Tahlil, tradisi Islam?

Bls: Tahlil, tradisi Islam?

dari perspektif lain.. kbetulan ane sering tahlilan 'haram'.. :p

- berduyun2 datang, menghibur keluarga yg ditinggalkan supaya tidak berlarut2 dlm kesedihan, haram???
- makan minum yang uangnya dari jamaah tahlilan sndiri, bukan dr keluarga yg ditinggalkan, haram???
- bersama keluarga yg dtinggalkan membaca ayat2 qur'an, haram???

ini haram itu haram.. mudah bgt mengharamkan..

kalu memang niatnya sperti itu saya kira tidak haram, tapi kalu sudah "merepotkan" keluargasi mayit, itu sebaiknya ditinggalkan ...bukan begitu bank? v^^

sebenarnya apa sie sebenarnya hakekat diadakannya "tahlilan"? benar2 untuk ibadahkah? ato hanya untuk "melepas" gengsi dan pakewuh? hmmm ...

kalu diniatkan ibadah sie, ada yang berpendapat bahwa itu haram, karena sudah mengada2kan tata ibadah baru dan hal itu tidak ada tuntunannya ...(titik poinnya bukan masalah membaca tahlil, tapi tata cara pelaksanaannya, sepert dilakukan setelah orang meninggal) ...

wallaahu a'lam ...
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

yup.. saya menggaris bawahi salah satu poin ente.. "klo memang niatnya sperti itu saya kira tidak haram"
innamal a'malu bi niyaat..
niat itu ada di hati, biar Allah sndiri yg menilai..
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

tahalil tidak ada di jaman Rasulullah saw, menurt saya sh tahlil itu bisa saja di lakukan tetapi kembali dengan niat dan isi yang baik maksdnya tahlil untuk mendoakan orang yang sudah meninggal agar di terima di sisi Allah swt itu tidak apa, yg penting kita tidak meminta apa2 kepada orang yang sdh meninggal tsb

setuju

kalo berdoa agar si roh cepet sadar kalau ia telah mati, itu gimana? padahal kan itu juga baik loh

aneh.. -_-a

wekeke.. sayangnya di kebanyakan masy. kita.. kalo ndak ada suguhan.. pada males tahlil

buka kartu sendiri

dari perspektif lain.. kbetulan ane sering tahlilan 'haram'.. :p

- berduyun2 datang, menghibur keluarga yg ditinggalkan supaya tidak berlarut2 dlm kesedihan, haram???
- makan minum yang uangnya dari jamaah tahlilan sndiri, bukan dr keluarga yg ditinggalkan, haram???
- bersama keluarga yg dtinggalkan membaca ayat2 qur'an, haram???

ini haram itu haram.. mudah bgt mengharamkan..

gw jg melakukannya Nizhamiiiii
dasar tuh haramidun :D

yup.. saya menggaris bawahi salah satu poin ente.. "klo memang niatnya sperti itu saya kira tidak haram"
innamal a'malu bi niyaat..
niat itu ada di hati, biar Allah sndiri yg menilai..

setubuh lagee

ehm.. tahlilan itu gak mesti untuk orang yang sudah meninggal loh :D
kalo di pesantren.. biasanya malam jumat atau jumatnya.. ada tahlilan.. bahkan, setiap habis sholat :D
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

Kalo udah masalahnya begitu, mending tanya langsung pada yang mengerti. Gue pribadi kalo pas lagi tahlilan gitu.. Selalu ngantuk.. Saking merdu suara tahlilnya.
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

wah kalo untuk personal gw gak masalah kal. jadi, gini. . .gw denger ada temen gw cerita kalo dia ngadain tahlilan begono tujuannya. nah, dia gak mungkin ngarang sendiri kan, pasti dikasih tau sama yang lebih pinter dari dia atau tuntutan tradisi sekitar. jadi, akar masalahnya semenjak dulu pertama dikenalkan tahlilan, orang2 disini berorientasi pada hal penjelasan seperti gw. jadi, bagi daerah mereka tiap tanggalan waktu tertentu penting untuk diadakan tahlilan hingga akhirnya jaman terus bertambah hingga menyebar.

gw sih gak tau juga, bagaimana pendapat tentang tanggalan didaerah lain. tapi bisa dipastikan, orientasi diatas berdasar kolaborasi dengan tradisi luar. jadi, yang make tanggalan seperti itu orientasinya ke "merge-kultur" seperti yang gw bilang.
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

@sizukha
kalau itu tidak valid, dan "DIPERCAYA" bukankah itu haram? itu dia maksud gw. dan cukup banyak juga yang terkait mitos yang gw ceritain tersebut sebagai tujuan tahlil. iya kan?

secara menyeluruh, bisa dikatakan jika mengsakralkan tanggalan kurang lebih sama seperti mempercayai mitos tersebut. mempercayai mitos tersebut, tidak valid secara hukum islam. singkat kata, sama saja dengan dosa bukan? karena dia sendiri membuat hukum baru yang bahkan keluar dari syariat islam sendiri :)


gini yh tahalil itu sbnrnya tidk ada d dalm alquran tetapi tahlil itu sendiri sudah menjadi sebuah kebiasaan bahkan sudh menjadi budaya dalam bermasyarakat tahlil bisa saja di lakukan tetapi dengan niat dan isi yang baik yaitu dengan mendoakan si meninggal agar amal ibadahnya di terima di sisi Allah swt. klo haram itu jika kita meminta someting2 stupid kepada si yang meninggal ex memita rejeki dll ataupun berhura-hura dan hutang piutang agar tahlilan ttp berjalan.
trus nyambngin k roh sebnrnya ROh sesorng itu sejak meninggl tidak pernah lagi bergentayangan, yang sering kita lihat atau orang awam ketahui itu sebnrnya adalah jin yang menyerupai ssosk orang yang kita kenal atau orang yang meninggal trsbt jdi jngn percaya jika kita tidk mendoakan maka roh trsbt akn sllu bergentayangan ... :) dan juga kita sebagai manusia itu punya jin Qorin (jin pendamping) yang kemana saja dia sellu mengikuti, bahkan dia tau apa saja yg kita lakukan dulu dan sekarang, valid dan gaknya si tergantung individu dngn percaya atopun gknya, jngn percaya dengn sesong yg memng tidak tau apa2, (awam) lebih baik kmu nanya atopun berdskusi dengan orng yang memnag paham betul tentang agama, ataopun dengn mencoba mendapatkan informasi yang baik dan akurat jadi klo ada yg nanya tntng hal yg sama kmau bisa nanggepin :)(
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

gini yh tahalil itu sbnrnya tidk ada d dalm alquran tetapi tahlil itu sendiri sudah menjadi sebuah kebiasaan bahkan sudh menjadi budaya dalam bermasyarakat tahlil bisa saja di lakukan tetapi dengan niat dan isi yang baik yaitu dengan mendoakan si meninggal agar amal ibadahnya di terima di sisi Allah swt. klo haram itu jika kita meminta someting2 stupid kepada si yang meninggal ex memita rejeki dll ataupun berhura-hura dan hutang piutang agar tahlilan ttp berjalan.
trus nyambngin k roh sebnrnya ROh sesorng itu sejak meninggl tidak pernah lagi bergentayangan, yang sering kita lihat atau orang awam ketahui itu sebnrnya adalah jin yang menyerupai ssosk orang yang kita kenal atau orang yang meninggal trsbt jdi jngn percaya jika kita tidk mendoakan maka roh trsbt akn sllu bergentayangan ... :) dan juga kita sebagai manusia itu punya jin Qorin (jin pendamping) yang kemana saja dia sellu mengikuti, bahkan dia tau apa saja yg kita lakukan dulu dan sekarang, valid dan gaknya si tergantung individu dngn percaya atopun gknya, jngn percaya dengn sesong yg memng tidak tau apa2, (awam) lebih baik kmu nanya atopun berdskusi dengan orng yang memnag paham betul tentang agama, ataopun dengn mencoba mendapatkan informasi yang baik dan akurat jadi klo ada yg nanya tntng hal yg sama kmau bisa nanggepin :)(

hiks,
gw gak percaya sama hal itu. justru gw baru dapat cerita tentang hari-hari (7 harian, 21 harian, 40 harian, dll) itu seperti itu. kamu punya cerita lagi gak, kenapa 7 hari dsb hanya dilakukan tahlil (doa) itu?

mengenai cerita tersebut orang-orang yang mempercayainya termasuk sirik kan?
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

Gue bingung.. gimana jelasinnya
Ntar deh gue nanya bokap gue dulu. T.T
Masalahnya, yang gue jawab itu menurut pengamatan gue selama ini. Karena, di rumah gue tuh gitu. Walau kakek nenek gue konghuchu, waktu mereka meninggal, tahlilan pun sampe 40 hari. Bahkan, selama tujuh hari, di kamar tempat meninggalnya, selalu dikasih sesajen. Menurut orang-orang, arwahnya masih ada di sekitar rumah. T.T duh seremnya..
Ranjang yang gue pake, adalah ranjang yang dipake sama nenek dari nyokap, dan nenek dari bokap pas mereka meninggal.
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

sbnrnya thread spt ini dulu sudah dbahas oleh para pinisepuh disini.. mengapa do'a tahlil harus 7 hari, 40 hari, 100 hari, dst..? do'a spt ini sbnarnya dikondisikan dg keadaan si mayat dlm kubur, 7 hari = daging mulai hancur, 40 hari = organ spt mata, lidah dll mbusuk/
hilang, 40 hari = tulang2 mulai terlepas satu dg lainnya dst.. dst.. tolonglah jgn mudah menjustifikasi.. ini Indonesia bkn Arab..
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

bukan begitu bang nizhami. gw cuma baru dapat satu sumber tentang tanggalan seperti itu.

oh, jadi itu tanggalan seperti itu. meski kondisi mayatnya hancur berkeping2 atau hilang, tetap seperti itu?
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

bukan justifikasi cak.. bukannya cak Niz sendiri yang bilang kadang kita berbeda pemahaman akan sesuatu? :p

wekekeke.. kenapa gw jadi inget si depson yak?
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA (NU)
KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926
TENTANG
KELUARGA MAYIT MENYEDIAKAN MAKAN KEPADA PENTAKZIAH​

TANYA :
Bagaimana hukumnya keluarga mayat menyediakan makanan untuk hidangan kepada mereka yang datang berta’ziah pada hari wafatnya atau hari-hari berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayat tersebut? Apakah keluarga memperoleh pahala sedekah tersebut?

JAWAB :
Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh itu hukumnya MAKRUH, apabila harus dengan cara berkumpul bersama-sama dan pada hari-hari tertentu, sedang hukum makruh tersebut tidak menghilangkan pahala itu.

KETERANGAN :
Dalam kitab I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz:
“MAKRUH hukumnya bagi keluarga mayit ikut duduk bersama orang-orang yang sengaja dihimpun untuk berta’ziyah dan membuatkan makanan bagi mereka, sesuai dengan hadits riwayat Ahmad dari Jarir bin Abdullah al Bajali yang berkata: ”kami menganggap berkumpul di (rumah keluarga) mayit dengan menyuguhi makanan pada mereka, setelah si mayit dikubur, itu sebagai bagian dari ratapan.”

Dalam kitab Al Fatawa Al Kubra disebutkan :
“Beliau ditanya semoga Allah mengembalikan barokah-Nya kepada kita. Bagaimanakah tentang hewan yang disembelih dan dimasak kemudian dibawa di belakang mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali kubur saja, dan tentang yang dilakukan pada hari ketiga kematian dalam bentuk penyediaan makanan untuk para fakir dan yang lain, dan demikian halnya yang dilakukan pada hari ketujuh, serta yang dilakukan pada genap sebulan dengan pemberian roti yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri proses ta’ziyah jenazah.
Mereka melakukan semua itu tujuannya hanya sekedar melaksanakan kebiasaan penduduk setempat sehingga bagi yang tidak mau melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan. Kalau mereka melaksanakan adat tersebut dan bersedekah tidak bertujuaan (pahala) akhirat, maka bagaimana hukumnya, boleh atau tidak?

Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas keingnan ahli waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian tirkah/harta warisan, walau sebagian ahli waris yang lain tidak senang pentasarufan sebagaian tirkah bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit selama satu bulan berjalan dari kematiannya. Sebab, tradisi demikian, menurut anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti “wajib”, bagaimana hukumnya.”

Beliau menjawab bahwa semua yang dilakukan sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk bid'ah yang tercela tetapi tidak sampai haram (alias makruh), kecuali (bisa haram) jika prosesi penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk “meratapi” atau memuji secara berlebihan (rastsa’).

Dalam melakukan prosesi tersebut, ia harus bertujuan untuk menangkal “ocehan” orang-orang bodoh, agar mereka tidak menodai kehormatan dirinya, gara-gara ia tidak mau melakukan prosesi penghormatan di atas. Dengan sikap demikian, diharapkan ia mendapatkan pahala setara dengan realisasi terhadap seseorang yang batal (karena hadast) shalatnya perintah Nabi untuk menutup hidungnya dengan tangan (seakan-akan hidungnya keluar darah). Ini demi untuk menjaga kehormatan dirinya, jika ia berbuat di luar kebiasaan masyarakat.

Tirkah tidak boleh diambil / dikurangi seperti kasus di atas. Sebab tirkah yang belum dibagikan mutlak harus disterilkan jika terdapat ahli waris yang majrur ilahi. Walaupun ahli warisnya sudah pandai-pandai, tetapi sebagian dari mereka tidak rela (jika tirkah itu digunakan sebelum dibagi kepada ahli waris).

SELESAI , KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926

REFERENSI :
Lihat : Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas, dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-2004 M), halaman 15-17), Pengantar: Rais ‘Am PBNU, DR.KH.MA Sahal Mahfudh, Penerbit Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU Jawa Timur dan Khalista, cet.III, Pebruari 2007.

Masalah Keagamaan Jilid 1 – Hasil Muktamar dan Munas Ulama Nahdlatul Ulama Kesatu/1926 s/d/ Ketigapuluh/2000, KH. A.Aziz Masyhuri, Penerbit PPRMI dan Qultum Media.
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

apa maksud ente bang red??? ente ini moderator di forum ini, jgn malah jd provokator.
saya mhargai stiap pndapat di forum ini tp jgnlah mnjadikan suara terbanyak seakan2 benar, biarlah stiap orang mnarik ksimpulan sndiri2, ada perspektif2 lain dari sudut pandang yg berbeda, dari kultur yg berbeda, latar belakang yg brbeda. seorang moderator harusnya tahu tentang hal ini, mngatur, mewadahi dan melindungi opini para membernya sehingga nyaman buat member lain untuk beropini ttg apa yg diketahuinya/ingin dketahuinya. klo ingin beropini secara pribadi ya buat ID baru, sehingga seorang moderator tdk terlihat yg sok kuasa, apalagi ini forum tntang keyakinan. ini skaligus kritik buat moderator yg lain juga, i miss moderator seperti delapanjagad a.k.a mbk cindy anggorokasih.. may Allah always guide n protect us..
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

setuju cak.. mari kita buat forum forum dan setiap thread di ii adalah ajang untuk belajar, dan bukan justifikasi ini salah dan ini benar..
kemukakan saja pendapat kita, dan hormati pendapat yang lain.
Insya Allah akan lebih bermakna...
oke.. semuanya.. dinginkan lagi kepala kita...
dan mari kita bersama sama berusaha untuk hanya memberikan sudut pandang berbeda dalam menyikapi suatu persoalan..
yuuk.. mari kita saling meminta maaf.. dan saling memaafkan..
saya pribadi.. mohon maaf kepada semua atas segala perkataan atau perbuatan yang mungkin menimbulkan ketidak sukaan.
maafkan saya..
yuuk kita maen bola lagi...
 
Bls: Tahlil, tradisi Islam?

-_-' cak niz jauh lebih pintar.. seharusnya bisa cerna bahasa gw..


sbnrnya thread spt ini dulu sudah dbahas oleh para pinisepuh disini.. mengapa do'a tahlil harus 7 hari, 40 hari, 100 hari, dst..? do'a spt ini sbnarnya dikondisikan dg keadaan si mayat dlm kubur, 7 hari = daging mulai hancur, 40 hari = organ spt mata, lidah dll mbusuk/
hilang, 40 hari = tulang2 mulai terlepas satu dg lainnya dst.. dst.. tolonglah jgn mudah menjustifikasi.. ini Indonesia bkn Arab..

cak niz bisa ngeliat sendiri kata yang gw garis tebal?

gw cuma pengen tahu maksud kalimat itu..

sorry.. sekali lagi atas ketidaknyamanan-nya.. dan ndak ada maksud buat provokatorin siapapun.. karena hal itu enggak nguntungin apa2 buat gw pribadi.
 
Back
Top