM Finance akan menerbitkan surat utang untuk melakukan diversifikasi sumber pendanaan. Obligasi V ditawarkan dalam empat seri dan 370 hari hingga empat tahun dan dijamin dengan jaminan fidusta atas piutang pembiayaan konsumen dengan kategori lancar, Jumlahnya sekurang-kurangnya 60 persen dari nilai pokok obligasi.

Perseroan menunjuk PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Securities Indonesia, PT NISP Sekuritas, dan PT OSK Nusadana Securities Indonesia sebagai penjamin emisi, sementara PT Bank Permata Tbk ditunjuk sebagai wali amanat. “Masa pembentukan harga obligasi ini akan berlangsung 31 Januari hingga 14 Februari 2011,” ucapnya.

Sementara itu, kata Suwandi, perusahaan yang fokus pada otornotif ini akan memperluas jaringan usahanya ke luar daerah, seperti Sulawesi

dan Kalimantan. Saat ini, sekitar 60 persen kantor cabang WOM Finance berpusat di Jawa. Total terdapat 197 kantor cabang. “Tahun depan kami menargetkan jumlah kantor cabang akan bertambah menjadi 235 buah,” katanya.

Untuk pembangunan satu kantor cabang, dia menjelaskan, membutuhkan dana Rp 200-300 juta. Untuk itu, perseroan memerlukan belanja modal setidaknya Rp 7,6 milar untuk ekspansi usaha.

Republika, 31 januari 2011, Shally Pristine/wulan tunjung palupi
 
Pengguna Listrik Besar Butuh Manajer Energi

JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan penunjukan manajer listrik bagi perusahaan yang menggunakan energi lebih dari 6.000 setara ton minyak (tonne of oil equivalent/TOE) atau 69.780 MWh per tahun.

“Nantinya perusahaan itu harus mempunyai manajer energi untuk mengelola energi secara efisien,” kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, saat ditemui di Jakarta, Senin (31/1). Selain itu, ujar Darwin, perusahaan bersangkutan juga wajib menyusun program konservasi energi.

Termasuk juga, pelaksanaan audit energi secara berkala, melaksanakan rekomendasi hasil audit energi, dan melaporkan pelaksanaan konservasi energi setiap tahun. Untuk menerapkan kewajiban tersebut, pemerintah telah menyebarluaskan surat edaran kepada perusahaan-perusahaan yang bersangkutan.

Darwin mengatakan, bagi perusahaan yang diwajibkan melakukan managemen energi, tapi tidak melaksanakannya akan diberikan disinsentif. Adapun disinsentif tersebut, antara lain, peringatan tertulis, pengumuman di media massa, denda, dan pengurangan pasokan energi.
Sebaliknya, pemerintah akan memberikan insentif bagi perusahaan yang melakukan konservasi energi. “Kebijakan (insentif dan disinsentif) ini sedang dirumuskan. Kalau tidak insentif fiskal ya insentif moneter,” jelas Darwin.

Sejauh ini, tercatat 10 perusahaan yang menggunakan energi terbesar di Indonesia. Kesepuluh perusahaan tersebut adalah PT Krakatau Steel Tbk (Persero), PT Panca Citra Wira Brothers, PT Semen Gresik Tbk (Persero), PT GT Petrochem Industri, PT Mulya Keramik Indah Raya, PT Petrokimia Gresik (Persero), PT Semen Padang, PT Colorindo Aneka Chemicals, PT Golden Island Texstile, dan PT Sugih Brothers.

“Kurang lebih ada 650 industri yang menggunakan energi 6.000 TOE,” katanya. Konservasi energi, kata dia, harus Semakin ditekuni. Dampak konservasi itu besar sekali. Pasalnya, kalau bangsa lain hanya perlu diversifikasi energi, maka Indonesia perlu melakukan diversifikasi sekaligus konservasi energi.

Direktur Jenderal Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservai Energi (EBT dan KE) ESDM Luluk Sumiarso menekankan, kesadaran perusahaan-perusahaan itu untuk menunjuk manajer energi sudah tinggi. “Kesadaran teman-teman cukup tinggi. Sebenarnya hemat energi itu kan hemat biaya, tapi jangan mengurangi produktivitas. Jadi, efisiensi improvement,” terangnya.
Kementerian ESDM memandang konservasi energi sangatlah penting, mengingat cadangan energi Indonesia yang semakin menipis. Sedangkan penggunaan energi di semua sektor, baik industri, komersial, transportasi, maupun rumahtangga masih sangat boros.

REPUBLIKA SELASA, 1 FEBRUARI 2011, Citra Listya Rini/zaky al-hamzah
 
Back
Top