Dear Bang Rahwana,
Saya sedang patah semangat berat nih. Ingin tau jalan keluar seperti apa yg bisa saya dapatkan lewat forum diskusi ini.
Saya kerja di salah satu kantor representative di Jakarta. Minggu ini saya dapat kiriman spare part dari Jerman, dibuat free of charge karena barang tersebut adalah untuk mengganti barang yang salah kirim beberapa waktu lalu. Tapi pihak pengirim memang mencantumkan harga sekitar Euro 1.581,- pada Proforma Invoice di samping juga mencantumkan bahwa barang ini free of charge.
Pihak DHL telpon ke saya dan menanyakan NPWP kantor beserta APIT. Tentu saja karena kami ini kantor representative maka kami tidak memiliki APIT. Kemudian, kami meminta bantuan forwarder langganan kami. Kesimpulan akhirnya, untuk mengeluarkan barang tersebut, kami harus membayar 10 jt!!! Atau jika di kurs dlm euro artinya kurang lebih 909 Euro.
Apakah ada cara lain yang bisa kami tempuh supaya kami tidak harus mengeluarkan biaya sebesar itu??
Atas respond-nya kami ucapkan terimakasih. Best regards.